Ragam Aktivitas Wisata Asyik di Pulau Batam

Petrichor, begitu banyak orang menyebutnya, sebuah aroma alami yang muncul ketika hujan, umumnya suasana hati dan lingkungan sekitar langsung berubah sendu dan mellow. Pernah mengalami tidak, ketika hujan turun, kerinduan akan suatu hal datang. Kalau saya sering. Seringnya rindu akan makanan berkuah yang hangat, supaya perasaan dingin saat hujan menjadi berkurang. Seperti saat ini, derasnya hujan semalamam di kota Palembang membuat saya merindukan sebuah makanan dari pulau seberang, Sop Ikan khas Batam. Mungkin karena agak terlalu sering memakan makanan khas Palembang seperti model gendum dan tekwan, membuat saya kangen makanan dari tempat lain.

Sebagai pulau yang dikelilingi laut, wajar rasanya kalau Pulau Batam menjadi penghasil ikan dan kuliner di area tersebut kebanyakan adalah olahan yang berasal dari lautan, salah satunya ya Sop Ikan khas Batam. Mengapa khas Batam? Bagi saya sendiri, pertama kalinya saya merasakan sop ikan tenggiri ketika di Batam. Sup ikan khas Batam, biasanya menggunakan ikan tenggiri, dengan tambahan sayur sawi serta tomat hijau. Walaupun kuahnya berasal dari kuah ikan, namun rasa amis sama sekali tak tercium. Terkadang ada tambahan cumi-cumi dan udang yang melengkapi sop ikan ini. Hangat, sehat, segar, dan bergizi tentunya. Beda beda restoran, beda pula penyajiannya.

Saya pun curhat ke Bojo kalau saya kangen pengen ke Batam. Cuma buat makan sop doang? Tentu tidak dong. Selama ini, Batam terkenal sebagai lokasi transit untuk ke Singapura atau Johor Baru dari Indonesia. Padahal, banyak juga aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Batam. Beragam jenis wisata lain ditawarkan oleh Pulau Batam. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Batam

Berburu Barang Murah di Nagoya

StockSnap / Pixabay

Batam sudah terkenal dengan barang-barang luar negeri dengan harga murah. Banyak orang yang berburu gadget, parfum, bahkan tas dengan harga miring di Batam karena Batam merupakan kawasan free trade zone, di mana semua barang tidak dikenakan pajak sama sekali. Di kawasan Nagoya, banyak berdiri toko-toko yang menjual tas branded dan parfum dengan harga murah. Untuk gadget dan elektronik lainnya, bisa dicari di Lucky Plaza yang juga berada di kawasan Nagoya.

Berkeliling Pantai Indah di Kota Batam

Pulau Batam memiliki beberapa pantai-pantai indah seperti Pantai Nongsa, Pantai Marina, Pantai Melur, Pantai Melayu, dan Pantai Tanjung Bemban. Pantai di Batam umumnya memiliki pepohonan hijau yang eksotis dan hamparan pasir putih yang luas. Beberapa lokasi seperti Pantai Melayu dan Pantai Nongsa, menawarkan permainan banana boat. Pantai menjadi salah satu lokasi tujuan wisata di kota Batam, maka dari itu, banyak pula warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman berdiri. Jadi tak perlu khawatir kelaparan saat menikmati indahnya pantai di Batam.

Snorkeling bahkan Diving di Kawasan Pulau Abang

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Pulau Batam memiliki spot snorkeling dan diving yang indah. Salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di sekitar Pulau Batam adalah Gugusan Pulau Abang yang terdiri dari Pulau Abang Besar, Pulau Rano, Pulau Hantu, dan Pulau Dedap. Air yang jernih dan visibilitas yang baik sangat mendukung untuk melakukan aktivitas Snorkeling maupun Diving di lokasi ini. Bagi pecinta olah raga air sekaligus ingin menikmati keindahan alam bawah laut, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat beragam jenis karang berwarna-warni, teripang dan kerang yang ada di sekitar Pulau Abang ini.

Puas Makan Beragam Jenis Seafood di Tanjung Piayu

Selain sop ikan, Batam memiliki makanan laut khas yang juga membuat saya rindu, yaitu Gonggong. Gong-gong adalah sejenis seafood laut yang menjadi makanan khas Batam. Sop Ikan umumnya ditemui di pusat kota Batam, seperti Sop Ikan Tian Huat, Sop Ikan Yongkee, Sop Ikan SOGOS, dan lainnya. Sementara itu, untuk urusan tempat makan seafood yang segar, enak, dan murah, Tanjung Piayu adalah juaranya. Berdiri di atas sebuah rumah panggung kayu, Tanjung Piayu menawarkan sensasi kesederhanaan makan seafood dengan cita rasa restoran seafood kelas atas. Rasa boleh diadu, harga ga bikin kantong kempes.

Belajar Sejarah ke Kampung Vietnam

Kampung Vietnam Batam (sumber : tribunnews.com)

Batam pernah menjadi area pengungsian masyarakat Vietnam saat terjadi konflik internal di Vietnam sekitar tahun 1979. Lokasi Kampung Vietnam ini berada di Pulau Galang. Kita bisa menuju area tersebut dengan melewati Jembatan Barelang. Wisata Kampung Vietnam ini patut untuk didatangi karena kita bisa melihat hasil kerja sama antara Pemerintahan Indonesia dengan PBB untuk membantu masyarakat Vietnam melalui pembangunan fasilitas lengkap di Pulau Galang mulai dari   barak-barak pengungsian, rumah sakit, sekolah, gereja, wihara, kantor polisi, bahkan penjara.

Ke Ocarina, Ancolnya Batam

Ocarina Park adalah salah satu area wisata keluarga di kota Batam. Taman bermain seluas 40 hektar ini dibuka sejak tahun 2008 di tepi sebuah pantai. Terdapat area besar yang sering menjadi tempat acara seperti konser musik. Ada pula wahana-wahana yang cocok untuk menjadi area bermain anak-anak. Jika ingin bersantai, kita bisa duduk-duduk di tepi pantai sambil melihat ferry dari Batam ke Singapura yang berlalu lalang.

Berfoto di Jembatan Barelang dan Welcome To Batam

Pulau Batam memiliki dua buah ikon yang menonjol yaitu tulisan Welcome To Batam yang berada di sebuah bukit, layaknya tulisan Hollywood di Los Angeles. Rasanya belum lengkap kalau ke Batam belum berfoto di tulisan ini. Selain itu, ada juga Jembatan Barelang. Jika akan melakukan snorkeling ke Pulau Abang atau mampir ke Kampung Vietnam, pasti kita akan melewati Jembatan yang memiliki arsitektur unik ini. Sehingga ada baiknya kita mengabadikan momen juga di sini.


Untuk liburan 3 hari 2 malam, rasanya sudah cukup untuk mengelilingi dan melakukan beragam aktivitas di Batam. Jadi, kalau ada libur di hari Jum’at atau Senin seperti di bulan Februari dan Maret mendatang, Batam bisa dijadikan salah satu tujuan liburan menarik loh. Kalau mau tau lokasi menarik lain di kota Batam, bisa juga cek blog Traveloka.

Untungnya, penerbangan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) ke Bandara Hang Nadim (Batam) sudah banyak dan langsung juga. Tanpa Transit. Seperti biasa, untuk pemesanan tiket atau hotel saya selalu mengandalkan aplikasi Traveloka yang banyak promo dan selalu menjadi yang termurah. Apalagi, sekarang Traveloka punya fitur layanan baru, yaitu pesan tiket pesawat dan hotel sekaligus. Saya pernah nyoba nih waktu liburan keluarga ke Yogyakarta beberapa waktu lalu, pesan paket pesawat+hotel secara bersamaan jauh lebih hemat dibanding pesan terpisah. Bahkan penghematannya bisa sampai 20% loh. Gak perlu isi kode promo apapun yang kadang suka lupa dilakuin di akhir pembayaran. Jauh lebih gampang langsung pilih pesan tiket pesawat + hotel di awal transaksi.

Jadi mau ikutan liburan ke Batam juga ? Atau sudah punya rencana liburan ke tempat lain? Cari tiket pesawat dan hotelnya di Traveloka ya.

Silahkan meninggalkan komen :) Aku bakal bw balik....