Youn’s Kitchen – tvN Show 2017

imageproxy (3)

Producer Director (PD)  Na Young-seok atau lebih dikenal dengan PD Na, bikin TV Show baru di tvN.  Saya termasuk yang suka sama program buatan PD Na ini mulai dari Grandpas Over Flower, Sisters Over Flower, Youth Over Flower, Three Meals A Day, New Journey to The West, dan Newlyweed Diaries. Semuanya ditayangkan di tvN dan ada beberapa sih bisa diakses online streaming. Saya kadang streaming di Kshowonline.

imageproxy (2)

Nah, tahun ini PD Na bikin TV Show seru lainnya dengan judul Youn’s Kitchen. Saya nonton di tvN episode pertama ga dari awal tapi langsung ‘ngeh’ kalau syutingnya di Indonesia. Di beberapa berita disebut syuting di Bali, tapi kalau dari lokasinya sih ada di Gili Trawangan, Lombok. Mungkin disebut Bali karena Bali lebih terkenal ya.

imageproxy

Konsep Youn’s Kitchen adalah 4 orang aktor dan aktris Korea membangun restauran di Gili Trawangan. 4 orang ini adalah

  • Youn Yuh-Jung , pemilik restaurant dan koki utama
  • Shin Goo, pekerja paruh waktu atau waitress di restaurant
  • Lee Seo-jin, direktur utama di restaurant sekaligus bertanggung jawab urusan minuman
  • Jung Yu-mi, asisten koki

Youn Yuh-Jung , Shin Goo, Lee Seo-jin, semuanya pernah bekerja sama dengan PD Na di tv show lainnya. Youn Yuh-Jung tampil di Sisters Over Flower, Shin Goo di Grandpas Over Flower, dan Lee Seo-Jin di Grandpas Over Flower dan Three Meals A Day.

imageproxy (1)

Sukanya dengan reality show buatan PD Na adalah pengambilan gambar yang cantik, dialog yang ringan yang terbangun antara anggota, dan banyak resep atau paling tidak cara memasak ala Korea yang ditampilkan. Interaksi antara kru (khusunya PD Na) dan pemain juga terlihat bagus, kadang dalam beberapa adegan PD Na terlihat makan bersama atau ikut dalam diskusi. Kali ini adanya pesona laut (ya namanya juga saya yang berbau laut pasti doyan) khas Gili Trawangan diambil dengan indah baik lewat drone untuk pengambilan gambar aerial maupun kamera underwater menangkap penyu dan keindahan Gili dengan baik. Sementara proses memasak kadang diambil dengan sedikit slow.

imageproxy (6)

Sampai minggu ini, episode yang telah tayang ada 4 episode. Awalnya mereka membangun set restaurant di tepi pantai, lalu di episode 3 restaurant digusur karena memang ada proyek pemerintah untuk membersihkan area pantai. Akhirnya mereka mendapat area restaurant baru yang dalam 1 malam disulap menjadi luar biasa keren walau sederhana.

Di episode awal, terlihat mereka mencoba mencicipi menu restaurant sekitar sebelum menentukan menu dan harga makanan yang akan dijual. Menu di setiap episode akan meningkat seiring ide mereka juga semakin berkembang, yang awalnya cuma Nasi Bulgogi, Mie Bulgogi, Burger Bulgogi, bertambah ke Dumpling / Dimsum dan Ramen. Minuman pun selain bir, akhirnya ada Juice Mix.

imageproxy (5)

Acara ini emang bukan untuk mengejar profit bagi para pemain yang terlibat (tentu mereka sudah kaya, apalagi Seo-Jin yang memang keluarga Chaebol). Tapi melihat usaha para pemain untuk membuat restaurant, menyajikan makanan ke pelanggan, mengatur keuangan dan strategi dalam berjualan, bisa dibilang seru. Ya, karena di Indonesia ga ada acara tv model ini juga sih.

imageproxy (4)

Seo-jin yang memang lulusan kuliah Management di Amerika sangat wajar rasanya menjadi Direktur Utama, mengatur strategi, dan mencoba memasarkan warungnya. Ada episode saat dia mengenalkan tentang Youn’s Kitchen, tapi bule lain malah yang menawarkan restaurannya di pulau lainnya dengan menu korea juga. Shin-Goo, walau sudah terlihat tua, tapi tetap semangat menjamu tamu dengan bahasa Inggris yang sekilas terlihat kurang lancar. Di Indonesia boro-boro, artis tua kayaknya susah banget bersaing sama yang muda. Youn Yuh-Jung ternyata yang sudah 50 tahun berakting, jago masak juga dan sangat higienis. Yu-mi, muda dan cantik serta semangat dalam membantu memasak dan main di laut lepas.

Kalau mau lihat potongan adegan tv show ini sudah banyak sih di Youtube. Tapi sayangnya, ga ada subtitle. Oh ya, banyak wisatawan di Gili Trawangan yang mampir ke Youn’s Kitchen. Bahkan Lee Seo-jin dan Jung Yu-Mi  digandeng Garuda Indonesia untuk mempromosikan Lombok (selengkapnya di sini).

Sebenarnya bukan kali pertama Indonesia jadi lokasi syuting variety atau reality show Korea. Running Man, Law of the Jungle, One Night Food Trip, pernah juga mampir di Indonesia.

Dari acara ini selain bisa nambah kangen sama Gili Trawangan dan air, ada beberapa pelajaran yang saya dapat tentang manajemen restoran, antara lain:

  • Kalo mau buat restoran seukuran rumahan kecil (kurang lebih 4 – 6 meja) butuh minimal 4 orang (1 koki, 1 asisten koki, 1 kasir dan urusan minum, 1 waitress) dan itupun kalau penuh bisa kewalahan
  • Siapin semua bahan masakan, potong-potong, wadahin, begitu ada pesanan sudah siap jadi ga perlu waktu lama
  • Agar lebih menarik, tampilan resto harus unik dan menampilkan informasi yang jelas seperti menu di depan resto
  • Harus ada kordinasi antara bagian dapur dan pelayanan dengan baik, jadi kalau ada yang pesan menu dan stoknya habis jangan biarkan dia mengharap (kasian kan di-PHP) terus suruh dateng lagi besok #eh
  • Karena sekarang jamannya orang posting di manapun kapanpun, maka buat tampilan makanan, penyajian di piring maupun di meja, suasana resto, jadi ‘photoable’-‘uploadable’-‘socmedable’

Yaaaa siapa tau nanti saya ada rejeki bikin warung ‘Nyun’s Kitchen’ (mohon doanya aja sih), belajar dulu lewat acara ini.

Suka juga sama acara ini atau acara tv Korea lain? Boleh sharing dong di komen sukanya acara apa? Saya selain ini suka Return Of Superman dan Running Man.

Oh ya, foto-foto saya ambil di Forum Soompi yang membahas khusus tentang Youn’s Kichen.

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)