Kita semua pasti tahu kalau manusia memiliki 5 indera. Tapi, ada yang mengatakan manusia juga memiliki indera keenam, yang disebut juga dengan intuisi. Benarkah hal tersebut? Mari kita coba mengasah intuisi bareng Variety Show Sixth Sense.

Apa Sih Intuisi Itu?

Indera keenam selama ini kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis. Apa benar begitu?

Indera keenam, berdasarkan KBBI, dapat diartikan sebagai alat untuk merasa, mencium bau, mendengar, melihat, meraba, dan merasakan sesuatu secara naluri (intuitif).

Indera keenam yang kerap disebut intuisi, dalam psikologi, dikenal sebagai extrasensory perception (ESP). Extrasensory perception (ESP) atau indera tambahan adalah kemampuan untuk menerima informasi yang tidak didapatkan melalui lima indera fisik. Informasi dapat dirasakan dengan pikiran.

Intuisi, erat kaitannya dengan otak kita
Intuisi, erat kaitannya dengan otak kita – ilustrasi : pixabay

Sampai saat ini, masih banyak penelitian yang dilakukan terkait keberadaan indera keenam atau intuisi ini. Namun, kalau mengacu kepada pengertiannya, indera keenam sangat erat kaitannya dengan pikiran dan organ otak.

Sering kali kita mendengar bahwa otak perlu dilatih dan diasah. Tentunya, dengan sering melatih dan mengasah otak, kemampuan otak bisa menjadi lebih baik. Karena intuisi cukup erat kaitannya dengan otak, tidak ada salahnya juga sering mengasah intuisi agar lebih baik.

Salah satu acara TV yang mengajak kita mengasah intuisi adalah variety show Sixth Sense dari Korea.

Mengasah Intuisi Bareng Variety Show Sixth Sense

Variety Show Sixth Sense merupakan tayangan terbaru dari stasiun TVN. Acara ini merupakan karya baru dari Producing Director (PD) – nim Jung Chul Min.

Jung Chul Min pernah menjadi PD-nim dari Running Man, acara variety show Korea lain yang cukup memiliki banyak penggemar, termasuk aku. Ia menjadi salah satu PD-nim Running Man yang membuat acara tersebut bertahan sampai tahun kesepuluhnya. Di awal 2020 lalu, ia mundur dari Running Man untuk beristirahat.

PD-nim Jung Chul Min, produser Sixth Sense
PD-nim Jung Chul Min, orang di balik Variety Show The Sixth Sense

Konsep Variety Show The Sixth Sense

Konsep dari Variety Show The Sixth Sense adalah menebak 1 dari 3 tempat populer yang ternyata palsu. Bisa dibilang, The Sixth Sense memiliki genre misteri. Jadi, para cast diminta memecahkan keadaan yang membingungkan berdasarkan petunjuk dan investigasi yang dilakukan.

Poster resmi Variety Show Sixth Sense
Poster resmi Variety Show Sixth Sense

Di beberapa episode Running Man, kerap kali ada episode yang mengangkat tema detektif. Ternyata, PD-nim Jung Chul Min memang senang membuat program dengan berbagai situasi yang memungkinkan para pemain bisa memecahkan misteri namun tetap bersenang-senang.

Ia melihat bahwa banyak selebritas yang kurang mengenal orang-orang atau restoran yang sedang populer. Maka dari itu, ia pun mengajak para selebritas untuk mengenal restoran atau orang yang unik dan populer, sembari bersenang-senang di acara variety show.

Untuk mendapatkan berbagai petunjuk dari tempat yang dikunjungi, para pemain variety show Sixth Sense akan melakukan permainan. Permainannya macam-macam dan dilakukan bersama tim.

Pemenang dari setiap episode variety show Sixth Sense, bisa membawa pulang emas seberat 3,75 gram. Sementara itu, yang kalah akan mendapatkan hukuman. Hukumannya adalah di episode berikutnya dia harus tampil tanpa menggunakan alis.

Jung So Min
Jung So Min mendapatkan hukuman tampil tanpa alis di Variety Show The Sixth Sense – sumber: TVN

Member Variety Show Sixth Sense

Variety Show Sixth Sense dibintangi oleh 5 artis.

  • Yoo Jae Suk

Yoo Jae Suk, si MC nasional Korea akan menjadi MC dan satu-satunya laki-laki di member tetap Sixth Sense. Dia pernah beberapa kali terlibat di variety show yang mengangkat genre misteri.

