Seru Seru Sip Main Bowling Ramai-Ramai di JSC Bowling Center Palembang

Mengenalkan anak pada olah raga adalah salah satu nilai yang coba saya tanamkan kepada anak. Walaupun secara resmi, saya dan suami bukanlah seorang atlet, tapi kami menyadari bahwa olah raga itu penting untuk tubuh. Tak hanya dengan menonton pertandingan olah raga, jika memungkinkan untuk berolahraga bersama, kami pun berusaha melakukan itu. Salah satu olah raga yang belakangan kami coba adalah bowling. Apalagi, Palembang kini telah memiliki arena bowling yang keren dan nyaman, yaitu Jakabaring Sport City Bowling Center Palembang.

***

Gelaran Asian Games 2018 memang telah lama berlalu, namun efek dari Asian Games terhadap kota Palembang masih terasa. Pembangunan sarana olahraga yang terpusat di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) menjadikan kota Palembang cocok menjadi tuan rumah berbagai event olah raga. Masyarakat juga bisa berolahraga dengan nyaman, walau mungkin tak banyak venue olah raga yang dibuka untuk umum. Salah satu venue olahraga yang dibuka untuk umum dan dikelola dengan baik adalah Jakabaring Sport City (JSC) Bowling Center.

Sekilas Tentang JSC Bowling Center

Jakabaring Sport City Bowling Center merupakan venue bowling hasil sumbangan Sinar Mas Group yang dibangun dalam rangka menyukseskan Asian Games 2018.

Berada di Jalan Silaberanti, venue bowling ini berada sedikit di luar komplek Jakabaring Sport City. Kita tak perlu masuk ke kawasan Jakabaring Sport City sebenarnya karena lokasinya sebelum pintu masuk komplek Jakabaring Sport City yaitu di jalan Silaberanti.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Fasilitas JSC Bowling Center

Sebagai salah satu venue yang digunakan saat Asian Games 2018, Bowling Center ini memiliki bangunan yang berkualitas. Terdapat 40 bowling lane di arena permainan. Jalur bowling umumnya memang berjumlah genap karena diantara dua line terdapat ball return track, alat yang secara otomatis mengumpulkan bola yang dilemparkan di dua track.

Di dekat lane juga disediakan sofa dan tempat duduk untuk para pemain. Untuk setiap lane, dilengkapi layar untuk menunjukkan nilai dari setiap lemparan yang dilakukan. Terdapat pula console otomatis untuk melihat di area tempat duduk pemain.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Selain arena permainan, musholla dan toilet juga tersedia sebagai fasilitas pelengkap. Sementara itu, di lantai atas juga tersedia tempat-tempat duduk untuk penonton. JSC Bowling Center ini diklaim sebagai yang terbaik se-Asean.

Harga

Sebagai pemula dalam olah raga bowling, biasanya kita tak memiliki perlengkapan apapun. Sementara itu, untuk bermain di lintasan bowling, diperlukan sepatu khusus. JSC Bowling Center menyediakan pula penyewaan sepatu berbagai ukuran, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Harga sewanya adalah Rp 12.000,-.

JSC Bowling Center buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00. Jadi, kalau yang mau berolahraga setelah kuliah atau kerja juga bisa sampai malam di sini. Biaya yang harus dikeluarkan untuk 1 game (10 susunan) adalah Rp 50.000,-. Tapi, kadang ada promo-promo yang ditawarkan oleh JSC Bowling Center seperti promo untuk pelajar atau promo ketika bermain di malam hari.

Untuk info-info terkait promo, bisa dilihat di Instagram JSC Bowling Center.

Mari Belajar Main Bowling

Jujur saja, saya gak punya pengalaman main bowling sebelumnya. Ya, tahu pernah ngeliat aja. Untungnya ada suami yang lumayan bisa ngajarin dan ngasih trik. Jadilah ya punya coach pribadi walau kadang kena marah juga.

Sebelum bermain bowling, tak ada salahnya kalau kita mempelajari terlebih dahulu olah raga ini.

Jalur Bowling

Arena bowling memiliki banyak jalur bowling (lane) untuk bermain. Jalur bowling yang umumnya berbahan dasar kayu atau phenolic. Memiliki panjang 18,288 meter dari foul line / garis pelanggaran (garis yang paling dekat dengan pemain) ke kepala pin (pin yang paling dekat dengan pemain). Untuk pemain sendiri terdapat area pendekatan dengan panjang 4,572 meter dari garis pelanggaran. Di kiri kanan jalur bowling, terdapat parit / gutter.

Lemparan bola tidak akan dihitung jika bola masuk ke dalam parit atau pemain melewati garis pelanggaran.

Pemain yang ingin bermain bowling harus menggunakan sepatu bowling mulai dari area pendekatan

Bola Bowling

Bola bowling memiliki beberapa ukuran. Peraturan umum untuk memilih bola bowling disarankan 10% dari berat badan. Jadi misalnya, berat kita 50 kg, sebaiknya kita menggunakan bola yang berukuran 5 kg.

Ada beberapa bola yang disediakan, di setiap bola ada penunjuk ukuran dan berat bola. Bola yang umum dipakai pria dewasa adalah bola yang berukuran 7-9 kg, sementara wanita bisa memakai bola ukuran 5-7 kg.

Setiap bola bowling memiliki 3 lubang. Satu lubang paling besar biasanya untuk jari jempol, sementara dua lubang lainnya untuk jari tengah dan jari manis.

Pin Bowling

Pin bowling adalah sasaran yang akan didekati bola bowling saat dilempar. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat pin bowling adalah kayu maple.

Terdapat 10 pin yang diatur di akhir jalur bowling dalam formasi segitiga. Setiap pin yang jatuh akan memberikan satu poin kepada pemain. Namun, ada aturan yang berbeda ketika pin jatuh sekaligus dalam 1 kali lemparan.

Permainan Bowling

Dalam satu permainan / game bowling, terdiri dari 10 susunan. Untuk setiap susunan, pemain bisa melemparkan bola sebanyak dua kali. Kecuali, ketika lemparan pertama langsung strike, pemain hanya mendapatkan satu kali lemparan.

Terdapat istilah-istilah dalam permainan bowling, yaitu:

  • Strike. Ketika semua pin bowling berhasil dijatuhkan dalam percobaan lemparan pertama
  • Spare. Ketika semua pin bowling berhasil dijatuhkan dalam percobaan lemparan kedua.
  • Split. Ketika bola dari percobaan lemparan pertama berhasilkan menjatuhkan kepala pin (Pin terdepan / terdekat dengan pemain). Namun menyisakan 2 atau lebih pin yang berjauhan (misal pin 7 dan 10, pin di ujung-ujung baris ketiga).
  • Turkey. Ketika pemain berhasil 3 kali strike berturut-turut
  • Open frame. Jika ada pin yang masih tersisa setelah giliran pemain.

Pengalaman Bermain Bowling

Bermain bowling ternyata tidak semudah yang dilihat. Seringkali bola masuk ke dalam parit.

Menurut arahan suami, kita perlu mengambil 2 langkah dari garis pelanggaran ke area pendekatan. Setelah itu, untuk melemparnya pun tidak boleh asal.

Saat maju di langkah pertama, ayunkan bola ke belakang sebagai ancang-ancang untuk lemparan. Setelah itu maju untuk langkah kedua dan lemparkan bola ke lane bowling. Setelah melempar bola, bersihkan tangan dan jari-jari yang digunakan.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Memosisikan bola di tengah dan memberikan kekuatan yang pas masih menjadi pe-er buat saya. Alhasil, sering kali pin jatuh sebagian saja. Ternyata untuk mendapatkan strike maupun split sangat sulit.

Tips Bermain Bowling Ramai-Ramain

Bermain bowling ternyata asyik dan melelahkan juga. Enak bermain beramai-ramai karena bisa saling berlomba bersama teman. Dalam 1 lane bowling, bisa ada banyak pemain, namun rasanya dibatasi sampai 6.

Setelah beberapa kali main, saya dan teman menyimpulkan perlu ada kenyamanan permainan. Sehingga paling banyak 3-4 orang saja yang berada dalam 1 lane. Hal ini ditujukan agar pemain masih bisa beristirahat / bergantian melempar, namun juga tidak menunggu terlalu lama.

Oh iya, peregangan otot sebelum bermain bowling juga harus dilakukan ya. Ketika bermain langsung tanpa pemanasan, keesokan harinya kita bisa merasa pegal-pegal di bagian *maaf* pantat sampai paha. Itu juga baru hilang setelah 2 hari.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Niatan mengenalkan permainan bowling pada anak berujung anak sebatas mengenal arena bowling saja dan menemani kami berolahraga. Kalau diajak ke tempat bowling, dia akan menjawab, ibu sama ayah yang main, Mahira mau tepuk tangan dulu aja ya. Memang bola bowling belum ada yang pas untuk anak seusianya. Tapi, makin besar, bisa jadi makin tertarik dan mau mencoba kan ya?

Pada tahun 2019, direncanakan JSC Bowling Center menggelar kejuaraan bowling kelas dunia. Saya ada rencana nonton nih. Sementara itu, di bulan April 2019 nanti, ada kejuaraan bowling lokal untuk wanita diadakan di JSC Bowling Center. Ada yang perorangan, ada pula yang beregu.

Kepengen deh ikutan, udah ngomongin juga sama temen yang kadang main bareng. Pengen ngeramein aja, tapi siapa tau beruntung kan?

 


Informasi JSC Bowling Center

Jakabaring Sport City Bowling Center bukan sekedar arena bowling saja. Ini bisa jadi tongkrongan baru untuk masyarakat Palembang. Ya, mengembangkan olah raga bowling ga ada salahnya. Selain sehat, kita juga bisa seru-seruan kumpul sama teman atau keluarga.

Jakabaring Sport City Bowling Center

Sewa Sepatu : Rp 12.000,-

Biaya per game : Rp 50.000,-

Parkir : gratis

Instagram : https://www.instagram.com/jscbowlingcenter/

Alamat : Jl. Silaberanti, Silaberanti, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30267

You may also like

49 Comments

  1. Waw….. seumur hidup aku belum pernah coba olahraga yang satu ini teh,coba buka di Bandung ya,hehe. Baru tahu juga kalau bolongan di bolanya gak semuanya besar.

  2. Dulu sering main bowling karena ada bowling centre deket kantor, abis itu tutup & ngga ada lagi yg nyaman & deket jadi ngga pernah main lagi hahahha.
    Btw aku pas ke Palembang jalan-jalan lho ke Jakabaring ini 😀 cuman liat2 doang sih, tapi asli gede banget yaaa hahahaha, tapi kayaknya aku ngga liat deh tempat bowling ini 😀

  3. wah seru banget mbak. Aku sama sekali gak pernah main bowling, padahal pengen seh. tapi gak ada tempat main bowling yang asyik di Pontianak seh

  4. Ada pilar bowling gedeee banget di pintu masuk. Bagian dalamnya bersih yaaa. Kalau ke sini serasa mengaplikasikan game bowling di ponsel. Hehe

  5. Saya tahu JSC Bowling Center dari TV waktu Asian Games kemarin..memang keren bangets!
    Untuk tiket dan sewa sepatu termasuk terjangkau itu. Di Jakarta 2-3 kali lipatnya.
    Dulu pernah nyoba bowling saat anak-anak masih kecil..susah ternyata haha
    Wah jadi mupeng pengin coba lagi.
    Semoga jika ada kesempatan jalan ke Palembang bisa berkunjung ke JSC ini

  6. Padahal kalau lihat kayaknya mudah banget ya cuma ngelempar bola doang, ternyata banyak teknik yg harus dikuasi. Kota saya kecil nggak ada area bowling jadi belom pernah nyobain ehehehe.

    Btw, sepatu yg dipakai khusus juga ya?

  7. Saya belum pernah ke arena atau bermain bowling. Saya cuma lihat di TV pas ada pertandingan bowling, itu pun sekilas. Dan ternyata banyak peraturannya. Tidak sekadar melempar bola.

    Dan bolanya itu, saya kira beratnya sama semua eh ternyata diambil 10% dari berat badan si pemain. Dan baru tahu juga kalau main bowling harus pakai sepatu khusus bowling juga. Duh ke mana saja saya..

  8. Wah, seru! Seumur hidup aku belom pernah main bowling. Jangankan main, pegnag bolanya, atau main ke tempat bowling aja belom pernah. Kepengen deh nyobain. Hehehe… katrok ya aku. 😀

  9. Aku belum pernah main bowling, ehh lagipula juga jauh sih disini kalau mau main bowling ini, bisa dibilang nggak ada wkkwkw.
    Luas betul itu tempatnya mbak di JSC hheeee
    TFs yah mbak ^_^

  10. Keren Mbak. Aku udah lama ih pengen belajar main bowling tapi lokasi jauh dari rumah dan ribet urusan waktunya tidak bisa mengatur. Kalau tempat bowlingnya sekeren ini aku rela deh jauh-jauh juga datang.

  11. Anakku efek main games bowling minta main sama ayahnya dan akhirnya diajak ke Spin City sama ayahnya langsung ketagihan dia. Tiap libur minta main bowling terus

  12. Waktu hadir di acaranya SInar Mas aku juga dapat info mengenai JSC Bowling Center ini , ternyata termasuk yg terbaik & terbesar ya. Semoga saja para atlet makin semangat dan tempatnya bisa dijaga dengan baik. AKu belum pernah main bowling beneran, paling di game 🙂

  13. Asik ya kak. Areanya luas dan failsilitas lengkap. Dari dulu seneng lihat orang main bowling dari TV doang sih .Yg asli, aapalagi main sndri belum pernah. Hehe

  14. Asyiknya main bowling. Disini, udah nggak ada arena bowling. Udah lama dibongkar. Jadi kangen main bowling lagi. Arena Bowling juga cakep, mbak. Keren 40 lane.

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)