Peduli Kesehatan Sesama Melalui Gerakan Galang Dana Online

Peduli Kesehatan Galang Dana Online

Sebuah pesan berantai diiringi foto tentang seorang anak yang sakit parah dan butuh bantuan sering kali masuk ke dalam aplikasi messenger, entah teman secara personal menyebarkan atau melalui grup. Informasi kerap kali disertai ajakan untuk melakukan galang dana online sebagai bentuk upaya untuk membantu biaya pengobatan dan perawatan anak tersebut.

Sebagai orang tua dan manusia, rasa sedih yang bercampur tak tega cukup menggelayuti ketika membaca berita seperti itu. Terlebih, jika membayangkan kita ada di posisi mereka, tentu rasanya tak ingin hal itu terjadi.

Banyak Ajakan untuk Galang Dana Online Membantu Sesama
Banyak Ajakan untuk Galang Dana Online Membantu Sesama – Gambar : Pixabay.com

Mengenal Galang Dana Online

Ketika membaca berita atau pesan tentang orang lain yang sakit, rasanya hati ingin bergerak menjenguk dan membantu. Namun, kadang lokasi kita berjauhan dengan lokasi orang yang membutuhkan bantuan. Hal yang paling memungkinkan untuk meringankan beban mereka yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengirimkan bantuan berupa uang. Kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan dengan melakukan galang dana online atau crowdfunding.

Melakukan galang dana online atau crowdfunding adalah hal yang marak dilakukan masyarakat saat ini. Sebelumnya untuk melakukan penggalangan dana kita sering melakukan secara manual atau lebih memilih bersama rekan yang telah dipercaya. Di era digital seperti ini, penggalangan dana bisa dilakukan secara online. Apalagi sekarang, banyak pula website crowdfunding yang semakin populer.

Alasan Melakukan Galang Dana Online

Crowdfunding atau penggalangan dana online adalah sebuah upaya untuk melakukan pendanaan usaha ataupun proyek tertentu yang dilakukan dengan cara mengumpulkan sejumlah uang dari orang-orang. Penggalangan dana online bisa dilakukan untuk berbagai tujuan, misal membiayai modal usaha, mendukung kampanye atau proyek, serta membantu sesama yang membutuhkan.

Ada banyak alasan mengapa kini semakin banyak orang tertarik dan bersedia untuk bergabung untuk melakukan penggalangan dana online. Berdasarkan tujuannya, berikut ini alasan saya kerap ambil bagian dalam penggalangan dana online:

Belajar Melakukan Investasi melalui Penggalangan Dana Online

Penggalangan dana online bisa dilakukan untuk membiayai usaha atau proyek tertentu. Biasanya ini dilakukan oleh website atau start up crowdfunding jenis peer-to-peer (P2P) lending. Umumnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) membutuhkan modal dalam pembiayaan usahanya.

Galang Dana Online bisa Menjadi Bentuk Investasi
Galang Dana Online bisa Menjadi Bentuk Investasi – Gambar : Pixabay.com

Kita dapat melakukan investasi atau memberikan pinjaman yang dikordinir oleh start up / website tertentu. Biasanya, ada perhitungan imbal jasa maupun keuntungan yang akan didapatkan oleh investor. Penggalangan dana seperti ini bisa kita lakukan sebagai bentuk diversifikasi investasi yang kita lakukan.

Menggalang Dana secara Online untuk Terlibat atau Mendukung Kampanye Tertentu

Penggalangan dana online bisa dilakukan untuk mendukung kampanye tertentu. Contohnya ketika kita ingin terlibat pada sebuah kampanye atau proyek, seperti “Kampanye 100.000 buku anak untuk 1.000 perpustakaan”. Sayangnya, kita tidak bisa mengirimkan buku tersebut padahal kita ingin terlibat. Menjembatani keterbatasan yang ada, kita bisa mendukung kampanye tersebut dengan berdonasi online kepada pihak inisiator kampanye. Nantinya, pihak inisiator kampanye tersebut yang akan mengelola donasi kita agar kampanye dapat dijalankan.

Meningkatkan Empati dan Kepedulian dengan Sesama dengan Penggalangan Dana Online

Harus disadari bahwa Indonesia adalah negara yang rawan bencana. Kerap kali kita mengalami bencana seperti banjir, kebakaran, longsor, dan sebagainya. Tentu, sebagai manusia yang diberikan rasa simpati dan empati, kita ingin membantu. Penggalangan dana online bisa dilakukan untuk meringankan para korban bencana.

Galang Dana Online Sebagai Bentuk Kepedulian
Galang Dana Online Sebagai Bentuk Kepedulian – sumber : Pixabay.com

Berbagi rezeki untuk membantu sesama yang membutuhkan bisa menjadi cara untuk meningkatkan empati kita sekaligus bentuk kepedulian dengan lingkungan. Melakukan penggalangan dana online untuk membantu sesama juga bisa menjadi bentuk investasi kita di masa yang akan datang alias menabung pahala.

Tentu ada alasan kuat untuk ambil bagian dalam penggalangan dana online. Ada yang punya alasan lainnya?

Peduli dan Berbagi Pada Sesama di Bidang Kesehatan dengan Galang Dana Online

Penggalangan dana online membuat orang tertarik dibanding penggalangan dana biasa. Ini karena biasanya memiliki sistem yang lebih transparan dan mudah diakses.

Jika kita melakukan penggalangan dana online untuk investasi, kita akan diberikan tanda seperti Surat Kepemilikan Pendanaan Usaha.Β  Secara berkala atau ketika jatuh tempo masanya, juga akan diinformasikan mengenai keuntungan yang didapat.

Begitu pula jika mendanai proyek atau memberi bantuan melalui penggalangan dana online, dapat melihat target dana yang ditentukan apakah sudah terkumpul atau belum, kurangnya berapa, dan telah dipakai untuk apa saja.

Dari ketiga aktivitas yang sering dilakukan penggalangan dana online, saya lebih sering memilih melakukan penggalangan dana online untuk investasi. Investasi untuk dunia maupun akhirat alias mencari pahala.

Berbagi rezeki melalui donasi online bisa dilakukan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Selain bagi orang yang ditimpa bencana, kini banyak pula masyarakat Indonesia yang membutuhkan tambahan biaya untuk pengobatan penyakit yang diderita.

Penggalangan Dana di Bidang Kesehatan

Galang Dana Online Bisa Membantu Orang Tersenyum Bahagia dan Lebih Sehat
Galang Dana Online Bisa Membantu Orang Tersenyum Bahagia dan Lebih Sehat – IG : PeduliSehatIndonesia

Perlindungan kesehatan adalah hal yang penting. Tentunya, adanya asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan sebagai jaminan sosial bagi masyarakat Indonesia adalah hal yang dapat membantu meringankan biaya ketika sakit.

Namun, masih banyak masyarakat yang belum mampu untuk memiliki asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan. Padahal, uang yang harus dikeluarkan untuk biaya kesehatan dan biaya pengobatan ketika sakit cukup besar.

Selain tingginya biaya kesehatan, kini juga kerap kali kita melihat adanya penyakit baru ataupun langka. Hal itu harus dialami oleh orang-orang di Indonesia. Pengobatan untuk penyakit tersebut tentu tak mudah dan dibutuhkan biaya yang juga tak sedikit.

Peduli pada kesehatan sesama adalah hal yang dapat ditingkatkan dari setiap masyarakat Indonesia. Tentu kita akan lebih senang ketika melihat orang lain juga sehat dan bisa tersenyum bahagia.

Jika ada rezeki berlebih, tak salah jika berbagi dan lebih peduli pada kesehatan orang-orang di sekitar kita. Apalagi, kini berbagi dan peduli pada sesama di bidang kesehatan juga dimudahkan. Sekarang telah ada donasi kesehatan secara online. Hal itu marak dilakukan saat ini.

Memilih Peduli Sehat untuk Galang Dana Online Bidang Kesehatan

Urusan berbagi rezeki dan lebih peduli pada kesehatan lingkungan, kita dapat melakukannya melalui gerakan galang dana online bersama PeduliSehat.id. PeduliSehat.id adalah merupakan layanan penggalangan dana yang fokus dalam bidang kesehatan.

PeduliSehat.id menyadarkan saya bahwa kini banyak orang yang menderita penyakit yang serius dan membutuhkan banyak dana untuk biaya perawatan, pengobatan, serta bertahan hidup. Melalui PeduliSehat.id, saya lebih disadarkan bahwa sebagai manusia kita juga memiliki peran dan tanggung jawab sosial untuk membantu meringankan sesama khususnya di bidang kesehatan.

Memilih PeduliSehat untuk donasi online bukan hanya karena perusahaan ini memiliki fokus khusus di bidang kesehatan. Tetapi juga telah memiliki teknologi dan sistem yang baik, online, real-time, serta transparan.

Setiap campaign donasi yang dilakukan juga dimonitor oleh Kementerian Komunikasi & Informatika dan Kementerian Kesehatan. Dari setiap campaign, kita dapat membaca informasi yang jelas. Mulai dari cerita latar belakang hingga foto-foto pasien yang membutuhkan donasi kesehatan tersebut. Orang yang mengajukan untuk dilakukan campaign pun jelas karena ada verifikasi yang dilakukan oleh tim PeduliSehat.id,

Setiap Campaign di PeduliSehat.id dijelaskan secara detail beserta foto
Setiap Campaign di PeduliSehat.id dijelaskan secara detail beserta foto

Cara Melakukan Donasi di PeduliSehat.id

Untuk melakukan donasi kesehatan di PeduliSehat.id pun sangat mudah. Selain melalui website (www.pedulisehat.id), kita juga bisa berdonasi melalui aplikasi. Aplikasi bisa diunduh di Playstore dan AppStore (dalam proses).

Pemberian donasinya bisa dilakukan melalui perbankan (online banking & virtual account), e-Wallet (seperti LinkAja, OVO dan Go-Pay), sertaΒ  pengiriman dana di Alfamart.

Berikut adalah cara untuk bergabung dan melakukan galang dana online bersama PeduliSehat.id:

  • Masuk ke website PeduliSehat.id atau Aplikasi PeduliSehat
  • Pilih campaign yang ingin dibantu (kita dapat melihat setiap cerita dan kebutuhan dana per campaign terlebih dahulu)
  • Lakukan donasi dengan memilih tombol donasi, isi nominal donasi dan metode pembayaran yang dipilih
  • Bayarkan donasi kesehatan sesuai dengan metode yang telah dipilih
Mudahnya Melakukan Galang Dana Online Bersama PeduliSehat.id
Mudahnya Melakukan Galang Dana Online Bersama PeduliSehat.id

Mudah kan? Untuk peduli terhadap kesehatan sesama memang tak perlu ribet. Kita pun bisa memulai sekarang melalui gerakan galang dana online bersama PeduliSehat.id

You may also like

40 Comments

  1. bagus sih, bisa saling tolong menolong.

    cuma dananya pasti terbatas. dari diri orangnya sendiri juga perlu mempersiapkan diri misalnya punya asuransi kesehatan pribadi yang bisa cover sesuai premi yang di ambil πŸ˜€

  2. Alhamdulillah kini sudah ada Peduli Sehat yaa..
    Sehingga kita dapat melakukannya melalui gerakan galang dana online bersama PeduliSehat.id. yang merupakan layanan penggalangan dana yang fokus dalam bidang kesehatan.
    Semoga makin banyak yang peduli berbagi

  3. Peduli lingkungan is the best ya mba, bisa jadi tabungan dunia akhirat. Sekarang banyak tuh yang sama sekali ga peduli sama orang lain. Depan mata ada tetangga yang ketiban musibah dan akhirnya hidup di emperan aja pada ga peduli.sediiiih…

  4. Aplikasi peduli sehat ini bagus ya, jadi kita ngerto dana yang disumbangkan untuk menolong siapa. Nggak khawatir dengan adanya penyalahgunaan dana sosial yang dikumpulkan

  5. Bagus nih aplikasi ini. Bikin siapa pun bisa berdonasi tanpa takut malu karena jumlahnya yang kecil. Bisa kapan saja dan di mana saja ya. Mana transparasi lagi. Jadinya gak takut uang donasi disalahgunakan.

  6. Kadang saya temukan orang yg mau berdonasi tapi tidak tahu ke mana, dengan begini penyalurannya jadi mudah. Semoga aman dan terpercaya

  7. Aplikasi Peduli Sehat sangat membantu ya. Kita bisa berdonasi dengan mudah karena banyak pihan cara membayar. Selain itu kita bisa juga bisa dengan mudah membuat campaign untuk membantu keluarga, tetangga atau orang lain yang memerlukan bantuan untuk ikut serta membantu.

  8. baru tau sama aplikasi peduli sehat ini. aplikasi yang baguss dan bermanfaat. megingatkan kita yang sedang sehat agar berbagi pada yang sedang sakit. siapa tau suatu hari terbalik kita yang butuh uluran tangan orang lain

  9. Kalau ada aplikasi galang dana online yang terpercaya seperti peduli sehat ini, berbagi jadi lebih mudah ya. Kita jadi nggak khawatir dananya diselewengkan karena diawasi kemensos

  10. Kita bisa berdonasi dengan mudah ya melalui Peduli Sehat ini .Di luar sana masih banyak saudara2 kita yang membutuhkan uluran tangan kita agar ikhtiar kesembuhannya segera tercapai. Yuk kita bantu sesuai kemampuan.

  11. Gak usah bingung2 lagi kalau mau donasi cari tempatnya, leat aplikasi lebih mudah dan praktis Insya Allah disalurkan sesuai amanahnya

  12. Wah aku baru tahu peduli sehat ini mba, biasanya aku ikutan yang apa tuh kita bisa ya..bagus juga nih yang peduli sehat, aku coba yaa

  13. Jadi, donasinya bisa melalui website http://www.pedulisehat.id atau juga bisa berdonasi melalui aplikasi yang bisa diunduh di Playstore dan AppStore (dalam proses). Menariknya, hisa ditransfer online perbankan (online banking & virtual account), e-Wallet (seperti LinkAja, OVO dan Go-Pay), serta pengiriman dana di Alfamart.

  14. Jaman sekarang, sehat itu mahal. Meski sudah ada BPJS terkadang ada beberapa obat atau biaya perawatan yang harus bayar sendiri. Semoga semakin banyak yang donasi lewat peduli sehat,

  15. Aplikasi kyk gini akan sangat membantu mereka yang membutuhkan ya mbak
    Eh tapi, terus terang saya masih bingung dengan tujuan investasi di gerakan galang online itu kyk apa ya? Soalnya kan kalau bicara investasi mikirnya udah bisnis gtu hehe

    1. Hehe, iya mba ada yang crowdfunding emang untuk bantu bisnis orang lain. Kayak kita bantu ngemodalin, nanti ada balik keuntungan sekian persen ke kita

  16. Benar yaa…
    Untuk peduli terhadap sesama sekarang gak perlu ribet.
    Cukup galang dana online melalui Peduli Sehat.

    Semoga makin besar manfaatnya untuk ummat.
    Aamiin~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *