Beruntungnya Punya Supporting Group : BC June 16

Jadi ibu itu, walaupun prakteknya sendiri tapi sebenarnya ga bisa sendiri.

Eh gimana..gimana…


Sejak Maheera masuk lima bulan saya gabung di grup Birth Club June 16. Sebenarnya sih grup ini ada sebelum anak-anaknya lahir, bermula dari forum The Urban Mama (TUM) untuk ibu-ibu yang HPL (Hari Perkiraan Lahir) anaknya jatuh pada bulan Juni 2016. Saya telat taunya dan baru ngeh karena ada kakak tingkat kuliah sering posting dengan hashtag anaknya ikutan BC October 2015. Sempat nyari di forum TUM dan ninggalin komen, tapi ga ada tanggapan (mungkin karena sudah aktif grup Whatsappnya lagian baru mulai nyari pas anak 3 atau 4 bulanan gitu) sampai bahasan Birth Club di forum tersebut dihapus. Saya akhirnya kontak via Direct Message di Instagram @bcjune_16 dan alhamdulillah boleh join di grup whatsapp BCJune16. Ketika saya join di bulan November kayaknya udah 30-an membernya dan per hari ini menginjak 50 member.

Logo @BCJune_16

Ibu-ibu di grup ini kebanyakan domisili di Jabodetabek, tapi ada juga yang di luar kota seperti Duri & Pekanbaru (Riau), Bandung, Surabaya, Bali, dan ada di kota lain juga. Persamaan kami adalah : HPL anaknya Juni 2016, sehingga kalau anaknya lahir di bulan Mei 2016 atau Juli 2016 itu wajar saja karena lahiran kan bisa maju bisa mundur toh. Background ibu-ibu di grup ini beragam, ada yang kantoran, psikolog, punya online shop, lagi nyelesein thesis, dokter & dokter gigi, freelancer, atau stay-at-home-mom. Di grup ini, kebanyakan anaknya baru anak pertama walau ada juga yang anak Juni 2016 nya anak kedua bahkan ketiga.

Saya sih merasa kebantu banget join di grup ini. Yap, buat saya yang merantau dan di Palembang ini ga ada saudara dekat babar blas alias nihil dan ngurusin anak selain sama si Bojo dibantu sama si Nenek, masih banyak hal-hal yang perlu saya cari tahu dan info yang perlu saya dapat. Kadang keluh kesah atau pertanyaan bisa saya tanyain ke keluarga seperti kakak atau ibu saya tapi ya kadang masih kurang saja atau beda pendapat.

Chat di grup ini hampir selalu ramai setiap hari. Bisa ratusan bahkan ribuan kalau ga dibuka dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (heleh). Bahasan ga melulu soal anak, bisa jadi urusan ‘racun’ : peralatan buat bayi – eh anak juga dong bahasannya – (pas awal masuk racun urusan 10-in-1 baby safe), buku (rabbithole dan lain-lainnya), makanan enak (oke saya penasaran es krim brookfarm di Palembang belum ada, kalo Pablo sih di sini ada tiruannya tapi juga belum tertarik nyoba, dan Chatime adalah salah satu racun terbaik grup ini yang bikin tau-tau nge-go-food Chatime) atau racun lainnya (sale di mana gitu, pampers diskonan). Bahasan lain yang bisa bikin rame selain anak GTM (Gerakan Tutup Mulut), BB (Berat Badan) mau ibunya atau anaknya juga dibahas, juga dunia perhosyipan (akhirnyaaa ada temen gosip hahaha).

Beruntungnya saya, di grup ini ibu-ibunya cukup terbuka, ngga baperan, ngga nge-judge paling bener, dan rela sharing info. Berada di grup yang membernya puluhan dengan beragam bahasan tentu bisa jadi pertanyaan yang kita tanyain ga dijawab atau kelewat. So, jangan baper.

Sejak gabung di grup ini, saya ngerasa ga sendirian (yaiyalah rame). Maksudnya, saya ga sendirian ngalamin anak yang kalo makan sama kita cuma secimit sama saya tapi kalo sama pengasuh mau banyak. Saya ga sendirian punya anak yang lagi doyan nangis kalo lagi ganti baju dan nangisnya udah penuh drama korea macam disiksa. Saya ga sendirian bingung tentang imunisasi, obat-obatan, ngebersihin kulkas ASI yang es nya udah banyak sampe ga bisa ditutup. Di grup ini selain saya dapat info, saya juga bisa sharing. Nambah informasi, nambah lingkaran pertemanan (yep walau saya belum pernah ketemu langsung cuma entah gimana saya merasa nyaman di ‘rumah’ ini).

Saya ingat, ada teman yang pernah melihat WA saya dengan grup BCJune16 kaget ternyata ada grup kayak gini. Pernah juga teman nanya untungnya di grup kayak gitu apa. Yep, saya jelasin sih (intinya mirip penjelasan di atas) kalau saya banyak dapat informasi, dapat temen berbagi, intinya saya senang punya supporting group.

Beberapa teman yang hamil dan akan melahirkan atau sudah punya anak pernah saya sarankan ikut Birth Club tapi saya sejak TUM ga ada bahasan tentang Birth Club, dan nyari di Mommies Daily saya bingung (pernah nyoba kirim pesan di forum tapi ga ada tanggapan), dan forum IbuHamil saya ga pernah nyoba, saya bingung juga sih nyari BirthClub gini di mana waktu nyaranin temen-temen saya gabung birth club. Saya aja via instagram ngehubungin adminnya. Kalo ga ada instagram ya bingung juga kali sayanya.

Ada teman yang pernah bilang waktu saya saranin kalau dia takut baper. Yep, ada benernya sih. Di BCJune16 ini alhamdulillah ga ada yang terkesan menggurui. ASI, Donor ASI, Susu Formula semua didukung. MPASI tepat 6 bulan atau sudah icip-icip sebelumnya juga gak masalah. Ada yang share kalau di grup tetangga ada barisan yang sok perfect dan ada barisan sakit hati. Yep, pegangan saya untuk mengikuti grup ramai kayak gini sih emang ‘ojo baper’ alias ‘jangan baper’ sesuai pesan salah satu ibu di grup ini. Kalau pesan udah ratusan bahkan ribuan, mau manjat atau ngga juga balik ke masing-masing pribadi. Mau manjat chat di grup dalam rangka ‘FAT TO FIT’ walau jempol doang yang fit, jadi pilihan saya (soalnya paling ratusan sih kelewatnya secara sering buka whatsapp).

Meet up Bulan Desember, saya ga ada di situ, foto dari grup WA

Grup ini pernah meet up di bulan Desember 2016. Awalnya niat ikutan karena rencana tanggal meet-up itu masuk jadwal di jakarta dalam rangka mudik cuti. Eh, ndilalah cutinya harus geser ya akhirnya batal deh ikutan. Rencananya bulan februari kemarin ada meet-up lagi cuma mungkin banyak kesibukan dan di bulan Juli nanti ada birthday bash alias merayakan 1 tahunan umur para bayi. Kok Juli kan banyakan lahir Juni? Juni kan bulan puasa dan lebaran jadi mungkin aja pada mudik. Berhubung saya jauh, saya cuma bisa pasang tangan buat berdoa, semoga birthday bash nya sukses, sponsornya banyak, dan kalau saya ada rezeki bisa ikutan. Amiiiin.

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)