Meningkatkan Kompetensi Diri dengan Kursus Online Bersertifikat Skill Academy

Meningkatkan Kompetensi Diri dengan Kursus Online Bersertifikat Skill Academy

Seiring dengan teknologi yang berkembang dan era disrupsi digital, kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh karyawan pun berubah. Kemampuan fisik atau dasar kini tak cukup untuk bersaing dan bertahan di dunia kerja. Makanya, kita harus terus meningkatkan kompetensi yang kita miliki. Salah satu caranya, dengan mengikuti kursus online bersertifikat seperti yang diselenggarakan oleh Skill Academy.

Apa Untungnya Meningkatkan Kompetensi di Dunia Kerja ?

Well, World Economic Forum / WEF atau Forum Ekonomi Dunia, pada tahun 2018 lalu merilis 10 jenis keterampilan yang kebutuhannya semakin berkurang. Keterampilan tersebut antara lain kemampuan yang berkaitan dengan memori, verbal, dan pendengaran dan kemampuan membaca, menulis, dan matematis. Artinya apa? Hanya sekedar mampu menguasai hal dasar saja tidak akan cukup untuk bersaing di dunia kerja. 

WEF juga mengeluarkan data 10 jenis keterampilan yang semakin dibutuhkan dan diharapkan dimiliki oleh karyawan pada tahun 2022. Keterampilan tersebut antara lain adalah 

  1. Daya pikir analitis dan inovatif
  2. Pembelajar yang aktif dan strategis 
  3. Kreativitas, originalitas, dan inisiatif
  4. Kemampuan programming dan teknologi desain
  5. Kemampuan analitis dan daya pikir kritis 
  6. Kemampuan memecahkan masalah yang sulit 
  7. Kepemimpinan dan kemampuan memberikan pengaruh kepada lingkungan sosial 
  8. Kecerdasan emosional 
  9. Logika penyelesaian masalah, reasoning, dan ideation 
  10. Kemampuan analisis sistem dan evaluatif
ada 10 keterampilan baru yang dibutuhkan dalam dunia kerja

Kalau kita cermati, jenis keterampilan yang dibutuhkan ini adalah pengembangan dari keterampilan yang akan hilang. Misalnya, kemampuan membaca saja tidak akan cukup. Jika kita dihadapkan oleh berbagai data, kita harus bisa membaca data, menganalisis data tersebut, menghubungkan data dengan berbagai permasalahan yang terkait, sehingga didapatkan ide-ide sebagai solusi untuk permasalahan yang ada. 

Nah, kalau kita bisa meningkatkan kompetensi diri dan terus berusaha untuk punya keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, bukan tidak mungkin kita akan lebih mudah bersaing, mendapatkan promosi, dan bisa saja mendapatkan penghasilan lebih besar jika jabatan kita lebih tinggi. 
Lagi pula, ga ada salahnya kan punya skill lebih?

Meningkatkan Kompetensi dengan Kursus Online Bersertifikat  Skill Academy

Lalu, gimana dong caranya untuk meningkatkan kompetensi? Meningkatkan kompetensi diri dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan, seperti Kursus Online Bersertifikat Skill Academy.

Kenalan dulu dengan Kursus Online Bersertifikat Skill Academy

Sebagai orang tua, mungkin kita tak asing lagi dengan Ruangguru. Ruangguru adalah startup edtech yang menyediakan platform belajar untuk anak sekolah. Nah, Ruangguru memperluas platform belajar online untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi profesional melalui Skill Academy. 

Tampilan muka website kursus online bersertifikat Skill Academy
Tampilan muka website kursus online bersertifikat Skill Academy

Hadir sejak September 2019, Skill Academy menyediakan beberapa kategori pelatihan. Ada mentoring, bisnis & keuangan, pemasaran, pengembangan diri, teknologi & software, persiapan tes, dan prakerja. Kelas-kelas yang ditawarkan di Skill Academy memang berbayar. Namun, setiap konten di sini dibuat oleh para pakar professional. 

Salah satu kategori yang paling dilirik dalam platform Aplikasi Kursus Online ini adalah Prakerja. Apalagi adalah bantuan biaya pelatihan, yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Di kategori prakerja ini, ada banyak pilihan kelas yang bisa diikuti untuk mendukung skill kita di dunia kerja maupun dunia bisnis, baik soft skill maupun hard skill

Salah satu skill yang diharapkan dimiliki karyawan adalah logika penyelesaian masalah, reasoning, dan ideation. Untuk meningkatkan skill ini, kita bisa mengikuti kelas “Belajar Merancang Produk Untuk Pemula dengan Metode Design Sprint”. 

Salah satu kelas pelatihan prakerja di  Aplikasi Kursus Online Skill Academy
Salah satu kelas pelatihan prakerja di Skill Academy

Apa Itu Metode Design Sprint ? 

Metode design sprint adalah sebuah metode untuk menjawab permasalahan dari business plan yang dibuat, menciptakan prototype, serta menguji ide bisnis kepada customer atau user. Metode ini dikembangkan oleh Jake Knapp sejak tahun 2010. Kini design sprint banyak digunakan di start-up untuk mengembangkan produk-produk yang dimilikinya. 

Melalui 5 langkah kerja, peserta design sprint ditargetkan untuk dapat membuat sebuah produk melalui design thinking dalam waktu 5 hari. Proses design thinking sendiri sebenarnya merupakan proses berpikir strategis, kognitif, dan praktis. 

Salah satu aktivitas dalam metode Design Sprint
Salah satu aktivitas dalam metode Design Sprint

Dengan mengikuti pelatihan design sprint, kita akan dilatih untuk mencoba mencari insight pribadi dalam menyelesaikan masalah, reasoning, dan ideation. Selanjutnya, kita saling berdiskusi bersama dalam kelompok untuk mendapatkan sebuah gagasan yang digunakan dalam proyek. 

Alasan Membeli Kelas Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Kalau ditanya alasan memilih Skill Academy untuk mengikuti kelas online bersertifikat, jawabannya tentu saja karena Skill Academy sudah dikenal secara luas sebagai salah satu mitra dalam pelaksanaan program Kartu Prakerja. Beberapa alasan lain yang mendukungku dalam memilih Skill Academy untuk kelas Pelatihan Prakerja antara lain : 

1. Banyak pilihan kelas

Skill Academy memiliki beberapa kategori pelatihan. Nah, untuk kategori pelatihan pra kerja sendiri, kita bisa memilih kelas yang benar-benar sesuai minat kita. Kita pun bisa memilih kelas yang akan meningkatkan keterampilan kita. Contohnya saja, aku memilih kelas design sprint karena merasa kemampuan problem solving, reasoning dan ideation yang kumiliki masih kurang. 

Selain itu, untuk berbagai kelas di kategori Prakerja, benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan dari dasar. Ada kelas untuk membuat CV, wawancara, presentasi, hingga berkarir nantinya. 

Beberapa pilihan kelas di Kursus Online Bersertifikat Skill Academy
Beberapa pilihan kelas di Skill Academy

2. Diajar oleh tenaga profesional

Instruktur di Skill Academy merupakan tenaga profesional dan sudah menjadi pakar di bidangnya. Jadi, gak perlu ragu lagi sama kapabilitas dan kualitas instruktur Skill Academy. Kita bisa melihat profil instruktur dengan jelas, termasuk pengalamannya. 

Profil salah satu instruktur di Kelas Online Bersertifikat Skill Academy
Profil salah satu instruktur di Skill Academy

3. Web dan aplikasi yang mudah diakses 

Skill Academy dapat diakses melalui web maupun aplikasi. Aplikasi Skill Academy telah tersedia di Android maupun iOS. Akses masuknya pun mudah dan cepat. Kita bisa login single sign on (SSO), menggunakan akun Google atau Facebook yang kita miliki.

Selanjutnya, untuk kelas pun, kita bisa melihat dengan detail topik, materi dan durasi dari setiap kelas yang ditawarkan. Jika kita telah melakukan pembelian kelas, nantinya kita bisa mengakses materinya kapanpun.

Detail materi salah satu kelas Aplikasi Kursus Online Skill Academy
Detail materi salah satu kelas Skill Academy

4. Adanya sertifikat yang diberikan setelah selesai pelatihan

Selain materi, di dalam kelas yang kita pilih juga terdapat semacam latihan soal. Tujuannya untuk mengukur pemahaman kita terhadap materi yang dipelajari. 

Tak hanya itu, di akhir sesi pelatihan, kita bisa mendapatkan sertifikat juga loh. Ya, beberapa perusahaan kan masih menilai kemampuan calon pekerja berdasarkan sertifikat yang dimiliki. 

5. Harga pelatihan online yang terjangkau dan banyak promo diskon

Harga pelatihan online yang ditawarkan oleh Skill Academy cukup terjangkau, mulai dari 150.000 rupiah. Selain itu, ada banyak promo dan diskon yang ditawarkan juga oleh Skill Academy. Melalui potongan promo atau diskon ini, bisa jadi kita akan membayar dengan harga yang jauh lebih murah, untuk kelas yang kita minati. 

Nah untuk pembayarannya sendiri, bisa dilakukan melalui transfer bank, pembayaran di mini market, kartu kredit, e-wallet, atau kartu prakerja.

6. Pelayanan customer service yang baik

Sentuhan pelayanan personal juga tetap diberikan oleh Skill Academy. Skill Academy menyediakan pelayanan melalui whatsapp customer service yang aktif pada jam 10.00 – 17.00 WIB. Jika kita merasa butuh bantuan, tinggal whatsapp saja CS pada jam yang telah ditentukan, selanjutnya akan ada balasan untuk menyelesaikan permasalahan yang kita rasakan. 

Tersedia fitur chat dengan Customer Service di Situs Kelas Online Bersertifikat Skill Academy
Tersedia fitur chat dengan Customer Service

Dengan segala keunggulan dan kemudahan yang diberikan oleh kursus online bersertifikat Skill Academy, rasanya, untuk meningkatkan keterampilan diri semakin mudah saja ya. Masih mau gitu-gitu aja? Kenapa ga coba upgrade skill bersama Skill Academy? Yuk yuk yukk. 

Related Posts

4 thoughts on “Meningkatkan Kompetensi Diri dengan Kursus Online Bersertifikat Skill Academy

  1. Selain itu mbak, kalau udah beli kelasnya, videonya itu bisa ditonton berulang kali mbak tanpa harus bayar lagi. Cocok buat ngulang materi yang kelupaan sih

  2. Wah cocok sepertinya buat warming up nya wanita yang sudah lama ngga kerja karena mengurus anak. Enaknya kursus online begini ngga ada batasan usia ya. Thanks for sharing mbak Fainun ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.