Categories: BlogLearn

4 Cara Untuk Meningkatkan Traffic Website

Sebagai pemilik website, siapa yang tak senang kalau website kita dikunjungi oleh banyak orang. Itu artinya banyak orang yang mencari apa yang kita tampilkan di website. Banyaknya pengunjung juga menjadikan traffic website kita banyak. Tentunya, sebagai pemilik website kita ingin mendapatkan traffic yang stabil bahkan meningkat setiap waktunya. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan traffic website.

Mengenal Traffic Website

Sebenarnya, traffic website bisa diartikan sebagai jumlah orang yang mengunjungi website. Traffic website juga termasuk memperhitungkan berbagai halaman di website tersebut yang dikunjungi atau dibuka, termasuk link lain yang di-klik oleh pengunjung. Durasi waktu lamanya pengunjung dalam menjelajahi website juga diperhitungkan. Seluruh komponen ini dapat menjadi tolak ukur tingkat popularitas sebuah website.

Traffic website menjadi salah satu indicator penting saat ini. Mengingat banyaknya website yang ada di internet, tentu kita ingin menjadi website yang dipilih oleh orang sebagai referensi. Entah itu blog atau website bisnis, jika pengunjung atau traffic banyak, tentu akan menjadi motivasi sendiri untuk meningkatkan kualitas website kita.

Sumber Traffic Website

Untuk mengetahui detail terkait traffic website, kita dapat menggunakan tools digital analytics seperti Google Analytics (GA). Setelah mendaftarkan website kita dan memasang kode tracking, kita dapat memantau traffic website, mulai dari jumlah pengunjung setiap hari, konten yang paling dicari, serta sumber traffic website.

Beberapa sumber traffic website antara lain adalah :

Direct Traffic

Merupakan kunjungan yang berasal dari orang-orang yang mengetik langsung alamat website di browser. Biasanya pengunjung ini sudah mengenal domain dari website yang akan dikunjungi seperti http://www.fainun.com.

Refferal Traffic

Adalah kunjungan yang berasal dari rujukan link di website lain. Misalnya, ketika berkunjung ke website lain, meng-klik link yang kita anggap menarik.

Social Media

Merupakan kunjungan referral traffic yang secara khusus berasal dari social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya.

Search Traffic

Adalah kunjungan yang berasal dari hasil pencarian di search engine seperti Google, Yahoo!, dan sejenisnya.

Cara Meningkatkan Traffic Website

Nah, berdasarkan sumber traffic website, kita dapat melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan traffic website kita. Beberapa cara tersebut antara lain:

Mengingkatkan Traffic Melalui Sharing Sosial Media

Traffic website bisa berasal dari sosial media. Bahkan, beberapa sosial media telah menyediakan sarana iklan berbayar seperti Facebook Ads.

Tidak harus mendatangkan traffic website melalui iklan berbayar. Sebenarnya, jika kita aktif di sosial media, kita tinggal sharing saja link website di Twitter, Facebook, atau Instagram. Bisa saja follower sosial media kita tertarik untuk mengunjungi website kita dan pada akhirnya menjadi tambahan traffic untuk website.

Meningkatkan Traffic Website dengan Melakukan Blogwalking

Blogwalking merupakan sebuah cara klasik dan umum yang dikenal oleh para blogger. Pemilik website atau blog dapat mengunjungi blog orang lain. Biasanya orang akan lebih senang berkunjung ke blog yang memiliki niche yang sama atau saling berhubungan.

Selain mengunjungi dan membaca tulisan di blog, kita juga dapat meninggalkan komentar serta url website. Selanjutnya, pemilik blog bisa mengunjungi website kita melalui URL yang kita cantumkan.

Oh iya, cantumkan URL website di kolom khusus URL website ya, bukan kolom komentar.

Menerapkan Teknik Optimasi SEO dalam Website

Optimasi Search Engine Optimation (SEO) juga dapat dilakukan dalam meningkatkan traffic website. Terlebih, traffic website juga bisa didapatkan melalui search engine. Melalui optimasi SEO, kita dapat meningkatkan SERP (Search Engine Ranking Page) di halaman search engine. Misal, website kita berada di page awal (1-3) dari mesin pencari seperti Google. Probabilitasnya tentu menjadi lebih tinggi untuk dikunjungi, dibanding website yang berada di page 10.

Optimasi SEO dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO on Page

Adalah teknik optimasi SEO yang dilakukan di dalam website kita. Setiap halaman kita susun agar dapat memenuhi kriteria SEO yang baik. Pemilik website dengan hosting Indonesia dapat menambahkan plugins pendukung untuk diinstal di website. Tujuannya untuk memudahkan dalam menyusun halaman website dalam memenuhi kaidah SEO yang baik. SEO on page umumnya meliputi judul, heading, isi artikel, keyword, serta media dalam artikel.

SEO off Page

Adalah teknik optimasi yang dilakukan di luar website kita. Biasanya ini dilakukan dengan meningkatkan backling dari website lain. Contohnya, kita menulis di media lain seperti Medium atau website forum seperti Kaskus dan FemaleDaily dengan menyertakan link ke website kita.

Membuat Konten yang Menarik dan Berkualitas

Sebenarnya, ini adalah cara yang paling utama untuk meningkatkan traffic website. Konten yang berkualitas dan bermanfaat tentu dicari banyak orang. Selain itu, website dengan konten yang berkualitas juga digemari oleh mesin pencari seperti Google. Ini juga terkait dengan SEO on Page sebenarnya.

Sebelum membuat konten, kita dapat melakukan riset keryword terlebih dahulu. Tujuannya untuk mendapatkan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari. Dengan demikian, konten artikel kita juga tepat sasaran.

Selanjutnya, tulis artikel dengan lengkap dan disertai dengan judul yang menarik. Tak lupa, tambahkan visual yang menarik seperti gambar atau infografis. Jika memungkinkan, tambahkan juga video yang berkaitan untuk menambah lama pengunjung melihat website.

Tingkatkan Kualitas Website

Selain konten, kualitas website juga perlu diperhatikan. Meningkatkan kualitas website juga bisa dilakukan dengan mempercepat loading website. Jika website memiliki loading yang lama, bisa kehilangan pengunjung. Konten berkualitas pun tak akan dikunjungi jadinya. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas website adalah salah satu hal yang perlu juga dilakukan oleh pemilik website.

Selain cepat, website yang responsive dengan berbagai perangkat juga diperlukan. Apalagi, kini banyak yang mengakses internet melalui smartphone. Oleh karena itu, website juga harus cocok dan dapat diakses di perangkat mobile juga, tidak hanya desktop saja.

Jadi, sudah tahu kan caranya meningkatkan traffic website? Cara-cara di atas tentu dapat dilakukan bagi para pemilik website. Jika belum, teman-teman dapat membangun website terlebih dahulu dengan layanan Hosting Murah dari Qwords.

Selamat mencoba untuk meningkatkan traffic website ya.

fainun @fainun

View Comments

  • Masya Allah, infonya lengkap ya. Peernya banyak nih aku berarti, musti rajin bewe, aktif di sosmed dan yang terpenting benerin kualitas konten dan website yaa

  • Buat aku yg masih agak susah nih SEO. Selain itu yg lain udah kulakukan semua dan memang dampaknya bisa menaikkan traffic ya. Klo malas share sosmed bisa turun PVku. Makasih tipsnya kak

  • Kusedih banget..
    Karena template ku bukan termasuk yang SEO friendly, karena lamaaaa...
    Huhuu~
    Mau ganti, nanti DA PA anjlok.
    Galau akutuuu~

  • Mbak, kalau ga sempat update setiap minggu gitu apa masih bisa oke trafiknya? Soalnya kadang mager nulis jadi ga rutin update blog.

  • Blogwalking emang jadi andalan sih kalo pengen naikin trafik, asalkan yang datang agak lama ngendon di blog.

  • Yeayy... Artikel ini yang selama ini saya cari... Yang baru saya lakukan baru blog walking dan berusaha meningkatkan kualitas konten. Sementara yang lain yang berkaitan dengan SEO masih taraf belajar dan belum praktik..

  • Alhamdulillah, selama ini iya gini yang aku lakuin. Paling banter seonya, habis gimana lagi mau ga mau dah biar banyak yg datang. Sama taruh di blogwalkingan cukup membantuuuuu

  • Dua poin terakhir yang memang penting banget. Menjaga konten tulisan supaya tetap berkualitas sehingga dicari orang. Nah ini yang belum bisa.

  • Dari semua tipsnya menurut aku yang paling ssh saat ini sy ikutin yah soal SEO nya mba, duh aq merasa kalau mesti ikutin SEO kok kaku banget yah, huhu ada solusi gak yah mba

    • kadang juga gitu, ngerasa kaku, kayak harus formatnya pake heading dll, tapi ya berusaha ngebiasain aja mba. kalo pake tool yoast seo juga dia bantuin nilai artikel enak ga dibaca gitu soalnya

Recent Posts

7 Plugin WordPress Terbaik untuk Blog yang Wajib Kamu Install

Salah satu alasan banyak orang memilih WordPress adalah karena WordPress mudah digunakan. Konfigurasi kebutuhan website bisa disesuaikan dengan theme dan…

2 days ago

Meningkatkan Kompetensi dengan Kursus Online di Udemy

Menjadi generasi millennial sekaligus blogger yang terkadang juga membuat konten video membuatku pernah dianggap sebagai ‘orang melek IT’ di lingkungan…

3 days ago

Jajan Kenyang Hati Senang di Pucuk Coolinary Festival Palembang

Siapa yang tak senang kalau jajanan favorit berkumpul dalam satu tempat yang sama pada satu waktu. Itu artinya, kita gak…

2 weeks ago

Akhirnya, Hokben Buka di Palembang!

Aneka rasa makanan yang pernah dicicipi dan dimakan, jikalau enak, pasti ingin diulang dan dinikmati kembali. Itu yang aku rasakan…

2 weeks ago

8 Tips Penting dalam Pemilihan Nama Domain Untuk Blog

Ketika membangun website, bukan hanya tampilan website saja yang patut menjadi perhatian. Nama domain pun penting untuk diperhatikan. Apalagi, biasanya…

3 weeks ago

Akhirnya Bisa Menikmati Membaca e-Book

Aku gak menyangka kalau pada akhirnya aku bisa merasakan lagi “witing tresno jalaran soko kulino”. Namun kali ini ini aku…

4 weeks ago