3 Restoran Hotplate Favorit di Palembang

Di awal tahun 2013, saya sempat dinas ke Jakarta dan mencicipi salah satu restoran di Mall Taman Anggrek yang menyajikan makanan menggunakan hotplate. Saat itu saya ‘ndeso’ banget kali ya, sama mbak-mbak pelayannya ditanya, sudah tau cara masaknya? Saya jawab dengan polos kalau belum, dan habis itu sama si mbaknya makanan kita diaduk-aduk langsung di atas meja. Ngaduknya pake sendok lah, kalo pake tangan namanya debus (plus jorok juga).

Penyajian makanan dengan hotplate sebenarnya sudah cukup lama ada. Salah satu makanan yang umum disajikan dengan hotplate adalah steak. Restoran steak harga kantong anak sekolahan seperti Waroeng Steak n Shake pun masih menawarkan sajian steak di atas piring panas. Namun, belakangan ini, banyak olahan menu nasi yang disajikan di atas hotplate.

 

Kenapa banyak yang memilih menyajikan dalam hotplate?

 

Makanan yang disajikan dalam hotplate biasanya memiliki kondisi yang panas-panas hangat, sehingga selera makan bisa bertambah. Mungkin sebenarnya makanannya biasa aja tapi karena penyajiannya di hotplate menjadi nilai tambah. Makanan yang disajikan di hotplatejuga bisa menimbulkan aroma yang berbeda.

Seiring berkembangnya kota Palembang, meningkatnya daya beli dan keinginan mencicip aneka ragam masakan (walau tentu pempek tetap terbaik), restoran

 

Nah, berikut ini 3 restoran hotplate favorit di Palembang :

 

1.        Pepper Lunch

Pepper Lunch masuk ke Palembang sekitar tahun 2014. Pepper Lunch sendiri aslinya adalah restoran steak fast food asal jepang dengan konsep DIY alias Do-It-Yourself. Jadi, ya kita sendiri yang mengatur rasa sesuai dengan kesukaan kita dengan tagline ‘Sizzling it your Way’. Pepper Lunch menawarkan aneka menu mulai dari Steak (Beef, Salmon, Chicken), Pasta, Curry Rice, dan juga Pepper Rice. Terdapat pula makanan lain seperti Miso Soup, French Fries, Salad, Salmon Skin, Ice Cream, dll. Untuk menu minuman ada Lemon Tea (yang bekerja sama dengan Nestle karena Nestea), Green Tea, Milo, dll.

Menunggu sajian Pepper Lunch juga tidak terlalu lama, sekitar 10-15 menit. Sekarang jarang ditanya tau cara masaknya atau ngga. Jadi si mbak-nya cuma bilang yang intinya dicampur / diaduk-aduk aja ya di piring besi (iron plate) nya. Tersedia saus khas Pepper Lunch yaitu rasa madu yang manis dan rasa bawang. Jika kurang pedas, ada pepper di atas meja.

Logo Halal di Promo Katsu

Pepper Lunch sendiri sudah mengantongi sertifikat halal MUI. Makan di Pepper Lunch cukup asik ya, karena sensasi masak sendiri. Kalau sedang pilih menu steak rasanya enak, karena memang steak lebih enak dinikmati selagi hangat dan lagi daging yang disajikan di Pepper Lunch sangat lembut. Rasanya kayak meleleh pas masuk ke mulut.

 

Untuk harga, sebenarnya Pepper Lunch cukup mahal, tapi sering juga ada promo, Promo dengan Bank Mandiri, Telkomsel, Groupon (sekarang MyFave), dan lain-lain. Budget yang perlu disiapkan kalau mau makan di Pepper Lunch kurang lebih Rp 100.000 – Rp 150.000 per orang.  Namun harga tersebut sangat sebanding mengingat rasa masakan dari Pepper Lunch memang enak.  Oh iya, porsi di Pepper Lunch ini cukup banyak. Kalau pesan nasi, seringnya ga abis dan berakhir ke piring suami.

 

Sampai saat ini Pepper Lunch masih menjadi andalan saya kalau ke Palembang Indah Mall dan merasa kelaparan. Walau tampaknya tidak seramai saat awal buka dahulu, saya berharap Pepper Lunch masih bertahan di Palembang.

 

Pepper Lunch – Palembang Indah Mall, Ground Flour – Telp. 0711 – 7623120

 

Pepper Lunch Express – Eat Street Palembang Icon, 3rd Flour – Telp. 0711 – 5649425

 

 

 

2.        Ow My Plate

 

Ow My Plate buka di pertengahan bulan Juli 2017 ini di Palembang Icon. Ow My Plate mengambil tempat yang dulunya adalah restoran ice cream BC’Cone. Owner Ow My Plate adalah salah satu selebritas Indonesia yaitu Magdalena.

