Menyelesaikan Kisah Bersama Lagu Done Kun Saraswati

Lagu Done Kun Saraswati (1)

Harus diakui, bahwa industri musik di Indonesia semakin hari semakin semarak. Banyak penyanyi baru bermunculan. Belakangan, aku sering menemukan lagu Indonesia yang memiliki makna mendalam. Lagunya juga dinyanyikan oleh penyanyi muda dengan suara indah. Salah satu yang kerap kuputar belakangan ini adalah lagu Done Kun Saraswati.

Memaknai Lagu Done Kun Saraswati

What i’m gonna do, tell me what i’m gonna do

What i’m gonna do, tell me what i’m gonna do

Salah satu penggalan dari lirik musik Kun Saraswati ini terus berulang di kepala saat aku pertama kali mendengarnya. Entah kenapa kesan rapuh penuh keputusasaan begitu besar terasa. Hal yang kurasa wajar untuk dirasakan ketika merasa patah hati atau kecewa pada keadaan tertentu.

Terpesona dengan musiknya yang begitu mengalun dengan suara merdu Kun Sarasawati, aku pun coba memaknai lagu ini secara lebih mendalam.

take me with you or let me be with you

but if we knew, i’m trynna forget you

what did i do? i’m feeling so pale blue

this felt so true, but how about you?

Suasana sendu terasa di awal lagu ini. Sebuah pesan penuh pertanyaan tentang kebingungan atas kondisi yang terjadi. Sebuah ketidakrelaan penuh tanda tanya. Apakah semua ini terjadi karena kesalahan kita dan apakah perasaan ini juga dirasakan oleh orang lain?

lagu Done Kun Saraswati
Salah satu momen dalam video klip lagu Done Kun Saraswati

Potongan verse 1 lagu Kun Saraswati sedikit mengindikasikan bahwa lagu ini tentang patah hati. Imajinasiku merasa lagu ini diciptakan ketika ditinggalkan tanpa tahu alasan yang jelas.

Prechorus

The sky starts raining, but my heart keeps tracing

the storms are raging, but my heart keeps falling

Reff

i’m clinging on to you, just tell me it’s not true that violets are not blue

i’m clinging on to you, just tell me it’s not true and there is no i love you

Verse 2

im broken in two, im drowning in deep blue

My feelings for you, has drowned with me too

Awalnya, aku sempat bertanya-tanya, apa hubungan antara judul dan isi lagu ini. Done yang menjadi judul lagu Kun Saraswati ini memiliki arti selesai. Namun, di awal lagu begitu mengesankan adanya perasaan yang belum selesai.

Ungkapan penuh dengan kekecewaan dan kegundahan ingin diungkapkan oleh Kun terhadap kondisi yang dialaminya. Hampir lebih dari setengah lagu Kun Saraswati ini mengungkapkan kesedihan begitu mendalam atas kisahnya.

Apa yang diceritakan di lagu ini memang sangat wajar terjadi di kehidupan kita. Ketika merasa kecewa atau patah hati, perasaan bingung, galau, gundah, dan tak ingin semuanya berakhir pasti muncul.

Ada momen di mana kita kerap kali tak bisa langsung menerima segala perubahan atas kondisi itu. Lirik musik Kun Saraswati begitu menggambarkan apa yang kerap kita alami ketika patah hati atau kecewa.

Menjelang akhir lagu, Kun Saraswati memberikan sebuah pesan singkat namun begitu bermakna. Kekecewaan dan kondisi negatif ini harus segera diakhiri.

but if we knew, i’m done with you

Pesan Mendalam Lagu Done

Done, yang menjadi judul lagu Kun Saraswati, ini rasanya cocok untuk menjadi move on anthem. Tak hanya ketika kita sudah melewati sebuah peristiwa dan berada di kondisi kecewa.

Lagu ini juga cocok ketika kita berada di kondisi tak mengenakkan dan masih ragu untuk mengakhiri. Ada kekuatan tersembunyi yang dikirimkan Kun Saraswati agar orang berani untuk mengakhiri kondisi yang mengecewakan. Jangan ragu untuk menuntaskan perasaan gundah gulana.

Lagu Done Kun Saraswati
Lagu Done Kun Saraswati bisa jadi move on anthem

Kadang, kenyataan memang tak selalu sejalan dengan harapan. Namun bukan berarti kita harus terkungkung dengan keadaan. Pada akhirnya, jika kita tetap tidak bisa menerima perubahan, kita tentu akan selalu diliputi oleh perasaan sedih dan kecewa. Seperti awan hitam yang rasanya terus menghantui dan membawa aura negatif. Tentu ini tak baik bagi kita juga bagi lingkungan.

Perasaan tersebut memang wajar dirasakan. Namun, kita tetap harus ingat bahwa terkadang sebuah akhir bisa menjadi awal yang baik. Percayalah selalu ada cahaya melalui jalan lain yang bisa membawa kita ke titik yang lebih baik. Selalu semangat untuk memulai hal baru. Hilangkan aura negatif dengan membawa aura positif ke kehidupan kita.

Launching Debut Single Done

Lagu Done merupakan single pertama yang resmi dirilis oleh Kun Saraswati. Launching debut single ini dilakukan di Greenhouse Coworking pada Jumat, 4 Oktober 2019 lalu.

Kun Saraswati bercerita bahwa lagu Done sebenarnya sudah ditulis pada pertengahan tahun 2016. Namun, lagu ini baru dijadikan sebuah karya lagu pada bulan Agustus 2019.

Lagu Done Kun Saraswati
Kun Saraswati saat launching debut single Done – photo credit : Mas Satto Raji

Menulis lagu sendiri memang menjadi salah satu kepiawaian Kun Saraswati. Ia mulai menulis lagu sendiri sejak menginjak usia 18 tahun. Tak lama setelah mulai memasuki status sebagai mahasiswa di Fakultas Ilmu Seni Musik.

Dalam penggarapan single ‘Done’, Kun Saraswati juga menggandeng nama-nama besar di industr music seperti Irvnat (Vocal Director), Alvin Witarsa (Orchestrator), Eko Sulistyo (Mixing Engineer), dan Steve Corrao (Mastering Engineer). Jika didengarkan, lagu Done ini secara kualitas musiknya memang terasa megah dan begitu mendukung vocal kuat yang dimiliki oleh Kun Saraswati.

Lagu Done Kun Saraswati
Kun Saraswati bersama Belanegara Abe dari Passion Vibe – photo : Mas Satto Raji

Single Done dari Kun Saraswati diproduksi oleh Passion Vibe, label rekaman yang digawangi Belanegara Abe dan Edo Abraham. Label ini juga banyak bekerja sama dengan penyanyi lain di tanah air seperti Rinni Wulandari, Sherina, Heidi, Laki Official, dll.

Saat ini, lagu Done dapat didengarkan melalui platform musik online seperti Spotify dan Apple Music. Video klipnya juga sudah rilis dan dapat disaksikan melalui Youtube.


Mengenal Kun Saraswati

Kun Saraswati adalah seorang penyanyi muda berusia 21 tahun yang mulai memasuki industri musik tanah air. Bakat bermusiknya mulai terlihat sejak ia menunjukkan bakat menyanyi di usia 3 tahun. Tak hanya menyanyi, ia pun pandai memainkan piano klasik dan gitar. Diana Krall menjadi salah seorang musisi idolanya.

Kecintaan Kun Saraswati pada musik tak sebatas menyanyi dan bermain musik. Ia semakin mempelajari musik dan mengasah minat dan bakatnya secara professional melalui jurusan kuliah yang dipilih.

Kun memilih kuliah di Fakultas Ilmu Seni Musik di Universitas Pelita Harapan. Ia memilih peminatan Jazz & Pop Music Performance dengan major vokal. Memilih kuliah musik selaras dengan moto hidup Kun Saraswati yaitu “I love what I do and I do what I love”. Berada di lingkungan musik sudah dijalani kun sedari kecil. Ia juga menjadi salah satu Vocal Teacher di MSI (Music School of Indonesia) Pondok Indah.

Lagu Done Kun Saraswati
Kun Saraswati menjelaskan lagu Done yang ditulisnya – Photo : Mas Satto Raji

Terjun dan berkarir di belantika music Indonesia bukan hanya sejalan dengan minat dan bakat serta motto hidup Kun Saraswati. Sebagai pribadi yang memiliki keinginan kuat, wajar jika Kun Saraswati memiliki kemauan 100% untuk terjun di kancah lagu Indonesia. Terlebih, dengan pengalaman dan bakat yang dimiliki, tentu saja ia ingin menyampaikan pesan-pesan melalui lagu yang ia ciptakan dan nyanyikan.

Jika ingin lebih dekat dengan Kun Saraswati dan mendapatkan update terbaru, bisa dicek melalui website Kun Saraswati atau instagramnya.

Tetap semangat Kun Saraswati, kutunggu single lainnya dan album dari Kun Saraswati.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *