ASUS ExpertBook B5 : Senjata Tangguh Hadapi Era Disrupsi

Tahukah kamu kalau sekarang TUNA bukan hanya ikan, tetapi sebuah singkatan terkait era disrupsi?

Era disrupsi adalah kondisi di mana terjadi banyak perubahan secara masif dan fundamental. Jadi banyak perubahan yang mengubah sistem dan tatanan ke cara yang lebih baru.

Mungkin teman-teman pernah mendengar istilah VUCA dalam dunia bisnis. VUCA (Volatile, Uncertain, Complex & Ambiguous) adalah konsep yang menjadi gambaran bagaimana kondisi bisnis saat ini berjalan dengan penuh ketidakpastian. Begitu banyak perubahan dari lingkungan maupun teknologi, membuat perusahaan harus mampu memprediksi dan cepat beradaptasi.

Belum habis merumuskan siasat untuk beradaptasi dalam kondisi VUCA. Kini malah muncul kondisi TUNA (Turbulent, Uncertain, Novel & Ambiguous). Era pandemi ini bisa menjadi contoh nyata kondisi TUNA yang penuh dengan ketidakjelasan untuk menjalankan sebuah bisnis. Ada banyak perubahan yang terjadi dan cara-cara baru yang harus kita jalankan dalam kehidupan saat ini.

Mengenal era disrupsi dan istilah TUNA (Turbulent, Uncertain, Novel & Ambiguous)

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi kondisi disrupsi ini?

Sebagai seorang budak korporat alias karyawan, aku menyadari bahwa di era seperti ini harus mampu menjadi karyawan yang tangguh. Karyawan yang tangguh artinya ketika ia menghadapi masalah, akan mampu bertindak secara cepat / gesit, bisa mencari jalan keluar, dan siap untuk menghadapi masalah berikutnya. Dengan begitu, kita bisa berkontribusi pada perusahaan untuk tetap bertahan dan maju di era disrupsi ini. 

Tidak cukup satu karyawan tangguh saja untuk membuat perusahaan bisa bertahan dan menjadi maju. Kita bisa mencontoh konsep herd immunity yang diharapkan muncul setelah banyak orang melakukan vaksinasi.

Agar perusahaan menjadi kebal terhadap berbagai serangan ketidakpastian di era ini, kita bisa menularkan semangat dan pola pikir bertumbuh (growth mindset). Orang yang memiliki growth mindset ditandai dengan menerima segala kekurangan dan kelebihan pada dirinya, tidak takut gagal, menghargai proses, serta selalu mengembangkan potensi diri.

Dengan banyaknya karyawan yang memiliki growth mindset, perusahaan dapat bergerak lebih cepat / agile. Itu karena perusahaan sudah memiliki agility mindset & culture. Perusahaan tidak perlu takut menghadapi perubahan karena yakin setiap karyawannya bisa beradaptasi dengan cepat. 

Setiap karyawan bisa berkarya dan bebas berinovasi untuk ciptakan agility mindset dalam perusahaan.

Ciptakan Herd Immunity di Tempat Kerja Melalui Agility Mindset

Untuk menciptakan agility mindset dalam perusahaan. Kita bisa mencoba menjadi contoh yang baik di lingkungan kerja. Ini juga menjadi cara kita melatih jiwa intrapreneur untuk tumbuh.

Intrapreneurship (menurut investopedia) adalah sistem dalam sebuah perusahaan yang memungkinkan karyawan untuk bertindak layaknya enterpreneur di dalam sebuah organisasi. Ciri-ciri seorang intrapreneur adalah self-motivated, proactive, action-oriented, memiliki kemampuan leadership yang baik , dan dapat berpikir out of the box

Layaknya seorang pebisnis, intrapreneur juga dituntut memiliki produk nyata yang mampu ‘dijual’ kepada rekan kerja lain. Produk yang kita tawarkan pun tidak perlu yang sulit. Bisa saja berupa inovasi baru dari tugas kerja kita selama ini.

Aku saat ini berada di unit pengelolaan pengetahuan. Produk yang aku tawarkan adalah program-program terkait peningkatan kompetensi karyawan. Webinar dengan tema yang relevan dengan tantangan bisnis dan penyusunan strategi pelatihan yang baru, adalah hal yang coba aku upayakan saat ini. Semoga hal tersebut bisa menjadi produk yang dikonsumsi oleh rekan kerja lain dan membantu menciptakan agility mindset dalam perusahaan. 

Menjadi intrapreneur dengan growth mindset bersama ASUS ExpertBook B5 series

Untuk menjadi intrapreneur, kita perlu perbekalan yang cukup dan senjata yang menunjang. Mengisi perbekalan bisa dilakukan dengan terus menerus belajar untuk meningkatkan kompetensi diri (soft skill maupun hard skill). Sementara senjata yang menunjang bisa dengan memilih perangkat laptop yang dibuat secara khusus untuk profesional. Ya, laptop ASUS ExpertBook B5 adalah senjata yang menunjang untuk menjadi intrapreneur tangguh dalam perusahaan. 

Menjadi Tangguh, Produktif dan Semakin Profesional Bersama ASUS ExpertBook B5

ASUS ExpertBook B5 merupakan seri laptop bisnis yang dikeluarkan oleh ASUS. Laptop ini dirancang untuk para pebisnis dan profesional agar semakin produktif dalam bekerja dan berkarya. 

Bukan tanpa alasan kalau aku memilih ASUS ExpertBook B5 sebagai senjata untuk berkarya dan menjadi pekerja yang lebih profesional. Ada segudang alasan kenapa laptop canggih nan keren ini bisa menunjang produktifitas karyawan. Ini dia alasan memilih ASUS ExpertBook B5.

Desain yang keren untuk ciptakan pesona ketangguhan nan fleksibel

Peribahasa “don’t judge a book by its cover” sering sekali terdengar. Jujur saja, aku merasa kita tetap harus “judge a book by its cover”. Lho iya dong, dari mana orang tahu kalau kita tangguh dan punya fighting spirit kalau penampilan kita lemas dan tak berani mengungkapkan pendapat di tempat kerja? 

Impresi positif pertama kali adalah hal yang penting. Aku merasa hal tersebut juga diyakini oleh ASUS dengan menciptakan ExpertBook B5 dengan warna hitam yang menunjukkan kekuatan. Material yang digunakan untuk ASUS ExpertBook B5 adalah magnesium-aluminium alloy, material yang membuat bobotnya menjadi ringan tapi tetap kokoh.

Desain dan material tangguh ASUS ExpertBook B5

Ketangguhan material dan desain ASUS ExpertBook B5 bahkan telah teruji melalui sertifikasi pengujian ekstrem dengan standar militer AS (MIL-STD 810H). Pengujian ini membuktikan ExpertBook B5 tetap bertahan dan reliabel di berbagai suhu dan kelembaban, guncangan, kondisi berdebu, dan ketinggian ekstrem. 

Menjadi tangguh bukan berarti harus kaku. ASUS ExpertBook B5 hadir dalam dua varian : Clamshell (B5302CEA) dan Flip (B5302FEA). Keduanya menawarkan fleksibilitas sesuai kebutuhan dan pilihan kita.

Untuk yang Clamshell, layarnya dapat dibuka sampai 180⁰. Sementara ExpertBook B5 Flip memiliki layar yang dapat diputar sampai 360⁰. Fleksibilitas layar ini sangat bermanfaat ketika kita melakukan pitching ideas dan harus paparan person-to-person. Saat harus berkolaborasi dengan rekan kerja lain pun kita mudah untuk melihat layar bersama. Adanya layar ExpertBook B5 yang bisa dibuka sejauh 180⁰, membuatnya mudah untuk diletakkan di atas meja dan melihat pekerjaan bersama-sama. 

Menjadi tangguh juga harus mampu untuk bergerak dengan lincah. ASUS ExpertBook B5 memiliki bodi yang sangat tipis, yaitu 16,9 mm. Tipisnya ASUS ExpertBook B5 membuatnya mudah untuk disisipkan di dalam tas. Untuk dibawa berpergian pun sangat ringan karena memiliki bobot sekitar 1.1 kg saja. Laptop ini menjadi sangat portable, mendukung untuk pergerakan yang cepat dengan mobilitas tinggi. 

ASUS ExpertBook B5 series hadir dalam 2 varian yaitu clamshell dan flip

Bertindak Lebih Cepat dengan Dapur Pacu Teknologi Terkini

Performa seseorang kerap dinilai ketika ia harus dapat memutuskan hal-hal yang sulit. Ketika orang dituntut untuk mampu memutuskan dengan cepat, orang tersebut harus memiliki kompetensi yang cukup. Kompetensi bisa didapatkan dari pembelajaran maupun pengalaman, sehingga orang tersebut memiliki wisdom, sebagai dasar untuk memutuskan dan bertindak dengan cepat dan tepat. 

ASUS ExpertBook B5 memiliki modal untuk menciptakan performa yang hebat. Modal tersebut berasal dari dapur pacu yang menggunakan teknologi terkini. 

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Processor yang digunakan pada ASUS ExpertBook B5 adalah Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz. Ini merupakan processor generasi ke-11 dari Intel®. Otak dari ASUS ExpertBook B5 ini sudah memiliki kecepatan untuk melakukan proses berpikir sehingga sebagai pengguna, kita pun bisa lebih gesit dalam bekerja.

Adanya Intel® Iris® Xᵉ graphics sebagai graphic processing unit (GPU) membuat ASUS ExpertBook B5 juga dapat digunakan untuk pekerjaan seperti mendesain dan menciptakan konten multimedia. 

Memory dan Storage yang digunakan dalam ASUS ExpertBook B5

Kombinasi yang dibutuhkan dari processor cepat Intel® Core™ i7-1165G7 adalah memory dan storage yang mendukung. ExpertBook B5 dilengkapi dengan memori DDR4 3200Mhz yang memiliki kapasitas 16GB dan bisa diupgrade hingga 48GB.

Untuk storagenya sendiri, telah tersedia PCIe SSD berkapasitas hingga 2TB di dalam ASUS ExpertBook B5. Storage pada laptop seri ini telah mendukung teknologi RAID atau Redundant Array of Independent Disk. Selain tipe storage dengan SSD yang lebih cepat, adanya teknologi RAID juga menjamin keamanan dan keandalan data-data yang tersimpan di dalam storage tersebut.  

Dengan kapasitas dapur pacu yang lega dan cepat, ASUS ExpertBook B5 sangat mendukung kita untuk bertindak lebih cepat, mampu melakukan multitasking dengan baik, serta menghasilkan performa terbaik. 

Bebas Gangguan Kerja berkat Layar OLED

Adanya gangguan dapat membuat produktivitas menjadi turun. Gangguan itu bisa dari mana saja, termasuk rasa kantuk yang timbul akibat mata yang terus menerus melihat layar saat bekerja. 

ASUS ExpertBook B5 sudah menggunakan teknologi layar ASUS OLED

ASUS ExpertBook B5 hadir dengan layar ASUS OLED. Teknologi layar ASUS OLED ini dilengkapi dengan fitur Eye Care. Fitur ini mampu mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk mata dengan mengurangi spektrum cahaya biru tersebut. Fitur ini juga diperkuat dengan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker.

Teknologi layar ASUS OLED juga sangat bermanfaat ketika harus menciptakan konten visual. Selain adanya Intel® Iris® Xᵉ graphics di belakang layar, konten visual yang coba diciptakan melalui ASUS ExpertBook B5 bisa tampil dengan kualitas warna yang sangat kaya dengan akurasi tinggi. Ini karena ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan mendukung teknologi HDR. Sertifikasi lain yang dimiliki oleh ASUS OLED adalah PANTONE Validated Display dan VESA DisplayHDR True Black

Terus Bekerja Produktif dengan Baterai yang Awet

Selain rasa kantuk, gangguan yang kerap muncul saat bekerja adalah rasa lemas ketika kurang tenaga seperti baterai laptop yang cepat drop. 

Eits, tapi tentu saja itu tak akan ditemui saat bekerja dengan ASUS ExpertBook B5. Laptop ini dibekali dengan baterai 4-cell Li-ion berkapasitas 66WHrs. Adanya teknologi ini membuat laptop ExpertBook B5 akan mampu bertahan hingga 14 jam. Sudah lebih dari jam kerja normal pekerja pada umumnya yang hanya 8 jam. Jadi kalau harus lembur dengan ExpertBook B5, masih aman kok. 

Keunikan dari ASUS ExpertBook B5 adalah dapat melakukan pengisian daya baterai melalui port Thunderbolt™ 4 USB-C® yang tersedia di sisi laptop ini. Port ini telah mendukung teknologi power delivery. Jadi adapter yang digunakan pun bentuknya sangat mini dan ringkas.

Penggunaan port Thunderbolt™ 4 USB-C® untuk mengisi daya, lagi-lagi menunjukkan fleksibilitas dari ASUS ExpertBook B5. Pengisian daya untuk laptop ini pun bisa dilakukan dari powerbank. Sebaliknya, dengan port yang sama, laptop ini mampu melakukan pengisian daya ke gadget lainnya. 

Beginilah kekuatan dan kecanggihan baterai ASUS ExpertBook B5 series

Leluasa Berkarya dengan Beragam Konektivitas

Untuk bekerja dalam perusahaan, seringkali kita tidak bisa sendirian. Kolaborasi adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Kita bisa melakukan pekerjaan mandiri dengan laptop canggih, seperti menciptakan dokumen, bahan presentasi, atau konten pekerjaan lain. Namun, pekerjaan itu tidak akan terlihat kalau hanya tersimpan tanpa dipaparkan ke orang lain. 

Oleh karena itu, ASUS ExpertBook B5 menawarkan konektivitas lengkap untuk menunjang kita berkarya dan membuat produk kita lebih terlihat. 

Ketika harus presentasi secara online, maka kita perlu koneksi yang lancar. Laptop ExpertBook B5 dilengkapi dengan protokol WiFi 6 802.11ax. Ini adalah protokol WiFi generasi terbaru yang membuat transfer data menjadi lebih cepat dan tetap stabil. 

Ada banyak pilihan konektivitas yang ditawarkan oleh ASUS ExpertBook B5

Meskipun konektivitas nirkabel menjadi pilihan saat ini, masih ada perkantoran yang tetap mengutamakan konektivitas melalui kabel seperti jaringan LAN. Lagi-lagi, ASUS ExpertBook B5 menampilkan fleksibilitasnya dengan menyematkan port Micro HDMI. Port ini juga support untuk gigabit ethernet melalui koneksi Local Area Network (LAN) dengan kabel adaptor RJ45. 

Port lain yang mendukung konektivitas pada ASUS ExpertBook B5 adalah HDMI 2.0, USB 3.2 Gen 2, Thunderbolt™ 4 USB-C®, audio jack 3.5mm combo. Kedua port USB pada ASUS ExpertBook B5 mampu mendukung transfer data secara cepat. Khusus untuk port Thunderbolt™ 4 USB-C® dapat digunakan juga sebagai port output display dengan resolusi hingga 8K.

Thunderbolt™ 4 USB-C® ASUS ExpertBook B5 bisa digunakan untuk extended display

Ciptakan Nilai Tambah Produk dengan Fitur Pelengkap

Perlu sesuatu yang unik sehingga produk menjadi dilirik. Hal-hal unik dapat berupa nilai tambah dari produk yang kita ciptakan. Contohnya saja ketika saya membuat e-learning. Kalau materi e-learning biasa-biasa saja, tentu orang akan bosan. Maka saya ciptakan konten e-learning berupa konten microlearning. Tidak hanya materi berupa paparan, tetapi juga dalam bentuk permainan. 

ASUS ExpertBook B5 Series juga memiliki beberapa fitur unik yang melengkapi berbagai keunggulan yang sudah ada. 

Keamanan Data & Privasi

Laptop ASUS ExpertBook B5 memiliki sensor pembaca sidik jari (fingerprint) yang telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello sebagai sistem keamanan untuk mengakses perangkat laptop. Sisi keamanan fisik lainnya adalah penutup fisik untuk webcam dan slot kunci Kengsinton. Selain itu, laptop ini juga memiliki chip TPM 2.0 untuk menyimpan informasi seperti kata sandi dan encryption code yang kerap kita gunakan saat bertransaksi digital. Dengan fitur keamanan tingkat tinggi ExpertBook B5 series akan mampu melindungi data-data pekerjaan kita. 

Kenyamanan untuk Video & Call Conference

Durabilitas ASUS ExpertBook B5 series tidak hanya fisik yang bisa dibawa ke berbagai kondisi. Laptop ini memiliki fitur pendukung yang membuat kita tetap nyaman jika harus berkomunikasi (melakukan paparan atau lainnya) di tempat ramai sekalipun. Ini berkat adanya fitur two-way AI noise-cancelling

Fitur ini mampu menghilangkan kebisingan dari dua arah. Ketika kita harus melakukan video conference dari tempat ramai, ExpertBook B5 mampu menyaring suara bising di sekitar mikrofon kita sehingga suara yang terdengar adalah suara kita saja, bersih tanpa noise di sekitar. Begitu pula sebaliknya. ASUS ExpertBook B5 series juga mampu menyaring suara bising dari lawan bicara kita. Jadi, suara yang keluar dari speaker saat video conference dengan lawan bicara yang berada dalam situasi penuh kebisingan adalah suara lawan bicara kita, tanpa noise dari lingkungan sekitarnya. 

Untuk suara bisa menghilangkan noise. Sementara untuk video, ada teknologi 3D noise-reduction (3DNR) pada webcam ExpertBook B5. Noise yang suka muncul saat cahaya redup akan dihilangkan hingga 23%. Jadi kualitas gambar akan tetap terjaga.

Inilah beberapa fitur tambahan dari Laptop ASUS ExpertBook B5 penunjang video conference

Dengan fitur lengkap khususnya dari sisi keamanan dan kenyamanan khususnya untuk video conference , ASUS ExpertBook B5 series menawarkan nilai tambah yang dapat mendukung performa pekerja profesional untuk bekerja lebih nyaman, tenang, dan produktif. 


Laptop ASUS ExpertBook B5 series, portable power for business on the go

Di era disrupsi ini, tidak hanya perusahaan yang dituntut untuk bisa bertahan bahkan melangkah maju lebih jauh. Sebagai karyawan kita bisa berkontribusi lebih untuk perusahaan. Menambah kompetensi diri, berupaya memiliki growth mindset, menciptakan berbagai produk dan inovasi, adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk pengembangan diri yang nantinya akan berefek kepada perusahaan.

Dengan Laptop ASUS ExpertBook B5 series, kita dapat lebih yakin untuk meningkatkan kompetensi, menciptakan karya, serta bekerja lebih produktif sebagai seorang profesional. Pilihan kita pun bisa menyesuaikan kesenangan dan kebutuhan. Apakah mau yang clamshell atau yang flip.

Spesifikasi lengkap Laptop ASUS ExpertBook B5 series

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.