Masjid Al Azhom yang Megah dan Indah

Wisata tak terbatas kepada alam saja. Budaya, sejarah, bahkan religi pun bisa memberikan kesenangan sekaligus menambah pengalaman dan pengetahuan.

Walaupun terkadang kita selalu ingin melakukan perjalanan wisata ke tempat yang jauh, jangan sampai kita lupa dengan untuk berwisata di area yang dekat dengan tempat tinggal kita.

Mungkin tak banyak yang mengetahui bahwa Tangerang memiliki berbagai macam tempat wisata. Aneka tempat wisata di Tangerang bisa anda temukan di aktivitas & rekreasi Traveloka. Tak hanya itu, di Tangerang kita juga dapat melakukan perjalanan wisata. Tentu tidak hanya dengan melakukan wisata yang banyak dilakukan orang, tetapi dapat juga menjalankan kunjungan religi seperti ke masjid Al Azhom juga bisa menjadi pilihan anda.

Masjid Al Azhom Tangerang – Tribunnews.com

Masjid yang terletak di Tangerang ini memang dibangun dengan megah dengan gaya arsitektur yang luar biasa. Selain anda berkunjung ke sana untuk melakukan ibadah solat, anda juga bisa menikmati keindahan masjid yang suasananya sangat syahdu ketika anda berada di dalamnya.

Kemegahan Masjid Al Azhom di Tangerang

Ketika bulan Ramadhan tiba, masjid ini sering dikunjungi oleh banyak orang untuk ngabuburit. Dari kejauhan saja anda bisa melihat keindahan dan kemegahan dari masjid ini, apalagi predikatnya sebagai pemilik kubah terbesar di Indonesia. Keberadaan kubah terbesar tersebut juga menjadi daya tarik yang membawa begitu banyak orang untuk berkunjung ke sana melihat secara langsung kubah indah milik Masjid Al Azhom di Tangerang ini.

Kubah Besar Masjid Al Azhom – Tangerangkota.go.id

Berikut beberapa hal yang bisa anda temukan di masjid Al Azhom yaitu :

  • Kubah terbesar di Indonesia

Masjid Al Azhom memiliki lima kubah yang sangat besar dengan gaya arsitektur Timur Tengah yang sangat kental terasa. Satu kubah raksasa ditopang empat kubah lainnya dengan keseluruhan diameternya mencapai 63 meter, apalagi dengan warna biru dan hijau muda yang mendominasi membuat masjid ini terlihat lebih menentramkan hati. Tentunya jumlah kubah tersebut bukan tanpa arti, tetapi menggambarkan jumlah solat wajib yang harus dilaksanakan para muslim

  • Belajar di galeri Islam

Anda bisa menemukan galeri Islam di bagian belakang masjid dan belajar banyak hal di sana, terdapat berbagai macam buku hingga poster terkait ajaran agama yang bisa anda baca dengan tenang dan nyaman

Baca juga : Al Quran Akbar Palembang

  • Takjil gratis selama Bulan Ramadhan

Selama bulan puasa selain anda bisangabuburit di Masjid Al Azhom maka sebelum adzan maghrib akan dibagikan takjil gratis di sana. Sehingga anda bisa merasakan rasanya berbuka bersama dengan jamaah masjid yang begitu banyak dan kentalnya suasana kebersamaan pada saat itu. Tentunya akan memberikan kesan tersendiri untuk anda nikmati dalam masjid tersebut

  • Kegiatan keagamaan

Setiap hari, terutama saat Bulan Ramadhan, maka akan ada banyak kegiatan keagamaan yang dilakukan mulai dari tadarus hingga tausyiah agama. Bahkan masjid ini mampu menampung hingga 15 ribu jamaah dengan jaminan keamanan dari brigade masjid yang akan berjaga di sekitar masjid

  • Lokasi ngabuburit paling nyaman

Di sana selain anda mendapatkan takjil gratis dan bisa beribadah dengan nyaman, terdapat pula banyak penjual makanan yang bisa mengisi perut anda untuk berbuka puasa setelah solat maghrib. Mereka berjualan dengan tertib dan rapi di sekitar masjid sehingga keberadaannya juga tidak sampai mengganggu para jamaah masjid.

Baca juga : Kampung Arab Al-Munawar

Kisah Sejarah Masjid Al Azhom

Setelah melihat kemegahannya dengan kubah raksasa yang dimiliki masjid Al Azhom, maka kita juga bisa melihat sedikit tentang sejarah berdirinya masjid nan indah ini. Peletakan batu pertamanya dilakukan pada tahun 1997 dan masjid ini rampung dibangun pada tahun 2003.

Masjid Al Azhom Tangerang – Tangerangkota.go.id

Nama masjid Al Azhom berasal dari kata Izmul A`zhom yang berarti Nama Yang Agung yaitu tentu adalah 99 asmaul husna. Dibangun pada lahan seluas 2,25 hektar yang terdiri dari 2 lantai. Masjid ini memiliki lima kubah besar yang menggambarkan solat lima waktu dan dikelilingi 4 menara yang menggambarkan empat tiang ilmu yaitu ilmu Bahasa Arab, filsafat, sejarah dan syariah. Sementara tiga bagian tinggi menara memiliki filosofi iman, Islam dan Ikhsan, sedangkan tinggi badan menara 30 meter menggambarkan 30 jus Al Quran dengan 6 meter kuncup menara menggambarkan rukun iman.

Maka saat anda sedang berada di Kota Tangerang tidak ada salahnya untuk berkunjung ke masjid Al Azhom ini meskipun bukan pada Bulan Ramadhan. Keindahannya akan memberikan ketenangan saat anda berada di dalamnya, apalagi selain menjalankan kewajiban anda juga bisa mempelajari banyak hal tentang agama di sana. Sesekali anda juga bisa mengikuti tausyiah rutin yang dilakukan oleh pengurus masjid untuk memperdalam ilmu agama.

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)