Jajan Kenyang Hati Senang di Pucuk Coolinary Festival Palembang

Pucuk Coolinary Festival

Siapa yang tak senang kalau jajanan favorit berkumpul dalam satu tempat yang sama pada satu waktu. Itu artinya, kita gak perlu sibuk mendatangi lokasi penjual yang mungkin saja jaraknya berjauhan. Kita juga tak perlu ribet bolak balik pesan antar dengan ojek online supaya makanan kesukaan datang. Emang mungkin ya itu terjadi? Pasti mungkin kalau ada festival kuliner seperti Pucuk Coolinary Festival seperti yang dilaksanakan di Palembang pada tanggal 7-8 September 2019.

Pucuk Coolinary Festival, Festival Kuliner Terbesar di Indonesia

Dalam media gathering yang dilakukan pada tanggal 5 September 2019, Bapak Kitto Kristanto selaku Junior Brand Manager Teh Pucuk Harum mengungkapkan bahwa Pucuk Coolinary Festival (PCF) adalah festival kuliner terbesar di Indonesia. Festival ini memiliki konsep yang berbeda karena menghadirkan lebih dari 100 tenant kuliner di setiap penyelenggaraannya. Selain itu, festival ini juga dibagi menjadi 3 zona rasa, yaitu Gurih, Manis, dan Pedas.

Media Gathering PCF Palembang
Bapak Kitto Kristanto dan Kak Dina Oktaviany dalam Media Gathering

Festival kuliner yang digagas oleh Teh Pucuk Harum ini dimulai sejak tahun 2018 lalu di kota Malang. Di tahun yang sama, diadakan festival ini diadakan di kota Bandung. Antusiasme warga ternyata sangat tinggi. Pengunjung membludak hingga lebih dari 30 ribu pengunjung.

Animo yang tinggi membuat pihak Teh Pucuk Harum kembali mengadakan Pucuk Coolinary Festival di tahun 2019. Pada tahun ini ada 4 kota yang dikunjungi yaitu Yogyakarta (30-31 Maret 2019), Medan (31 Agustus – 1 September 2019), Palembang (7-8 September 2019), dan Makassar.

Melalui penyelenggaraan event festival kuliner seperti Pucuk Coolinary Festival, diharapkan UMKM kuliner dapat semakin maju melalui kreativitas dan inovasinya dalam menyajikan makanan agar lebih dicintai oleh konsumen. Bahkan, para tenant yang berpartisipasi dalam event ini tidak dipungut biaya dan tidak pula ada tuntutan bagi hasil apapun. Malah, bisa mendapatkan hadiah jika terpilih sebagai tenant terfavorit.

Pucuk Coolinary Festival Palembang

Bukan tanpa alasan pihak Teh Pucuk Harum memilih Palembang sebagai salah satu tuan rumah Pucuk Coolinary Festival pada tahun 2019 ini. Palembang dikenal dengan kulinernya. Untuk olahan ikan, bukan hanya pempek saja. Ada tekwan, celimpungan, laksan, model, dll. Belum lagi pindang, martabak HAR, nasi minyak, dan sebagainya.

Kuliner Palembang juga berkembang pesat. Kini ragam variasi kuliner dari yang tradisional hingga kekinian pun semakin banyak. Dina Oktaviany, founder @makanpakereceh.plg mengatakan bahwa walaupun semakin banyak pula usaha yang sejenis, namun setiap owner berusaha membuat produknya berbeda dari yang lain. Coba saja hitung, ada berapa usaha salad yang membuka kedainya belakangan ini. Ada yang menerima pesanan online, berjualan menggunakan mobil, membuat stand khusus di area tertentu, dan ada pula yang secara serius membuat kedai saladnya.

Berdasarkan alasan tersebut, wajar rasanya jika Palembang dipilih menjadi salah satu penyelenggara Pucuk Coolinary Festival. Pucuk Coolinary Festival di Palembang diadakan di Lapangan Parkir PTC Mall Palembang pada tanggal 7-8 September 2019. Acara dimulai setiap pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Pucuk Coolinary Festival Palembang

Jadi, kalau sampai kelewatan hadir di event ini rasanya bakal sayang banget deh.

Seru-seruan Bersama Pucuk Coolinary Festival Palembang

Mendengar event Pucuk Coolinary Festival dimulai pada pukul 10 pagi, akupun bergegas pergi ke Lapangan Parkir PTC Mall pada tanggal 7 September 2019. Ternyata, diselenggarakan opening ceremony dari event ini.

Opening Ceremony PCF Palembang

Opening ceremony dimulai dengan Tari Tanggai Palembang yang dibawakan oleh tiga penari dengan anggun dan gemulai. Tari Tanggai memang kerap dibawakan untuk menyambut tamu undangan di awal sebuah acara. Salah satu penari membawa sebuah kotak berisi sekapur sirih untuk diberikan kepada para tamu undangan. Bapak Henry David Kalangie, National Sales & Promotion Head PT. Mayora Indah Tbk, mencoba sirih yang diberikan oleh penari tersebut.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Berpose bersama setelah opening speech, penekanan sirine, dan pengguntingan pita

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan opening speech dari Bapak Henry David Kalangie yang berisi ajakan untuk masyarakat memeriahkan event kuliner ini. Sambutan juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, H. Isnaini Madani yang mengungkapkan bahwa event ini bisa meningkatkan daya tarik masyarakat untuk mengenal lebih banyak wisata kuliner di Palembang. Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Hj. Ernila Rizar, MM, mengatakan bahwa event seperti ini bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi dari penggiat UMKM di Sumatera Selatan khususnya Palembang.

