MasakNyun : Ayam Suwir Sambal Matah

 

Ada yang udah pernah dengar sambal matah? Itu tuh, sambal yang asalnya dari Bali. Jujur, sejak pertama nyobain sambal ini aku jadi suka banget. Alasan utamanya adalah cita rasanya yang pedas segar kayak ada asem-asemnya gitu. Biasanya, aku suka masak sambal ini buat ikan goreng atau ikan bakar, kadang juga kubuat campuran mi instan goreng.

Oh iya, sambal matah juga enak jadi cocolan kripik. Ada oleh-oleh kripik dari Bali yaitu Rasaloka yang pakai cocolan sambal matah juga.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Sambal matah ini bisa dibilang mudah banget dibuat, cuma iris-iris doang dan bebas ulek-ulek. Jadi aku suka. Beberapa hari yang lalu, aku nyoba buat ayam suwir sambal matah.

Bahan-bahan:

  • 3 potong ayam (aku pakai bagian dada dan paha)
  • 12 siung bawang merah
  • 10 buah cabai merah
  • 10 buah cabai hijau
  • 5 buah cabai burung (rawit yang besar-besar)
  • 5 batang sereh
  • 3 buah belimbing wuluh
  • Setengah buah jeruk nipis, peras
  • Garam & gula secukupnya
  • Bawang putih bubuk & penyedap (jika suka) secukupnya
  • Minyak secukupnya

 

Cara memasak:

  1. Cuci bersih ayam, lalu lumuri bawang putih bubuk, kukus sebentar sampai agak matang (daging mulai memutih)
  2. Sembari menunggu ayam agak matang, kita bisa memotong tipis-tipis bahan lainnya yaitu bawang merah, cabai merah, cabai hijau, cabai burung, sereh, dan belimbing wuluh.
    Oh iya, saya lebih suka pakai belimbing wuluh karena rasa asamnya bisa lebih keluar
  3. Setelah ayam selesai dikukus, suwir-suwir ayam dan buang tulang-tulangnya.
  4. Panaskan minyak, lalu tumis ayam sebentar.
  5. Masukkan bahan irisan, aduk-aduk dengan ayam.
  6. Tambahkan garam, gula, dan penyedap (saya pakai penyedap jamur)
  7. Matikan api, tambahkan perasan air jeruk nipis, aduk kembali
  8. Sajikan

 

Cara masak sambal matah ala saya memang sedikit berbeda, biasanya potongan bahan yang diiris akan diberi perasan air jeruk nipis lalu dituang minyak panas di akhir. Karena ini ada ayam suwirnya, sambal saya tumis bersama ayam suwir, minyaknya kira-kira cukup untuk ayam dan sambal menjadi matang dan bersatu.

Saya suka banget ayam suwir sambal matah ini rasanya cuma pakai nasi anget aja bisa nambah berkali-kali. Selamat mencoba 😀

 

 

 

 

2 Comments

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)