Awas Jangan Salah Sewa Rumah! Inilah Ciri-Ciri Rumah yang Baik Untuk Anda Pilih

Mempunyai rumah sendiri adalah impian setiap keluarga. Apalagi untuk para pengantin baru. Sebenarnya, tinggal di rumah orang tua pun tak mengapa, tetapi biasanya akan timbul rasa sungkan karena pasangan yang baru menikah ada keinginan untuk hidup mandiri. Jika memang belum mampu untuk membeli rumah sendiri, maka solusi lainnya adalah dengan menyewa sebuah rumah. Agar tak terlalu jauh dari orang tua, mencoba menyewa rumah yang dekat mereka bisa menjadi pilihan, agar bisa sering mengunjungi mereka.

Cieee…baru nikah nih – photo : pixabay.com

Memilih sebuah rumah untuk disewa atau dikontrak tentunya butuh pertimbangan yang matang. Kita tak bisa asal menempati rumah, karena meskipun hanya untuk sementara. Karena rumah tersebut akan dijadikan sebagai tempat tinggal, kondisi rumah harus dipastikan aman dan nyaman. Jadi, Anda harus bisa memilih rumah yang tepat seperti rumah sendiri.

Ciri-Ciri Rumah yang Tepat Untuk Disewa

Ketika Anda memilih rumah, pastikan untuk mengetahui detail apa saja yang ada di dalam maupun di luar rumah. Jangan hanya melihat dari luarnya saja. Bila Anda tak mengetahuinya secara rinci, maka rasa penyesalan pasti datang di kemudian hari. Belum lagi jika Anda dan pasangan statusnya adalah pengantin baru, maka Anda juga perlu mempersiapkan dengan baik untuk tempat tinggal anak nantinya. Jika Anda mencari info di internet, lihat beberapa info sewa rumah ini.

Seperti inilah ciri-ciri rumah sehat yang patut Anda pilih untuk disewa :

  1. Keadaan Bangunan yang Kokoh dan Tak Mudah Roboh

Ciri pertama sebuah rumah yang sehat dan patut untuk disewa adalah bangunannya yang kokoh. Anda harus memilih rumah yang kuat agar tidak mudah goyah jika ada suatu hal terjadi. Pastikan jangan hanya memeriksanya dengan mata saja, tapi Anda juga harus mengerti kondisinya fisiknya dengan menyentuh dan merabanya.

  1. Lantai yang Bagus dan Tidak Retak

Selanjutnya adalah bagaimana kondisi lantainya. Rumah yang baik mempunyai ciri-ciri lantai yang bagus. Periksa kembali apakah rumah incaran Anda tersebut lantainya retak maupun pecah atau tidak di setiap sudutnya. Jika memang ada bagian yang rusak, segera minta sang pemilik untuk menggantinya sebelum ditempati.

Lantai yang kokoh untuk perabot – photo : pixabay.com
  1. Ventilasi Udara yang Cukup di Setiap Ruangan

Sebuah rumah dapat dikatakan sehat jika mempunyai ventilasi udara yang cukup. Ventilasi udara ini berguna sebagai media bertukarnya udara kotor dengan udara baru agar tidak pengap dan lembab. Periksa ke seluruh ruangan apakah rumah tersebut mempunyai ventilasi yang cukup, baik itu di ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

  1. Ketersediaan Air Bersih yang Dapat Mengalir Lancar

Setiap rumah pasti memerlukan air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti untuk minum, masak, dan mencuci. Tanpa air yang mengalir dengan lancar, maka aktivitas akan terhambat. Anda juga perlu tahu bagaimana kondisi air ketika musim kemarau tiba, jika terlalu sulit untuk mendapatkan air, coba carilah tempat lain.

  1. Pencahayaan yang Cukup

Selain ventilasi udara, sebuah rumah juga memerlukan pencahayaan yang cukup dari luar. Pencahayaan yang dimaksud adalah dari matahari. Karena bagaimanapun juga matahari sebagai salah satu sumber energi bagi kehidupan. Jadi, di setiap rumah juga membutuhkan cahaya matahari yang memadai. Cahaya ini tak hanya bermanfaat bagi manusia saja, tapi juga berguna bagi kualitas kesehatan rumah itu sendiri.

  1. Terbagi Menjadi Beberapa Ruangan yang Fungsional

Sekarang ini konsep rumah dengan minim sekat sedang menjadi tren. Hal ini baik adanya agar rumah tampak lebih luas dan terbuka. Akan tetapi, ada beberapa ruangan yang sebaiknya tetap diberi sekat yang cukup agar privasi dari sang pemilik rumah tetap terjaga. Anda harus mengecek juga apakah rumah tersebut terdiri dari beberapa ruangan yang memang berfungsi dengan baik.

