Ketika menjadi salah satu karyawan di perusahaan, biasanya kita akan mendapatkan id card / identification card. Teman-teman mungkin sudah tahu kalau id card berfungsi juga sebagai tanda pengenal. Jadi ketika kita menjadi karyawan, menggunakan id card adalah suatu kewajiban.

Sesuai dengan namanya, id card berfungsi sebagai alat untuk memperkenalkan diri kita. Jadi, ketika orang lain berpapasan dengan kita, mereka bisa melihat id card yang kita gunakan dan mengetahui identitas kita seperti nama dan perusahaan tempat kita bekerja. Id card pada saat ini tidak hanya digunakan untuk karyawan perusahaan, anggota organisasi pun sekarang memiliki id card.

Beragam ID CARD untuk karyawan

Mengapa harus menggunakan id card? Saat kita bekerja di sebuah perusahaan, tentunya akan bertemu banyak orang dan juga rekan kerja. Dengan menggunakan id card, selain orang dapat mudah mengenal kita, ada pula kesan formal dan rapi yang muncul dari penggunaan id card. Selain itu, id card juga memiliki beberapa fungsi lainnya, antara lain:

  • Sebagai alat presensi karyawan. Saat ini, id card bisa digunakan sebagai alat presensi karyawan sekaligus akses untuk membuka dan menutup pintu kantor.
Beragam ID CARD untuk karyawan
  • Menjadi pembeda antar unit kerja / divisi. Jika perusahaan memiliki banyak divisi, dapat membuat id card yang berbeda untuk setiap divisi. Dengan demikian, pada pertemuan atau rapat, orang bisa mudah mengenali karyawan dari divisi mana.
  • Id card juga bisa berfungsi sebagai media promosi. Jika memiliki desain id card yang unik dan kreatif, bisa saja rekanan di perusahaan lain akan tertarik.

Pada saat ini, id card bisa dibedakan menjadi 3 (tiga) jenis. Pertama adalah tipe id card berupa kartu biasa yang digunakan sebagai kartu pengenal pribadi atau jabatan.

Yang kedua adalah id card berupa kartu magnetik. Tipe yang ini memiliki ciri khusus yang menjadi pembeda dengan tipe pertama. Id card magnetik memiliki tanda panel hitam berbentuk persegi panjang di bagian belakang. Ini berfungsi untuk menyimpan data rahasia dari pemegang kartu. Penggunaannya dengan cara memasukkan atau menggesekkan kartu ke dalam alat reader magnetic.

Jenis id card terakhir adalah proximity. Jenis kartu ini mirip dengan yang pertama, tapi sebenarnya jenis kartu ini memiliki chip. Gunanya chip di kartu ini adalah untuk menghindari kecurangan atau pemalsuan identitas.

Beragam ID CARD untuk karyawan

Mengingat id card digunakan sebagai tanda pengenal karyawan, maka dalam pembuatan id card, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan, seperti:

  • Memuat Identitas Perusahaan

Dalam pembuatan id card karyawan, identitas perusahaan diperlukan. Ini sejalan dengan tujuan id card sebagai tanda pengenal bagi karyawan. Kartu yang akan dibuat ini akan menjadi penanda karyawan yang menggunakannya adalah bagian dari perusahaan.

Maka dari itu, saat membuat id card perusahaan harus mencantumkan logo dan nama perusahaan di dalamnya. Penempatannya pun tidak boleh sembarangan, letakkanlah pada bagian yang mudah dilihat oleh orang lain. Desainlah serapi dan sebersih mungkin agar nyaman untuk dipandang. Untuk menghindari pemalsuan, hologram dapat dipasang pada kartu tersebut.

  • Bentuk

Id card baiknya mudah digunakan. Pada umumnya ada dua bentuk id card yang sering digunakan, yaitu vertikal dan horizontal. Jangan coba-coba memilih bentuk yang tidak lazim, karena hal ini akan menimbulkan kesulitan dalam penggunaannya.

  • Bahan

Id card dibuat untuk jangka waktu yang panjang. Jadi bahan yang digunakan haruslah tahan lama dan tidak mudah rusak. Buatlah dari bahan PVC yang tahan hingga lima tahun.

  • Kode yang ingin disimpan

Canggihnya teknologi di masa kini, membuat fungsi id card semakin beragam. Sekarang ini id card dapat diisi data lengkap karyawan melalui sistem pengodean, ini diidentifikasikan secara digital. Data karyawan dapat disimpan pada id card lalu diberikan barcode ataupun kode digital lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang id card. Walaupun bentuknya kecil, namun ternyata banyak fungsinya juga kan id card ini. Maka dari itu, setiap perusahaan penting untuk mencetak id card. Nah info lebih lanjut terkait pencetakan id card, bisa dilihat pada website ist.co.id.