ASUS ZenFone Max M2 : Teman Asyik Nge-game Bareng Untuk Kekompakan Tim

“Ah, tim proyek gue gak seru nih, udah kerja bener, tapi disalahin mulu guenya”

“Iya, boss gue juga gak asyik, gak ada kompak-kompaknya. Gak peduli sama cungpret macem gue. Maunya kerjaan beres doang. Gak peduli yang lain”

Sebagai seorang yang bekerja di kantor, melakukan pekerjaan di dalam tim adalah sesuatu yang gak mungkin dihindari. Dalam melakukan pekerjaan bersama tim, tentunya diperlukan kerja sama dan kekompakan di dalam setiap anggota tim. Kerja sama tim yang baik tentunya bisa membuat target dan tujuan dari tim bisa tercapai.

Memang, hampir tak mungkin kalau dalam sebuah tim tidak terjadi konflik sama sekali. Namun, hal itu bisa dihindari dengan membangun kerja sama tim yang baik. Membangun kerja sama tim tidak hanya membantu tercapainya target, tapi juga sebagai sarana untuk setiap individu meningkatkan kemampuan seperti kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi.

Membangun Kerja Sama dalam Sebuah Tim

Ada banyak cara untuk membangun kerja sama tim saat bekerja. Berikut ini cara-cara yang bisa dicoba agar terbentuk kerja sama dan kekompakan dalam tim saat bekerja.

  1. Menetapkan tujuan yang jelas untuk timDalam sebuah tim, tentunya ada target dan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum merumuskan sebuah strategi untuk mencapai tujuan tersebut, setiap anggota dalam tim harus memiliki tujuan yang jelas dan sama.
    Seorang leader, bisa menjelaskan tujuan, visi, dan misi dari tim kepada seluruh anggotanya. Dengan demikian, setiap anggota dalam setiap pekerjaannya akan berkiblat kepada tujuan tersebut. Adanya tujuan yang jelas juga memudahkan untuk membangun strategi, membagi tanggung jawab, serta melakukan evaluasi saat bekerja mencapai tujuan.
Anemone123 / Pixabay
  1. Membangun kepercayaan, saling menghormati, dan saling menghargai
    Dalam sebuah tim, biasanya ada pembagian tanggung jawab dan perannya masing-masing. Sebagai anggota tim, kita harus saling percaya bahwa setiap orang akan bertanggung jawab sesuai dengan peran yang diembannya. Rasa saling percaya ini, tentu akan mempermudah dalam bekerja sama.
    Selain rasa percaya, saling menghormati juga perlu dimiliki oleh setiap anggota tim. Diskusi kecil antar anggota tim untuk merumuskan ide atau sebuah solusi kerap kali terjadi. Tentu ‘perang’ pendapat tak mungkin dihindari. Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki ide dan cara yang berbeda dalam melakukan tugasnya dalam memenuhi sebuah tujuan. Jadi, hormati perbedaan pendapat yang terjadi. Jika ide kita tak dipilih, tetap ingat bahwa kita harus mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam tim. Pastinya, keputusan yang dipilih adalah keputusan terbaik untuk kelompok kita.
    Jika seseorang dalam tim berprestasi, atau ide yang diusulkan ternyata memberikan dampak positif yang besar, jangan segan-segan memberikan pujian. Memberikan pujian tentu menjadi sebuah penghargaan sendiri untuk anggota tim. Pujian yang tepat bisa memberikan semangat kepada anggota tim untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

 

  1. Membangun komunikasi di antara anggota tim
    Komunikasi merupakan dasar dari sebuah hubungan. Komunikasi yang tidak berhasil bisa membuat hubungan menjadi renggang. Oleh karena itu, komunikasi intensif dan efektif perlu dilakukan dalam anggota tim. Rapat sederhana yang melibatkan anggota tim untuk melakukan kordinasi, briefing tugas, maupun evaluasi kerja perlu dilakukan. Komunikasi melalui teknologi juga harus dilakukan untuk bertukar ide maupun data pekerjaan secara lebih mudah. Bisa melalui aplikasi chatting atau file sharing.
    Selain komunikasi yang berkaitan dengan tugas, komunikasi non-formal pun perlu dibangun. Pembicaraan terkait kabar satu sama lain, keluarga atau kegemaran bisa membangun ikatan rasa saling percaya terhadap rekan satu tim. Atmosfir komunikasi yang terbuka dan jujur ini bisa membuat anggota saling mengenal serta lebih mudah dalam mengekspresikan pemikiran, opini, dan ide untuk kelompok.
JESHOOTS-com / Pixabay
  1. Melakukan kegiatan bersama yang menyenangkan
    Bekerja terus menerus tentu saja membosankan. Pun demikian di dalam sebuah tim. Jika komunikasi atau kegiatan yang dilakukan bersama hanya seputar urusan kantor dan pekerjaan pasti juga membosankan. Oleh karena itu, melakukan kegiatan lain yang menyenangkan juga perlu dilakukan.
    Melakukan kegiatan bersama yang menyenangkan bisa menjadi ajang refreshing dan menemukan ide baru dari cara yang santai dan berbeda. Selain itu, hubungan antar kelompok dan rasa saling memiliki juga bisa dibangun melalui kegiatan kebersamaan seperti makan bersama, nonton bersama, liburan bersama, berolahraga bareng, atau bermain games dalam kelompok.

