Bagi penikmat daging, mungkin ada yang punya pendapat sama denganku, bahwa komponen dari sapi yang paling enak adalah iga. Gimana gak enak, secara tampilan aja biasanya begitu menggiurkan. Potongan besar tulang iga dibalut dengan daging, otot, serta lemak yang menyatu. Kenikmatan olahan iga bisa dinikmati di salah satu restoran spesialis iga yaitu Warung Tekko. Di Palembang pun, Warung Tekko sudah ada sejak lama dan kini menambah cabang baru.

Nah, pada hari Minggu, 26 Januari 2020 lalu, aku berkesempatan untuk kumpul bersama blogger dan foodies Palembang dalam acara “Blogger Gathering with Warung Tekko” di Warung Tekko Palembang, Jalan Basuki Rahmat.

Mengenal Warung Tekko, Restoran Keluarga Spesialis Iga

Acara “Blogger Gathering with Warung Tekko” dibuka oleh Mas Sidik Kadarsyah, Marketing Manager Warung Tekko dengan menceritakan sejarah dari Warung Tekko.

Warung Tekko atau Tekko Family Restaurant pertama kali berdiri pada tanggal 29 Januari 2009 di Pantai Indah Kapuk. Konsep yang diusung oleh Warung Tekko memang konsep restoran yang nyaman untuk gathering atau kumpul bersama keluarga ataupun teman-teman. Konsep resto keluarga memang cocok karena menu dari Warung Tekko bisa dinikmati mulai dari anak-anak hingga orang tua. Fasilitas seperti baby chair pun juga ada untuk anak-anak batita agar bisa duduk dengan nyaman saat makan.

Warung Tekko Restoran Keluarga dengan Cita Rasa Nusantara

Nama Tekko sendiri berasal dari Bahasa Jawa (teko) yang memiliki arti “datang”. Pada saat ini, Warung Tekko telah memiliki 46 cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Batam, serta Jambi. Waktu aku pindah ke Palembang di tahun 2011, Warung Tekko baru memiliki 1 cabang di Jalan Basuki Rahmat. Sekarang, Warung Tekko pun membuka cabang baru di OPI Mall.

Jika memasuki Warung Tekko, nuansa natural terasa dari perabot dan aksesoris yang ditampilkan. Meja-meja besar dengan kursi panjang masih dapat dilihat di Warung Tekko Palembang. Belum lagi hiasan lampu, bingkai foto-foto yang dipajang di dinding, serta teko-teko dari tembaga yang terlihat sedikit tua namun elegan.

Mencicipi Menu Cita Rasa Nusantara di Warung Tekko Palembang

Setelah mendengar cerita dari Mas Sidik tentang history dari Warung Tekko, kami juga diajak mencicipi menu-menu yang ada di Warung Tekko. Menu masakan dan minuman Warung Tekko memiliki cita rasa nusantara. Menu yang paling diunggulkan dari Warung Tekko jelas semua yang berbau iga. Bisa dibilang, Warung Tekko adalah restoran spesialis iga. Nah, mari kita coba cita rasa nusantara serta sajian iga di Warung Tekko Palembang

Konro Bakar Saus Madu – Rp 80.000,-

Konro Bakar Saus Madu ini bisa secara visual menarik banget. Bukan cuma karena porsinya yang terlihat besar, tapi juga sausnya tuh kayak di luarnya banyak gitu loh.

Warung Tekko Restoran Keluarga dengan Cita Rasa Nusantara

Begitu dicoba, ya Allah ya Tuhanku, ini kok bisa dagingnya empuk banget. Jadi penasaran masaknya berapa lama bisa sampe empuk begini. Saus madunya pun berasa banget, manis-manis legit gitu lah campur bumbunya.

Kalau misalnya lagi diet nasi putih nih, pesen konro bakar saus madu nih menurutku udah ngenyangin banget deh. Ada dua tulang iga yang disajikan di masakan ini.

Kulit Ikan Cabe Garam – Rp 30.000,-

Kulit Ikan Cabe Garam adalah menu baru dari Warung Tekko. Sebenarnya ini kulit ikan dori yang digoreng crispy lalu diolah dengan bumbu-bumbu lainnya. Taburan cabai dan rasa gurih asin begitu lekat di menu ini. Menu ini bisa jadi hidangan pembuka dan dimakan ramai-ramai.

Warung Tekko Restoran Keluarga dengan Cita Rasa Nusantara

Sup Ikan Nila – Rp 65.000

Kuah hangat dan rasa gurih dari ikan berpadu dengan begitu sempurna. Potongan tomat hijau memberikan kesan manis sekaligus rasa asam. Rasanya, jika lagi meriang dan makan sup ikan nila ini, badan bisa lebih hangat dan sehat kembali.

Sate Maranggi – Rp 45.000

Bagi yang rindu dengan sate khas Purwakarta, Sate Maranggi di Warung Tekko dapat menjadi pilihan pelepas rindu. Potongan dagingnya empuk walau sayangnya bagiku kurang besar. Bumbu kecap dan cabainya agak pedas juga. Tidak disarankan untuk diberikan kepada anak-anak.

Gurame Asam Manis – Rp 79.000

Ikan gurame yang dibalut tepung dan digoreng krispi lalu disiram dengan saus asam manis. Ukuran ikan gurame yang besar membuat menu ini cocok untuk hidangan ramai-ramai.

Warung Tekko Restoran Keluarga dengan Cita Rasa Nusantara

Hal yang menurutku unik dari Warung Tekko ini adalah menu-menu baru yang dikenalkan seperti Karedok, Soto Ayam, Fish Skin Cabai Garam, Sate Padang, Sup Ikan Nila, Pecak Ikan, adalah menu yang mungkin sudah biasa ditawarkan di restoran lain. Mungkin karena  Warung Tekko di awal lebih fokus pada olahan iga, sehingga menu yang umum justru menjadi menu baru. Tentu saja, ini menjadi keunikan sendiri dan rasa baru yang ditawarkan oleh Warung Tekko.

Apakah Warung Tekko hanya cocok untuk makan beramai-ramai saja? Walaupun mengusung konsep restoran keluarga dengan ragam menu pilihan yang bisa dimakan beramai-ramai, tapi Warung Tekko juga menawarkan menu paketan. Ada 4 varian menu paket yang menurutku cocok ketika kita bingung memilih varian menu yang banyak, atau ketika kita harus makan sendiri dan ingin banyak lauk. Menu paket juga cocok untuk dipesan untuk acara seperti arisan, rapat, dsb.

Warung Tekko Restoran Keluarga dengan Cita Rasa Nusantara

Demikianlah ulasan tentang Warung Tekko, restoran keluarga dengan cita rasa nusantara.

Info Warung Tekko

Info lebih lanjut tentang Warung Tekko bisa didapat dari:

Lokasi Warung Tekko Palembang

Warung Tekko Basuki Rahmat

Warung Tekko OPI Mall