Bikin Bisnis Kuliner Lebih Maju dengan Sistem Point of Sale

Bikin Bisnis Kuliner Lebih Maju dengan Sistem Point of Sale

Saat ini, banyak bisnis kuliner yang semakin menjamur. Berbisnis di era digital sejatinya kini lebih nyaman. Tak hanya adanya internet yang menunjang kita dalam mencari ide hingga melakukan promosi dan penjualan. Banyak pula sistem-sistem baru yang semakin berkembang untuk menunjang bisnis di era digital agar lebih maju. Salah satu sistem aplikasi yang kini sangat membantu untuk bisnis khususnya untuk usaha kuliner adalah sistem Point of Sale (PoS).

Mengenal Sistem Point of Sale untuk Bisnis Kuliner

Bagi pebisnis yang menjual produknya dalam bentuk barang seperti bisnis kuliner, tentunya perlu melakukan rekapan transaksi yang terjadi setiap harinya, mulai dari inventori yang bergerak sampai dengan transaksi penjualan.

Membuat rekapan transaksi sangat penting sebagai dokumentasi bisnis, melakukan audit, hingga digunakan untuk menyusun rencana pengembangan untuk bisnis. Sistem PoS dapat membantu pengusaha bisnis kuliner dalam merekap transaksi.

Pengertian Sistem PoS

Dari namanya, Point of Sale dapat diartikan sebagai titik penjualan (check-out). Atau, ketika transaksi telah selesai atau titik tempat pembeli dan penjual melakukan pembayaran atas barang yang telah diterima.

Sistem ini sebenarnya terdiri dari hardware dan software untuk memudahkan pebisnis dalam bertransaksi dengan pelanggan. Gampangnya sih, Sistem PoS bisa juga dianggap sebagai kombinasi mesin kasir yang dilengkapi dengan aplikasi kasir.

Perkembangan Sistem PoS

Belakangan, point of sale di Indonesia semakin berkembang. Sistem Pos kerap kali digunakan dalam transaksi bisnis kuliner. Seperti di restoran atau cafรฉ.

Dalam sistem ini, penjual dapat menghitung total harga dari menu yang diberi pembeli, memberikan pilihan pembayaran bagi pembeli, serta mengeluarkan struk sebagai tanda terima transaksi pembelian.

Sistem Point of Sale tidak hanya aplikasi transaksi pembayaran di kasir saja. Namun biasanya juga dilengkapi dengan modul akuntansi yang terintegrasi. Mulai dari buku besar, piutang, sistem hutang, pembelian, perpajakan, dan pengendalian persediaan.

Dengan menggunakan sistem PoS, pebisnis bisa dengan mudah melacak arus kas bisnis, meningkatkan kepuasan pelanggan melalui cara yang cepat dan nyaman, serta membuat bisnis menjadi lebih maju.

Manfaat Menggunakan Sistem Point of Sale di Bisnis Kuliner

Menggunakan sistem point of sale dalam bisnis kuliner dapat membuat transaksi antara penjual dan pembeli semakin cepat. Tak salah jika kini semakin banyak bisnis kuliner yang menggunakan sistem Point of Sale. Ada banyak manfaat lain yang dapat diberikan dari penggunaan point of sale yang umumnya telah terkomputerisasi ini, antara lain:

Membuat proses pelayanan lebih praktis

Dalam sistem Point of Sale, pemilik bisnis dapat melakukan penginputan menu dan harga. Hal ini memudahkan dalam mencatat pesanan pelanggan. Selain itu, sistem pemesanan juga bisa terintegrasi dengan area dapur. Dengan demikian, staf koki dapur bisa segera membuat makanan. Adanya data pemesanan yang tercatat, bisa menekan tingkat kesalahan dalam pembuatan pemesanan.

Mempercepat proses transaksi pembayaran

Adanya sistem Point of Sale yang mencatat pesanan, tentunya akan memudahkan pula saat pembayaran. Setiap makanan maupun minuman dalam sistem, sudah tercatat secara detail harganya. Proses pembayaran pun menjadi lebih cepat. Selain itu, ada pula sistem Point of Sale yang sudah menerima terintegrasi dengan sistem dompet virtual, sehingga transaksi tak hanya cepat tapi juga cashless.