Misalnya saja ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dapur, dan kamar mandi. Ruang-ruang tersebut adalah ruangan paling dasar yang dimiliki oleh sebuah rumah. Jangan pilih rumah yang mempunyai ruangan tersendiri dan kurang berarti, kecuali Anda memang berniat untuk menjadikannya sebagai ruangan khusus.

  1. Langit-Langit Rumah Tinggi

Rumah yang baik adalah yang memiliki langit-langit cukup tinggi. Langit-langit yang tinggi ini akan membuat rumah terkesan lebih lapang dan sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Sebaliknya, atap rumah yang rendah akan terasa sesak dan pengap, sehingga kondisi ini semakin lama tak baik untuk kesehatan Anda dan keluarga.

  1. Kamar Mandi yang Bagus

Bagus dalam hal ini bukan berarti kamar mandi harus memiliki desain yang mewah. Melainkan dilihat dari kondisinya. Jika menggunakan bak mandi, periksa apakah bak mandi tersebut bocor atau tidak, lalu cek juga material yang digunakan. Selain itu, Anda juga harus memastikan masalah kloset yang berjalan dengan lancar atau tidak, serta lantai kamar mandi yang terpasang.

Kamar mandi yang bagus juga penting di rumah – photo : pixabay.com

Tips Memilih Rumah Sewa yang Tepat

 

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri rumah yang baik dan sehat untuk bisa disewa, selanjutnya Anda harus tahu bagaimana tips memilihnya dengan tepat. Berikut adalah tips-tips yang harus diikuti:

 

  1. Harga Sewa yang Tidak Mahal

Hal penting yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih rumah sewa adalah harganya. Sebaiknya Anda memilih sewa rumah yang harganya sesuai dengan budget, walaupun tetap tidak mengindahkan bagaimana kualitasnya. Pastikan apakah harga sewanya itu sesuai dengan kualitas dan fasilitas yang dimiliki. Jangan mau menyewa rumah yang terlalu mahal atau terlalu murah. Di samping itu, sepakati juga bagaimana sistem pembayaran yang nyaman untuk kedua belah pihak.

  1. Lakukan Survei Terhadap Kondisi Rumah

Berkaitan dengan poin nomor 1 tadi, bahwa Anda harus mendapatkan rumah dengan harga sewa yang sesuai dengan kualitas maupun fasilitasnya. Oleh karena itu, sempatkan waktu untuk melakukan survei terhadap seluruh keadaan rumah. Baik di luar maupun di dalam. Anda harus bisa memastikan bahwa rumah dalam kondisi yang baik di setiap sudutnya dan tidak ada kekurangan. Jika ada kekurangan pun, Anda harus membicarakannya terhadap pemilik rumah dan mencari solusinya bersama.

Rumah idaman untuk ditinggali – photo : pixabay.com
  1. Perhatikan Bagaimana Lingkungannya

Poin yang tak kalah pentingnya dalam memilih rumah, meskipun hanya rumah sewa adalah lingkungan sekitar. Pilihlah sebuah rumah dengan lingkungan yang bersih dan kondusif. Karena lingkungan ini akan menentukan bagaimana kondisi kesehatan kita dan kenyamanan tinggal di rumah tersebut.

Untuk lingkungan yang bersih contohnya adalah tidak berada di dekat pusat pembuangan sampah, saluran air berjalan dengan lancar sehingga ketika hujan tidak tersumbat, jauh dari pembuangan limbah maupun polusi industri, serta di sekitarnya terdapat pepohonan rindang yang menyumbangkan udara segar.

Sedangkan lingkungan yang kondusif adalah terbebas dari segala keributan, polusi suara yang mengganggu kesehatan telinga, serta aman dari ancaman-ancaman seperti pencurian, perampokan, tawuran dan sebagainya. Dengan memiliki kondisi rumah yang kondusif dan bersih tentunya juga akan menentukan kualitas kehidupan Anda yang bahagia.

 

  1. Mudah Diakses dan Dekat Dengan Fasilitas Umum

Tips yang terakhir adalah rumah yang Anda sewa seharusnya mudah diakses dan dekat dengan fasilitas umum. Sebaiknya Anda memilih sewa rumah yang dekat dengan aktivitas sehari-hari, misalnya tempat kerja atau transportasi umum. Jadi, sewaktu Anda tidak bisa menggunakan transportasi pribadi, bisa menggantinya dengan transportasi umum.

Kemudian, penting juga untuk memilih rumah juga tak jauh dari fasilitas umum, misalnya tempat ibadah, minimarket, supermarket atau minimarket, ATM, sekolah, rumah sakit, taman dan sebagainya. Hal ini tidak akan menyulitkan Anda ketika membutuhkan sesuatu yang mendesak.

 

Sekian beberapa ciri-ciri dan tips sewa rumah yang perlu dicermati. Karena rumah adalah tempat kita kembali selepas aktivitas seharian dan tempat istirahat terbaik. Tak ada salahnya memilih rumah yang aman dan tenteram meskipun hanya menyewanya saja.

You may also like