Memilih Motor Matik : Honda Beat atau Yamaha Mio-S ?

Harus diakui bahwa kendaraan roda dua atau sepeda motor kini semakin menjadi bagian hidup banyak orang. Hampir setiap orang atau keluarga memiliki sebuah sepeda motor. Apalagi, kini profesi ojek online semakin diminati. Maka, produsen sepeda motor pun makin gencar menawarkan produk sepeda motor, termasuk motor matik.

Mengendarai motor matik, lebih bebas ribet, lebih nyaman – pict : pixabay

Ada banyak jenis motor yang beredar di pasaran, mulai dari motor bebek, motor matik, motor sport, hingga motor trail. Namun, yang menjadi primadona belakangan adalah motor matik. Tak hanya kaum wanita yang suka, banyak laki-laki yang kini memilih motor matik sebagai tunganggannya.

Mengenal Kelas Motor Matik

Motor matic pun kini terbagi menjadi beberapa kelas. Berdasarkan volume silinder, motor matic dibagi menjadi kelas 125cc, 150cc, bahkan ada pula yang 250cc. Sementara dari desain, ada motor matic dengan desain tampilan retro modern, ada pula yang berbody layaknya motor besar / motor gede (moge).

Kali ini, saya akan coba membandingkan motor matic untuk kelas entry level yaitu Yamaha Mio-S dan Honda Beat. Tahu dong, dua produsen motor kenamaan ini memang selalu bersaing, tak hanya di kejuaraan motor seperti MotoGP saja. Hampir di setiap kelas dan jenis motor mereka beradu mengunggulkan jagoan masing-masing. Tak terkecuali untuk kelas motor matic entry level. Ya, ada Yamaha Mio-S dan Honda Beat yang berusaha saling merebut hati konsumen. Mana yang lebih jago ? Mana yang worth value for money? Yuk coba kita komparasi.

Perbandingan Motor Matik Yamaha Mio vs Motor Matik Honda Beat

Spesifikasi Lengkap

Dimensi & Desain

Jika dilihat dari dimensinya, Yamaha Mio memiliki dimensi lebih panjang, lebih lebar, dan lebih pendek. Walaupun lebih pendek, ground clearance Yamaha Mio-S ternyata lebih rendah dibandingkan dengan Honda Beat.

Dilihat dari tempat duduk, Honda Beat eSP memiliki tinggi tempat duduk yang lebih rendah. Ini akan lebih memudahkan bagi yang bertubuh sedikit pendek untuk menjejakkan kaki ke tanah. Namun, jok penumpang, untuk Honda Beat terlihat lebih tinggi.

Kapasitas tangki bensin yang dimiliki Yamaha Mio-S lebih besar yaitu 4,2 L.

Secara desain, pilihan varian warna untuk Honda Beat eSP lebih banyak dengan 8 seri warna pilihan. Sementara itu Yamaha Mio-S dijual dengan 5 varian warna.

Jika kita membandingkan salah satu seri warna, yaitu putih dengan sentuhan biru, terlihat warna Yahama Mio-S cenderung lebih kalem dibanding Honda Beat eSP. Di body Honda Beat banyak terlihat garis-garis dan lekukan di body bagian depan.

Fitur

Kedua produsen motor matik ini, berusaha menawarkan fitur kekinian untuk sepeda motor masa kini antara lain :

Smart Lock System (Yamaha) vs Parking Brake Lock (Honda)

Kedua fitur ini serupa, yaitu untuk keamanan berkendara dengan mencegah motor loncat saat mesin dihidupkan, serta bisa mengunci rem saat berhenti di tanjakan maupun turunan.

Ban Tubeless

Ban tubeless memang jadi andalan saat ini karena dianggap lebih tangguh apalagi jika ranjau paku menghadang. Ukuran ban di Honda Beat untuk ban depan dan belakang sama, sementara di Yamaha Mio ukuran ban belakang lebih lebar sehingga lebih kokoh.

Stand Side Switch

Mesin motor tidak bisa dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun. Dengan demikian, kejadian lupa menurunkan standar sepanjang perjalanan akan dihindari karena tak mungkin terjadi.

Eco Indicator

Indikator di speedometer yang menunjukkan gaya berkendara irit dan efisien.

Bagasi yang luas

Walaupun motor ramping, bagasi tetap harus luas untuk menunjang barang yang akan dibawa sepanjang perjalanan atau adanya helm cadangan.

Selain fitur serupa di atas, motor matik Yamaha Mio-S lebih dibekali fitur melimpah yaitu

Lampu Hazard

Untuk memberi tanda dalam situasi darurat

Lampu LED

Lebih terang, modern, dan awet. Lampu LED lebih memberi kenyamanan untuk berkendara di malam hari

Answer Back System

Fitur canggih untuk menemukan lokasi motor. Tak perlu susah mencari saat di parkiran yang ramai.

Sementara itu, fitur tambahan lain di Honda Beat eSP adalah

Combined Digital Panel Meter

Kombinasi panel meter analog dan digital yang memudahkan pembacaan bagi pengendara

Mesin

Ukuran kapasitas mesin Yamaha Mio-S lebih besar dibanding pesaingnya. Kapasitas mesin Mio-S adalah 125cc sementara Beat eSP hanya 108,2cc. Hal ini membuat daya dan torsi maksimum yang dihasilkan oleh Mio-S lebih besar dan lebih bertenaga.

Teknologi Blue Core Mesin Motor Yamaha

Untuk teknologinya sendiri, Yamaha Mio-S menggunakan Mesin Blue Core dan Fuel Injection. Teknologi Blue Core dari Yamaha diyakini membuat kendaraan bisa lari lebih kencang namun tetap irit dan andal.

Mesin Motor Honda, PGM-FI

Honda Beat eSP seperti namanya menggunakan mesin PGM-FI eSP alias Enhanced Smart Power yang diklaim lebih irit dan ramah lingkungan.

Harga (OTR Jakarta)

Beat dijual mulai dari harga Rp. 15.150.000 untuk Beat Pop CW hingga Rp. 16.275.000 untuk varian Beat Street dengan desain yang lebih trendy. Sementara Yamaha Mio-S dijual dengan harga Rp 16,360,000,-. Mengingat mesin dan fitur dari Yamaha Mio-S lebih banyak, rasanya wajar saja jika Mio-S memiliki harga yang sedikit lebih tinggi dari pesaingnya ini.

Jadi pilih yang mana ?

Setelah melihat komparasi dua motor ini, tentu teman-teman bisa memilih mana yang mau dibeli. Kalau saya sih lebih memilih yang kapasitas mesin lebih besar dan bertenaga dengan fitur yang lebih canggih pastinya itu semuanya ada di Yamaha Mio S.

 

 

You may also like

1 Comment

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)