Wisata Alam Ciamik di Kota Seribu Sungai

Banjarmasin – Transformasi.org

Kota Banjarmasin merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan yang selama ini dikenal dengan julukan “Kota Seribu Sungai”. Julukan tersebut melekat erat pada kota ini karena keadaan geografisnya yang didominasi oleh aliran sungai. Terhitung ada beberapa sungai besar dan kecil yang mengaliri kota ini. Di antaranya adalah Sungai Barito, Sungai Kapuas, Sungai Martapura, Sungai Sipandai, Sungai Sigaling, dan sungai-sungai lainnya.

Ciri khas lain dari kota terpadat di luar Jawa ini adalah adanya pasar terapung. Sebuah pasar tradisional di atas air yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tidak hanya itu, ternyata, kota ini juga kaya akan tempat wisata alam yang wajib untuk Anda kunjungi. Penasaran? Yuk, simak!

Pulau Birah-Birahan

Destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Kotabaru ini merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di Kota Banjarmasin. Pulau Birah-Birahan ini menawarkan 3 keindahan panorama pantai sekaligus. Yaitu, zona pantai tebing batu, zona pantai penuh ganggang, dan zona terumbu karang. Di antara ketiga zona tersebut, zona yang paling menarik perhatian adalah zona terumbu karang. Karena di sini, merupakan surga bagi penyuka snorkeling.

Sedangkan zona lain, seperti zona pantai penuh ganggang, adalah zona pantai yang hanya cocok untuk kegiatan memancing. Hal ini dikarenakan, di zona pantai ini banyak terdapat tanaman air, serta ikan kecil seperti ikan pari dan anak ikan hiu. Karenanya, zona ini tidak cocok untuk kegiatan berenang.  

Pulau Samber Gelap

Pulau yang juga terletak di Kabupaten Kotabaru ini, menawarkan panorama pantai dan keindahan alam bawah laut yang sangat memesona. Di pantai ini, Anda bisa menikmati deburan dan gelombang ombak yang tidak terlalu besar, air laut yang jernih kebiruan, dan pasir putih yang lembut dan menawan. Tidak hanya itu, Pulau Samber Gelap juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang sangat mengagumkan. Sangat cocok untuk para penyuka diving dan snorkeling.

Pulau Siram Riam

Sebenarnya, Pulau Siram Riam adalah sebuah danau yang kemudian dijadikan sebagai tempat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), guna mencukupi kebutuhan listrik di Kecamatan Aranio. Namun, mengingat kondisi alamnya yang sangat bagus, maka tempat ini pun menjadi objek wisata alam alternatif. Ada beberapa spot pulau yang bisa Anda kunjungi, seperti Pulau Pinus, Pulau Sirang, dan Pulau Batu. Untuk mengunjunginya, juga telah disediakan perahu kelotok yang bisa Anda sewa untuk mengelilingi pulau menawan ini.

Danau Seran

Danau Seran atau Danau Cempaka adalah danau unik nan menawan yang terletak di Kabupaten Banjarbaru. Dulunya, tempat ini merupakan tempat pendulangan intan yang dilakukan oleh PT. Galuh Cempaka beserta warga sekitar. Kemudian, daerah bekas pendulangan ini disulap menjadi objek wisata danau yang menawan.

Danau Nes

Hampir serupa dengan Danau Seran, Danau Nes juga merupakan danau yang terbentuk karena adanya proses penambangan. Untuk mengunjungi danau yang terletak di Kabupaten Binuang ini, Anda memang harus melewati beberapa area pertambangan, dan tanah-tanah kapur yang tandus. Namun, perjuangan tersebut akan dibayar lunas dengan keindahan panorama danau yang sangat memanjakan mata.

Danau Biru Pengaron

Danau ini terkenal dengan tebing-tebing batuan kapur, serta airnya yang jernih kebiruan. Dan, siapa yang menyangka, bahwa danau yang terletak di Kabupaten Banjar ini juga merupakan danau yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan.

Bukit-Bukit Menawan di Banjarmasin

Selain kaya dengan wisata pantai, pulau, dan danau, Kota Banjarmasin juga kaya akan wisata alam dataran tinggi. Ada beberapa kawasan perbukitan yang sangat apik dan cocok bagi Anda yang berjiwa petualang. Di antaranya adalah Bukit Labak Naga dan Bukit Birah yang terletak di Kabupaten Tanah Laut. Bukit  Langgara di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Bukit Matang Kaladan di Kabupaten Banjarbaru.

Nah jika Anda berencana untuk mengunjungi Banjarmasin dalam waktu dekat, jangan lupa untuk selalu memastikan akomodasi penginapan Anda di Airy ya. Layanan penyedia tiket pesawat dan hotel terbesar di Indonesia Airy akan menjamin Anda mendapatkan tiket pesawat murah ke Banjarmasin setiap saat. Untuk pemesanannya, Anda bisa melakukannya melalui website www.airyrooms.com, atau bisa juga melalui aplikasi Android dan Apple.

Written by

4 comments / Add your comment below

Silahkan meninggalkan komentar :)