Tour de Sushi Tei : Cooking Class Sushi untuk Anak di Palembang

Kegemaran Mahira untuk memasak belakangan ini, membuatku tertarik untuk mengajaknya memasak dalam aktivitas cooking class. Beruntung, ada Bederup Bocah yang bekerja sama dengan Sushi Tei Palembang untuk mengadakan cooking class ‘Tour de Sushi Tei’.

Mencari kegiatan untuk anak di akhir pekan adalah hal yang kerap kali aku lakukan. Bukan apa-apa, tentu rasanya bosan jika hanya bermain di rumah terus. Bermain di luar rumah memungkinkan anak untuk bertemu dengan anak seusiasanya dan melatih jiwa sosialnya.

Mahira belakangan senang sekali dengan kegiatan masak-memasak. Tak hanya suka ikut campur saat ada yang memasak di dapur. Kini, ia pun mengondisikan area bermainnya sebagai dapurnya. Beberapa mainan serupa sayuran dan buah-buahan sering ia campur-campur. Ia melakukan sembari bergaya layaknya chef. Ia juga kerap kali pretend play. Seperti menjadi waitress yang menanyakan pesanan kepada pelanggan. Lalu beranjak ke dapur untuk memasak.

Manfaat Cooking Class untuk Anak

Memilih aktivitas cooking class untuk anak alasannya tak hanya karena Mahira sedang senang-senangnya memasak. Aku meyakini bahwa mengajak anak memasak tentu memiliki banyak manfaat untuk perkembangannya.

Cooking Class Bermanfaat Untuk Anak / Pixabay

Cooking class anak atau kelas memasak anak merupakan kegiatan memasak dan menghias makanan. Kegiatan ini melibatkan anak-anak secara langsung. Mulai dari menyiapkan bahan dan peralatan masak, mengolah bahan, hingga menghias makanan sebelum disajikan. Cooking class maupun memasak untuk anak memiliki banyak manfaat antara lain:

  • Mengenal bahan makanan dan peralatan masak

Anak bisa lebih mengenal bahan makanan untuk setiap masakan yang dibuat. Selain itu, anak juga bisa mengenal peralatan masak. Mulai dari blender, pisau, talenan, dsb.  Kecerdasan bahasa anak dapat lebih terasah berkat menerima hal baru.

  • Melakukan percobaan sains sederhana

Memasak adalah kegiatan belajar sains juga. Mencampur air dengan tepung, bisa membuat adanya wujud baru yang kental ataupun encer. Belum lagi jika diberikan pewarna makanan. Membuat es krim sederhana juga bisa menjadi cara mengenalkan sains.

  • Meningkatkan kemampuan matematis

Tak jarang saat memasak kita perlu melakukan pengukuran agar masakan menjadi lezat. Bisa juga sembari memasak, kita mengajak anak untuk belajar berhitung, misalkan menghitung jumlah potongan ayam yang dimasak.

  • Meningkatkan fokus dan kesabaran

Ada langkah-langkah keteraturan yang harus diikuti dalam proses memasak. Anak-anak bisa belajar untuk fokus mengikuti step-by-step dalam kegiatan memasak. Biasanya, dalam cooking class, pengajar akan memastikan semua anak menyelesaikan langkah yang telah diajarkan sebelum masuk ke langkah berikutnya. Jika anak sudah selesai, ia pun belajar sabra untuk menunggu teman yang lain.

  • Lebih menghargai makanan

Melalui memasak, anak bisa merasakan bahwa makanan yang tersaji di piring itu tidak langsung jadi. Ada proses tertentu yang membuat makanan itu terhidang. Anak-anak bisa lebih menghargai makanan yang telah ia masak sendiri. Anak-anak juga bisa lebih percaya diri karena bisa menghasilkan karya sendiri.

  • Mengenal profesi di bidang masak

Cooking class bisa membuat anak lebih mengenal profesi lain di bidang masak seperti chef. Selain itu, jika datang ke restaurant untuk cooking class, anak juga bisa melihat alur proses yang ada di restaurant sehingga jadi tahu juga tentang profesi waitress.

Kegiatan memasak dan cooking class bukan hanya kegiatan yang menyenangkan dan seru untuk anak-anak. Memasak juga bisa memberi banyak manfaat untuk anak-anak. Orang tua juga bisa memanfaatkan kegiatan cooking class maupun memasak di rumah untuk meningkatkan komunikasi dengan anak.

Cooking Class untuk Anak yang ada di Palembang

Mencari lokasi untuk melakukan aktivitas cooking class untuk anak, khususnya di Palembang, sebenarnya tak terlalu sulit lagi. Kini banyak restaurant yang menawarkan waktu untuk anak-anak mencoba memasak dan melihat langsung dapur dari restaurant tersebut. Berikut ini daftar restaurant yang menyelenggarakan cooking class untuk anak di Palembang.

  • Pizza Maker Junior di Pizza Hut

Pizza Maker Junior berlangsung di banyak cabang Pizza Hut. Ada dua paket yang ditawarkan yaitu Basic (Rp 40.000,-) dan Plus (Rp 52.000,-). Semuanya akan mendapatkan 1 loyang pizza personal meat lovers, lipton ice tea, dan merchandise. Untuk PMJ Plus, anak akan mendapat bonus Mix4Fun. Untuk lokasi yang mengadakan Pizza Maker Junior antara lain Pizza Hut Palembang Icon, Pizza Hut Palembang Indah Mall, Pizza Hut Jalan Sudirman, dan Pizza Hut Palembang Trade Center (PTC).

Baca juga : Ngikutin Anak Seru-Seruan Membuat Pizza di Pizza Maker Junior Pizza Hut

  • Cooking Class Tepung Party KFC

Anak-anak bisa belajar membuat ayam goreng di KFC. Minimal 20 paket / anak yang ikut dalam kegiatan ini. Yang didapatkan anak antara lain, 1 paket chaki meal, apron, sertifikat, dan merchandise. Untuk harga per orang waktu itu saya bayarnya Rp 35.000,-. Cabang KFC yang melaksanakan event Tepung Party adalah KFC Demang Lebar Daun (telp. +62 822-8983-7690).

  • Happy Journey Cooking Class by Roppan

Roppan Indonesia juga membuka cooking class untuk anak-anak. Anak-anak bisa belajar membuat roti panggang, dengan tekstur kering di luar dan lembut di dalam dan berbagai isian atau topping. Harga yang ditawarkan dari mulai dari Rp 41.000-75.000 per orang. Untuk info lebih lanjut tentang Happy Journey bisa menghubungi gerai Roppan terdekat. Seperti Roppan PTC Mall atau Roppan Palembang Square.

  • J.CO Safari by J.CO

J.Co juga membuka kelas memasak untuk anak-anak sehingga bisa membuat donat favorit dengan aneka topping. Selain donut, anak-anak juga bisa belajar membuat minuman khas dari J.Co. Ada merchandise lucu yang didapatkan dari cooking class ini. Info mengenai J.Co Safari bisa dicek ke J.Co terdekat seperti J.Co Palembang Indah Mall atau J.Co PTC Mall.

  • Kids Baking Class by BreadTalk Indonesia

Jika anak ingin belajar membuat roti, maka Kids Baking Class by BreadTalk Indonesia bisa menjadi pilihan. Anak akan mendapatkan apron dan merchandise dari kelas memasak ini. Lokasi BreadTalk di Palembang ada di Giant Kenten, Palembang Indah Mall, Palembang Square, OPI Mall, dan PTC Mall.

  • CFC Koki Junior

Selain KFC, jika ingin belajar memasak ayam goreng gurih, anak juga bisa datang ke CFC untuk mengikuti CFC Koki Junior. Selain belajar membuat ayam goreng, anak akan ditunjukkan cara menggoreng dan aneka peralatan yang digunakan.

  • Tour de Sushi Tei

Bagi pecinta sushi, cooking class Tour de Sushi Tei bisa menjadi pilihan. Anak-anak akan belajar membuat sushi roll, melihat dapur Sushi Tei, serta melihat bagaimana pemotongan ikan salmon. Anak-anak juga mendapatkan merchandise dan sertifikat. Minimal usia anak yang ikut kegiatan ini adalah 3 tahun. Segera kontak Sushi Tei jika ingin mengikuti acara ini.

Selain cooking class yang diadakan oleh restaurant-restaurant di Palembang, ada juga hotel atau sekolah memasak yang membuat event cooking class. Namun, terkadang untuk beberapa tempat ini ada jadwalnya sendiri. Seperti di hotel, biasanya menyesuaikan hari libur sekolah anak. Lokasi lainnya untuk cooking class di Palembang:

  • Fangs Home School Pastry and Cake

Ini adalah sekolah masak di Palembang namun tidak secara khusus untuk anak-anak. Namun, pada hari libur tertentu biasanya menyelenggarakan juga kelas masak untuk anak. Info lebih lanjut bisa dicek ke instagram Fangs Home School

  • Little Chef Cooking Class – Sky Garden Wydham Hotel

Beberapa waktu lalu, Wydham Hotel menyelenggarakan kelas masak untuk anak ketika liburan sekolah. Little Chef Cooking Class ini bisa diikuti anak-anak usia 3-11 tahun. Silahkan cek instagram Wydham Opi untuk info kegiatan di sana.

  • Cooking Class Hotel Santika Radial Palembang

Sama seperti hotel lainnya, Hotel Santika Radial juga menyelenggarakan kelas masak untuk anak ketika musim liburan sekolah. Biayanya untuk beberapa waktu lalu adalah Rp 85.000,-. Selain cooking class, Hotel Santika Radial juga kerap membuat acara lain untuk anak. Bisa cek instagram Santika Radial untuk info kegiatan maupun promo.

Nah sudah banyak kan info lokasi dan berbagai pilihan untuk cooking class anak di Palembang. Silahkan dipilih, cari teman-teman yang mau. Ajak-ajak anakku juga boleh karena biasanya cooking class gak bisa sendirian.

 

Kegiatan Tour de Sushi Tei Palembang

Beberapa waktu lalu, Mahira sempat ikut cooking class Tour de Sushi Tei bersama Bederup Bocah Palembang. Untuk mengikuti Tour de Sushi Tei Palembang minimal ada 30 anak yang harus ikut.

Acara dimulai sejak pukul 10.00 pagi. Anak-anak dan orang tua yang telah datang diminta naik ke lantai 2 di Sushi Tei Palembang. Untuk anak usia 3-5 tahun, masih boleh ditemani oleh orang tuanya. Sementara untuk anak > 5 tahun disarankan untuk ditinggal oleh orang tuanya.

Melihat Dapur Sushi Tei

Setelah berkumpul, dari pihak Sushi Tei membagikan merchandise untuk anak-anak seperti topi dan buku mewarnai. Anak-anak lalu diajak turun ke lantai 1 untuk berkeliling dapur sushi tei dan melihat para chef beraksi.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Mulai Memasak Sushi

Puas berkeliling, anak kembali naik ke lantai 2 untuk melihat seorang chef memotong ikan salmon. Anak-anak juga diajarkan untuk berani makan salmon mentah. Mahira bilang enak ternyata salmon yang dicicipkan kepada dirinya.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Selanjutnya, anak-anak mulai masuk ke kegiatan cooking class sushi. Masing-masing anak diberikan bahan-bahan untuk membuat sushi roll. Terdapat 2 bola nasi, daging cincang tumis, dan kyuri / timun jepang. Nori atau rumput laut untuk sushi roll juga diberikan.

Sementara itu peralatan seperti roll dan sarung tangan plastik telah tersedia di meja untuk dipakai oleh anak-anak. Anak-anak pun mulai mengikuti instruksi chef untuk membuat sushi. Selesai sushi di-roll, chef akan membantu untuk memotong. Chef juga memberikan saus BBQ atau mayonnaise untuk tambahan topping.

Mahira yang mungkin mulai kelaparan, akhirnya setelah membuat roll langsung melahap. Hadeeeeuh.

Selesai memasak, tim Bederup Bocah mengajak anak-anak untuk mengenal kosa kata Jepang melalui lagu. Anak-anak juga diajak untuk crafting membuat sushi dari kapas, kain flannel, dan selotip hitam. Bisa cek ke blog berikut sebagai referensi crafting sushi.

Sebagai penutup, dilakukan sesi foto bersama dan anak-anak mendapatkan sertifikat untuk dibawa pulang tanda telah selesai mengikuti kegiatan Tour de Sushi ini.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

 

 

Noted : Sebelum acara ini dilakukan, banyak yang bertanya ke Tim Bederup Bocah mengenai kehalalan Sushi Tei. Jika dicek melalui web http://www.halalmui.org, Sushi Tei sudah mendapatkan sertifikasi halal untuk Head Central Kitchen dan saus-saus yang digunakan.

 

You may also like

14 Comments

  1. Ini padahal Raifa udah excited mau ikutan, secara dia suka makan sushi jadi pingin tahu juga cara masaknya gimana. Eh tahu2 batpil terus demam 🙁 semoga bederup ada cooking class lagi ya. Akupun baru tahu ternyata ada lumayan banyak optionnya untuk di Palembang.

  2. Banyak banget ya kegiatan cooking class yang diadain resto-resto di Palembang.
    Kalo anakku kemarin baru saya ikutkan Pizza Makef Junior. Senang banget dia, bikin pizza trus setelahnya dapat es krim juga.

  3. Sushi tei favoritkuu bgt selain genki hihi. Btw thaanks ka infonya akan aku sebarkan ke mama dan temen2ku sama tanteku. Gemey bgt cooking class gini

  4. Banyak ya kegiatan masak buat anak-anak, dan aku baru tahun sushie tei padahal di jakarta ini banyak tapo ga familiar

  5. Ternyata restoran yang buka cooking class banyak juga ya. Kalo di Jakarta buka juga ga ya? Anakku juga suka ikut cooking class Mba

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)