5 Tempat Makan di Palembang dengan Pemandangan Jembatan Ampera

5 Tempat Makan di Palembang

Jembatan Ampera merupakan salah satu ikon wisata dari kota Palembang. Banyak orang yang ingin berfoto dengan latar belakang jembatan yang berwarna merah ini. Rasanya, belum lengkap jika mengunjungi Palembang tanpa foto dengan latar belakang Jembatan Ampera. Jika ingin berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera, sekaligus menikmati pemandangannya, berikut ini 5 tempat untuk makan sekaligus berfoto dengan latar belakang pemandangan Jembatan Ampera.

Riverside Restaurant Palembang

Riverside Restaurant adalah salah satu tempat makan terkenal di Palembang. Berada di pinggiran Sungai Musi, ada bagian dari restoran ini yang terapung. Jadi, rasanya kita berada di atas kapal yang goyang-goyang.

Tempat Makan di Palembang

Umumnya, orang mampir ke Riverside pada malam hari. Mungkin memang warna warni Jembatan Ampera di malam hari menarik hati orang untuk memandangnya serta menjadikannya latar belakang foto.

Banyak yang mengunjungi Riverside Restaurant untuk gathering dengan keluarga atau acara kantor. Restaurant ini juga menawarkan spot untuk tamu bernyanyi di panggung.

Menu yang ditawarkan di Riverside Restaurant mulai dari aneka olahan seafood, sayuran, juga nasi atau mie goreng. Ketika memasuki restaurant ini, kita dapat melihat beberapa akuarium dengan isi ikan-ikan segar, termasuk salah satunya ikan belida yang kini jarang ditemui.

Satu tips yang pernah saya dapatkan ketika berkunjung ke tempat ini adalah “lebih baik pesan banyak di awal daripada nambah di tengah-tengah”. Ini karena sering kali tempat ini ramai pengunjung. Begitu kita ingin nambah, pesanan lama keluar. Semoga sih, sudah tidak terjadi lagi sekarang. Karena tips ini saya dapatkan tahun 2011 ketika pertama kali datang ke Palembang dan diajak makan di Riverside.

Riverside Palembang

Jalan Benteng Kuto Besar, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113

Raja Tentro Café – Bekangdam Sriwijaya

Tak jauh dari Riverside Palembang, ada pula area makan yang sedikit tersembunyi yaitu Raja Tentro Café. Tempat makan ini sedikit tersembunyi karena berada di area Bekangdam II Sriwijaya. Ya, Raja Tentro memang berada di area perkantoran milik TNI ini.

Area untuk makan di Raja Tentro Café berada di lantai 2. Sebenarnya, ini lebih seperti foodcourt. Ada beberapa pilihan kios dengan banyak variasi makanan, mulai dari nasi bakar, Coto Makassar, Pempek, dsb.

Sembari makan, kita bisa menikmati pemandangan berupa Sungai Musi yang dilewati berbagai perahu dan kapal. Ada spot khusus yang sedikit menjorok ke arah sungai untuk berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera.

Di area bawah dekat Raja Tentro Café, terdapat masjid yang juga menjadi indah di kala sore hari atau waktu Maghrib.

Raja Tentro Cafe

Kantor Bekangdam II/Swj, Jl. Sultan Mahmud Badaruddin II, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30128

Dermaga Point Palembang

Masih berada di deretan yang sama dengan Raja Tentro Café dan Riverside Palembang, ada pula Dermaga Point Palembang. Ada beberapa tenant tempat makan di Dermaga Point, mulai dari J.Co, KFC, Chatime, Bebek Garang, Soto Kwali, dll. Sementara itu, di lantai 2 terdapat convention hall yang juga dikenal dengan nama Ampera Convention Center (ACC).

Tempat Makan di Palembang

Beberapa tempat makan di area Dermaga Point dirancang dengan memiliki dua area, yaitu area makan tertutup dan area makan terbuka. Jika ingin menikmati makanan dengan semilir angin serta pemandangan Jembatan Ampera, kita pilih saja area makan terbuka atau yang berada di luar.

Jika ingin makan sambil menikmati Jembatan Ampera, pilih saja tenant yang memiliki area terbuka dengan pemandangan jembatan merah ini. Tentunya yang dirasa cocok di lidah dan di kantong. Salah satu favorit saya adalah Bebek Garang.

