Flash Blogging Bersama Kemkominfo : Mari Mendukung Kemajuan Indonesia

Hujan yang mengguyur Palembang pada Kamis pagi ini tak menyurutkan niatku untuk bergegas pergi menuju Hotel Novotel Palembang. Sejak beberapa hari yang lalu aku sudah cukup antusias untuk hadir dalam acara Flash Blogging yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan Komunikasi (Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo) dan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan. Saking antusiasnya aku rela cuti demi ikutan acara ini.

Ini acara flash blogging pertama kali sejak menjadi blogger. Jadi, aku pun penasaran dengan acara yang akan diikuti, ilmu yang akan didapat, serta bertemu dengan teman blogger lainnya yang memang seringnya hanya bertemu saat ada acara untuk blogger saja. Memasuki salah satu meeting room, aku melihat seorang rekan blogger lain yang telah hadir, Nina Purwari. Panitia mempersilahkan kami melakukan registrasi dan tak lama kemudian area meeting room telah dipenuhi oleh rekan blogger dari kota Palembang


New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Lewat dari pukul 8, acara Flash Blogging diawali dengan sambutan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan lalu Ibu Rosarita Niken Widiastuti, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) membuka secara resmi acara ini. Ibu Niken mengatakan bahwa acara ini masuk dalam rangkaian Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK 2017).

SAIK 2017 merupakan kegiatan dari pemerintah agar pemerintah dapat bersinergi dengan masyarakat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan bidang Kemkominfo agar semakin harmonis, dan membuat masyarakat maju dan sejahtera.

Rangkaian acara ini juga sebagai momen bertemunya pemerintah (Kemkominfo) dengan stakeholder, salah satunya adalah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) termasuk diantaranya para blogger. Kita tahu kalau sekarang ini arus informasi begitu derasnya baik yang berisi konten positif maupun konten negatif. Blogger dapat memiliki peran penting dalam deseminasi informasi dengan memiliki etika penulisan dan penyebaran informasi yang baik di dunia digital. Harapan ke depan, para blogger memiliki kontribusi lebih dalam menyebarkan informasi positif dan mendukung kemajuan Indonesia tak hanya di bidang teknologi saja.

Dalam acara Flash Blogging kali ini, terdapat talkshow yang menghadirkan berbagai narasumber, antara lain :

  • Materi tentang Kesiapan Indonesia Menuju Asian Games 2018 oleh Bapak Bambang Supriyanto dari (INASGOC).INASGOC (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee) adalah komite resmi yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab sebagai panitia pelaksana yang akan menyusun rencana, menyiapkan dan menyelenggarakan Asian Games 2018.Sejak tahun 2016, INASGOC berfokus untuk merampungkan revitalisasi berbagai lokasi pertandingan yang akan diadakan di lokasi penyelenggara Asian Games (Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Banten). Selaku Wakil Direktur II INASGOC bidang Athlete Village & Service, materi yang disampaikan oleh Bapak Bambang Supriyanto lebih menjelaskan tentang kesiapan INASGOC untuk menyambung rombongan atlet yang akan datang dan menginap di Athlete Village. 

    Athelete Village dibuat di Kemayoran, Jakarta dan Jakabaring, Palembang. Untuk kali ini yang akan dijelaskan adalah Athlete Village Jakabaring, Palembang.Fasilitas yang dibangun oleh Indonesia untuk melayani para atlet yang akan bertanding tak hanya berupa penginapan di Residential Zone yang terdiri dari Athlete Village, Rusunawa, & Rusunami Centra Land saja. Hal-hal lain terkait transportasi pun mulai disiapkan dengan membangun LRT di kota Palembang yang akan menjadi LRT pertama di Indonesia, serda penyediaan sarana transportasi di area Jakabaring Sport City yang ramah lingkungan.

    Akomodasi tak hanya urusan menginap saja, urusan pelayanan makan pun menjadi perhatian dengan disiapkannya Dining Hall yang mampu menampung 2.500 orang. Dining Hall menjadi area untuk para atlet menikmati hidangan yang sehat sambil berinteraksi dengan peserta Asian Games lainnya sekaligus sebagai ajang unjuk sportivitas dan tukar budaya. Pembangunan Dining Hall mengacu pada standarisasi Olympic Council of Asia (OCA).

    Tak hanya itu, Tim INASGOC juga menyediakan area Welcome Center, Security Desk, Art & Culture Plaza, serta Athlete Service Center yang melayani para atlet baik yang bersifat kenyamanan dan kesenangan (leisure) maupun kebutuhan harian (daily needs). Layanan demi layanan terbaik akan diberikan oleh INASGOC sebagai perwujudan keramahan dan kesiapan Indonesia kepada para atlet. Tentunya hal yang dilakakukan INASGOC ini perlu didukung sebagai perwujudan kemajuan Indonesia yang memiliki keinginan menjadi bagian dari energi Asia, sesuai dengan tema Asian Games 2018 yaitu Energy of Asia.

    Info lebih lengkap terkait Asian Games 2018 dapat dilihat melalui website resmi, Facebook Pages, Twitter, Instagram dan Youtube.