Bermain Game PUBG, Momen Refreshing Sekaligus Membangun Kekompakan Tim

 

Sejak lama, team building atau membangun kekompakan tim sering kali dilakukan melalui permainan sederhana. Melakukan kegiatan bersama-sama memang bisa membangun rasa saling percaya dan memiliki sekaligus membangun komunikasi antar anggota tim yang baik.

Selain permainan sederhana atau yang membutuhkan bergeraknya fisik, bermain game bersama untuk membangun komunikasi antar tim juga bisa dilakukan melalui gadget. Apalagi, kini semakin banyak games seru yang bisa dimainkan secara beramai-ramai, salah satunya adalah PUBG yang belakangan ini sedang digandrungi, termasuk teman-teman kerjaku.

Games PUBG atau Player Unknown’s Battle Grounds bisa dimainkan beramai-ramai dalam dengan teman jika kita memilih mode squad sebelum memulai pertempuran. Kalau kita bermain dalam mode squad, kita punya banyak rekan yang membantu selama pertempuran.

Layaknya dalam sebuah tim kerja yang ingin berhasil, dalam permainan PUBG kita pun ingin mencapai tujuan yaitu bertahan dan menang alias winner winner chicken dinner. Bermain PUBG dalam squad dengan anggota tim yang lebih dikenal pastinya akan membuat komunikasi lebih lancar. Kalau sama-sama lagi stuck kerja, kita bisa istirahat sejenak dan saling mengajak teman bermain.

Membentuk squad saat bermain PUBG bisa menjadi ajang kita berlatih dan berkomunikasi dalam sebuah tim. Dengan teman satu tim, kita bisa merumuskan strategi yang akan digunakan dalam pertempuran agar tak mudah dikalahkan.

Kita juga bisa saling berbagi peran dengan rekan satu tim yang berperan sebagai sniper (posisi 1 / penembak jarak jauh), Designated Marksmen (posisi 2 / penembak jarak menengah), Breacher (posisi 3 / posisi yang berani maju terus), dan Flex (posisi 4 / peran yang fleksibel). Pembagian job description sekaligus role yang jelas bisa memudahkan kordinasi dan komunikasi saat memulai permainan nantinya.

Bermain game merupakan hal yang mengasyikkan. Di kala penat dengan pekerjaan, kita bisa menemukan rasa senang kembali ketika bermain game. Bermain game seperti PUBG, bisa menjadi kegiatan yang seru, menyenangkan sekaligus membangun kekompakan bersama teman-teman dalam satu tim.

ASUS ZenFone Max M2, Teman Asyik untuk Nge-game Bareng Teman

 

Game PUBG sangat seru untuk dimainkan. Namun, banyak yang merasa game ini cukup berat dan memerlukan spesifikasi yang tinggi. Walaupun spesifikasi yang disarankan agar bisa menikmati PUBG MOBILE dengan maksimal cukup dengan Android 5.1.1 atau di atasnya dan minimal RAM 2 GB, namun memiliki spesifikasi gadget atau smartphone yang lebih mumpuni tentu akan lebih baik. Dengan demikian, kita lebih nyaman dalam bermain game.

Nah, salah satu smartphone yang cocok banget untuk dipakai nge-game kelas berat macam PUBG atau sejenisnya adalah ASUS ZenFone Max M2. ASUS ZenFone Max M2 diluncurkan oleh ASUS di penghujung tahun 2018 lalu. Mengusung tagline “More Performance. More Battery.More Fun”, ZenFone Max M2 pantas untuk dipilih menjadi teman asyik untuk bermain games maupun melakukan aktivitas harian yang seru lainnya.

More Performance

Body

ZenFone Max M2 hanya memiliki ketebalan 7.7 mm dan lebar 76 mm. Namun jangan salah, di balik body tipisnya ada ‘otak’ gahar yang menyimpan kemampuan cukup besar. Balutan body metal luar dengan pilihan warna Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver sebenarnya merupakan ‘kode’ bahwa smartphone ini memiliki kekuatan yang seru.

Processor & Memory

Dibekali prosesor CPU (Central Processing Unit) Qualcomm® Snapdragon™ 632 dan GPU (Graphic Processing Unit) Qualcomm® Adreno™ 506, Zenfone Max M2 mampu memberikan performa yang kuat dengan tampilan grafis yang indah. Selain itu, memory yang disematkan yaitu LPDDR3 dengan pilihan 3GB dan 4GB, juga mendukung untuk transmisi data yang lebih cepat dengan efisiensi daya yang tinggi.

Bekal prosesor ini tentunya sudah lebih baik dari generasi Zenfone Max sebelumnya karena kita bisa mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone bebas lemot. Max M2 yang lebih responsive dan lancar dengan kekuatan super ini pasti lebih membuat kita senang saat bermain atau mengerjakan task lainnya melalui smartphone.

Sistem Operasi & Kapasistas

Sistem operasi yang diberikan untuk ZenFone Max M2 adalah Android Oreo 8.0 yang ringan untuk bermain game. Tampilan Android yang intuitif akan memudahkan untuk melakukan pekerjaan melalui smartphone.

Produktivitas juga ditunjang oleh ruang kapasitas yang disediakan di ZenFone Max M2. Tersedia pilihan untuk ruang penyimpanan internal sebesar 32GB atau 64GB. Ruang penyimpanan tambahan berupa slot MicroSD card yang mampu membaca hingga 2TB. Kapasitas sebesar ini tentu sangat mendukung untuk penyimpanan pekerjaan, foto, ataupun lainnya.

 

More Battery

Zenfone terlebih seri Zenfone Max terkenal dengan kapasitas baterai yang besar. Mengikuti jejak dalam silsilah Zenfone Max, Max M2 juga diberikan sebuah persediaan tenaga yang kuat melalui baterai li-polimer sebesar 4000mAh yang tertanam di dalamnya. Baterai yang besar didukung efisiensi daya dari prosesor Qualcomm Snapdragon 632 yang ditanamkan bisa membuat Max M2 tidak cepat panas, memiliki perforna tinggi, dan bertahan lebih lama karena hemat daya. Ketahanan baterai sudah pasti jadi nilai plus dalam memilih sebuah smartphone, apalagi bagi yang senang bermain games seru di waktu senggang.

Selain baterai yang memiliki kemampuan bertahan baik, Max M2 pun mampu mengisi daya lebih cepat karena sudah mendukung sistem fast charging. Seperti kita yang ingin cepat mengisi daya peluru saat pertempuran, Max M2 juga mampu mengisi daya dengan gesit. Cukup sekitar 2 jam saja, baterai bisa langsung terisi penuh dan smartphone bisa siap menemani kita bertarung lagi.

More Fun

Layar & Audio

Untukku, akan terasa lebih nyaman jika menggunakan smartphone dengan layar yang lebih lebar karena pandangan mata jadi lebih terasa lega dan luas. Zenfone Max M2 memiliki layar all-screen 6.3” (19 : 9) dengan screen to body ratio sebesar 88%. Luasnya area untuk memandang juga didukung dengan layar HD+ yang membuat pengalaman saat bermain game ataupun menonton bisa lebih memberikan gelombang perasaan bahagia.

Kesenangan bermain juga ditunjang dengan audio yang mumpuni. Terdapat 5 magnet speaker dengan lapisan metal dan amplifier NXP yang bisa menghasilkan suara yang lebih jernih dan jelas.

Kamera

Tentu kita menggunakan smartphone tak hanya sekedar untuk bekerja, chatting, atau bermain game sesekali. Terkadang kita juga menggunakan smartphone untuk mengabadikan momen penting atau obyek yang menarik.

ZenFone Max M2 memiliki Dual Kamera belakang yaitu 13MP+2MP yang menunjang untuk pengambilan foto lebih detail dan jelas. Adanya Auto Focus juga mendukung dalam pengambilan gambar karena membantu memastikan fokus dengan cepat dan tajam. Teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) akan membantu dalam memberikan kestabilan jika kita melakukan pengambilan video.

Tak hanya kamera belakang yang ajib banget, kamera depan ZenFone Max M2 juga sangat baik yaitu 8 MP dilengkapi Softlight LED flash. Fitur real time beautification pastinya akan sangat berguna ketika kita (apalagi cewek-cewek) ber-selfie ria karena bisa menghilangkan jerawat, menyeimbangkan bentuk wajah, mencerahkan warna kulit, dll. Gak perlu menunggu setahun untuk melihat efek skin care 😀 hehehe

ASUS ZenFone Max M2 : More Performance. More Battery. More Fun

Spesifikasi Lengkap

Finish / Color Midnight Black, Space Blue, Meteor Silver
Capacity Internal storage eMCP 32GB / 64GB
MicroSD card Supports up to 2TB
Google Drive 100GB free space (1 year)
Dimensions 158mm x 76mm x  7.7mm
6.22 inches x 2.99 inches x 0.30 inches
Weight 160 grams (5.64 ounces)
Display 6.3-inch HD+ (1520 by 720) IPS display
88% screen-to-body ratio
Front 2.5D curved glass
Capacitive touch panel with 10 points multi-touch
Processor CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 632 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor
GPU: Qualcomm® Adreno™ 506
Memory LPDDR3 3GB / 4GB
Main Rear Camera 13MP
F1.8 aperture
26mm equivalent focal length in 35mm film camera
Phase-detection autofocus
LED flash
AI Photography:
AI Scene Detection in 13 types: people, food, dog, cat, sunset, sky, green field, ocean, flower, plant, snow, stage, text
Camera modes:
Auto
Beauty
Portrait
Pro
HDR
Sports
Night
9 various filters
Second Rear Camera 2MP
Depth sensing
Front Camera 8MP
F2.0 aperture
26mm equivalent focal length in 35mm film camera
Softlight LED Flash
Face recognition unlock
Camera modes:
Auto
Beauty
Sports
Night
9 various filters
Video Recording 4K UHD (3840 by 2160) video recording for main rear camera
1080p FHD video recording at 30 fps
720p HD video recording at 30 fps
3-axis electronic image stabilization for rear camera
Take still photo while recording video
Audio Speaker
5-magnet speaker with NXP smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect
Audio Output
Audio CODEC integrated into PMIC
NXP smart amplifier
Microphone
Dual microphones with ASUS Noise Reduction Technology
FM Receiver
FM radio
Wireless Technology WLAN 802.11 b/g/n; support Wi-Fi direct
Bluetooth 4.2
Navigation GPS, AGPS, GLONASS
SIM Cards Triple slots: Dual SIM & one microSD card
Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card
Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card
Slot 3: Supports up to 2TB microSD card
Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.
Network Standard GSM, WCDMA, FDD-LTE, TDD-LTE
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
Battery 4000mAh with fast charging
Up to 33 days 4G standby
Up to 35 hours 3G talk time
Up to 22 hours Wi-Fi web browsing
Up to 21 hours video playback
Up to 8 hours Garena Free Fire
Power Adapter Output: 5V 2A 10W
Operating System Stock Android™ Oreo™

Harga & Kesimpulan

Fitur masa kini seperti adanya fingerprint dan face unlock juga telah disediakan. Bagi yang terbiasa menggunakan dua nomor ponsel berbeda, ZenFone Max M2 juga sudah dual sim.

ASUS ZenFone Max M2

Dengan segambreng kekuatannya, ASUS ZenFOne Max M2 dibanderol dengan harga Rp 2.299.000 untuk RAM 3GB & Internal Storage 32GB dan Rp 2.699.000 untuk RAM 4GB & Internal Storage 64GB.

Smartphone ini memiliki kekuatan besar untuk menemani pekerjaan harian di kantor sambil sesekali bermain game. Game kelas berat seperti PUBG atau sejenisnya yang lebih seru saat dimainkan bersama-sama untuk membentuk squad pun bisa dimainkan dengan lebih lancar dan tampilan yang memukau.

 


Bermain game bersama teman kerja bisa menjadi salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik sekaligus menambah kekompakan dalam tim. Bermain game bersama teman pun kini lebih mudah karena banyak pilihan games yang bisa dimainkan beramai-ramai. Dukungan perangkat yang oke tentu saja akan membuat permainan menjadi lebih seru dan menyenangkan. ASUS ZenFone Max M2 bisa menjadi pilihan sebagai perangkat untuk bekerja sekaligus nge-game dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

You may also like

5 Comments

  1. Ooooh jadi game ini yang dimaenkeun pak suami dan anak cowoku yang paling gede karena mereka suka teriak-teriak chicken dinner! chicken dinner! wkwkwk. Tapi Asus memang keren sih, kalau mau main game resolusi tinggi gambarnya jadi tak ada lag :). Kalau ngeliat speknya Asus M2 ini kayagnya bisa makin puas main game, siiplah kalau ganti hp lagi udah tau hp apa yg mau dibeli 🙂

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)