Tips (Ngawur) Menyusui

img_0219-676x1202
Hehehe, iya saya ketawa nyengir dulu deh (diwakilin sama Mahire). Jadi gini sebelumnya saya posting tentang pilihan (dan doa) menjadi Ibu ASIx. Nah, dalam perjalanannya tentu ada naik turun atau hal-hal yang terjadi. Dari pengalaman saya sih : PD bengkak karena produksi yang cukup tinggi, nipple lecet, produksi naik turun . Kalau cerita orang lain yang saya baca dan orang pernah cerita langsung, ada yang awal-awal ASI belum keluar, flat nipple, dan beragam problema lainnya yang bikin galau nyut-nyut kepala. Saya mau coba share pengalaman aja, sekaligus reminder buat saya sendiri kalau pada saatnya nanti saya diberi berkah untuk punya anak lagi semoga proses menyusuinya juga lancar.

Kenapa ada kata-kata ngawur? Karena ya tips ini emang ala-ala saya yang suka ngawur dan sesuka jiwa aja. Dipercaya ya monggo, ngga ya gapapa.

Jadi ini tips dari saya sebelum melahirkan dan setelah melahirkan (saat mulai menyusui).

Oh ya, jangan lupa niat dan doa. Hehe penting sih menurut saya ini, saya dulu mengucap niat dan doa serta kasih tau janin dalam perut dengan bilang, ” Semoga nanti ASI ibu lancar ya, kamu bisa menyusu ASI, ibu sehat, kamu sehat. Kalau bisa ASI aja ya nak, susu formula agak mahal, mending buat beli yang lain #eh (Semoga anaknya ga stress ya diajak prihatin)” terus minta dukungan dari lingkungan kalau kita niat menyusu ASI. Ya kalau ada yang ga setuju terima aja, tapi bilang hargain niat kita ya, jangan rese. Hehe, jadi ngalor ngidul. Terus tipsnya apa? Ini dia…..

 

 

 

 

Sebelum Melahirkan

 
Bersihkan Nipple alias Puting, sejak mulai trisemester ketiga kehamilan



Berdasarkan info dari orang tua, saudara, teman, dan tenaga medis serta brosur RS Hermina Palembang, kita boleh mulai rutin membersihkan puting dengan minyak (saya pakai VCO). Gunanya adalah membuka saluran ASI di puting agar lebih mudah keluarnya. Pembersihan bisa dilakukan seminggu sekali (kalo saya ya), dengan menggunakan kapas yang diberi minyak VCO lalu dioles-oles saja ke puting. Ngefek? Alhamdulillah ngefek di saya karena di minggu 36 atau 37 gitu,ASI saya sudah mulai keluar. Pembersihan dilakukan pelan-pelan ya, jangan sampai terjadi rangsangan yang memicu kontraksi pada janin.

 

 

 

 

 

Setelah Melahirkan (Masa Menyusui)


Makan!

Nah, banyak yang bilang ada beberapa sayuran yang menambah produksi ASI seperti daun katuk, bayam, dan jantung pisang. Ada juga yang bilang Sop IGA sapi bisa jadi nambah ASI. Mungkin istilah kece jaman sekarang Booster ASI. Bahkan sekarang banyak yang bikin booster ASI baik teh maupun susu atau campuran lain. Buat pemakan segala kayak saya sih, bener loh itu ngaruh semua. Ya tapi ga bisa saya benarkan, wong semua masuk saya bahagia.

 

Pesan ibu saya, kalau pagi usahakan minum yang hangat seperti teh atau susu. Kalau iseng, kadang saya minum Vsoy MultiGrain yang menurut saya ngefek juga sih buat ASI. Vsoy Multi Grain itu beda sama susu kedelai biasa, ada beragam biji-bijian yang entah gimana formulanya jadi enak deh. Cocok juga buat ibu hamil untuk nambah gizi. Loh kok promosi.

Di awal lahiran saya dimasakin ga selalu katuk atau bayam. Campur-campur aja kayak hari biasa. Kebetulan kan ibu saya emang nemenin dari lahiran sampai 1 bulan,ya namanya anak rantau ketemu masakan ibu, bahagia dong pastinya. Oksitosin nambah itu bonus.

Nah ada catatan nih, Hormon yang memiliki pengaruh dalam produksi ASI ada 2, Prolaktin dan Oksitosin. Prolaktin yang bertugas reload asi dan oksitoksin yg bertugas mengeluarkan asi. Kalo boosterbooster yang diminum biasanya ngefeknya ke prolaktin sementara oksitosin biasanya lebih ke psikis. Kalo misal ASI banyak diambil (entah nenen atau mompa) bakal sering reload itu artinya hormon prolaktinnya bekerja dengan baik.

Saya sih ngerasa berhubung saya pemakan segala, ASI bisa lancar karena pas awal-awal produksi ASI banyak kan anaknya bentar-bentar nyusu dan saya juga mompa, ditambah lagi makan masakan ibu yang bikin bahagia dan ada gizinya.

Setelah ibu saya pulang, alhamdulillah nenek yang bantu ngejagain Maheera masaknya juga enak, jadilah saya tetap makan bergizi dan bahagia.

Di akhir pekan, atau malam kalo lagi bosan, kadang saya juga jajan atau pesan fast food. Gak sehat? Saya percaya semua makanan ada manfaatnya, kalo ga sehat ya dia bikin bahagia. Sesat! Tapi kan ga sering-sering juga. Cuma selingan gapapa. Apalagi kalo harganya mahal trus ada promo, gapapa kali, udahan enak kita bahagia bisa makan enak harga murah.

img_5199-676x676

Kesimpulan dari saya : Makanlah yang bisa membahagiakan, kalo bisa yang ada gizinya. Kalo ga bisa? Yang ada promonya deh.

