Skyscanner, Sahabat Asyik untuk Merencanakan Liburan

 

Tanggal 13 Juni mendatang, Mahira akan menginjak usia 2 tahun. Usia 2 tahun bisa dibilang akan menjadi usia anak menuju kemandirian. Bukan berarti dari dulu gak diajarin mandiri. Hanya saja, ketika menginjak usia 2 tahun nanti akan ada kebiasaan nyaman yang harus diubah dari Mahira, yaitu kebiasaan menyusu. Hal yang menyenangkan ini harus direlakan Mahira untuk berhenti. Berhenti dari hal yang menyenangkan tentu susah. Maka dari itu, aku dan ayahnya Mahira berencana untuk memberikan hadiah untuk Mahira berupa perjalanan liburan yang menyenangkan.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Kalau versi maskapai penerbangan, usia 2 tahun itu adalah usia ketika anak tidak lagi berstatus infant (< 2 tahun). Usia 2 tahun adalah pertanda seorang anak berstatus children, di mana ia bisa mendapatkan tempat duduk sendiri. Tak lagi membeli tiket ‘menumpang’ orang tuanya. Ini juga jadi awal untuk membiasakan Mahira semakin mandiri dengan mengijinkannya duduk di tempat duduk sendiri saat berpergian dengan pesawat terbang. Eh, artinya, dia bisa juga dapat harga tiket pesawat yang promo, yang murah-murah gitu. Secara harga tiket infant kadang berasa mahal. Hehehe.

Senangnya, sekarang dari Palembang sudah banyak pilihan penerbangan langsung baik domestik maupun internasional. Tapi pilihan yang semakin banyak juga bikin bingung sih, soalnya yang dimau juga banyak. Hehehe. Kalau udah gini rasanya jadi pe-er banget deh, nyari destinasi tujuan wisata yang cocok untuk liburan keluarga dengan tiket pesawat yang murah pula.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Karena aku ibu-ibu anti ribet, nyari tiket pesawat sih udah jelas pakai aplikasi aja. Aplikasi yang recommended buat mencari tiket pesawat murah ya sudah jelas Skyscanner. Skyscanner sebenarnya bisa diakses melalui browser di laptop maupun smartphone. Tapi, buat apa susah buat apa susah, lebih baik kita bergembira (kok malah nyanyi). Aku sih suka pakai aplikasi aja. Belum punya aplikasinya? Tinggal download di AppStore atau PlayStore aja kok. Setelah itu, lebih baik lagi sih kalau kita masukin email untuk daftar untuk newsletternya, soalnya suka dapat info tiket pesawat yang lagi promo gitu loh.

Di saat bingung, kira-kira milih destinasi mau ke mana untuk perjalanan liburan yang menyenangkan, Skyscanner menawarkan menu Explore. Jadi menu Explore ini adalah menu yang paling anti ribet. Kita bisa milih lokasi berangkat, lokasi tujuan, atau waktu terbaik untuk melakukan perjalanan. Tinggal ubah sana sini beres, dikasih tau tuh pilihan terbaik versi Skyscanner. Di menu Explore sendiri, ada beberapa rekomendasi pilihan antara lain :

  • Top Deals – Untuk memilih destinasi liburan berdasarkan harga yang paling banyak promo
  • Popular Destinations – Untuk memilih destinasi liburan berdasarkan yang paling popular (banyak dicari)
  • Quick Getaways – Untuk memilih destinasi yang cocok untuk liburan singkat
  • Longer Trips – Untuk memilih destinasi yang cocok untuk liburan jangka panjang
  • Last Minute – Untuk memilih destinasi ada promonya kalau kita pesan mepet-mepet
  • Plan Ahead – Untuk memilih destinasi ada promonya kalau kita jauh-jauh hari

Kita juga bisa memilih destinasi tujuan sesuai trip dengan kondisi yang diinginkan apakah kota yang untuk solo traveler atau merencanakan trip yang bebas dari anak-anak (semacam babymoon atau honeymoon) di pilihan Perfect Trip – Kid Free.

Kalau hanya ingin membandingkan harga pesawat untuk akhir pekan minggu ini atau akhir pekan berikutnya pun bisa. Mau mencari harga tiket paling murah berdasarkan bulan? Explore saja bulan yang diinginkan untuk liburan, akan ada pilihan tujuan wisata dengan harga paling murah.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Nah, berkat menu Explore ini, aku sama suami sepakat buat ngajak Mahira untuk menjelajah popular destination, yaitu Pulau Bali. Alasan memilih liburan ke dalam negeri adalah untuk mengenalkan Mahira kepada Indonesia terlebih dahulu.

Pulau Bali juga memiliki paket lengkap untuk wisata, mulai dari alam yang asri, pantai yang bersih, serta ildan tentu saja budaya yang ada di Bali juga bisa jadi hal yang menarik untuk dipelajari sekaligus mengenalkan kepada anak tentang keragaman yang ada di Indonesia dan kita harus mencintai serta menjaganya.

 

 

Bali Safari & Marine Park – Balipedia.id

 

Monkey Forest Ubud – Source : Web Monkey Forest Ubud
Kalau boleh ibunya pengen diving lagi di Padang Bai 😀

Udah kebayang tempat-tempat mana yang bakal dijelajahi bersama anak yaitu Pantai Sanur dan Pantai Kuta supaya Mahira bisa main kotor-kotoran main pasir dan air, nyobain water sport dan kenalan sama penyu di Tanjung Benoa, kenalan sama aneka fauna di Bali Safari & Marine Park, belajar budaya Indonesia di Taman Nusa, dan bercengkrama sama monyet sekaligus berdamai di Ubud Monkey Forest. Kalau ternyata masih mau menjelajah Bali, juga masih banyak list tempat wisata yang bisa dijelajahi bersama anak.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Alasan lain ke Bali adalah biar Mahira bisa nyobain pesawat Garuda Indonesia yang seri Bombardier CRJ1000 NextGen. Dua tipe pesawat yang berangkat dari Palembang yaitu Boeing 737 dan ATR 72-600 sudah pernah Mahira coba. Kini saatnya mengenalkan jenis pesawat baru. Biar dia juga makin banyak tau tentang pesawat Garuda Indonesia yang banyak jenisnya. Sekalian ngetes penerbangan yang lebih lama dari biasanya.

Oh iya, berkat fitur Price Alert di aplikasi Skyscanner, aku juga jadi tau kalau ada harga dari rute penerbangan yang dicari ada perubahan. Kalau harganya turun untuk tiket pesawat Garuda Indonesia, langsung cus deh dibeli. Oh iya, di Skyscanner juga informasi tentang penerbangan lengkap termasuk penjelasan tentang perbedaan waktu seperti Palembang dan Denpasar yang beda waktunya 1 jam. Kalau sudah fix sama jadwal dan rute penerbangan yang kita pilih, tinggal bayar deh. Pilihan untuk pembayarannya pun bisa via airlinenya langsung atau melalui agen lain yang sudah bekerja sama dengan Skyscanner seperti Nusatrip.com

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Skyscanner ini lengkap banget fiturnya, kita bisa juga menyimpan data identitas (paspor) atau loyalty card (seperti Garuda Miles) di menu Profile. Sementara itu, kalau sudah punya tiket dan jadwal penerbangan fix, bisa juga kita simpan di menu My Travel sehingga semua informasi untuk penerbangan kita bisa didapatkan secara jelas dan lengkap. Urusan hotel dan rental mobil di Bali nanti juga bisa dicari dengan Skyscanner karena selain bisa mencari tiket penerbangan di menu Flight, kita bisa juga mencari hotel dan rental mobil. Semua pilihan akan keluar dengan cepat. Mudah banget deh pakai Skyscanner dan harganya jujur. Pokonya, merencanakan liburan pakai Skyscanner itu gampang, hemat, lengkap, dan asyik banget.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Nah, abis dari Bali nanti kayaknya mau jelajah nyobain pesawat Garuda Indonesia yang ATR 72-600 aja untuk rute dekat dari Palembang kayak ke Bengkulu atau Lampung. Pokoknya liburan keluarganya, jelajah nusantara dulu deh bareng Garuda. Oh iya, biar gak ketinggalan info tentang promo atau tips menarik tentang liburan, ikutin aja Skyscanner di media sosial.

Adios, selamat liburan bersama Skyscanner:)

 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

4 Comments

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)