Little Things I Do at Work to Boost My Mood & Productivity

Pernah gak sih dalam seumur hidup kita selalu ngerasa bahagia terus? Rasanya…..JARANG. Kalau kata pepatah, bola itu bulat, roda itu berputar. Konon, artinya sih, kita gak mungkin selamanya ada di atas terus atau bahagia terus. Ada kalanya kita akan jatuh ke bawah atau ngerasa sedih.

Itu juga yang sering aku alami. Sebagai seorang pekerja kantoran, urusan mood yang berubah ini sering pakai banget aku alami. Kok bisa? Ya macem-macem deh alasannya, bisa jadi karena jenuh sama rutinitas kerja atau lagi ngerasa kerjaan lagi bikin kepala nyut-nyutan banget.

sabinevanerp / Pixabay

Entah kenapa belakangan ini aku lagi sering banget ngerasa mood jelek di tempat kerja. Sampai pada suatu saat, aku disuruh training yang intinya memotivasi diri untuk bekerja sekaligus ibadah. Segitunya? Hahaha, kayaknya ketauan banget deh aku kebanyakan galau di kantor. Eh, padahal sih sebenarnya emang ada jatah training itu udah lama banget tapi aku gak ikut-ikut terus. *ceritanya pembelaan*

Abis training gimana? Termotivasi bekerja lebih baik? Tentu dong. Tapi tetep aja, ada masa-masa di mana mood tetep jatuh bangun aku mengejarmu, namun dirimu tak mau mengerti. *you sing, you lose*

Tapi, setelah ikutan training itu, aku jadi punya cara-cara penyelamat biar mood tetap oke selama di kantor. Ya, kita kan kerja dibayar ya. Masa males-malesan terus ngebiarin mood ngerusak kerjaan kita bahkan produktivitas kita jadi turun gara-gara mood yang ngeganggu.

*

Gimana aja cara-caraku menyelamatkan mood jelek waktu kerja?

*

Atur Meja Kerja yang Menyenangkan Mata

Ceritanya sih aku lagi belajar ikutan metode merapikan yang Konmari ala Marie Kondo. Beberapa hal yang aku pelajari di awal-awal adalah harusnya memiliki mindset yang rapi dan positif sehingga aura positif juga ikut menyebar. Nah, salah satu yang coba kulakuin adalah mengatur meja kerja sesimpel dan serapi mungkin. Sebisa mungkin, meja kerja tak dipenuhi oleh berkas-berkas yang menumpuk. Kerasa banget deh, kalau ngeliat berkas di meja setumpuk-tumpuk rasanya pekerjaan tuh banyak banget, bikin mumet. Jadi sebisa mungkin berkas kerjaan yang udah selesai kusimpan di filling cabinet dan kerjaan yang belum dikerjakan diletakkan di laci. Pagi hari waktu datang, rasanya tuh kayak gak ada kerjaan berat deh, ngeliat meja juga senang.

*

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Dengerin Musik Penambah Semangat

Tiada hari tanpa musik, bener ga? Ada musik yang kadang bisa bikin kita terhanyut di dalamnya, seperti musik sendu mellow-mellow yang bikin nangis inget kisah percintaan tragis ala sinetron. Ada juga musik yang bikin semangat kerja. Biasanya musik-musik dengan lirik yang bikin semangat nyampe ke otak juga kata-katanya, jadi bawaan juga positif dan kerja pun ikut semangat.

*

Satu Mulut Saya Tidak Berhenti Makan

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Aku tuh suka banget nyemil, yang manis-manis maupun yang asin-asin. Makanan-makanan itu penenang banget buatku kalau lagi bete. Nah, biar gak bete waktu kerja, aku nyiapin makanan atau cemilan. Satu yang pasti sih, aku selalu menyediakan permen biar hidup juga berasa manis gitu. Kalau lagi laper berat, ya langsung pesan sama orang di pantry atau dengan aplikasi ojek online pesan makanan, biar ga nambah berat badan sendirian. Hehehe. Oh iya, air mineral juga wajib ada di meja. Kalau ngerasa kerja otak lagi lambat banget, biasanya juga karena aku kurang minum, jadi air mineral itu ngebantu banget untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan akhirnya otak juga bisa bekerja dengan baik.

*

Istirahat Sejenak dan Berolahraga

Diantara jam kerja harian yang umumnya adalah 8 jam, tentu ada waktu istirahat yang diberikan oleh kantor kita. Selain itu, setiap 1 jam sekali saya mengambil waktu 5 menit untuk beristirahat. Kok bisa? Percayalah, kalau kerja terus dan ngeliat layar komputer terus bakal capek. Hehehe, ini sih pembelaan aku aja. Istirahat sejenak juga bisa mengembalikan kesehatan mata dan kebugaran tubuh. Melemaskan leher, kaki, tangan, pinggang, dan mata sejenak, membuat aku kembali segar lagi dan siap untuk mengerjakan tugas kembali.

*

Belanja Online Selagi Sempat

Pernah membaca tentang analisis beban kerja, memang walaupun jam kerja 8 jam telah ditentukan, tetap saja karyawan terkadang melakukan hal-hal kecil di luar kerjaan kantor. Ini juga terjadi sama aku juga. Ngaku deh kalian-kalian kadang tab di komputer kantor selain tab kerjaan suka ngebuka website belanja selagi suntuk. Jadi, kadang-kadang aku suka masukin barang-barang yang lagi aku pengen ke keranjang belanja dulu. Tau kan perempuan banyak maunya. Nah, menghindari kekhilafan banyak mau tapi ternyata barang gak perlu-perlu banget, aku biasanya nabung barangnya dulu aja tuh di keranjang belanja. Bayarnya? Ntar pas gajian. Hehehehe. Yang penting, abis masukin barang ke keranjang, aku senang dan puas, dan akhirnya jadi kerja rajin lagi, soalnya kebayang kan ntar pas gajian bisa beli barangnya.

***

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Gajian pasti jadi waktu yang paling bikin bahagia. Iya dong, hasil kerja kita sebulan akhirnya kan kebayar. Kalau aku kadang pakai iming-iming gajian biar semangat kerja. Padahal udah training motivasi kerja untuk ibadah ya? Aku tetap termotivasi bekerja untuk berbuat baik sekaligus ibadah kok,  pasti tentunya terus disertai rasa bersyukur.

Balik lagi ke urusan gajian nih.

Biasanya abis gajian tuh aku langsung kepengen bayar-bayar barang yang udah dimasukkin ke dalam keranjang. Tapi harus tau diri ye kan. Gaji kan gak cuma dipakai untuk perilaku konsumtif aja toh. Aku pun harus memilah-milah supaya gak besar pasak dari pada tiang bahkan kalau bisa ada investasi dan tabungan yang dilakukan. Gaji setiap bulan biasanya kan ada standarnya ya, gak akan jauh beda sama bulan sebelumnya. Bahagianya, kadang perusahaan tempatku kerja suka ngasih tambahan di bulan tertentu dan nominalnya berubah-ubah. Ini dia yang harus aku hitung-hitung lagi. Lumayan kan uang jajan nambah. Konsumtif aja pikirannya nih. Hehehe.

Baca juga : BNI Personal Financial Management, Solusi Cerdas Manajemen Finansial Keluarga

Sebenarnya, aku sudah memiliki pedoman untuk mengatur penghasilan. Berapa yang harus dizakatkan, berapa investasi yang harus dilakukan, dan berapa yang boleh dibuat jajan. Dari pedoman yang telah kubuat itu aku mulai deh bikin hitung-hitungan dan kini makin kebantu dengan adanya kalkulator Casio seri terbaru yang warna warni ini.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Kok masih perlu kalkulator fisik aja?

Buat aku nih suka banget coret-coret dulu urusan perhitungan uang. Dan, kalkulator yang warna warni dari Casio ini beneran bikin moodku bahagia untuk menghitung apa yang yang akan aku simpan dan aku belanjakan. Gimana gak bahagia ngeliat cerahnya warna kalkulator Casio, saldo tabungan yang lagi seger-segernya dan bayangan barang dalam keranjang bakalan ada di tangan dalam waktu dekat?

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Kenapa aku milih kalkulator Casio ini?

Selain warnanya yang aku banget. Kalkulator ini ukurannya kecil ya, portable buat dibawa kemana-mana. Gak berat deh. Kalau mendadak aku disuruh ikutan rapat yang ngebahas pekerjaan tertentu dan perlu itung-itungan juga aku makin pede bawa kalkulator ini. Simpel soalnya dan bikin orang lain jadi tertarik sama kalkulatornya. Display layar di kalkulator ini juga lumayan gede buatku dan bisa memuat 10 digit jadinya juga ngeliatnya enak.

Kamu tertarik juga punya kalkulator warna-warni yang bisa mendukung kebutuhanmu? Kamu bisa loh pesan kalkulator ini melalui Matahari Mall di link berikut dan masukin kode CASIOBLOGYA5776J buat dapetin potongan harga. Asyik kan ya?

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Eh, kira-kira kamu penasaran gak dengan warna yang menunjukkan auramu? Ternyata auraku warnanya Ungu setelah ngecek di KnowYourColour . Eh tapi kok, belinya bukan warna ungu? Hahaha, soalnya aku denial dan ngerasa itu terlalu nge-jreng. Aku sukanya diperhatikan tapi sekilas aja gak mau banget-banget. Kalau bawa kalkulator ungu ntar jadi pusat perhatian banget trus grogi deh aku. Jadi #CasioMyStyle tetap yang Biru seperti warna kesukaanku. TETEUP!

Jangan lupa juga cek-cek Fanpage Facebook Casio Calculator, sering loh ada info-info menarik dan kuis-kuis seru yang diberikan di sana. Bisa jadi salah satu cara juga buat balikin mood yang lagi jelek. 😀

You may also like

3 Comments

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)