Piknik Yuk! Biar Gak Nge-gas Mulu

Pernah gak ngalamin dikatain kurang piknik? Atau tanpa dikatain, kamu sendiri yang ngaku-ngaku kalau kurang piknik? Hehehe.
Frasa ‘kurang piknik’ biasanya muncul kalau udah ada aura negatif di sekitar kita terus bawaannya jadi marah-marah mulu kayak netizen yang sukanya nge-gas aja.

Piknik erat dikaitkan dengan traveling atau jalan-jalan jauh ke mana gitu. Emang sih, menurut KBBI, piknik punya arti bepergian ke suatu tempat di luar kota untuk bersenang-senang dengan membawa bekal makanan dan sebagainya.

Piknik di alam terbuka yang menyenangkan – pixabay

Piknik, tamasya, ataupun rekreasi kerap digunakan sebagai definisi untuk melakukan kegiatan bersenang-senang. Biasanya piknik dilakukan beramai-ramai bersama keluarga atau teman-teman.

Salah satu area piknik favorit keluarga di Palembang berada di Komplek Jakabaring Sport City. Ya, komplek olahraga terbesar di Palembang itu memang cukup luas dan memiliki spot piknik oke yaitu di dekat Rowing Lake dan di seberang venue Shooting Range. Oke yang dimaksud adalah adanya hamparan rumput hijau yang luas dengan pohon-pohon rindang yang lumayan menyejukkan. Banyaknya orang yang menjadikan lokasi ini sebagai lokasi piknik, membuat muncul pula pedagang makanan kecil, mainan anak, dan penyewaan tikar. Dengan Rp 20.000,00 kita bisa menyewa 1 tikar.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Aku dan beberapa teman waktu itu juga mencoba piknik di Jakabaring Sport City. Kami membeli makanan dan minuman di perjalanan, lalu menikmatinya sembari piknik. Sambil menikmati semilir angin, kami mengobrol dan bersantai.

Piknik di Jakabaring membawa ide untuk piknik kembali namun di lokasi yang dekat-dekat saja, yaitu di taman komplek. Pastinya, karena piknik ini sudah direncanakan seminggu sebelumnya persiapan harus lebih matang dong biar piknik makin asyik.

Sebenarnya, apa saja ya yang harus direncanakan sebelum memutuskan piknik ?

  • Waktu piknik

Piknik dadakan asyik? Ya ga juga. Kalau aku sih tipe yang mending dikasih tau jauh-jauh hari, jadi bisa disiapin bener-bener. Untuk keluarga, akhir pekan atau hari libur pasti jadi waktu yang asyik untuk piknik.

Merencanakan piknik di musim hujan juga tak mudah. Kita perlu melihat tren cuaca beberapa hari sebelum hari-H dan bagaimana kondisi cuaca hari H. Kalau tren hujan ada di malam hari, akan lebih baik piknik di siang atau sore hari karena lebih ga becek.

  • Lokasi piknik

Lokasi piknik wajib ditentukan juga sebelumnya. Ingat gak kalau posisi menentukan prestasi? Nah, lokasi piknik bakal menentukan barang-barang apa aja yang perlu kita bawa nantinya.

Pilihlah lokasi piknik yang punya area luas dan teduh. Kalau bawa anak-anak kan jadi bisa lari-larian nanti. Pilih juga lokasi piknik yang memungkinkan peserta piknik beraktivitas lainnya, misalnya foto-foto, main bola, atau lainnya.

  • Detail Acara

Piknik emang untuk santai-santai, menikmati alam, dan ngobrol-ngobrol. Tapi kalau piknik ramai-ramai sama teman banyak, gak ada salahnya bikin acara games seru-seruan untuk menambah keakraban.

  • Makanan

Ingat kan, menurut KBBI, piknik itu bawa bekal makanan. Tak makan saat piknik maka piknik tak seru. Ya, gimana mau seru kalau pas piknik jadinya kelaparan.

Inilah pentingnya menentukan waktu piknik sebelumnya. Kalau kira-kira piknik mendekati jam makan siang, akan lebih baik membawa makanan berat alias nasi dan lauk pauk. Tapi, kalau pikniknya sore santai, bisa jadi kita cukup bawa cemilan saja.

Mengetahui jumlah peserta piknik juga penting sebelum memutuskan membawa makanan. Pasti gak mau kan, seru-seruan ngobrol terus kehabisan makanan. Kalaupun memang berlebih, gak ada salahnya untuk membagikan makanan ke orang lain.

Biasanya, kalau peserta piknik banyak, kita bisa menerapkan sistem ‘potluck’ alias setiap peserta membawa makanan masing-masing yang nanti saling digabung untuk dinikmati bersama-sama.

  • Perlengkapan

Ini yang juga paling penting untuk diperhatikan sebelum piknik dan erat kaitannya dengan komponen piknik lain yang sudah disebutkan di atas. Aku coba susun perlengkapan piknik di taman menjadi seperti ini

Yang wajib : Alas / tikar, Wadah untuk Makanan, Kantong plastik (untuk sampah), Toiletries (Tissue basah, handwash, tissue), Obat-obatan (lotion anti nyamuk, minyak), bola atau permainan.

Tambahan / Optional : Bantal, kacamata, payung, jas hujan, kamera, dll.

Kalau bawa anak, pastikan juga sedia baju ganti, diaper, selimut, apron (kalau masih menyusui), dsb.


Piknik itu bukan hal yang susah kok untuk dilakuin. Kalau punya halaman rumah yang luas, sebenarnya tinggal piknik aja di halaman. Atau, kalau area komplek perumahan juga punya taman, ajak aja tetangga dan teman-teman piknik di taman komplek. Gak harus mewah atau jauh-jauh kok. Yang sederhana, kadang bisa lebih bermakna.

Harus diakui, piknik itu punya banyak manfaat loh. Beberapa hal ini aku rasakan sebagai manfaat piknik, antara lain :

  • Momen untuk kembali ke alam

Kalau suka ngikutin Instagram mamah artis yang nge-hits, mungkin pernah dengar metode earthing, yaitu latihan berjalan untuk anak dengan menapak langsung ke tanah tanpa alas kaki. Ketika piknik di alam bebas, anak juga bisa sekalian melakukan metode earthing.

Tidak hanya anak sebenarnya, orang tua pun perlu loh mengenal alam kembali. Alam pastinya memiliki efek positif bagi tubuh. Hijaunya pemandangan bisa memberikan efek ketenangan. Segarnya udara menjadikan kita lebih bersyukur masih bisa hidup.

  • Mengurangi uang jajan di mall

Akhir pekan atau hari libur bisa jadi sebuah alasan untuk dinikmati dengan jalan-jalan ke mall. Jalan-jalan ke mall punya maksud terselubung berupa godaan-godaan untuk menguras isi dompet atau tabungan.

Piknik bisa jadi salah satu alternatif aktivitas di hari libur agar kita tidak terpaku untuk harus pergi ke mall. Dengan demikian, uang jajan bisa lebih dihemat kan.

  • Menjalin keakraban dengan keluarga atau teman

Piknik bisa jadi ajang untuk lebih mempererat hubungan keluarga. Mulai dari mempersiapkan rencana piknik, kita bisa melibatkan seluruh anggota keluarga. Apalagi ketika acara piknik dilaksanakan, isilah dengan kegiatan bermain atau ngobrol agar lebih dekat.

Tentu akan lebih baik jika ketika piknik, smartphone juga dijauhkan untuk sementara. Kan tujuan piknik ingin mempererat bonding juga kan?

 

baca juga : Berbagi Dokumentasi Perjalanan Bersama ASUS ZenBook UX331UAL

  • Memberi kesenangan dan semangat

Piknik adalah bentuk refreshing. Iya, piknik di alam terbuka membuat kita lebih sehat karena bisa menghirup udara alam yang sejuk dan alami.

Isilah piknik dengan kegiatan yang menyenangkan. Misalnya saja piknik diselingi dengan olahraga santai bersama anak. Perasaan yang senang di akhir pekan, bisa jadi terbawa untuk menghadapi hari lain dengan penuh semangat.

 

Tuh kan, piknik punya banyak manfaat baik loh. Gak perlu mahal-mahal aja, kita bisa seneng. Pantes aja kalau udah mulai nge-gas suka dikatain kurang piknik. Kayaknya, netizen Indonesia banyak yang harus piknik ya. Biar ga nge-gas dan ga erosi jiwa mulu bawaannya.

Jadi, ada rencana piknik ke mana nih? Ajak-ajak boleh dong 😀

You may also like

1 Comment

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)