 

 

  • Dari Sudut Istana oleh Handoko Sudarta – Tim Komunikasi Presiden (TKP)
    Sebagai anggota Tim Komunikasi Presiden, Bapak Handoko Sudarta menjelaskan tentang apa yang telah dilakukan pemerintahan Presiden Jokowi untuk Indonesia. Mensosialisasikan program yang telah dilakukan pemerintah kepada masyarakat menurut saya menjadi hal yang sangat baik untuk mengurangi prasangka dan tudingan negatif akan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.Tim Komunikasi Presiden memiliki peran penting untuk mendekatkan Pemerintah dan sosok Presiden Jokowi kepada masyarakat. Salah satu cara pendekatan yang dilakukan adalah melalui media sosial resmi milik Presiden Jokowi yang umumnya berisi tentang aktivitas Presiden Jokowi. Ingin tahu apa yang dilakukan oleh seorang presiden, kita dapat mengikutinya melalui Youtube, Website, Facebook, Twitter, dan Instagram.Dalam perjalanan tahun pertama, pemerintah telah membangun pondasi, lalu melakukan percepatan di tahun kedua dan pada tahun ketiga ini, pemerataan sedang gencar dilakukan oleh pemerintah. Beragam video dari Tim Komunikasi Presiden disajikan sebagai bukti adanya kemajuan yang ada di Indonesia. Banyaknya masyarakat Indonesia yang semakin berseri dan tersenyum terwujud dalam video tersebut.

    Tak hanya itu, Tim Komunikasi Presiden juga menyampaikan sisi lain kehidupan istana melalui Channel Youtube Sudut Istana. Kisah dan cerita tentang kehidupan sosok presiden dan lingkungannya terlihat dari video di channel tersebut. Salah satu video yang menarik adalah perubahan dan tantangan yang dirasakan oleh Paspampres pada era kepemimpinan Presiden Jokowi.

    Kejutan datang di akhir sesi ini. Kehadiran Staf Khusus Mensesneg yaitu Dr Sukardi Rinakit memberikan nilai tambah di acara ini. Sebagai seorang penulis, Dr. Sukardi Rinakit memberikan 3 pesan bagi para blogger saat menulis yaitu jangan mudah kecewa atau harus bisa menerima kekecewaan, jangan terlalu banyak persepsi, serta cek dan ricek data tulisan. Uniknya pesan ini disampaikan melalui cerita beliau selaku Staf Khusus Presiden baik saat menemani Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) juga Presiden Jokowi. Sebuah quote yang sangat membangun nasionalisma dari Dr Sukardi Rinakit adalah Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia. 

     

  • Blogging di Indonesia dari Masa ke Masa oleh Enda Nasution
    Mengenal blogging sejak bangku kuliah dan terus berlanjut hingga sekarang, membuat Mas Enda Nasution mendapatkan julukan sebagai Bapak Blogger Indonesia. Mas Enda pulalah yang menjadi penggagas Pesta Blogger Indonesia pertama pada tahun 2007 dan menjadikan tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.Tak hanya menceritakan tentang dirinya, Mas Enda juga menceritakan tentang karakteristik blogger Indonesia yang berbeda dengan blogger Amerika Serikat, perkembangan komunitas blogger daerah di Indonesia, perkembangan sosial media, serta peran blogger sebagai media komunikasi baru pada saat ini.Ngeblog tak hanya soal meningkatkan menulis saja, tetapi juga memiliki manfaat lain baik untuk blogger maupun untuk pembaca. Mas Enda membagikan tips menulis blog yang baik, anatomi posting di blog, serta pendekatan apa yang bisa dilakukan oleh blogger agar blognya dibaca. Tak lupa, tantangan juga ada untuk para blogger dan mas Enda pun menjabarkan tantangan apa yang dihadapi blogger.

    Menutup talkshownya, Mas Enda yang kini aktif dengan kampanye #BijakBersosmed mengajak seluruh peserta flash blogging untuk berikrar BijakBersosmed secara offline. Secara online, ikrar bijak bersosmed dapat diakses melalui web. Aku telah bergabung dengan kampanye #BijakBersosmed secara online. Sekarang giliran kamu ya….


 

Sebagai penutup acara, diadakan lomba flash blogging alias ngeblog ditempat dengan waktu yang telah ditentukan untuk menceritakan rangkaian kegiatan hari ini. Ternyata membuat konten dengan waktu yang terbatas itu tak mudah ya. Tantangan tak hanya tentang bagaimana kita bisa menceritakan kembali rangkaian acara yang telah dilalui, tetapi juga muncul tantangan dari koneksi  internet yang bermasalah. Hehehe. Beruntung, tulisan saya ini (yang ini telah melalui proses penambahan beberapa materi) masih mendapat kesempatan untuk terpilih sebagai Juara Harapan dalam kompetisi flash blogging.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Acara ini tak hanya memberikan saya informasi berharga tentang perkembangan Indonesia, kebijakan pemerintah,  kesiapan Indonesia dalam menghadapi Asian Games 2018, atau informasi lain tentang kepenulisan kreatif di blog saja. Acara Flash Blogging yang merupakan bagian dari SIAK 2017 ini memberikan saya keinginan untuk lebih mendukung kemajuan Indonesia melalui penyebaran konten positif melalui media yang saya miliki berupa blog dan sosial media.

New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun / Google Photos

Terakhir, terima kasih seluruh pihak yang telah terlibat dalam acara ini dan membuat kami para blogger Palembang bisa kumpul kembali. Tak lupa terima kasih kepada atasan saya yang mengijinkan saya cuti demi hal yang saya sukai dan menambah ilmu bagi saya. Hehehe.

 

ps. foto bersama blogger lain didapat dari DeddyHuang, Azuari Eka, dan Twitter Mas Enda.

Written by

5 comments / Add your comment below

Silahkan meninggalkan komen :) Aku bakal bw balik....