Melihat setiap transaksi secara lengkap dan detail

Sistem Point of Sale memungkinkan pemilik bisnis untuk melihat secara detail dari setiap transaksi yang dilakukan. Sistem yang online juga membuat daftar transaksi tercatat selalu up-to-date. Hal ini tentu akan memudahkan pemilik bisnis untuk menghitung hasil penjualan, melihat jumlah produk yang paling laris, melihat jumlah produk terjual dan keuntungan, bahkan melihat jenis transaksi pembayaran yang sering dilakukan. Data transaksi secara detail ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis restoran seperti pembuatan menu baru, promo, dan sebagainya.

Memudahkan monitoring setiap cabang restoran yang dimiliki

Bagi yang memiliki bisnis di berbagai lokasi berbeda, adanya sistem Point of Sale yang bisa diakses secara online membuat para pemilik bisnis bisa mengecek bisnisnya dari mana saja. Tak perlu harus datang ke lokasi satu per satu yang tentunya akan melelahkan.

Memilih Aplikasi Point of Sale SPOTS untuk Bisnis Kuliner

Saat ini, sistem Point of Sale semakin banyak dikembangkan di Indonesia. Untuk bisnis kuliner sendiri, salah satu aplikasi kasir atau Point of Sale yang dapat menjadi pilihan adalah SPOTS, perangkat multifungsi yang terdiri dari mesin kasir dan aplikasi kasir. Sistem Point of Sale ini mendukung segala jenis operasional usaha dan UMKM.

Untuk pengusaha bisnis kuliner, keunggulan aplikasi kasir antara lain telah terintegrasi dengan sistem GOJEK lainnya seperti pemesanan melalui GO-FOOD maupun pembayaran menggunakan GO-PAY, karena SPOTS tergabung dalam grup perusahaan GOJEK. Fitur aplikasi kasir ini akan memudahkan pegusaha bisnis kuliner. Mulai mengatur menu, mengelola pesanan online dan offline, membuat akses pembayaran semakin beragam (tunai dan non tunai), mencetak resi, hingga melakukan perekapan transaksi harian.

Untuk menggunakan aplikasi kasir ini, pengusaha bisnis kuliner bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup terjangkau yaitu dengan biaya aktivasi sebesar Rp 290.000,- dan biaya pemeliharaan harian Rp 2.900,-.

 

Adanya aplikasi kasir tentu akan menghemat waktu transaksi penjualan juga menghemat uang melalui otomasi bisnis. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, bikin maju bisnis kuliner kita bersama.

 

 

 

You may also like

32 Comments

  1. Aplikasi POS begini akan sangat memudahkan para penjual makanan, ngga perlu lagi takut salah ngitung total belanjaan customer atau repot bikin pembukuan manual karena sudah ada programnya.

  2. Di zaman modern begini, bisnis kuliner juga jangan sampai ketinggalan untuk menggunakan teknologi, ya? Salah satunya ya ini pakai sistem point of sale. Terus layanannya juga sudah terhubung dengan Gojek juga. Mantap daah..

  3. Dulu pengen bisnis kuliner jg mba. Tp mandeg tengah jalan krn punya bayi. Haha. Dulu agak gaptek ya. Sosmed aja taunya cm fb. Ngeblog? Oooh tydack tau. Skrg segalanya dipermudah ya mba. Dg POS insya Allah bisnis akan lebih berkembang dan maju

  4. pake aplikasi kayak gini memudahkan banget u yg punya resto skala kecil karena gak ribet lagi pembukuannya. ceknyapun gampang

  5. Akan sangat menguntungkan pedagang kuliner kecil ya aplikasi SPOTS ini karena memungkinkan pemilik bisnis untuk melihat secara detail dari setiap transaksi yang dilakukan.

  6. Point of Sale? Baru tau dari postingan ini. Udah baca tp blom mudheng fliw of action gimana.adih hrs dibaca lagi nih . Maklum yg baca blogger renta, hehe .. Ada niat bisnis kuliner tp tara titip di warung aja.

  7. Ini aplikasi yang sangat membantu sekali yaa, kak…
    Aku kagum sama Gojek yang terus berinovasi membuka lapangan usaha sebesar-besarnya dan memajukan UMKM.
    Semoga makin banyak pengusaha yang terbantu dengan SPOTS.

  8. Senang deh sudah ada aplikasi kasir Point of Sales seperti SPOTS ini para penjual kuliner pasti akan terbantu omzet penjualannya ๐Ÿ™‚

  9. SPOTS nih sangat cocok buat pengusaha kuliner yang males nyatet transaksi secara manual seperti saya ๐Ÿ˜€ . Dan pas banget juga buat Saya yang suka cashless, ga repot nyediain uang kembalian lagi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *