Berobat ke Penang: Kenapa dan Bagaimana?

Menemani anak bermain setelah pulang kerja menjadi rutinitas wajib bagi saya. Belakangan ini, anak mulai pandai bermain sepeda. Sore hari pun saya isi dengan kegiatan bermain sepeda mengitari komplek tempat saya tinggal. Kegiatan ini ternyata memberi saya kesempatan untuk bertemu dan bercakap-cakap dengan tetangga juga.

Kemarin saya bertemu dengan Poppy, seorang tetangga di dekat rumah yang lama tak kelihatan selama seminggu ini. Terkadang kami mengobrol bersama sembari mengawasi anak-anak yang asyik bermain. Poppy bercerita baru saja kembali dari Penang untuk menemani ibunya berobat.

Saya tak bertanya detail tentang apa penyakit ibunya. Poppy bercerita bahwa kondisi ibunya sekarang semakin membaik dan ibunya sangat puas setelah melakukan pengobatan di Penang.

Kenapa jauh-jauh berobat ke Penang?

Bukan rahasia umum lagi kalau Penang menjadi salah satu tujuan berobat orang-orang Indonesia. Lokasinya yang masih berada di Malaysia, bisa dianggap tidak terlalu jauh dari Indonesia.

Medical tourism di Penang bisa dibilang memang menjadi daya jual daerah tersebut. Berbagai fasilitas disediakan dengan tenaga professional tentunya. Hal ini yang membuat banyak masyarakat yang semakin percaya terhadap kualitas pelayan rumah sakit di Penang yang sangat memuaskan.

Dari cerita Poppy, saya dapat memahami kenapa banyak orang yang memilih untuk berobat ke Penang. Proses untuk mendiagsona penyakit bisa berlangsung lebih cepat dan tepat. Tenaga profesionalnya juga ramah dan kendala bahasa pun tidak ditemui karena dokter-dokternya juga mampu menjelaskan dengan Bahasa Indonesia yang mirip dengan Bahasa Melayu. Apalagi, biaya yang ditawarkan juga relatif murah.

Penang yang terdaftar sebagai Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO pada tahun 2008 juga dapat menjadi tempat untuk berlibur. Penang memiliki daya tarik wisata alam mulai seperti adanya pantai berpasir Tanjung Bungah dan puncak Bukit Penang. Kita juga bisa melakukan wisata budaya dan sejarah ke kuil-kuil dan bangunan bersejarah yang ada seperti Kek Lok Si Temple, Cheong Fatt Tze Mansion, Made in Penang Interactive Museum, Penang War Museum, atau Wat Chaiya Mangkalaram.

Merencanakan Berobat di Penang

Awalnya saya berpikir bahwa berobat di luar negeri itu sulit. Namun, Poppy bercerita bahwa proses untuk berobat di Penang itu mudah.

Ya, mendukung banyaknya orang yang ingin berobat ke Penang, kini telah banyak penyedia layanan medis untuk berobat di Penang. Namun, tentunya kita harus tetap selektif mencari yang resmi dan terpercaya. Poppy merekomendasikan situs Wisata Medis karena merupakan layanan kordinator medis (perwakilan) resmi, terbaik, dan terpercaya untuk siapapun yang ingin berobat ke Penang.

Web Wisata Medis Penang

Dari situs ini, kita dapat melihat dokter spesialis serta rumah sakit yang berada di Penang. Di bagian forum, terdapat beberapa testimoni orang-orang yang sudah pernah berobat ke Penang yang dibedakan sesuai dengan kategori forum yang telah dipilih. Ada banyak dokter yang berada di Penang mulai dari dokter umum hingga dokter spesialis seperti bedah, anak, kandungan & kebidanan (O&G), dll.  Kita dapat melihat daftar dokter di menu DOKTER atau merujuk dari menu SPESIALISASI dan memilih spesialisasi mana yang dituju.

Forum My Medical – Wisata Medis Penang

 

Anda bisa masuk / login di sini untuk lihat forumnya. Lalu membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, pilih topik yang ingin anda ketahui lebih lanjut informasinya. Beberapa topik yang sering ditanyakan antara lain akomodasi & transportasi di Penang, Pra & Pasca konsultasi, Spesialisasi, Rumah Sakit, Dokter, Perwakilan Medis, dll.

 

Sementara itu, untuk melihat daftar rumah sakit dan perkiraan biaya yang akan kita keluarkan, kita bisa mengakses menu RUMAH SAKIT. Pada menu ini terdapat informasi rumah sakit yang berada di Penang, fasilitas & layanan yang diberikan setiap rumah sakit, biaya & paket yang ditawarkan, serta lokasi rumah sakit tersebut berada. Misalkan kita tertarik dengan rumah sakit tertentu, kita juga dapat melihat rating rumah sakit tersebut berdasarkan pengalaman orang lain yang pernah datang sebelumnya.

Mount Miriam Hospital

Sebelum merencanakan berobat ke Penang, kita juga bisa dapat mengontak terlebih dahulu dengan memilih menu Buat Temu Janji. Setelah itu, kita mengisi form sesuai kebutuhan dan biasanya pada bagian pesan / catatan akan lebih baik kalau kita menjelaskan maksud kedatangan kita ke Penang serta hal-hal yang ingin kita tanyakan.

Jika merencanakan berobat, kita juga bisa menyampaikan hasil-hasil pemeriksaan yang dilakukan di Indonesia sebagai lampiran. Adanya situs seperti Wisata Medis memang memudahkan Poppy dan keluarganya sebelum berangkat ke Penang. Poppy bercerita bahwa ia juga menanyakan rincian perkiraan biaya dan mendapatkan balasan yang disampaikan oleh tim tersebut atas pertanyaan yang diajukan.

Dari hasil konsultasi online¸ Poppy bercerita ia menjadi lebih mudah dalam menyiapkan keberangkatan ke Penang karena telah mendapatkan rekomendasi dokter dan rumah sakit serta mengetahui jumlah biaya yang akan dikeluarkan.

Cara ke Penang dari Indonesia

Sebagai kota yang menjadi daya tarik wisata medis orang Indonesia, telah ada beberapa maskapai yang menyediakan penerbangan langsung ke Penang dari Indonesia, seperti Citilink (dari Jakarta), Air Asia (dari Jakarta, Medan, Surabaya), Sriwijaya Air (dari Medan), serta Malindo Air (dari Banda Aceh). Selain itu, kita juga dapat menuju Penang dengan melakukan penerbangan terlebih dahulu ke Kuala Lumpur setelah itu melanjutkan penerbangan ke Bandara Penang atau dengan melakukan perjalanan darat yang dilanjut dengan kapal ferry.

Wisata Medis Penang

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait Wisata Medis Penang, anda dapat menghubungi langsung:

Pilah Pilih Asuransi Mobil Honda HRV

Memiliki kendaraan pribadi bisa dibilang akan penting pada saat ini. Apalagi jika memang kendaraan menjadi penunjang untuk beraktivitas. Untuk saya sendiri, memiliki kendaraan sangat memudahkan untuk bekerja, mengantarkan pengasuh (yang pulang pergi kami antar jemput), atau berpergian bersama keluarga.

Honda HRV adalah salah satu mobil kelas crossover 5-seater yang kini digemari di Indonesia. Pesaingnya tak banyak, hanya ada Suzuki X-Over. Honda HRV mulai mengaspal di Indonesia sejak tahun 2015. Bermesin 1.500cc, HRV dipasarkan dengan kisaran harga On The Road (OTR) 280-320 juta.

HRV – honda-indonesia.com

Bisa dibilang kendaraan, seperti mobil HRV, adalah aset yang memiliki nilai cukup tinggi. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli mobil tidaklah sedikit. Hal ini yang menjadi pertimbangan bagi saya bahwa mobil harus dirawat dan dilindungi dengan sebaik mungkin.

Kenapa Mobil Perlu Diasuransi?

Perawatan dan perlindungan bisa dilakukan dengan menggunakannya dengan baik dan wajar, melakukan pembersihan serta perawatan berkala ke bengkel resmi dan menggunakan suku cadang asli. Sementara itu, untuk perlindungan, tambahan, kita juga bisa membeli polis asuransi kendaraan untuk melindungi aset yang kita miliki tersebut.

Asuransi bisa menjadi salah satu bentuk manajemen risiko. Risiko yang mungkin timbul bisa ditransfer ke perusahaan asuransi. Ya, asuransi adalah sebuah cara untuk melindungi keuangan pribadi dari beban yang tidak semestinya yang mungkin merugikan. Untuk kendaraan sendiri seperti mobil, asuransi bisa menjamin berbagai risiko yang bisa terjadi pada mobil seperti kerusakan atau kehilangan.

Tips Memilih Asuransi Mobil

Dalam melindungi mobil menggunakan asuransi, tentu saja ada biaya yang harus kita bayar. Oleh karena itu, kita harus bisa memilih asuransi dengan bijak. Berikut cara memilih asuransi mobil.

Kenali dulu kebutuhan kita

Sebelum memilih asuransi mobil Honda HRV, kita harus mengenal terlebih dahulu dua jenis perlindungan mobil yang kerap ditawarkan perusahaan asuransi, yaitu:

  1. Asuransi All Risk / Comprehensive, artinya asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan mulai dari yang ringan, berat, bahkan kehilangan kendaraan. Asuransi jenis ini cocok untuk mobil yang sering digunakan beraktivitas, memiliki harga yang tinggi, atau sering melintasi jalur yang padat.
  2. Asuransi Total Lost Only (TLO), artinya asuransi hanya menjamin kerugian jika kendaraan mengalami kerusakan di atas 75% seperti hilangnya kendaraan, terbakar, atau dicuri. TLO layak dipilih jika kendaraan jarang dipakai beraktivitas, namun kita tinggal di daerah yang rawan kriminalitas.

Setelah memahami perbedaan antara keduanya, kita bisa mulai memilih asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan.

Lakukan perbandingan antar produk

Ada banyak produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Tentu saja premi, manfaat, dan keuntungannya berbeda-beda. Oleh karena itu, ada baiknya kita melakukan perbandingan beberapa produk asuransi mobil. Lakukan perbandingan untuk produk yang sama namun dari perusahaan asuransi yang berbeda. Kita harus mengenali betul produk yang ingin kita beli agar tidak merasa rugi di masa yang akan datang.

Informasi penting yang dapat dijadikan perbandingan antara lain ada atau tidaknya kecelakaan diri bagi pengemudi, biaya klaim minimal, prosedur klaim, layanan asuransinya, serta jumlah bengkel rekanan. Jika masih merasa ragu, kita juga bisa mencari testimoni dari teman atau keluarga yang juga menggunakan asuransi mobil. Selain itu, testimoni juga bisa didapat dari info yang beredar di internet, jika rasio keluhan pelanggan cukup tinggi dan penyelesaiannya pun tidak memuaskan, baiknya perusahaan tersebut tidak masuk dalam pilihan.

Tips Memilih Asuransi Mobil – fainun.com

Sesuaikan dengan kemampuan

Setelah menentukan beberapa pilihan, kita dapat memilih asuransi mobil Honda HRV dengan menyesuaikan kemampuan keuangan. Ya, premi untuk asuransi mobil tidaklah sedikit dan terdapat perhitungan dengan menyesuaikan harga mobil kita.

Siapa yang tak ingin menggunakan produk asuransi dengan perlindungan terbaik, namun kita tetap harus mempertimbangkan kemampuan keuangan yang dimiliki. Itulah gunanya kita melakukan survey dan perbandingan dari beberapa produk asuransi.

Mengenal Futuready

 

Futuready.com adalah supermarket asuransi online pertama dan terlengkap di Indonesia yang merupakan bagian dari AEGON, perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berbasis di Belanda.  Sebagai pialang asuransi, Futuready telah berlisensi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), artinya Futuready telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dalam melakukan kegiatannya.

Kemudahan untuk bisa mencari, membandingkan, dan membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan bisa didapatkan ketika kita mengakses Futuready. Dengan system online, calon pembeli asuransi bisa membandingkan asuransi satu dengan yang lainnya menjadi lebih mudah.

Sebagai supermarket asuransi online, Futuready menawarkan kemudahan untuk pembelian asuransi secara online. Tentunya ini didukung dengan sistem pembayaran premi yang aman. Setelah membeli asuransi di Futuready, kita akan mendapakan e-polis. Praktis dan lebih mudah bukan.

Berbagai Keunggulan Futuready

Produk asuransi yang ditawarkan di Futuready tidak terbatas asuransi mobil saja, ada juga asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, dan asuransi kecelakaan. Beberapa provider asuransi yang telah bekerja sama dengan Futuready antara lain AXA, AXA Mandiri, Simas Net, Adira, Lippo, MNC, Tokio Marine, Malacca, Avrist, dll.

Beberapa keuntungan jika melakukan pembelian transaksi di Futuready antara lain transaksi pembelian langsung, menerima beberapa metode pembayaran (kartu kredit, transfer bank, atau bayar melalui minimarket), polis yang langsung aktif (akan dikirimkan via email), klaim yang mudah (Futuready memiliki dukungan CS professional), serta tanpa survey untuk asuransi mobil.

Nah, masih bingung pilah pilih asuransi mobil Honda HRV-mu? Cek dulu di Futuready ya. Eh di bulan September ini ada promo menarik loh. ☺

Palembang Food Guide : Pempek Palembang

“Orang Palembang itu hebat, kapal selam aja bisa dimakan”

 

Pernah dengar ga ungkapan seperti itu? Ya, pempek adalah salah satu makan asal Palembang yang terkenal banget di seantero negeri *ceilah*. Pempek juga oleh-oleh wajib bawa dari Palembang.

Pada umumnya, orang mengetahui pempek dengan nama pempek kapal selam. Pempek kapal selam adalah varian pempek yang paling umum ditemui di tempat makan yang menjual pempek. Di Palembang sendiri, pempek kapal selam dikenal juga dengan nama pempek telok besak (telur besar). Iya, isi di dalam pempek tersebut biasanya kan sebutir telur utuh dan ukurannya jadi besar.

Tak ada daerah lain yang mencintai makanan khas daerahnya layaknya orang Palembang. Saya pun pernah mendengar ungkapan seperti itu. Memang benar, orang Palembang begitu mencintai dan menikmati pempek. Di awal saya pindah ke Palembang sekitar 8 tahun lalu, saya cukup kaget karena orang di kantor rasanya tak bosan menikmati pempek setiap hari. SETIAP HARI!

Tapi, bukan pempek kapal selam yang dinikmati setiap hari. Umumnya pempek di sini dijual dengan ukuran kecil-kecil, kira-kira setengah kepalan tangan. Kalau di restoran yang menjual pempek, beberapa pempek disajikan dalam satu piring. Namun, kalau untuk sajian ramai-ramai di kantor atau acara kumpul lainnya, biasanya sewadah besar pempek disajikan aneka varian disajikan.

 

Dulu, saya hanya sanggup makan 2-3 pempek ukuran kecil. Saat hamil, saya sanggup menghabiskan 10 sekali duduk menghadap pempek.

Pempek memiliki banyak jenis. Jenis pempek bisa dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya, ada Pempek Gabus (berasal dari Ikan Gabus), Pempek Udang (berasal dari udang), Pempek Tenggiri (dengan campuran ikan tenggiri), Pempek Dos (hanya dari tepung tanpa campuran ikan), Pempek Belida (berasal dari ikan belida), dan lain-lain. Untuk di rumahan, kadang ada juga yang membuat pempek dari campuran nasi, jadi pempek nasi deh. Kasta pempek dengan harga termurah biasanya dipegang oleh pempek dos yang seribuan (yaiyalah, kan ga ada ikannya) dan kasta termahal dipegang pempek belida yang sepuluh ribuan (karena ikannya susah dicari dan memang paling enak).