Sebagai tanda dimulainya gelaran 2 hari ini, dilakukan penekanan sirene yang dilakukan secara bersama-sama dan dilanjutkan oleh pemotongan pita. Tamu undangan pun sempat berkeliling dan melihat stand-stand yang berjualan di Pucuk Coolinary Festival.

Berbagai Promo dan Kegiatan Menarik

Pucuk Coolinary Festival Palembang tak hanya ramai dengan hadirnya lebih dari 100 tenant yang berpartisipasi. Tapi juga, berbagai promo dan kegiatan menarik pun diadakan untuk para pengunjung.

Bagi-Bagi 10.000 Pempek Gratis

Dalam setiap perjalanannya, Pucuk Coolinary Festival akan memberikan 10.000 porsi camilan kesukaan masyarakat di kota tempat event ini diselenggarakannya. Tak lain dan tak bukan, camilan kesukaan warga Palembang sudah pasti adalah Pempek. Maka, ada 10.000 porsi pempek yang dibagikan pada pukul 12.30 di setiap harinya. Pengunjung cukup menunjukkan 2 botol Teh Pucuk Harum untuk mendapatkan pempek gratis.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Pempek Gratisssss

Potongan Harga di Happy Hour

Pengunjung dapat juga menikmati potongan harga dari senilai Rp 10.000,- pada jam-jam tertentu. Tenang saja, pihak Pucuk Coolinary Festival akan menginformasikan pelaksanaan happy hour ini kok. Dengan begitu, para tenant juga bisa bersiap-siap untuk memberikan potongan harga selama berlangsungnya moment tersebut.

Promo Cashback 50% bersama Dana

Bekerja sama dengan salah satu e-wallet yaitu DANA, Pucuk Coolinary Festival juga menawarkan promo yaitu cashback 50% jika melakukan transaksi dengan DANA. Tentunya ada syarat dan ketentuan berlaku ya.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Promo DANA

Tantangan Makan di Spicy King Noodle Contest

Jika pengunjung merasa suka dengan kuliner pedas khususnya mie, tak ada salahnya untuk mengikuti Spicy King Noodle Contest. Ada beberapa sesi yang diadakan di hari pertama penyelenggaraan. Selanjutnya, para pemenang di setiap sesi akan berlomba lagi untuk sesi final di hari kedua.

Adanya Undian dan Lomba dengan Hadiah Menarik

Selain itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah grand prize 1 unit sepeda motor Yamaha NMAX serta uang tunai yang dibagikan setiap harinya. Jadi, setelah membeli makanan, pengunjung akan mendapatkan struk/nota yang bisa ditukarkan dengan kupon undian. Selain itu, pengunjung juga bisa memilih tenant kuliner favorit.

Menikmati Hidangan di PCF Palembang

Mengangkat konsep yang sama di setiap penyelenggaraannya, Pucuk Coolinary Festival membagi lebih dari 100 tenant kuliner ke dalam 3 zona yaitu zona gurih, zona manis, dan zona pedas.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Temukan rasa favoritmu dari 3 zona : gurih, manis, dan pedas

Dari penglihatanku, zona gurih menjadi zona yang paling banyak tenantnya. Dengan tagline, Pucuk Coolinary Festival ’Temukan Rasa Favoritmu’, Teh Pucuk Harum memang mengajak kita untuk menemukan rasa yang paling kita sukai.

Pucuk Coolinary Festival Palembang
Nyobain Onigiri Viral

Setelah membeli makanan di tenant favorit, kita dapat duduk-duduk dengan santai di tempat duduk yang telah disediakan. Ada panggung di bagian belakang yang di depannya terdapat bean bag untuk menikmati hidangan dengan santai. Alunan musik dari musisi lokal juga menemani kita selama berkeliling dan makan.

Bagusnya, di Pucuk Coolinary Festival juga menyediakan wastafel portable. Jadi, kalau mau makan makanan yang rasanya lebih nikmat disantap dengan tangan langsung, kita gak perlu khawatir saat ingin membersihkan tangan. Tak lupa, setelah makan, kita dapat langsung membereskan dan membuang sisa makanan di tong sampah yang tersedia di banyak titik.

Oh iya, ada pula beberapa youtuber dan foodies nasional maupun lokal yang meramaikan event ini loh. Jadi, selain bisa menikmati kuliner favorit, teman-teman juga berkesempatan untuk bertemu dengan idolanya khususnya di bidang kuliner.

Masih ada hari kedua nih di event Pucuk Coolinary Festival. Jangan sampai kelewatan. Event ini juga bisa jadi referensi untuk temen-temen agar menemukan jajanan baru lagi di Palembang. Selamat menikmati jajan kenyang dan hati senang deh. Semoga tahun depan diadakan lagi ya di Palembang.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *