Layanan Internet dan TV Kabel Groovy Untuk Mengembangkan Bisnis dari Rumah

Banyak yang bilang jika memulai bisnis itu mudah. Apalagi di era dengan dukungan teknologi informasi seperti sekarang. Terbukti memang, di era internet serba cepat seperti sekarang ini, banyak bisnis baru yang bermunculan.

Berbisnis dan menjadi pengusaha, kini tak identik dengan kaum laki-laki saja. Banyak pula bisnis yang maju ternyata dimulai oleh ibu-ibu dari rumah. Ya, berbisnis dari rumah adalah hal yang banyak dilakukan oleh perempuan dan ibu-ibu belakangan ini.

Dukungan internet sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis. Jika kita mengaitkan dengan marketing mix yaitu strategi pemasaran untuk meningkatkan keuntungan dan memuaskan pelanggan, internet bisa membantu kita dalam merumuskan marketing mix untuk bisnis yang kita jalankan.

Memanfaatkan Internet Untuk Mengembangkan Bisnis Dengan Marketing Mix 7P

Dalam stategi pemasaran marketing mix, terdapat beberapa elemen yang harus diperhatikan dalam mengembangkan bisnis, agar konsumen bisa merasakan value keseluruhan dari produk yang dijual. Elemen tersebut awalnya dikenal dengan 4P lalu berkembang menjadi 7P meliputi Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Packaging.

Pemanfaatan internet dalam mengembangkan bisnis dengan Marketing Mix 7P bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Product : Menentukan produk yang akan dijual

Melalui internet, kita bisa melihat produk yang dijual di pasaran. Tentunya, agar produk dikenal dan lebih menarik customer, kita perlu membuat produk yang memiliki keunikan atau perbedaan dibanding produk yang ada di pasaran. Ide-ide baru untuk produk yang unik baik berupa barang atau jasa bisa dicari dengan internet.

  1. Price : Menyusun harga jual untuk setiap produk

Setelah menentukan produk, kita bisa menyusun harga jual untuk produk yang akan kita jual. Tentunya, kita bisa melihat harga pasaran untuk kategori produk sejenis di internet. Dalam menentukan harga, kita harus berpikir bagaimana caranya agar customer bersedia mengeluarkan uang untuk produk kita dan merasa uang yang mereka bayarkan sebanding dengan produk yang dijual.

  1. Place : Memilih lokasi penjualan atau saluran distribusi melalui marketplace

Nah, urusan saluran distribusi ini bisa dibilang yang paling banyak berpengaruh sejak ada internet. Kita tak lagi harus membuat toko fisik sendiri untuk berjualan agar customer bisa melihat produk yang dijual. Kini, sudah banyak marketplace yang sangat memudahkan kita untuk memasarkan produk. Kita tinggal daftar sebagai member marketplace lalu menaruk informasi produk yang kita jual.

Memilih Market Place sebagai tempat berjualan masa kini

Kemudahan akses dan ketersediaan produk pun kini bisa semakin mudah didapat oleh customer karena mereka cukup mengakses marketplace melalui aplikasi di smartphone atau website marketplace tersebut. Selain marketplace, kita juga bisa memilih saluran distribusi lain seperti membangun website sendiri (toko online) maupun media sosial.

  1. Promotion : Melakukan promosi melalui sosial media

Melakukan promosi atau upaya untuk mengajak orang menjadi customer kita dengan menggunakan produk barang maupun jasa yang ditawarkan sekarang semakin mudah di era internet. Dukungan promosi bisa dilakukan melalui pembuatan konten di website, blog, atau media sosial seperti Instagram, twitter, facebook, atau youtube. Melalui promosi di media sosial, kita bisa lebih mengenalkan brand/merek usaha yang kita miliki kepada khayalak ramai. Ada pula sistem endorsement yang bisa dilakukan sebagai salah satu bentuk promosi di media sosial.

  1. People : Menjalin hubungan baik dengan partner bisnis dan karyawan

    Dalam berbisnis, ada kalanya kita memerlukan dukungan dari orang lain. Dukungan bisa berupa adanya partner bisnis atau distributor dari sumber daya yang dibutuhkan sebelum memproduksi barang atau jasa. Jika bisnis semakin besar, bukan tidak mungkin kita akan melakukan perekrutan karyawan untuk membantu dalam menjalankan bisnis kita.

Komunikasi dan hubungan yang baik tentu perlu dijalin antara kita sebagai pemilik bisnis, karyawan, maupun partner bisnis. Dukungan internet dan teknologi informasi memudahkan kita dalam berkomunikasi melalui aplikasi chat, telepon / voice call, hinga video call jika dibutuhkan. Adanya komunikasi yang lancar menjadi salah satu kunci dari kesuksesan sebuah bisnis.

  1. Process : Menyusun standar aturan proses dalam berbisnis

    Dalam berbisnis, pastinya ada proses bisnis yang dilakukan seperti produksi, promosi, dan distribusi. Proses bisnis merupakan urutan pelaksanaan aktivitas yang saling terkait untuk mengubah input menjadi output. Akan sangat baik jika proses bisnis sudah memiliki standarisasi tersendiri sehingga lebih memudahkan karyawan untuk bekerja.

Internet sangat membantu dalam penyusunan proses ini. Selain sebagai sumber informasi dalam penyusunan proses bisnis, aktivitas dalam proses bisnis juga bisa dipengaruhi oleh internet. Pada proses pemesanan online melalui aplikasi chatting, kita dapat menyusun jawaban standar untuk setiap pertanyaan. Begitu pula pada proses distribusi barang, kita bisa menyusun proses distribusi untuk pengiriman barang dengan memilih pengantaran berdasarkan jarak. Pengiriman barang jarak dekat (< 10 km) misalnya, bisa dilakukan melalui aplikasi ojek online.

  1. Packaging : Membuat kemasan produk yang mernarik

Selain produk yang unik dan berbeda, kemasan produk juga berpengaruh untuk menarik hati konsumen. Maka dari itu, kreativitas dan inovasi sangat diperlukan dalam membuat kemasan produk.

Jika ingin membuat kemasan sendiri sementara kita tak terlalu piawai dalam desain, kini kita bisa membuatnya dengan menggunakan dukungan aplikasi desain yang memudahkan seperti Canva. Untuk pencetakan label atau pemesanan kemasan yang lebih rumit dan tak bisa dikerjakan sendiri, kita juga bisa memesannya secara online sekarang.

Pentingnya Memilih Provider Internet Terbaik Untuk Kesuksesan Bisnis

Seperti yang dibahas sebelumnya, banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengembangkan bisnis menggunakan strategi Marketing Mix 7P dengan dukungan internet di era sekarang.

Kelancaran internet bisa menjadi penentu dalam kelancaran bisnis kita. Apalagi jika memang berbisnis dari rumah. Bayangkan saja jika kita sedang video call dengan partner bisnis dengan jaringan internet yang lambat, tentu komunikasi menjadi tak lancar terasa terganggu. Belum lagi jika ada pemesanan melalui online namun karena internet lama, kita menjadi tidak update dengan adanya pesanan. Tentu bisnis menjadi tak lancar.

Berbisnis dari rumah pun, perlu dukungan akses internet yang stabil dan lancar agar semakin sukses. Oleh kerena itu, kita perlu memilih provider internet dengan layanan terbaik sebagai support bisnis kita.

Saat ini semakin banyak provider internet yang menawarkan jasanya. Dalam memilih provider untuk internet di rumah, beberapa hal ini bisa menjadi pertimbangan.

  • Tujuan Penggunaan Internet

Sebelum memutuskan memilih provider, tentunya kita perlu mengetahui kebutuhan internet di rumah untuk apa saja, apakah hanya untuk pribadi digunakan berbisnis saja atau digunakan beramai-ramai bersama keluarga yang mungkin saja dipakai juga untuk streaming video dan bermain games. Dengan mengetahui tujuan penggunaan dan jumlah pemakai internet aktif kita bisa memilih paket internet sesuai dengan kebutuhan.

  • Teknologi yang digunakan

    Teknologi tentu memiliki pengaruh besar akan kecepatan transfer data dan bandwith internet. Penggunaan kabel fiber optik kini menjadi pilihan karena umumnya lebih cepat dan stabil dibanding dari kabel tembaga. Selain itu, penggunaan teknologi jaringan kabel fiber optik sampai ke dalam rumah (FTTH) juga mempengaruhi harga internet di rumah.

Selain kabel yang digunakan, teknologi terkait hardware, keamanan data, server proxy, dan sluran koneksi utama (backbone) juga perlu diteliti untuk mencari provider terbaik.