 

img_5234-676x450

Tips : Setelah melahirkan ada baiknya makan ikan gabus (bisa diolah dalam bentuk pempek). Apa manfaatnya ? Ikan gabus membantu pemulihan pasca dijahit-jahit (baik spontan maupun c-sectio ada proses dijahit kan ya? Saya spontan ada sih dan tetep aja ngerasa nyeri, di hari ke-4 makan pempek ikan gabus, hari ke-5 udah enakan), ikan gabus bergizi, dan jika diolah jadi pempek membahagiakan saat dimakan. Bisa buat cemilan sambil nenenin. Gak suka pempek? Yaudah olah aja ikan gabusnya jadi apa gitu.

Positif Thinking dan Jangan Stress

Stress setelah melahirkan? Baby blues? Iya pasti lah, ngga mungkin ngga. Tinggal kitanya aja dibawa beneran stress atau tenang, atau malah ngerasa ngga padahal iya (ini sih saya, suka sok asik santai-santai, padahal baper diam-diam).

Kebetulan saya sih stressnya bukan karena si bayi, Alhamdulillah anaknya baik banget di awal-awal dulu (yep, nangis juga ya standarlah marah marah ngompol diganti dan nangis keras, tapi ga terlalu rewel malam-malam, saya masih bisa tidur, urusan nyenyak ga nyenyak ga tau juga deh). Stressnya malah dari hal-hal lain (rahasia ah) tapi untungnya ga lama. Sambil dibawa santai dan ngesosial media (stalking lambe dan seseakun lain dong…), alhamdulillah masih lancar ASInya, cuma ya kalo dipompa ga banyak-banyak amat.

Pokoknya harus dibawa bahagia deh, alhamdulillah sih ya saya dapat yang ngasuh Mahire jago masak, jago ngurus anak, tiap istirahat atau pulang kantor udah ada makanan enak. Saya termasuk bahagia ga ketemu drama ART, walau kadang misuh-misuh ketemu drama lainnya. Ya untung-untungan ya urusan ART ini. Kalo dapat yang membahagiakan (rejeki Mahire banget), ya Alhamdulillah, ngaruh ke ketenangan hidup dan kelancaran perASIan.

Di kantor juga pasti ga selalu bahagia ada kerjaan yang bikin mencucu, tapi yaaa kayak gitu dibawa santai aja. Apalagi banyak makanan di kantor, mencucu gitu kadang sambil ngunyah jadi bahagia lagi. Mureeeee amat bahagianya cuma urusan perut.

 

img_4345-676x901

Oh iya, saya kalo pumping ngga nargetin sih, cuma sambil doa moga cukup moga cukup. Jadi kalo hasilnya cuma dikit yowes, tetep disimpen aja di plastik kecil (gabag 100ml). Kalo banyak alhamdulillah, simpen di plastik yang gede (gabag 180ml).

 

img_8297-676x901
Kesimpulan dari saya : Kalo lagi sebel, ngomel gapapa, cuma jangan kelamaan. Kalo bisa dibawa nyantai jangan baperan. Kalo mau baperan marah-marah kalo bisa di waktu bayi abis nenen. Jangan nenenin kondisi emosi, hindarin pumping kalo emosi, daripada baper hasilnya dikit.

Komunikasi sama si anak bayi

Saya sering bilang Maheera “nenen sama ibu ya yang tenang, yang banyak, semoga ASI nya lancar terus dan cukup buat Maheera”.

Terus juga saya kadang bilang kalo ga sempet atau malas pumping, “Maheera tolong ibu ya, bantuin kosongin nen ibu, biar nanti lancar terus nennya”. Ya Alhamdulillah, selama ini tetep lancar. Bener atau ngganya sih hehehe, mbuh.

Konsumsi suplemen

Sama seperti bagian Makan! yang bisa jadi booster, ini adalah booster lain lagi. Sebelum lahiran saya dapat suplemen yang bisa melancarkan ASI yaitu Lactamor, di pasaran ada juga merek Milmor.

 

img_0335-676x507
Saya stop konsumsi di hari kedua pasca melahirkan karena ASI termasuk lancar, tapi kalau ngerasa butuh saya kadang konsumsi ini juga karena ga nyetok booster ASI. Sayangnya kadang ada yang ga cocok dengan kandungan suplemen dan bisa bikin eneg juga minumnya.

Rajin Perawatan

Kalo ini kebetulan nenek yang ngasuh Maheera punya tetangga yang bisa mijat bayi dan ibu pasca lahiran. Akhirnya saya sama Maheera rutin pijat sebulan sekali dan salah satu bagian yang dipijat adalah PD. Si mamak pijet ini lumayan bantu ngilangin grenjel-grenjel di PD biar lancar lagi. Selain itu kalo pas mandi juga bisa loh diputar-putar PD nya dengan telapak tangan atau kadang dikompres air anget dan dingin. Oh ya, dipijat tengkuk sama suami juga bantu melancarkan hormon oksitosin yang bikin kita tenang dan ASI lancar.


Pumping di waktu yang aneh dan sambil nenenin

 

img_7208-676x676

Seringnya setiap pumping saya ga pernah lebih dari 90ml. Kadang bisa sih nyampe 120-150ml tapi perlu bantuan tangan merah-merah. Tapi pernah juga sih nyampe 180ml bahkan lebih, caranya? Pumping di tengah malam atau waktu subuh. Di waktu-waktu tersebut produksi cukup banyak (mungkin akibat tidur yang cukup ya). Kalo pas anak bangun, coba juga pumping sambil nenenin, jadi anak dapat jatah langsung juga dapat jatah buat disimpan di freezer.

Hehe itu sih tips ngawur dari saya. Dipercaya dan dicoba boleh, ngga juga gapapa.

 

image566560

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)