Pilah-Pilih Hosting untuk Blog

Sejak 2 tahun lalu, saya mencoba menyeriusi kegiatan nge-blog. Biar kelihatan serius, beberapa teman menyarankan untuk mengubah blog dengan domain sendiri sehingga embel-embel blog gratisan (blogspot.com atau wordpress.com) tidak tampak.

Sejalan dengan pembelian domain, saya juga membeli hosting. Hosting adalah server tempat penyimpanan data-data digital yang akan ditampilkan dalam blog.

Namanya juga ibu-ibu yang mencoba nge-blog, pengen keren tapi pengen hemat juga. Sebelum membeli hosting, tentu perlu membanding-bandingkan harga dulu. Apalagi, sekarang perusahaan-perusahaan layanan hosting semakin menjamur dengan banyak promo.

Promo itu suka bikin kalap, apalagi model ibu-ibu macam saya yang kadang punya prinsip “yang penting beli dulu, apalagi kalau promo”. Walaupun kadang suka nerapin prinsip begitu, saya masih mencoba mencari tahu produk yang terbaik dan apakah produk tersebut sudah lolos checklist kriteria yang saya buat. Untuk memilih layanan hosting blog, beberapa kriteria yang bisa dipertimbangkan antara lain :

  • Kualitas Disk Space
Bru-nO / Pixabay

Sebelum membeli hosting, ada baiknya kita mengetahui kebutuhan hosting yang kita perlukan setelah itu kita bisa menyesuaikan dengan resource web hosting yang ditawarkan. Karena hosting bertujuan menyimpan data pada blog, kita harus memikirkan bagaimana data kita disimpan atau disk space.

Pada saat ini, hosting dengan SSD disk akan lebih baik dibanding HDD karena SSD memiliki kecepatan 8 kali lebih cepat dibanding HDD. Tentunya dengan semakin baiknya media penyimpanan, blog kita juga makin mudah diakses.

Selain itu, piilih hosting yang menyediakan bandwidth besar, bahkan kalau bisa unlimited agar website dapat terload lebih cepat karena transfer data dalam server juga lebih besar.

  • SSL & Domain Gratis

Pembelian domain tak bisa dipisahkan dengan pembelian web hosting. Untuk lebih berhemat, tentu akan lebih menarik jika domain diberikan gratis sehingga kita cukup membayar biaya web hosting. Jika ada layanan yang menawarkan custom nama domain & web hosting unlimited dalam satu paket hosting, itu adalah nilai plus. Cek domain yang diinginkan terlebih dahulu. Jika masih tersedia, segera beli saja.

Selain itu, keamanan website haruslah terjamin. Kini telah ada sertifikat SSL untuk menjamin keaman website. Dengan adanya fitur SSL, kita bisa memaksimalkan SEO, serta melindungi data-data di blog atau website yang dimiliki.

 

  • Fitur Website Builder

Membuat blog atau website kini semakin dipermudah dengan adanya website builder. Blog atau website pun bisa terlihat lebih professional dengan template yang bisa dimudahkan. Kita tak perlu susah untuk belajar coding dan membangun website dari nol.

27707 / Pixabay

Carilah hosting yang memiliki fitur website builder. Kita nantinya cukup menginstall CMS yang dibutuhkan, seperti WordPress, Joomla, atau CMS lainnya. Fitur ini memudahkan kita membangut website karena cukup menggunakan drag & drop saja untuk membuat website lebih berkelas.

  • Layanan Customer Service

Waktunya ibu-ibu bebas biasanya adalah ketika anak tidur pulas di malam hari. Oleh karena itu, pertimbangan utama saya ketika memilih layanan hosting adalah waktu pelayanan yang diberikan. Tentu saya mencari yang bisa melayani 24/7/365 alias 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 setahun.

Layanan yang diberikan pun tidak terbatas ketika kita sudah menjadi customer. Walau informasi terkait pilihan jenis hosting biasanya tertera di web, kadang kita masih ingin bertanya. Fitur webchat, email, telepon, atau aplikasi chatting menjadi nilai plus. Bagaimana keramahan dan jawaban yang diberikan juga dapat menjadi faktor penilaian profesionalitas tim hosting tersebut. Yang terpenting, apakah semua permasalahan yang kita rasakan dapat dijawab oleh tim Customer Service dan memuaskan.

  • Garansi Uang Kembali
Dreamer21 / Pixabay

Kalau ada layanan yang memberikan kesempatan untuk mencoba hostingnya selama periode tertentu tentu akan menyenangkan. Artinya, penyedia layanan berusaha menjamin kepuasan kita sebagai pelanggan. Terkadang kita belum tahu layanan mana yang ingin kita beli dan mencoba membeli paket, misal kita tidak puas dan ingin mengembalikan pelayanan, selama ada garansi untuk pengembalian uang tentu lebih menyenangkan.

Namun, sebelum mencoba kebijakan ini, perlu dipastikan bagaimana system pengembalian uangnya, waktu yang dibutuhkan untuk pengembalian uang, dan jumlah uang yang dikembalikan. Ini bertujuan untuk mengetes apakah penyedia layanan hosting benar-benar baik dan layanannya bebas risiko atau tidak.

  • Bandingkan Harga dan Testimoni

Kita bisa melakukan perbandingan harga paket dan layanan yang akan digunakan. Membandingkan harga layanan bisa dilakukan dengan melihat perusahaan yang menawarkan layanan serupa. Jangan sampai kita membayar terlalu mahal atau karena tergiur promo harga murah, kita malah berujung kecewa.Selain itu, tentunya kita harus membandingkan pula dengan kebutuhan website atau blog kita terutapa space dan bandwidth yang diperlukan.

Reputasi sebuah perusahaan juga perlu dipertimbangkan. Lihat berapa banyak customer yang dilayani serta bagaimana testimoni dari customer lainnya. Terkadang ada penyedia layanan hosting yang menampilkan testimoni pelanggannya di web mereka. Jika masih merasa kurang yakin, kita bisa mencari referensi dari forum atau blog. Review-review positif pastinya akan membuat kita lebih nyaman dalam memilih layanan hosting.

Salah satu penyedia layanan hosting murah dengan kualitas terbaik yang ada di Indonesia adalah Hosting24. Fitur dan layanannya web hosting Indonesia sudah jelas. Tim Hosting24pun professional dan siap membantu kapan saja.

Masih pilih-pilih hosting untuk blog atau website? Semoga kriteria yang saya pertimbangkan bisa membantu.

 

 

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)