All New Ertiga Suzuki Sport : Penggoda Baru Pasar Mobil LMPV dengan Tampilan Sporty

Rasanya, baru bulan Februari 2019 lalu, All New Ertiga dengan varian GL dan GX meluncur ke jalanan Indonesia. Hanya berselang satu bulan, PT Suzuki Indonesia meluncurkan keluarga baru dari seri Ertiga yaitu Ertiga Sport.

***

Launching All New Ertiga Suzuki Sport di Palembang

Apa saja bedanya All New Ertiga Suzuki Sport dengan All New Ertiga yang mengaspal sebulan yang lalu?

Saya berkesempatan hadir dalam Launching All New Ertiga Suzuki Sport di kota Palembang. Acara ini diselenggarakan di Komplek Palembang Indah Mall pada hari Sabtu, 23 Maret 2019. Hadir dalam acara, Bapak Harold Donnel (Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales , Ibu Elysa Dian Thamrin (President Director PT Nusa Sarana Citra Bakti), Bapak Ignatius Felix (Area Sales PT Suzuki Indomobil Sales), dan Pak Arfani (Trainer Suzuki).

Press Conference yang diadakan di Jade Dragon Star Restaurant

Dipilihnya Palembang menjadi salah satu kota di-launchingnya Ertiga Sport bersamaan dengan Bandung, Yogyakarta, dan Makassar bukan tanpa alasan. Palembang menjadi salah satu kota penyumbang terbesar dalam penjualan All New Ertiga. Pada akhir tahun 2018 lalu, All New Ertiga tercatat memberikan kontribusi sebesar 20% terhadap penjualan Suzuki di Palembang.

Perubahan di All New Ertiga Suzuki Sport

Harus diakui, pasar mobil keluarga LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) kini sedikit berubah sejak kehadiran Mitsubishi Xpander. Xpander memiliki desain dan cita rasa layaknya mobil SUV (Sport Utility Vehicle).

Produsen otomotif lain di Indonesia seakan-akan langsung mengubah desain mobilnya dengan tampilan yang lebih gagah. Tak terkecuali Suzuki. Yang akhirnya juga mengeluarkan LMPV dengan sentuhan SUV dalam All New Ertiga Sport.

Launching di Atrium Palembang Indah Mall (23 Maret 2019)

Adanya Ertiga Sport tentu bukan sekedar mengikuti trend pasar. Varian baru ini muncul sebagai jawaban Suzuki akan keinginan pasar yang menginginkan adanya pembaharuan di Ertiga. Penyesuaian memang perlu dilakukan oleh produsen seperti Suzuki agar selaras dengan tren otomotif saat ini.

Mengusung tagline “Semakin Bangga, Semakin Istimewa”, All New Ertiga  didesain khusus bagi konsumen yang berjiwa sporty namun tetap mementingkan keluarga. Ya, keluarga milenial masa kini menjadi salah satu segmen pasar yang diincar oleh Ertiga Sport.

Ertiga Sport dirasa sebagai tunggangan yang pas untuk dibawa bekerja sehari-hari. Mobil ini juga cocok menjadi kawan untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.

Beberapa perubahan baik eksterior maupun interior diberikan oleh Suzuki pada Ertiga Sport yang aslinya memiliki basis Suzuki Ertiga GX.

Keunggulan

Berikut ini adalah keunggulan yang dimiliki oleh Ertiga Sport.

Body keren yang lebih sporty, agresif, dan modern

Tampilan Ertiga Sport sangat terasa gagah. Apalagi ada penambahan body kit dengan desain yang lebih keren dengan aksen silver.

Perubahan yang tampak pada body mulai dari desain grille depan yang lebih macho. Ada pula under spoiler bagian depan, samping maupun belakang. Selain itu mobil ini dilengkapi upper spoiler bagian samping.

 

Velg memiliki dual tone warna sehingga lebih eye-catching. Serta adanya pelengkap berupa lampu DRL, kamera parkir, dan defogger bagian belakang.

Body Ertiga Sport ini tampak lebih agresif dan modern sehingga bisa membuat penggunanya bangga memiliki mobil yang tampak gagah.

Interior mewah dengan kesan sporty dan elegan

Tak hanya mengubah bagian luar atau eksteriornya saja menjadi lebih sporty. Bagian dalam atau interior dari Ertiga Sport juga menunjukkan kesan sporty.

Dimulai dari kabinnya yang lega dengan sentuhan warna hitam. Dashboardnya juga memiliki warna hitam dan diberikan aksen kayu kecoklatan yang membuat kesan elegan menjadi hadir di dalam mobil ini. Suzuki juga memberikan head unit dengan layar sentuh dan A/C yang sudah otomatis pengaturannya.

Secara keseluruhan, interior Ertiga Sport juga menunjukkan kesan sporty yang ditingkatkan dalam rasa elegan dan mewah.

Fitur keamanan yang membuat nyaman

Salah satu faktor penting dalam berkendara adalah faktor keamanan. Untuk faktor keamanan, Ertiga Sport masih mengusung teknologi yang disematkan pada seri Ertiga sebelumnya.

Terdapat Hill Hild Control (Fitur yang berfungsi untuk menahan kendaraan tidak meluncur di tanjakan atau turunan). Ada pula Anti-lock Braking System / ABS (sistem pengereman agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak).

 

Serta Electronic Brake-force Distribution / EBD (teknologi untuk mengatur penyebaran rem di setiap ban sesuai dengan kebutuhannya). Tak lupa Electronic Stability Programme / ESP (teknologi komputerisasi untuk mengoptimalkan pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalkan slip).

Fitur keamanan seperti airbag juga diberikan. Ada dua airbag di bagian depan dalam mobil Ertiga Sport ini.


Varian

Ertiga Sport hadir dalam dua tipe yaitu MT (Manual Transmission) dan AT (Automatic Transmission). Tiga pilihan warna diberikan oleh Suzuki bagi Ertiga Sport, yaitu Putih (Pearl Snow White), Abu-abu (Metallic Magma Gray), dan Hitam (Prime Cool Black). Ketiga warna tersebut memang mencirikan sebuah mobil sporty.

Spesifikasi All New Ertiga Suzuki Sport

Target

Suzuki sendiri menargetkan hadirnya Suzuki Ertiga Sport ini mampu mendongkrak penjualan sebesar 20 %. Secara angka, Ertiga Sport diharapkan bisa terjual sebanyak 20 unit per bulan untuk regional Palembang.

PT. Nusa Sarana Citra Bakti (NSCB) sebagai distributor resmi Suzuki area Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) akan memberikan banyak promo. Promo perlu untuk menarik minat masyarakat kepada Ertiga Sport.

Pada saat peluncuran tanggal 23-24 Maret 2019, diberikan promo DP 15%. Selain itu juga ada bonus-bonus produk yang diberikan pada saat launching.

Peningkatan penjualan juga dilakukan melalui aktivitas showroom.  Juga melalui kegiatan baik di dalam kota maupun luar kota Palembang. Aktivitas menarik seperti seperti talkshow dan lomba-lomba juga diadakan oleh Suzuki.

Bukan tidak mungkin akan banyak acara menarik lainnya yang diadakan Suzuki NSCB di area Palembang dan sekitarnya. Info menarik seputar kegiatan yang diadakan Suzuki bisa dilihat di Instagram resmi Suzuki NSCB Sumsel.

Harga

Suzuki Ertiga Sport, sebagai varian tertinggi Ertiga saat ini, dijual dengan harga Rp 257 juta untuk varian MT dan Rp 269 juta untuk varian AT. Harga tersebut merupakan harga untuk OTR Palembang. Bisa dibilang, harga Ertiga Sport sebenarnya tak jauh berbeda dengan pesaingnya di kelas LMPV.

Menjajal Sejenak All New Ertiga Sport 2019

Untuk masyarakat yang tertarik dengan keluarga baru Ertiga, Suzuki juga memberikan kesempatan untuk mencoba kenyamanan Ertiga Sport. Mumpung terlihat ada unit dipajang, kami pun mencoba menjajal Ertiga Sport dengan varian AT. Karena test drive di malam hari dan hanya di sekitar komplek Palembang Indah Mall, saya meminta suami yang bertindak menjadi pengendara.

Kesan

Masuk ke dalam kabin Ertiga Sport, kesan luas langsung terasa. Bagi yang ingin upgrade dari mobil kecil 2 baris ke mobil keluarga 3 baris, jelas Ertiga bisa menjadi pilihan. Bahkan, bagi saya yang beberapa kali ‘numpang’ dan menjajal LMPV lainnya, kabin Ertiga terasa yang paling luas di kelasnya.

Memang terlihat luas aslinya

Kesan luas semakin terasa karena dominasi warna hitam di interiornya. Selain itu, sentuhan kayu di dashboard memang menambah kesan mewah dan elegan. Terasa sedikit klasik, namun berkelas.

Kenyamanan

Fitur smart-stop engine sudah ditambahkan untuk menyalakan mobil. Suara mesin tak terlalu terdengar. Audio pun terasa oke. Sayangnya, menurut saya, head unit Ertiga Sport layarnya masih terlalu kecil. Apalagi bingkainya terlihat sangat tebal.

Untuk mobil keluarga, rasanya head unit layar besar bisa memberikan nilai tambah. Jujur saja, bagi saja head unit dengan layar besar sangat berguna di kala perjalanan jauh atau mudik untuk mengusir kebosanan anak.

Bisa jadi, ini adalah kode dari Suzuki untuk memberikan bonus berupa head rest yang memiliki layar yang bisa tersambung dengan head unit. Ya, siapa tahu kan?

Karena hanya di area mall, kami tidak bisa memacu mobil dengan cepat. Secara kenyamanan, AC terasa dingin.

Cup holder juga tersebar di beberapa titik baik di bagian depan, baris tengah, maupun belakang. Cup holder di bagian depan bahkan ada ventilasinya untuk menjaga agar minuman tetap dingin.

Pelengkap mobil masa kini berupa USB belum disematkan. Namun, soket untuk meletakkan charger USB sudah disediakan mobil di baris depan dan di baris tengah.

Nyobain di bagasi 😀

Saya juga sempat menjajal menjadi penumpang di baris tengah dan baris belakang. Untuk leg room dan head room masih tersisa bagi penumpang yang memiliki ukuran tubuh standar seperti saya.

Jika kursi bagian tengah dan belakang dilipat semua, maka akan didapatkan kabin yang luas dan rata. Bagian bagasi ketika dibuka terasa tinggi, namun ternyata ada ruang-ruang tersembunyi yang diberikan untuk menempatkan barang-barang seperti sepatu ataupun dongkrak.


Kesimpulan

Overall, rasanya Ertiga Sport ini layak diperhitungkan untuk bersaing di kelas mobil LMPV. Sesuai dengan taglinenya yaitu “Semakin Bangga, Semakin Istimewa”, All New Ertiga Suzuki Sport bisa menjadi mobil kebanggan keluarga.

Mobil ini juga bisa membuat pemiliknya merasa istimewa dengan penampilan dan fitur yang diberikan. Dengan demikian, Ertiga Sport rasanya akan bisa menjadi penggoda baru di pasar mobil LMPV dengan tampilan sporty.

You may also like

20 Comments

  1. Yang metalic sama snow white nya cakep banget, sih. Bikin mupeng punya mobil.

    Tampilan barunya jadi lebih keren, ya.

  2. Aku kemarin sampe mupeng banget melihat tampilan baru dari All New Ertiga Sport ini, semoga ada rezeki bisa beli mobil ini secara tunai ya, Aamiin Allahumma Aamiin

  3. Sodara abis beli Ertiga yg baru ini. Uh bodynya mewah banget. Terus spacenya juga luas loh, terutama yg duduk di bagian belakang jadi gak kepentok lagi lututnya. Hehe. Mesinnya halus banget. Gak kerasa kalau udah jalan ajah

  4. Ertiga ini emang nyaman dipakainya ya. Mobil semi sport tapi masih mengutamakan kenyamanan berkendara. Semoga ada rejeki sendiri bisa punya Ertiga ya Allah.

  5. Sporty tapi tetep mengedepankan kenyamanan untuk keluarga
    Garang banget deh ini all new ertiga suzuki sport, kabin di dalamnya juga luas. Bisa ngajak keluarga lebih banyak nih hhee
    Terima kasih sharingnya Mbak ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *