Norak! Ketika Akhirnya Bisa Pakai Kuota 4G Telkomsel

 

“Mba, gantilah hp mba itu ke 4G. Sayang kuota 4G mba gak pernak kepake,” kata Syam kepada bosnya, Mba Lin.
“Biarpun hpku Asus sama Lenovo udah 4G loh. Masa mba yang Galaxy Note belum bisa nikmatin 4G. Nih aku pake XL sama Telkomsel 4G terus,” lanjutnya lagi.
“Eh, emang Telkomsel udah dapat 4G ya di kantor ini?” tanyaku polos yang mencoba mengikuti obrolan mereka.
“Udah, nih lihat. TSEL LTE,” kata Syam menunjukkan indikator sinyal di smartphonenya.
“Heh, kok aku gak bisa sih? Keknya ada yang salah nih,” ujarku.

Kebetulan beberapa waktu lalu aku dapat tawaran via Telkomsel untuk upgrade paket Halo Fit yang sebelumnya aku paket 100.000 per bulan ke Halo Kick 150.000 per bulan. Sebelumnya cuma dapat kuota internet sebanyak 2GB, kini dapat kuota internet 4GB, Internet 4G sebanyak 12GB, kuota HOOQ+VIU+MusicMax sebanyak 16 GB, Telepon sesama Telkomsel free 200 menit, dan SMS sesama Telkomsel 400 sms.

Sebenarnya sih yang telepon sama sms jarang dipake, tapi kadang lumayan pas kepepet. Tau paket ini sih udah lama cuma belum tertarik aja. Pas ditawarin langsung, baru deh hooh aja pindah paket.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Saat ditawari via telepon dari CS Telkomsel (no. telepon 188), sempat ditanya begini:

“Hp Ibu sudah support 4G kan?” tanyanya.
“Sudah mba.”
“Sudah migrasi kartu ke kartu 4G?” tanyanya lagi.
“Sudah juga mba.”

Memang sejak beredar info kalau 4G Telkomsel sudah masuk di Palembang sekitar tahun 2016, saya langsung migrasi kartu SIM (Subscriber Identity Module) lama ke kartu SIM 4G dan minta setting. Tapi karena waktu itu langganan halo belum dapat kuota 4G jadi masih pakai jaringan 3G biasa.

Begitu dapat kuota 4G, saya coba dong ganti network jadi 4G, eh tapi kok gak muncul TSEL 4G masih 3G aja. Yah, jangan-jangan emang lokasi kantor saya masih belum kena coverage 4G. Begitu pikir saya.

Gara-gara si Syam bilang di kantor ini dia udah sering pakai jaringan 4G Telkomsel, saya jadi penasaran jangan-jangan settingan hp saya ada yang salah. Saya jadi keinget, sekitar bulan Desember lalu sempat reset ulang dan downgrade iOS karena ngalamin iPhone yang bolak balik ngerestart sendiri setiap 2 menit karena gak cocok sama iOSnya.

Ah, pantesan semua settingan ilang.

Akhirnya coba-coba setting sendiri dan taraaaaa….udah bisa nikmatin Telkomsel 4G sekarang.

Untuk bisa menikmati kuota 4G Telkomsel, yang harus dilakukan pertama kali adalah menukar kartu SIM lama dengan kartu SIM 4G. Penukaran kartu SIM 4G bisa dilakukan dengan mendatangi Grapari Telkomsel terdekat atau mendaftar via online di link berikut . Kalau mendaftar online, maka kartu akan dikirimkan ke alamat yang diminta.

Oh iya, setiap kartu SIM akan memiliki PIN. Untuk mendapatkan pin kartu 4G, bisa dengan menghubungi *888*46# (masih dengan kartu yang lama) lalu ikuti petunjuk (Menu 1) dan PIN akan dikirim via SMS. Selanjutnya setelah mendapatkan PIN, kita bisa ganti deh kartu SIM lama kita dengan kartu SIM 4G, lalu dial kembali *888*46# dan masuk ke Menu 2 untuk memasukkan PIN kartu yang telah kita dapatkan sebelumnya.

Nah selanjutnya, perlu dilakukan aktivasi kartu 4G dengan mengubah settingan di HP.

  • Untuk Android, bisa masuk ke Setting -> Wirelless and Network -> More Setting -> Mobile Network Settings -> Preferred Network Type -> Pilih Prefer LTE
  • Untuk iOS, kita bisa masuk ke Settings -> Cellular -> Cellular Data Options -> Voice & Data -> pilih yang 4G.
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
Masih belum muncul TSEL 4G di indikator sinyal?

Oke, saatnya cek setting di Cellular Data Network. Pengisiannya sebagai berikut

CELLULAR DATA
APN : telkomsel
Username : wap
Password : wap 123
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Sudah muncul belum? Kalau belum muncul hpnya bisa di restart dulu. Masih belum muncul juga? Sini kirim aja hpnya ke saya, tapi jangan minta dibalikin….Hehe becanda, coba bawa ke Grapari aja hahaha. Soalnya, biasanya sih udah bisa kok abis direstart.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Setelah pakai jaringan 4G, berasa sih kecepatannya download dan uploadnya jauh lebih tinggi dibanding 4G. Kan janjinya emang gitu ya lebih cepat. Ketika di jaringan 3G Download speed sekitar 7 Mbps, di jaringan 4G bisa sampai 17 Mbps. Streaming makin lancar dong pastinya.

Eh tapi, konon kabarnya, baterai hp bakal lebih cepat abis juga sih. Hmmm, yang ini sih harap maklum karena hp nya juga udah minta diganti. #Eh

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)