8 Cara Menggunakan Pore Pack Agar Mengangkat Komedo di Hidung

8 Cara Menggunakan Pore Pack Agar Mengangkat Komedo di Hidung

Menggunakan Pore Pack untuk Mengangkat Komedo di Hidung
source : pexels.com

Komedo yang berada pada hidung, akan membuat Anda merasa terganggu. Sebab, bentuk komedo terlihat seperti titik-titik berwarna hitam yang sering muncul di sekitar hidung. Komedo muncul akibat folikel rambut mengalami penyumbatan karena minyak berlebih dan sel kulit mati. Kita bisa menggunakan pore pack untuk menghilangkan komedo.

Menggunakan Pore Pack untuk Menghilangkan Komedo

Pore pack kerap kali digunakan untuk menghilangkan komedo. Tentunya, Anda perlu cara menghilangkan komedo di hidung yang benar, agar tidak berakhir menjadi jerawat yang menganggu. Berikut ini terdapat cara menggunakan pore pack yang benar agar bisa menghilangkan komedo di hidung, antara lain:

1. Bersihkan Wajah Secara Merata Sebelum Menggunakan Pore Pack

source : pexels.com

Sebelum menggunakan pore pack untuk menghempaskan komedo, Anda bisa bersihkan wajah terlebih dahulu. Jika Anda masih menggunakan make up, maka Anda bisa bersihkan sisa make up dengan make up remover.

Setelah itu, Anda bisa cuci muka secara perlahan agar sisa make up dan kotoran pada wajah terangkat, lalu gunakan sabun pembersih wajah. Jika sudah selesai, periksa terlebih dahulu apakah wajah sudah bersih secara maksimal atau belum, lalu bersihkan dengan handuk bersih dan tepuk-tepuk secara perlahan.

2. Kompres Wajah dengan Menggunakan Air Hangat

mengompres wajah dengan air hangat membantu mengangkat komedo saaat menggunakan pore pack
source : pexels.com

Anda bisa lanjutkan dengan mengompres wajah dengan air hangat. Hal ini dilakukan agar bisa menenangkan dan membuka pori-pori di wajah Anda sehingga dapat mengangkat komedo dengan mudah.

Anda bisa tuang air hangat ke baskom besar, lalu dekatkan wajah Anda ke baskom selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Jangan lupa untuk menutup bagian kepala Anda dengan handuk agar uang air panas tidak menyebar keluar dan fokus ke bagian wajah Anda saja.

3. Biarkan Wajah Tetap Basah S

Biarkan wajah tetap basah sebelum menggunakan pore pack
source : pexels.com

Setelah kompres dengan air hangat, pasti wajah Anda terasa basah. Anda tidak perlu keringkan wajah, karena bisa memudahkan penggunaan pore pack, sehingga biarkan area hidung tetap basah.

Jangan lupa untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum memegang pore pack agar terhindar dari kuman dan bakteri.

4. Gunakan Pore Pack Pada Hidung Anda

Gunakan pore pack di hidung
source : pexels.com

Anda bisa lihat kemasan pore pack lebih dulu, lalu ikuti cara pemakaian pore pack pada hidung dengan benar. Anda bisa tempelkan pore pack ke hidung secara perlahan, lalu tekan pelan-pelan pada area hidung Anda agar bisa menempel dengan sempurna.

5. Diamkan Pore Pack

Diamkan pore pack sejenak
source : pexels.com

Jika pore pack sudah menempel dengan sempurna, Anda bisa diamkan selama 10 hingg 15 menit. Disarankan jangan menggunakan pore pack terlalu lama pada area hidung, karena bisa memberikan risiko terjadinya pengikisan lapisan kulit paling atas.

6. Lepas Pore Pack dari Area Hidung secara Perlahan

Lepas pore pack secara perlahan
source : pexels.com

Setelah menunggu beberapa menit, Anda bisa melepaskan pore pack secara perlahan. Jika sudah lepas, Anda bisa melihat komedo yang terangkat pada pore pack.

Bila Anda melihat banyak komedo yang tercabut, maka cara yang Anda lakukan sudah termasuk benar.

7. Bilas Area Hidung dengan Air Bersih

Bilas area hidung setelah menggunakan pore pack
source : pexels.com

Anda bisa bilas area hidung dengan menggunakan air bersih, serta Anda bisa gosok area permukaan kulit pada hidung Anda dengan lembut dan perlahan.

Hal ini dilakukan agar bisa membersihkan lem perekat pore pack dan memastikan tidak ada lem perekat yang tersisa di area hidung Anda.

8. Gunakan Pelembab

Gunakan pelembab agar bagian hidung tidak kering
source : pexels.com

Untuk mengembalikan kelembapan dan menghaluskan kulit, Anda bisa langsung menggunakan pelembab. Anda bisa ambil pelembab cukup banyak atau lebih besar dari kacang polong, lalu letakkan di telapak tangan.

Kemudian, Anda bisa oleskan pelembab pada bagian pipi dan seluruh wajah, lalu pijat secara perlahan. Dengan begitu, pelembab dapat terserap dengan baik pada wajah Anda.

Cara Lain Menghilangkan Komedo di Hidung

            Selain menggunakan pore pack, Anda juga bisa ikuti beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan komedo di hidung Anda, antara lain:

1. Gunakan Masker Tanah Liat

Masker tanah liat juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo
source : pexels.com

Selain menggunakan pore pack, Anda bisa menggunakan masker tanah liat atau biasa disebut sebagai clay mask. Masker tanah liat dipercaya dapat mencegah produksi minyak berlebih pada kulit Anda dan bisa membantu Anda menghilangkan kotoran pada pori-pori kulit.

Formula yang berada dalam masker tanah liat dapat membuat kulit terasa lembut dan bisa menghilangkan komedo secara efektif. Anda bisa memilih masker tanah liat yang memiliki tambahan sulfur ataupun belerang.

2. Gunakan Masker Arang

Masker arang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo
source : pexels.com

Belakangan ini produk yang menggunakan bahan arang atau charcoal sangat terkenal. Sebab dapat membantu Anda dalam membersihkan pori-pori pada kulit.

Sama halnya penggunaan masker tanah liat, jika Anda rajin menggunakan masker arang, maka dapat membantu untuk menghilangkan komedo membandal bila digunakan secara rutin.

3. Eksfoliasi

Lakukan Eksfoliasi untuk menghilangkan komedo
source : pexels.com

Selanjutnya, Anda bisa lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit untuk menghilangkan komedo pada hidung Anda. Namun, Anda perlu hindari eksfoliasi dengan scrub, karena dapat melukai kulit sensitif yang berada di sekitar komedo dan bisa menjadi pemicu jerawat yang meradang.

Anda bisa pilih produk perawatan kulit untuk eksfoliasi yang memiliki kandungan aman, seperti AHA dan BHA yangbisa membantu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan komedo. Eksfoliasi AHA BHA bisa menghilangkan lapisan kulit bagian atas dan membuat iritasi akibat paparan sinar matahari, sehingga Anda perlu gunakan tabir surya secara rutin.


Jika Anda ingin melakukan konsultasi dengan dokter mengenai kesehatan kulit wajah dan kesehatan tubuh, Anda bisa download di sini.

Related Posts

One thought on “8 Cara Menggunakan Pore Pack Agar Mengangkat Komedo di Hidung

Leave a Reply

Your email address will not be published.