Dermaga Point / Ampera Convention Center

Jl. Sultan Mahmud Badaruddin II, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30128

Pindang Perahu – Pasar 16 Ilir

Di sekitar Pasar 16 Ilir, terdapat dermaga kapal-kapal kayu yang berjejer dengan warna warni. Ada kapal-kapal yang mengangkut berbagai macam kebutuhan untuk ke daerah lainnya. Ada pula kapal-kapal yang ternyata difungsikan sebagai warung makan.

Tempat Makan di Palembang

Sepenglihatan saya, ada dua atau tiga tempat makan pindang perahu di area ini. Salah satu yang mencolok dan kerap dikunjungi adalah Pindang Perahu Mbok War dengan warna perahu merah menyala.

Menu yang ditawarkan sudah pasti pindang pegagan dengan berbagai pilihan ikan (baung atau patin). Ada juga pindang daging, pindang tulang, juga ayam dan ikan bakar. Tentunya, sajian di tempat ini dilengkapi dengan sambal yang sangat lezat.

Pelataran Benteng Kuto Besak

Sebenarnya, di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) tidak ada warung makan secara khusus berdiri. Namun, biasanya, lapangan luas ini kerap didatangi oleh penjaja pempek dan minuman ringan. Selain itu, ketika sore hingga malam hari, lapangan ini juga beralih fungsi menjadi pasar kaget. Salah satu makanan yang dijajakan  adalah Mie Tek-Tek.

Jika ingin berwisata dengan perahu, kita bisa memulainya dari dermaga yang salah satunya juga berada di dekat pelataran BKB ini. Tak ada salahnya jika mengisi makan sambil melihat Jembatan Ampera. Selain Jembatan Ampera, ada pula patung Ikan Belida yang juga dijadikan latar berfoto di sekitar area ini.

Oh iya, kelima tempat ini berada di kawasan Palembang Ilir ya. Silahkan dipilih yang dirasa cocok dan nyaman untuk makan sembari menikmati Jembatan Ampera yang gagah merah membara.

You may also like

33 Comments

  1. Aku belum pernah itu Raja Tentro Cafe. Pengen juga nyobain tapi belum nemu momen yang pas.
    Yang asyik lagi itu Kampung Kapitan Restaurant, ntah masih buka atau nggak hehe

  2. Waaa ternyata ada Bebek Garang juga di Palembang. Ini tempat makan bebek favoritku di Bandung. Enak, murah, lokasi strategis. Aku biasanya beli yang di Jalan Braga.

    Penasaran sama Riverside Restaurant, ngerasain sensasi makan di atas tempat makan terapung 😀

  3. Asyik banget memang menikmati makan malam sambil menikmati keindahan lampu-lampu di jembatan ampera. Saya dulu pas ke sana cuma di pelataran bentang aja, beli jajan gorengan, dan cuma sebentar

  4. Makan di dekata Jembatan Ampera di mana pun tempatnya itu seru dan romantis ya. Nanti kalau ke Palembang kudu nyobain tempat yang disebut di atas deh

  5. Wah, seru banget ya kalo bisa makan di sana. Sambil ngisi perut juga menikmati pemandangan sungai dan Jembatan Ampera. Semogaaaaa bisa deh main dan makan di salah satu resto itu 😀

  6. Kalo ke Palembang sering jalan dan makan di sana Nun, di dekat pasar 16 juga banyak juga kedai murce yang enak, mantap dan berkesan,hihihi. yang pindang Mba war maulah nyubo

  7. Noted..mbak
    Perlu disimpan buat bekal ke Palembang nih. Lima tempat makan di kawasan Palembang Ilir yang nyaman untuk makan sembari menikmati Jembatan Ampera yang gagah merah membara.
    Makasih infonya

  8. Semua restorannya memang punya kelebihan dan keunikan masing-masing namun sesuai judul, satu yang pasti sama yakni bisa melihat langsung Jembatan Ampera dari restorannya. Para tamu tinggal memilih mana yang cocok apakah soal harga, pelayanan, higienis, atau soal lainnya.

  9. Jembatan Ampera memang lokasi wajib kunjung kalau ke Palembang ya mbak? Makanya menarik jg nih kalau berbisnis resto di sana shg ya akhirnya gampang banget mendapatkan makanan kalau kita ke sana 😀
    Asyik kalau makan malam di resto di tepi sungai Musi kala malam, bisa liat lampu2 jg 😀

  10. yg paling menarik hati saya tuh Riverside Restaurant kak. suka sama tampilan yg kaya lampu dan terang benderang di malam hari . kesannya romantis gitu kak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *