DonasiKu dan OBA, Ragam Alfamart Membangun Masyarakat

“Halo, Daffa dari mana?” tanya saya pada anak tetangga.
“Jajan di Alfamart, tante” jawab Daffa dengan polos sambil menunjukkan plastik kecil dengan logo Alfamart berwarna merah.

Mendengar kata Alfamart, Mahira, anak saya saya pun langsung menirukan “Amat, Amat, Jajan, EsKim”. Wah, minta jatah dia ini. Saya pun mengajaknya jalan ke Alfamart di area depan komplek sekalian jalan sore. Kebetulan stok Promina Puff, jajanan favorit Mahira, sedang habis dan menurut katalog promo yang saya lihat di aplikasi Shopfully juga sedang ada promo.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Sesampainya di Alfamart saya melihat sebuah poster yang dipasang berisi informasi laporan DonasiKu Alfamart. Alfamart telah menyalurkan donasi dari pelanggan melalui beberapa program seperti bantuan perlengkapan sekolah, bantuan kaca mata, dan lain-lain. Bantuan ini diserahkan di beberapa daerah di Indonesia. Jadi penasaran, di Palembang ada ga ya?

Mari kita berkenalan lagi dengan program Donasi dari Alfamart.
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Donasi Alfamart (DonasiKu) merupakan salah satu bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart). DonasiKu mengajak masyarakat berpartisipasi dalam program sosial dan pendidikan yang diperuntukkan untuk membantu masyarakat. Pelanggan Alfamart dapat melakukan donasi secara sukarela melalui kasir yang umumnya ditawarkan oleh kasir saat melakukan pembayaraan. Informasi rencana program penyaluran DonasiKu biasanya tertera di dekat komputer yang dilakukan kasir untuk transaksi, sehingga pelanggan berhak memilih untuk melakukan donasi atau tidak. Tak ada paksaan. Sementara itu, laporan DonasiKu Alfamart akan ditampilkan melalui poster yang ditempelkan di salah satu dinding Alfamart. Jika ingin melihat program maupun laporan secara jelas, dapat juga diakses melalui website resmi Alfamart.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Untuk area Palembang sendiri, Alfamart cabang Palembang telah menyalurkan donasi dari pelanggan melalui beberapa program untuk masyarakat seperti perlengkapan sekolah dan sepatu sekolah layak untuk para pelajar, perbaikan jembatan untuk para warga agar aman dilintasi, sembako untuk masyarakat, serta alat bantu untuk penyandang disabilitas.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Salah satu daerah yang menerima donasi berupa perbaikan jembatan adalah kawasan Mariana. Sebagai Lurah Mariana, Bapak Al Musa mengatakan bahwa dengan adanya jembatan yang layak, aktivitas warga semakin dimudahkan.

Melalui program DonasiKu, Alfamart tidak hanya melakukan filantropi kepada masyarakat yang membutuhkan melalui donasi atau pembangunan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan awareness masyarakat lainnya untuk meningkatkan rasa empati dan simpati dan keinginan untuk berbagi kepada orang lain. Tentunya CSR yang dilakukan oleh Alfamart juga melakukan bentuk tanggung jawab perusahaan kepada pelanggan dan masyarakat Alfamart serta lingkungan. Pembangunan untuk masyarakat dan lingkungan tentu diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitas dan secara jangka panjang dapat meningkatkan perekonomian rakyat.

Memiliki visi “berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil”, Alfamart juga memiliki program CSR lainnya berupa Outlet Binaan Alfamart (OBA). Program ini merupakan bentuk tanggung jawab Alfamart dari kegiatan operasional yang dilakukan Alfamart terhadap lingkungannya. Selama ini, banyak yang memandang kehadiran minimarket ritel modern seperti Alfamart akan mematikan pengusaha ritel tradisional atau warung-warung kecil yang sebelumnya tumbuh. Alfamart memiliki keinginan untuk maju bersama pengusaha warung tradisional melalui program OBA ini.

Pengusaha warung tradisional dapat bergabung menjadi member program Outlet Binaan Alfamart (OBA). Para member OBA akan memperoleh fasilitas seperti konsultasi / pelatihan terkait bisnis, operasional warung, penggunaan sistem dan aplikasi ritel sederhana, mendapatkan pasokan barang dengan harga yang dapat dijual kembali dengan keuntungan wajar, serta pengembangan usaha ke arah bisnis.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Para pemilik warung yang telah bergabung menjadi Member OBA, memiliki kesempatan untuk mempercantik tampilan warungnya. Salah satu member OBA yang telah merasakan peningkatan tampilan dari warung tradisionalnya adalah Ibu Rokhiati. Warung tradisional miliknya yang berada di sebelah Alfamart Inspektur Marzuki Palembang, telah di dress up sehingga tak kalah menarik dengan Alfamart yang berada di sebelahnya. Tak hanya tampilan luarnya saja yang dipercantik, para petugas Alfamart pun ikut menyusun ulang barang dagangan yang dijual sehingga lebih “eye-catching”.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Melalui Program OBA ini, Alfamart berkeinginan agar para pedagang dapat mengelola warung dengan baik dengan memenuhi kebutuhan barang dagangan melalui produk dan jasa yang berkualitas dengan harga terbaik. Secara jangka panjang, Alfamart ingin membuka peluang bagi wirausahawan baru di bidang retail untuk masyarakat luas.

Sudah sewajarnya sebuah perusahaan melakukan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Karena tentu saja ada dampak yang ditimbulkan dari aktivitas operasional yang dilakukan. Alfamart telah mencoba merangkul masyarakat khususnya yang menjadi pelanggan, dengan menanamkan nilai kebaikan berupa keinginan berbagi. Kepada lingkungan, Alfamart telah lebih peduli kepada UMKM dan memperintah tata ruang kota. CSR adalah salah satu cara perusahaan membangun masyarakat secara berkelanjutan dan program CSR Alfamart telah menjadi bagian dari hal tersebut.


ps. sumber gambar kegiatan donasi didapatkan dari Alfamart. 
Untuk info lainnya tentang promo dan kegiatan Alfamart dapat dilihat melalui website, facebook, twitter, instagram, dan youtube Alfamart.

9 Comments

  1. Saya sempat lho negatif thinking kalau donasinya buat apa?Nah kalau jelas gini tiap belanja bisa deh donasi meski cuma seratus perak ya. Makasih infonya mbak, jadi nggak ragu lagi untuk donasi

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)