Memilih Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya, Ini Kriterianya!

Memilih Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya, Ini Kriterianya!

Belakangan ini, semakin banyak bank yang menawarkan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Mengapa bisa demikian? Bisa jadi karena semakin banyak orang pula yang butuh data segar untuk berbagai keperluan yang meningkat. KTA kerap dipilih oleh orang yang butuh pinjaman dengan cepat. Lalu, bagaimaca cara memilih KTA yang aman dan terpercaya? Yuk mari kita bahas kriteria KTA yang aman dan terpercaya.

Mengenal Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Sebelum lebih lanjut membahas kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya, ada baiknya kita mengenal dahulu apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA).

KTA merupakan pinjaman berbentuk kredit perorangan tanpa agunan/jaminan dari bank atau lembaga keuangan lain, kepada calon debitur yang telah memenuhi persyaratan. Dengan demikian calon debitur tidak perlu memberikan agunan/jaminan seperti sertifikat asset yang dimiliki.

Kriteria Pinjaman KTA yang aman dan terpercaya

Hampir seluruh bank kini memiliki layanan KTA. Bahkan, untuk pengajuan KTA pun tak harus mendatangi kantor cabang bank karena kini bisa dilakukan secara online. Tak hanya bank, banyak pula lembaga keuangan lain yang bermunculan menawarkan pinjaman online tanpa jaminan.

KTA memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan pinjaman jenis lain. Karakteristik KTA antara lain:

1.     Tidak memerlukan agunan atau jaminan

Sesuai namanya, pinjaman ini tidak memerlukan jaminan asset untuk dapat disetujui oleh bank. Peminjam atau calon debitur cukup memenuhi persyaratan yang diberikan oleh bank.

Karena tidak memerlukan jaminan, bank akan memberikan bunga yang tinggi untuk pinjaman ini untuk meminimalisir risiko kerugian bank.

2.     Proses kredit yang lebih cepat dan mudah

KTA dapat diajukan oleh karyawan, wiraswasta, atau professional. KTA bisa digunakan untuk keperluan apa saja. Namun, biasanya peminjam menggunakan untuk kebutuhan mendesak. Makanya, proses pengajuan KTA biasanya lebih cepat dari kredit lainnya.

Proses pengajuan KTA umumnya memakan waktu minimal 3-5 hari kerja dan maksimal 14-21 hari kerja. Tentunya semua akan diproses setelah data-data dan persyaratan sudah lengkap.

Persyaratan Umum  KTA

  1. Foto kopi KTP suami dan atau Istri
  2. Slip gaji terakhir atau Surat Keterangan dari Perusahaan untuk yang memiliki penghasilan tetap (karyawan) 
  3. Foto kopi SIUP/SITU/Surat Izin Praktek & Akta Pendirian Perusahaan untuk wiraswasta dan profesional 
  4. Rekening bank 
  5. Foto kopi kartu kredit & tagihan satu bulan terakhir (Asli) 
  6. Foto kopi NPWP pribadi 

3.     Biaya Provisi yang cukup tinggi

Pengajuan KTA akan dikenakan biaya provisi atau biaya balas jasa ke bank karena telah menyetujui pinjaman. Untuk KTA, biaya provisi dikenakan sebanyak satu kali saat awal pengambilan kredit. Biaya provisi ini biasanya dipotong langsung dari dana pinjaman.

Biaya provisi akan berbeda untuk setiap bank. Rata-rata, bank menerapkan biaya provisi sekitar 1 – 3,5% dari total kredit yang didapatkan. Jadi, jangan heran ketika menerima dana pinjaman tak ‘penuh’ karena sudah dipotong biaya provisi.

4.     Tenor relatif pendek

Mengingat tak ada jaminan untuk bank atau lembanga keuangan. tenor pinjaman yang diberikan untuk KTA relatif pendek. Biasanya, KTA ditawararkan dengan jangka waktu 1-5 tahun saja. Tentu ini relative pendek jika dibandingkan dengan KPR.

5.     Ada biaya tambahan jika melunasi sebelum jatuh tempo

Selain biaya provisi, dalam KTA dikenal pula biaya pinalti. Ini adalah biaya tambahan yang dikenakan oleh bank untuk pelunasan KTA yang dipercepat.

Jumlah biaya penalti ditentukan oleh bank penyedia KTA sesuai kebijakan yang berlaku. Biasanya, bank akan menentukan jumlah denda penalti sekitar 5-6% dari sisa pokok utang pinjaman yang dimiliki atau yang akan dilunasi.

Kriteria Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya

Setelah mengenal lebih dalam tentang KTA, sekarang anda bisa mengajukan pinjaman kepada bank atau perusahaan keuangan lain. Tentunya, setelah melakukan pinjaman, anda tidak berharap untuk mendapatkan masalah apapun dari urusan pinjam-meminjam.

Kriteria Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya

Oleh karena itu, peminjaman KTA pun harus aman bagi keuangan anda serta meminjam dari lembaga yang terpercaya. Berikut ini kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya.

KTA berasal dari Bank atau Perusahaan yang Terdaftar di OJK

Tentunya, pemberi pinjaman harus memiliki legalitas yang sah. Kini banyak yang menawarkan pinjaman berbasis online. Jadi, tidak hanya bank saja yang menawarkan.

Maka dari itu, cari tau latar belakang bank atau perusahaan yang memberikan pinjaman. Jika telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka bisa dibilang pinjaman tersebut aman dan berasal dari lembaga terpercaya.

Pelajari Prosedur Legal yang Berlaku

Setiap perusahaan pemberi pinjaman memiliki prosedur dan perjanjian yang harus disetujui oleh kedua belah pihak. Jika mendapatkan tawaran pinjaman dari sales atau agen dari bank, ada baiknya pastikan hal yang ditawarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku bank atau perusahaan pemberi pinjaman. Begitu pula saat akan melakukan perjanjian untuk pinjaman, baca prosedur yang berlaku secara teliti.

Jika belakangan marak pinjaman yang dilakukan secara online, maka, anda pun tetap harus membaca secara detail ketentuan dan prosedur yang berlaku. Karena adanya permintaan akses dokumen, maka pastikan dokumen anda tidak akan disalahgunakan.

Melakukan Simulasi Sebelum Memutuskan Pinjaman

Sebelum benar-benar memutuskan untuk mengajukan KTA, lakukan pula berbagai simulasi untuk menghitung berapa besar angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Melakukan simulasi ini penting untuk stabilitas keuangan anda setelah proses pinjaman diberikan. Selain itu, anda juga bisa lebih memastikan bunga serta jangka waktu pinjaman yang tepat.

Kriteria Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya

Proses Pembayaran Cicilan yang Jelas dan Terpantau

Jika ditawarkan pinjaman, maka tentu anda harus membayarkan cicilan. Pilihan kemudahan dan kejelasan untuk mengangsur cicilan juga perlu anda perhitungkan. Jika melakukan pinjaman ke bank, anda biasanya akan dapat membayarkan melalui ATM, mobile banking atau internet banking. Sementara itu, jika pinjaman didapatkan dari perusahaan fintech, cari yang juga menyediakan portal pembayaran beragam seperti mini market atau uang elektronik.

Selain itu, jika memungkinkan, cari penyedia layanan pemberi pinjaman yang memberikan akses terkait informasi sisa angsuran yang harus anda lunasi.

Nah, demikianlah ulasan seputar kriteria Pinjaman KTA yang aman dan terpercaya. Sebelum mengajukan pinjaman, pastikanlah tujuan dari pinjaman tersebut benar-benar penting dan bermanfaat ya. Anda juga perlu mengecek kondisi keuangan anda, agar pinjaman ini tak membebankan keuangan nantinya.

Kriteria Pinjaman KTA Aman dan Terpercaya

Jika masih penasaran seputar pinjaman ini, anda bisa mendapatkan informasi pada link berikut https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/. Selain itu, anda juga bisa melakukan perhitungan serta mendapatkan penawaran terbaik untuk pinjaman yang cocok dengan kebutuhan anda.

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)