4 Kegunaan Slip Gaji Bagi Karyawan Perusahaan

4 Kegunaan Slip Gaji Bagi Karyawan Perusahaan

Slip gaji adalah istilah familiar bagi perusahaan maupun karyawan. Sederhananya, slip gaji merupakan dokumen yang memuat rincian gaji seorang karyawan. Perusahaan wajib memberikan slip gaji kepada karyawan apabila karyawan mengajukannya. Ini merupakan bagian dari transparansi data antara perusahaan kepada karyawan.

Kegunaan Slip Gaji Karyawan

Sebenarnya, apa kegunaan slip gaji bagi karyawan? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

Membantu Manajemen Keuangan Karyawan


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam slip gaji tercantum rincian keuangan dari seorang karyawan secara lengkap mulai dari gaji pokok, tunjangan dan potongan gaji. Berdasarkan rincian gaji yang jelas, karyawan dapat mengelola keuangan pribadi lebih tepat guna berdasarkan kebutuhan sehar-hari. Jadi, karyawan bisa menggunakan gaji yang diterima setiap bulan secara bijak.

Slip Gaji berguna untuk mengatur keuangan pribadi

Mengajukan Kredit Rumah dan Elektonik

Perkembangan tekonologi membuat karyawan membutuhkan berbagai perangkat elektronik. Untuk menunjang kehidupan, perangkat elektronik seperti ponsel pintar, laptop, dan lain sebagainya, menjadi barang penting seorang karyawan. Namun, terkadang harga beberapa jenis perangkat elektronik tersebut cukup mahal. Maka dari itu karyawan dapat membelinya melalui sistem cicilan atau kredit.


Pihak penjual elektronik perlu mengetahui rincian gaji si karyawan guna memastikan apakah karyawan mampu membayar cicilan perbulan atau tidak. Oleh karenanya, slip gaji dibutuhkan untuk mengajukan kredit elektronik.

Tak hanya elektronik, pengajuan kredit rumah pun membutuhkan slip gaji karyawan. Fungsinya kurang lebih sama, agar pihak developer mampu memastikan si karyawan mampu melakukan pembayaran kredit setiap bulan.

Kegunaan Slip Gaji Karyawan dalam Menyekolahkan Anak

Sudah menjadi keinginan orang tua untuk menyekolahkan anak di tempat terbaik agar memiiki masa depan cerah. Tak jarang ada pihak sekolah khususnya sekolah dan universitas swasta meminta rincian gaji dari orang tua untuk mengetahui seberapa besar kemampuan orangtua utnuk membayar uang sekolah.


Dari rincian gaji tesebut, pihak yayasan sekolah akan menentukan berapa besar biaya yang akan ditetapkan untuk iuran sekolah, menginat beberapa sekolah menerapkan sistem subsidi silang.

Dokumen untuk Masuk Perusahaan Baru

Resign dan pindah ke perusahaan yang lebih baik tentu merupakan hak dari karyawan. Beberapa calon perusahaan biasanya akan meminta slip gaji dari perusahaan sebelumnya. Ini digunakan untuk keperluan menentukan berapa besaran gaji yang akan diterima karyawan tersebut, apabila jadi bergabung di perusahaan.

Kegunaan Slip Gaji sebagai untuk menentukan gaji baru saat pindah perusahaan

Rincian dari slip gaji karyawan juga digunakan bagi sebagian HRD untuk menentukan kompensasi dan benefit yang lebih menggiurkan dibandingkan perusahaan lama agar karyawan mau bergabung di perusahaan mereka.


Pembuatan slip gaji karyawan, biasanya dilakukan oleh Human Resources Department (HRD). Tugas HRD tidak hanya urusan administratif seperti pembuatan slip gaji karaywan saja. Tugas HRD cukup padat karena juga melakukan tugas terkait strategi bidang HR lainnya.

Untuk memudahkan kinerja HRD, perusahaan dapat menggunakan Payroll System yang mampu membuat slip gaji otomatis hanya dalam hitungan detik! Sehinga HRD tidak perlu mengunggu lama dan karyawan bisa menerimanya lebih cepat. Daripada menggunakan cara manual yang lama, lebih baik menggunakan payroll system yang jauh lebih cepat, bukan?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.