Menu yang menjadi andalan di Ow My Plate adalah Volcano Rice, yaitu nasi goreng yang berbentuk seperti gunung dengan topping jagung, bakso, daun bawang dan bawang Bombay. Di tengah bentuk gunung, terdapat lobang yang akan disiram dengan saus telur asin. Volcano Rice sendiri porsinya bisa untuk 2 orang dengan level pedas 1 sampai 5. Untuk Volcano Rice, nanti akan dihidangkan di atas kompor yang dibawa oleh mas-mas atau mbak-mbaknya ke meja kita, lalu dia menuangkan saus telur, dan mengaduk sampai kering atau agak basah sesuai referensi pemesan.

Cek ignya @owmyplatepalembang

Selain menu Volcano Rice, terdapat menu hot plate lainnya seperti Fish n Chips, Nasi Dori Sambal Matah, Nasi Goreng Teri Cabe Ijo, Ow My Brownies, Mantau, dll. Untuk minuman ada Green Tea, Lemon Tea, Ice Tea, dll. Tagline Ow My Plate adalah “Greget On Budget”, yakni harga yang cukup terjangkau mulai dari 24 ribu untuk makanan dan 7 ribu untuk minuman. Untuk makan berdua modal Rp 100.000 – Rp 150.000 , rasanya sudah cukup mengenyangkan.

Ow My Plate Palembang – Palembang Icon 3rd Floor

 

 

3.        Inselcious

 

Inselcious adalah restoran baru yang menawarkan konsep hotplate dengan harga yang cukup aman di kantong. Buka di akhir Juli 2017, Inselcious menawarkan promo diskon 50% sampai dengan 2 Agustus 2017 lalu.

Menu yang ditawarkan Inselcious umumnya adalah nasi, namun ada pula pasta. Menu lain yang menarik adalah Buritto dan Swedish Meat Ball (itu loh makanan yang mulai terkenal sejak IKEA masuk di Indonesia). Selain menu asin, asam, dan pedas yang mengenyangkan, Inselcous menawarkan menu manis yaitu dessert, pannacota, dan fruity soup.

Cek IG Inselcious di @inselcious

Salted Egg Rice di Inselcious emang enak sih, berasa gitu si telornya. Awalnya sempet ngira porsinya kecil, ternyata kenyang juga. Penyajian di Inselcious lumayan agak menunggu sih ya, makanya lebih baik kalau mau pesan sudah dari awal, jangan nambah-nambah lagi, soalnya rame pengunjung. Males kan ngantri ulang gitu. Masalah budget, kalau mau makan berdua di Inselcious bisa bawa modal sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000, udah ngenyangin dan puas banget. Suasana di Inselcious cukup adem dan nyaman.

Inselcious – Jalan Angkatan 66 Blok 6 K-L

 


Kenapa ketiga resto itu menjadi favorit ?

 

Selain alasan rasanya emang enak, harganya lumayan (ya kalau lagi banyak uang ke Pepper Lunch, kalau lagi hemat ke yang harga miring), alasan lainnya adalah adanya high chair untuk bayi. Ini penting ya sebagai pertimbangan ibu-ibu macam saya, demi saya kenyang dan bahagia, anak juga senang bisa makan sendiri. Oh ya, di semua restoran hotplate ini kita bisa menambahkan topping yang kita inginkan, seperti telor, sosis, keju, dll.

 

Restoran yang menawarkan hot plate di Palembang itu aja? Sebenarnya ngga juga sih, cuma memang yang konsepnya lebih banyak hotplate dan nasi ya 3 tempat tersebut. Kalau Hotplate dan Steak ada di Waroeng Steak, tapi sudah agak malas ke sana karena terakhir datang dapat pelayanan yang kurang oke. Menu yang disajikan dengan hotplate juga banyak sebenarnya. Nah, 3 restoran yang saya tulis di atas memang punya konsep hotplate dengan cita rasa yang lezat pula.

 

Yuk mari makan…..

#ODOP

#BLoggerMuslimahIndonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Written by

2 comments / Add your comment below

  1. Anakku suka banget hotplate ini..dia berasa jadi koki karena bisa masak sendiri, Mbak. Lagian penyajian yang fresh dan hangat sepertinya lebih sehat kali ya..Karena proses masaknya nggak lama dan baru saja…:)

  2. Aisyah belum pernah ke palembang kak, tapi terimakasih rekomendasinya, siapa tau suatu saat ke sana dan bisa mengunjungi ketiga restoran hotplate ini.. 🙂

Silahkan meninggalkan komentar :)