Yoo Jae Suk
Yoo Jae Suk, MC Variety Show The Sixth Sense – sumber : TVN

Yoo Jae Suk akan menjadi penengah dari keributan yang kerap timbul di antara para wanita ini. Ia juga menjadi supir ketika berpergian dari satu tempat ke tempat yang lain bersama cast dan bintang tamu. Saking ributnya para cast wanita, dia sering bilang kalau dia seperti supir bis sekolah dengan anak sekolah yang kerap ribut di belakang.

  • Oh Na Ra

Aktris cantik yang semakin dikenal berkat bermain Sky Castle ini menjadi member wanita yang paling tua. Ini merupakan pengalaman pertamanya menjadi member tetap acara variety show.

Oh Na Ra The Sixth Sense - sumber TVN
Oh Na Ra, aktris yang debut variety show di The Sixth Sense – sumber TVN

Pembawaannya yang seru pun akan semakin terlihat dalam acara ini. Walau sempat mengatakan gugup di awal acara, ia pun bisa dengan cepat berbaur dengan member lain yang lebih muda.

  • Jung So Min

Jung So Min menjadi salah satu bintang variety show yang semakin dikenal melalui acara Running Man. Ia memiliki karakter tersendiri dan gampang tertarik dengan bintang tamu, apalagi kalau bintang tamunya lelaki.

Jung So Min, aktris  - sumber : TvN
Jung So Min, aktris yang juga suka menghibur di variety show – sumber : TvN

Walau banyak yang bilang ia suka caper dan berlebihan, tapi ia tetap pede melakukan apa yang ia suka. Jung So Min juga kerap disebut penyair gila. Terkadang, karakter dia di Running Man sebagai pengkhianat terbawa juga di Sixth Sense ini.

  • Jessi

Jessi pernah beberapa kali mendatangi acara variety show dan memberikan kesan yang bagus. Ia sering kali membuat keributan dengan Yoo Jae Suk. Namun, justru keributan ini yang suka membuat acara menjadi seru dan lucu.

Jessi sumber TVN
Jessi, penyanyi yang setiap muncul di variety show bakal bikin seru – sumber TVN

Jessi yang blak-blakan namun masih kesulitan memahami Bahasa Korea juga kerap membuat adegan yang lucu muncul di acara tv ini.

  • Mi Joo Lovelyz

Sebagai idol, Mi Joo sering mendapat undangan untuk tampil di variety show sebagai bintang tamu. Namun, kali ini ia akan menjadi member tetap dan termuda dari Sixth Sense.

Mi Joo, idol yang membuat variety show The Sixth Sense lebih segar - sumber : TVN
Mi Joo, idol yang membuat variety show The Sixth Sense lebih segar – sumber : TVN

Walaupun menjadi yang paling muda, ia tidak menunjukkan rasa canggung dan mampu mengimbangi karakter lainnya. Ia pun kerap bergabung dalam membuat keributan bersama member wanita lainnya.

Kenapa Variety Show Sixth Sense Layak Ditonton

Episode pertama dari Variety Show Sixth Sense mendapatkan rating 3.2% secara nasional. Rating ini lebih tinggi dibanding rating drama yang tayang di jam yang sama. Bisa dibilang, ini indikasi yang bagus dan The Sixth Sense layak untuk ditonton. Kenapa?

  • Konsep yang unik

Variety show Korea yang mengangkat tema misteri tidaklah banyak. Dalam 1 tahun, biasanya hanya 2-3 variety show saja yang mengangkat tema ini, seperti Busted, The Great Escape, dan Village Survival.


Maka dari itu, adanya The Sixth Sense ini bisa jadi selingan di antara variety show Korea lain yang mengangkat tema traveling, games, talkshow, atau observasi.

Dengan konsep unik, Sixth Sense mengajak penonton ikut menebak persoalan sambil menyaksikan berbagai permainan dan perjalanan para member.

Mencicip makanan di resto, wajib dilakukan sebagai bagian investigasi
  • Chemistry yang bagus antar member

Jika mengacu pada Running Man atau variety show sejenis, jumlah member wanita biasanya lebih sedikit atau sama dengan jumlah member pria. Namun, di Sixth Sense terjadi hal yang sebaliknya.

Chemistry antar member wanita pun terlihat kompak. Keributan-keributan kecil kerap terjadi di awal namun bisa membuat mereka semakin akrab. Tak hanya antar member wanita saja. Chemistry yang bagus juga terbentuk antar Yoo Jae Suk dan member lainnya. Bahkan, Jessi dibilang lebih perhatian pada Yoo Jae Suk dibandingkan saudara perempuannya sendiri.

Member Variety Show Sixth Sense yang tiap episode makin kompak
Member Variety Show Sixth Sense yang tiap episode makin kompak
  • Bisa mendapat ide permainan kelompok

Walaupun sesi yang ditonjolkan adalah sesi wawancara dan melakukan investigasi ke tempat yang didatangi, namanya variety show Korea, permainan pasti disisipkan.

Paling tidak, ada 1 permainan kelompok yang dilakukan di setiap episode. Permainan kelompok yang dilakukan bisa kita coba mainkan juga di rumah bersama keluarga.

Bermain board game di kantor saat Variety Show The Sixth Sense
Bermain board game di kantor saat Variety Show The Sixth Sense

Tentunya, ada hadiah bagi yang memenangkan permainan kelompok. Kalau di variety show The Sixth Sense, pemenang akan mendapatkan hint terkait tempat yang dikunjungi.

  • Melatih intuisi dalam memberikan jawaban

Karena variety show The Sixth Sense ini mengangkat tema misteri, kita juga bisa ikut menebak dan mengasah otak terhadap persoalan yang diangkat. Memang sih, kita tidak terlibat langsung di tempat untuk investigasi. Tapi ga ada salahnya untuk ikut coba menebak.

Di episode pertama dan ketiga, kita diminta menebak mana restoran yang ternyata palsu. Sementara di episode kedua, kita diminta menebak perusahaan yang ternyata palsu.

Variety Show Sixth Sense
Restoran ayam goreng yang dibuat oleh robot. Asli atau palsu coba?

Kita bisa mencoba mengaktifkan mode detektif di diri kita dan ikut menganalisis mana yang asli dan mana yang palsu.

  • Melihat ‘niatnya’ tim produksi

Dari setiap episode, aku melihat adanya tim produksi yang niat banget. Set shooting atau tempat yang didatangi, khususnya yang palsu, akan dibuat sedemikian rupa supaya meyakinkan member The Sixth Sense.

Bayangkan, ada tempat yang benar-benar kosong dan disulap jadi restoran baru atau kantor baru. Gak cuma eksteriornya saja, interior dan kelengkapan seperti produk yang dijual. Bahkan, untuk restoran, tim produksi pun bisa menciptakan menu baru , yang bisa palsu juga tentunya.

  • Bintang tamu baru setiap minggu

Setiap minggu, Sixth Sense selalu kedatangan bintan tamu, bisa aktor, idol, atau pelawak. Bisa saja di salah satu episode, idola kita akan mendatangi Sixth Sense dan mencoba mengungkap persoalan yang ditawarkan.

Lee Sang Yeob, bintang tamu pertama Variety Show Sixth Sense
Lee Sang Yeob, bintang tamu pertama Variety Show Sixth Sense


Conclusion

Bagi penyuka acara TV dengan konsep permainan dan misteri, mungkin The Sixth Sense bisa jadi salah satu tontonan yang menyegarkan. Walau misteri, Sixth Sense juga menampilkan banyak adegan makan dan bikin laper.

Buat yang pernah nonton Running Man, mungkin akan merasa ada feel yang sama antara Sixth Sense dan Running Man. Tapi, aku bisa bilang, Sixth Sense ini layak banget untuk diikuti dan ditonton tiap minggu.

  • Nama TV Show: Six Sense / Sixth Sense / The Sixth Sense
  • Asal : Korea Selatan
  • Jumlah Episode : 8
  • Masa Tayang : Sep 3, 2020 – Oct 22, 2020
  • Stasiun TV : tvN
  • Durasi : 1 jam 30 menit
  • Rating Tayangan : 15+ – Remaja Berusia 15 tahun ke atas

Oh iya, episode terbaru The Sixth Sense ada di setiap hari Sabtu. Acara ini dapat ditonton di VIU.

Selamat menonton. Hati-hati lapar hehe.

jadi pengen pizza pas nonton Sixth Sense ini
jadi pengen pizza pas nonton Sixth Sense ini