  • Kecepatan Data dan Bandwith

Internet tak pernah lepas dari dari aktivititas browsing, download, dan upload. Seluruh aktivitas di internet sangat bergantung dengan kecepatan transfer data. Oleh karena itu cari provider internet yang memiliki kecepatan transfer data besar agar semakin cepat proses dalam mengakses internet.

Selain kecepatan transfer data, bandwith juga perlu menjadi pertimbangan. Bandwith yang besar akan membuat transfer data semakin cepat pula dan bisa terjadi transfer data dalam jumlah banyak.

  • Akses area pemasangan

    Dalam memilih provider internet, kita perlu memastikan provider yang kita inginkan bisa melayani di daerah rumah kita. Akan lebih baik jika kita memilih provider yang sudah menjangkau daerah tempat tinggal kita dibandingkan harus menunggu provider lain yang belum ada.

  • Biaya internet per bulan

Biaya tentu menjadi salah satu faktor penting dalam pertimbangan. Apalagi jika kita memanfaatkan internet untuk berbisnis, tentu biaya internet juga memiliki pengaruh terhadap harga produk. Oleh karena itu, jika kita sudah mengetahui paket internet yang diinginkan, kita bisa melakukan perbandingan harga antar provider satu dan yang lainnya.

  • Paket bonus yang diberikan

Saat ini banyak provider internet yang juga menyediakan paket tv kabel. Selain itu, ada pula provider yang menyediakan bonus berupa akses internet gratis di wi-fi umum jaringannya jika kita menggunakan provider tersebut di rumah. Bonus-bonus semacam ini bisa menjadi pertimbangan juga dalam memilih provider internet.

Groovy yang Mendukung Kesuksesan Berbisnis dari Rumah

Salah satu pilihan provider internet untuk di rumah adalah Groovy. Groovy merupakan provider internet yang sudah ada sejak tahun 2016. Groovy kini semakin berkembang karena tidak saja teknologi jaringan fiber optik sampai ke dalam rumah (FTTH) yang digunakan, tetapi juga mulai memberikan layanan tv kabel.

Adanya internet serba cepat dan unlimited dari Groovy, tentu akan mendukung kesuksesan berbisnis dari rumah. Sementara itu, bonus layanan tv kabel yang diberikan akan bermanfaat pula bagi anggota keluarga lainnya. Keluarga senang, bisnis pun terpantau lancar.

Layanan TV Kabel dan Internet Groovy kini telah melayani 10 kota di Indonesia antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Tak hanya area komplek perumahan dan apartemen saja yang dilayani oleh Groovy. Groovy juga melayani area non residensial.

Terdapat 3 jenis layanan yang ditawarkan oleh Groovy, yaitu

  • Unlimited Speed (Kecepatan transfer data tak terbatas, namun ada kuota pemakaian harian)
  • Unlimited Data (Kuota pemakaian tak dibatasi, namuan keceparan transfer data diatur)

  • Internet + Free TV (Kuota pemakaian tak dibatasi, namuan keceparan transfer data diatur, serta adanya layanan tv kabel)

Ketiga jenis layanan ini juga dapat disesuaikan lagi dengan kebutuhan, apakah untuk personal / perseorangan, keluarga / family, gamer, atau penggunaan aktivitas internet level extreme.

Groovy menjadi pilihan tentu bukan tanpa alasan. Ketersediaan pilihan paket yang sesuai kebutuhan, teknologi terknini dengan harga yang terjangkau dan termasuk biaya berlangganan 1 (satu) unit perangkat WiFi Access Point, internet cepat dengan alamat IP static (tetap), serta adanya layanan helpdesk dengan dukungan 24 jam setiap hari, menjadi beberapa alasan untuk memilih Groovy sebagai layanan internet di rumah.

Untuk mendapatkan layanan Groovy maupun informasi lebih detail terkait Groovy bisa diakses melalui

Website : https://groovy.id/

Instagram :  https://www.instagram.com/groovyid/

Ada pula layanan chat via website dan whatsapp yang disediakan oleh Groovy untuk berkomunikasi dengan para pelanggan.


 

Ingin bisnis dari rumah lancar ? Pakai Groovy dong untuk internet di rumah.

Groovy – Modern, Simple, and Super fast.

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *