Buat pecinta maupun penimbun buku, kayaknya udah gak asing lagi sama event tahunan yang ada di Indonesia sejak 2016, yaitu Big Bad Wolf atau BBW. Gak cuma pecinta buku sih, belakangan banyak juga orang tua yang semakin melek literasi dan mengincar buku anak murah di BBW ini. Sebagai permulaan, tahun ini Big Bad Wolf diadakan kembali di Jakarta (tepatnya sih Tangerang Selatan ya harusnya). Big Bad Wolf Jakarta 2020 diadakan sejak tanggal 6 -16 Maret di Hall 6-10 ICE BSD. Kebetulan aku lagi road trip ke Pulau Jawa, maka mampirlah aku ke BBW Jakarta 2020 ini.

Kenalan Dulu Sama Big Bad Wolf

Big Bad Wolf merupakan ajang penjualan buku impor terbesar. Big Bad Wolf aslinya berasal dari Malaysia, digagas oleh Andrew Yap dan Jacqueline Ng. Keduanya melihat bahwa di Malaysia minat bacanya termasuk rendah. Setelah diadakan BBW di Malaysia, dirasakan ada perubahan yang terlihat pada minat baca di negara tersebut.

Big Bad Wolf Jakarta 2020

Kesuksesan BBW Malaysia, membuka jalan BBW untuk diadakan di luar Malaysia. Kini BBW juga diadakan di negara lain seperti Indonesia, Thailand, Taiwan, Pakistan, Sri Lanka, Myanmar, Korea Selatan, Filipina, dan Uni Emirat Arab.

Big Bad Wolf (BBW) memang sangat menarik, bukan hanya karena ragam bukunya yang ditawarkan begitu variatif. Harga yang dibandrol untuk setiap buku pun bisa dibilang miring karena biasanya mendapat diskon sekitar 60-80% dari harga aslinya. Kenapa bisa begitu? Bisa jadi ini adalah buku-buku sisa yang tidak terjual atau kelebihan produksi.

Akhirnya Mampir ke Big Bad Wolf Jakarta 2020

Setelah sejak 2016 aku terbiasa jastip / jasa titip BBW kepada beberapa teman, akhirnya di tahun 2020 ini aku bisa mampir dan merasakan pengalaman langsung mampir ke BBW Jakarta.

Sebenarnya sih tidak secara khusus aku bela-belain dari Palembang ke Jakarta ya. Kebetulan aku dari awal Maret cuti dan melakukan perjalanan di Pulau Jawa. Di akhir masa cuti, aku target kembali ke Palembang pada hari Sabtu tanggal 7 Maret dari Lampung. Pada hari Kamis, 5 Maret akhirnya kami memutuskan istirahat di Tangerang aja karena kalau ke Lampung dari Bandung ngerasanya bakal capek banget. Eh, pas lihat-lihat kalender event ada BBW di ICE BSD. Setelah diskusi sama suami dan dapat ijin untuk boleh mampir sebelum jalan ke Lampung. Akhirnya, kami pun milih hotel di dekat ICE BSD supaya gampang ke BBW.

WhatsApp Image 2020-03-06 at 9.29.03 AM

Big Bad Wolf di Jakarta diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Hall 6-10, Tangerang Selatan mulai tanggal 6 – 16 Maret 2020. Di tanggal 4 dan 5 Maret, sudah ada preview sale untuk yang punya akses dan pemegang kartu BCA. Sempat ingin datang di tanggal 5 Maret sih setelah bertanya ke Kak @atemalem. Tapi kondisi anak kurang sehat, akhirnya memutuskan tanggal 6 Maret saja di hari pertama.

Akses dan Suasana BBW Jakarta 2020

Aku menginap di Hotel Santika Premiere ICE BSD. Hotel yang memang sangat dekat dengan lokasi BBW 2020. Berjalan kaki pun bisa dari Hall 3A yang berada tepat di belakang hotel.

Kalaupun misalnya mau naik kendaraan pribadi, sepertinya sih bisa saja ya parkir di lokasi ICE BSD. Cuma terlihat agak jauh. Yang kulihat, kebanyakan orang drop-off di depan hall 6/7 untuk akses masuk.

Begitu mendekati Hall 6, sudah ada beberapa banner yang menunjukkan itu pintu masuk event BBW.

Suasana di Area BBW 2020

Di luar ruangan, terlihat banyak booth yang menawarkan produk-produk, mulai dari Bodyshop, Herborist, jilbab, dsb. Ada juga booth yang menjual koper, mungkin tahu kali ya dari event ini orang belanja banyak dan biasa pakai koper untuk bawa pulang hasil belanjaan.

Sebelum memasuki ruangan, kita diperiksa suhunya terlebih dahulu. Mengingat belakangan ada penyebaran virus Corona dan di Indonesia sudah ada suspect. Tas-tas juga diperiksa oleh petugas. Ya pemeriksaan umum sih sebenarnya.

Di dalamnya ruangan, sudah terlihat banyak tumpukan buku-buku dengan berbagai genre, mulai dari fiksi, graphic novel, sastra, young adult, sampai buku anak-anak. Buku anak-anak pun dibedakan dari activity books, picture books, sticker books, board books, sound books, dsb.

WhatsApp Image 2020-03-06 at 9.29.02 AM (1)

Sebenarnya, tak hanya buku impor yang ada di BBW 2020, ada pula buku berbahasa Indonesia dan dari penerbit Indonesia seperti Mizan. Buku anak berbahasa Indonesia yang menarik pun ada karena kini ada beberapa buku yang berbasis Augmented Reality, seperti buku Alif dan Sofia. Jadi, kalau beli buku ini dan download aplikasinya, kita bisa melihat buku tersebut seperti hidup. Ketika anak melihat buku ini, jelas saja tertarik dan minta membeli.

Buku-Buku yang Ada di BBW 2020

Jujur, aku baru pertama kali ke event yang menjual buku dengan area yang luas dan banyak banget bukunya. Kayaknya toko buku kayak kalah. Mungkin karena terlihat lapang dan hanya terlihat buku yang bertumpuk kali ya. Suasana tak terlalu ramai sih. Aku datang sekitar pukul 9-an, jam buka BBW di hari pertama itu.

Setiap event BBW, aku lebih fokus untuk mencari buku anak sih. Cuma belakangan aku juga mencari puzzle dan permainan yang mungkin bisa dibawa untuk dimainkan di kantor. Untuk pilihan puzzle tidak terlalu banyak. Bisa jadi, stok yang dikeluarkan di awal dan menjelang akhir event akan berbeda. Tentu untuk menarik pengunjung agar tetap datang ke BBW.

Aku merasa, susunan buku di BBW ini cukup menjebak dan memusingkan. Contohnya untuk buku anak Augmented Reality ada beberapa tempat yang tersebar. Jadi, ketika anak di awal sudah melihat, di pertengahan lagi mencari buku lain juga hampir minta lagi karena ada yang menawarkan kembali.

WhatsApp Image 2020-03-06 at 9.30.11 AM

Sementara itu, untuk buku genre sejenis juga tidak hanya di satu area. Jadi misalnya di kiri setelah masuk ada genre young adult, nanti tak jauh dari kasir pun ada. Jujur saja untukku yang tak bisa berlama-lama jadi susah mencari. Kayak muterin berapa kali lapangan bola deh rasanya.

Begitu pula dengan buku anak, area buku anak kayaknya lebih banyak deh dari yang lain. Tapi ya lagi-lagi aku menemukan buku yang berada di beberapa tumpukan.

Untuk puzzle sendiri, terbatas banget. Di tahun lalu, aku ada jastip 4 puzzle oval. Aku pikir di tahun ini bakal ada seri lainnya, ternyata ya memang ada tapi hanya 1 puzzle saja yang benar-benar berbeda. Ya untung sih, akhirnya ada puzzle baru di rumah.

Setelah satu jam, aku memutuskan keluar dari BBW karena ingin siap-siap check out hotel dan melanjutkan perjalanan ke Lampung.

Proses Pembayaran BBW Jakarta 2020

Beberapa teman-teman pernah bercerita kalau di BBW sebelumnya sering mengantri parah. Entah karena memang datang di saat penuh-penuhnya atau gimana aku kurang tahu. Cuma yang kulihat di BBW Jakarta 2020 ini, kasirnya banyak ya. Tidak ada antrian mengular. Begitu ada kasir yang kosong pun, setiap kasir langsung mengangkat tanda bahwa di tempatnya kosong.

Ketika bayar, kita akan ditanya punya member BBW atau tidak. Kalau belum, bisa memberikan KTP untuk didaftarkan. Pembayaran bisa menggunakan kartu debit/kredit karena setiap kasir ada mesin EDCnya. Oh iya, tidak ada kantong sepertinya di event BBW ini, jadi memang baiknya membawa kantong sendiri untuk barang yang dibeli.

Struk juga jangan sampai hilang ya, karena di pintu keluar akan ada pemeriksaan struk oleh petugas.

Tips untuk ke BBW Jakarta 2020

Begitu pertama masuk event BBW, rasanya hampir kalap dan ingin membeli banyak buku, tapi akhirnya ga jadi sih hehehe. Dari beberapa kali ikutan jastip, aku jadi belajar sih untuk gak terlalu kalap untuk belanja buku. Selain itu, untuk teman-teman yang mau datang ke BBW Jakarta 2020, aku coba beri tips ya:

Jika dari Luar Kota, Lebih Baik Menginap

Kalau aku kan bukan dari Jabodetabek ya, alias dari luar kota. Jadi, untuk sesama yang dari luar kota dan bela-belain berburu buku di BBW 2020, gak ada salahnya untuk menginap. Ada hotel di dekat ICE BSD, ada pula penginapan lain di sekitar BSD. Nantinya untuk ke tempat BBW bisa ditempuh dengan ojek atau taksi online. Mau jalan kaki juga boleh sih.

Oh iya, BBW juga buka 24 jam loh. Jadi, kalau mau keliling tengah malam juga bisa. Malah mungkin lebih sepi dan nyaman.

Bawa Kantong Belanjaan Sendiri

Karena tidak disediakan kantong belanja, ada baiknya bawa kantong belanja sendiri. Kalau memang sudah siap mau kalap belanja di BBW 2020, lebih baik sih sekalian bawa koper gede aja hehe. Taroh di mobil, nanti pas udah hampir selesai belanja siapin kopernya.

Jika Bawa Anak, Bawa Stroller Agar ia Tidak Kelelahan

Aku kan bawa anak umur 4 tahun pas datang ke BBW 2020 ini, jadi aku membawa easy stroller supaya dia gak kecapekan melintasi ruangan segede itu. Kalaupun anak sudah kelelahan dan kita masih ingin belanja, dia bisa tiduran di stroller. Stroller juga bisa bermanfaat untuk membawa hasil belanjaan setelahnya.

WhatsApp Image 2020-03-06 at 9.29.03 AM (1)

Makan Terlebih Dahulu Agar Kuat Berkeliling

Area yang luas bisa membuat kita kelelahan. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengisi perut terlebih dahulu sebelum datang ke BBW 2020. Siapkan minuman agar tak kehausan. Di dalam area BBW 2020 juga sebenarnya ada food corner sih. Tapi, kalau ngerasa mendingan beli buku daripada beli makan, ya mending makan di luar dulu deh.

Tandai Tempat Buku yang Diincar

Ketika berkeliling, mungkin saja kita menemukan sebuah buku incaran padahal masih ingin mencari buku lainnya. Jika masih ragu, baiknya kita tandai saja tempat buku incaran. Kalau nanti mau mengambil buku itu, kita bisa kembali ke tempat tersebut. Sebenarnya sih bisa saja main ambil-ambil aja, tapi kan kala gak jadi, kasihan petugasnya harus ngebalikin buku-bukunya di akhir.

Ingat Saldo Tabungan Agar Tidak Kalap Belanja

Belilah buku seperlunya, jika melihat ada dua buku yang mirip (ini sering kasusnya di buku anak-anak), bandingkan dulu keduanya. Walaupun disegel, biasanya ada buku-buku yang dijadikan sampel, jadi kita bisa lihat isi dalamnya.

Kalau masih ngerasa kalap juga, ingat aja saldo tabungan berapa. Sudah melebihi belum budget kita. Sambil belanja, menjelang di kasir, kita bisa kok mencoba hitung sendiri berapa belanjaan kita.

Donasi Buku di Akhir Agar Berimbang

Terakhir, sebelum keluar dari area, di penghujung ada pula stand untuk membeli buku dan mendonasikan buku yang kita beli. Ya, jangan hanya belanja untuk diri sendiri aja dong. Untuk teman-teman lain yang terbatas akses untuk membeli buku bisa kita bantu melalui donasi buku.

20200306_103319

Yak, demikianlah cerita pengalamanku pertama kali mampir di BBW Jakarta 2020. Semoga, BBW bisa banyak diadakan di kota lain, gak terbatas di Jakarta, Surabaya, dan Medan aja.

Kalau ada yang mau ngajak aku main ke BBW lagi atau mau nraktir buku boleh loh. Hahaha.

20200307_191255
Beberapa hasil dari belanja di Big Bad Wolf Jakarta 2020