Selain dibedakan dari bahan pembuatnya, pempek kecil-kecil umumnya dibuat dengan bentuk-bentuk yang khusus. Namanya pun berbeda satu dengan yang lainnya. Apa saja?

    • Pempek Adaan : Pempek dengan bentuk bulat seperti bakso dengan isian potongan bawang
    • Pempek Lenjer : Pempek dengan bentuk seperti tabung, untuk oleh-oleh ada penjual pempek yang menjual lenjer ukuran besar sehingga orang yang membeli bebas memotong sesuai ukuran yang diinginkan
    • Pempek Pistel : Pempek berbentuk seperti pastel, diisi dengan potongan papaya muda dan terkadang ada campuran ebi
    • Pempek Tahu : Pempek dengan campuran tahu putih.
    • Pempek Kulit : Pempek yang umumnya berwarna gelap karena berasal dari kulit ikan ada pula yang membuatnya dari daging merah ikan dan digoreng dengan sangat garing sampai disebut pempek crispy.
    • Pempek telur/telok kecil : Mirip dengan pempek kapal selam, pempek ini memiliki isian telur namun ukurannya kecil-kecil.
    • Pempek keriting : Pempek yang punya bentuk seperti kabel ruwet alias keriting hehe.
    • Pempek belah : Bentuknya seperti pempek lenjer (tabung kecil), namun ada belahan di tengah dan biasanya diberi isian campuran ebi.
  • Pempek Lenggang : Potongan pempek (kalau saya biasanya pakai yang lenjer) lalu dicampur dengan telur. Bisa dipanggang, bisa juga digoreng.
  • Pempek panggang : Pempek dengan isian campuran udang yang dipanggang.

Makan pempek tak enak jika terpisah dengan cuko/cuka. Banyak yang bilang, pempek gak enak gapapa asal cukanya enak. Kalau saya sih, kalau pempeknya ga enak ya tetep aja ga enak 😀 .

Cuko yang berwarna gelap ini berasal dari gula batok (umumnya gula yang digunakan berasal dari daerah Linggau). Gula merah yang berbentuk seperti setengah bola adalah faktor penentu nikmatnya cuko. Kalau gula merah ini diganti dengan gula jawa, hmmm rasanya akan berbeda dan tak sedap.

Cara makan pempek cukup unik juga. Sebelum di Palembang, biasanya saya menemukan penjual pempek kapal selam yang menuangkan cukanya langsung di mangkoknya, sehingga si kapal selam tampak terendam setengah badan. Sementara itu, biasanya disediakan piring-piring kecil. Jadi, kita bisa menuang sendiri cuko sesuai selera. Pempek akan dicocol-cocol di cuko dan terakhir jangan heran jika melihat orang Palembang menghirup cuko di piring kecil tersebut.

Untuk menyesuaikan dengan gaya orang Palembang dalam menikmati pempek, saya sendiri belum ‘fasih’. Beberapa pempek seperti pempek telur kecil, pempek keriting, pempek lenjer adalah jenis pempek yang direbus terlebih dahulu. Saya lebih suka gorengan kadang menggoreng lagi pempek rebusan tersebut.

Pempek kecil kerap dijadikan oleh-oleh. Pempek yang dijual dan sering dijadikan oleh-oleh adalah pempek adaan, kulit, telur, dan lenjer. Dulu, pempek biasanya ditaburi tepung agar lebih awet, nantinya kita bisa mencuci tepung tersebut sebelum direbus atau digoreng. Kini ada juga teknologi vakum jadi kita tak perlu repot menghilangkan tepungnya.

Nah, demikian cerita tentang pempek. Ada yang jadi pengen pempek ga?