Tips Membeli Motor Bekas Secara Kredit

Sebagai karyawan baru, tentu rasanya senang sekali sudah memiliki pekerjaan. Namun, ternyata aktivitas di tempat kerja banyak dan butuh alat transportasi yang menunjang. Motor bisa menjadi pilihan. Namun, gaji karyawan baru yang belum seberapa kadang jadi masalah. Salah satu solusinya bisa dengan kredit motor bekas Palembang.

Kredit motor bekas bisa menjadi pilihan bagi karyawan baru yang merantau. Hal ini juga pernah aku alami. Berada di kota lain dengan kondisi transportasi umum yang kurang menyenangkan, tentu membuatku lebih memilih untuk memiliki kendaraan sendiri. Apalagi, untukku yang suka berkeliling kota untuk menemukan tempat baru di kota rantauan.

Membeli motor baru, tentu menjadi keinginan. Namun, kebutuhan akan transportasi karena mobilitas yang tinggi, serta komposisi gaji yang belum cukup untuk membeli motor baru yang jelas harganya lebih mahal membuat membeli motor bekas menjadi pilihan yang paling rasional.

Kredit motor bekas memiliki keuntungan sendiri karena harga motor yang lebih murah, tentunya membuat cicilan yang harus dibayarkan tak terlalu besar. Motor bekas yang tentu dibuat dari tahun-tahun sebelumnya bisa membuat pajak pembayaran motor yang harus kita bayar setiap tahun menjadi lebih murah dibandingkan membeli motor baru.

Kredit memang bisa dikatakan solusi untuk mendapatkan produk-produk yang harganya akan sulit dijangkau atau dirasa berat jika harus mengeluarkan uang tunai. Tentunya, kredit memiliki manfaat untuk meringankan beban pendanaan sehingga sebagai karyawan baru, kita juga bisa memanfaatkan gaji untuk kepentingan lainnya.

Nah, berikut ini tips bagi kamu yang ingin membeli motor bekas secara kredit :

Pastikan bahwa kamu benar-benar butuh

Memastikan bahwa kamu benar-benar butuh membeli motor harus dilakukan. Ya, kamu tentunya harus meyakini tujuan kamu membeli motor. Jangan membeli motor hanya untuk sekedar bergaya saja, namun beli motor untuk menunjang aktifitasmu khususnya yang terkait dengan pekerjaan.

 

Pilih motor yang diinginkan

Sebelum membeli apapun, survey perlu dilakukan. Untuk survey motor bekas, kita pun perlu survey terhadap dua hal yaitu motor bekas dan perusahaan leasing.

Survey motor dapat dimulai dengan memilih jenis motor yang diinginkan dan cocok untuk aktivitas yang dilakukan. Tipe motor baik motor bebek, motor kopling, maupun motor matik memiliki spesifikasi yang berbeda.

Setelah memiliki tipe motor yang diinginkan, cari spesifikasi lebih detail. Model motor setiap tahun tentu berbeda, begitu pula spesifikasinya. Kita bisa memilih terlebih dahulu beberapa merek dan tahun motor dikeluarkan.

Jika sudah mengetahui motor yang ingin dibeli, kita bisa mencari tahu terlebih dahulu kisaran harga motor tersebut.

 

Datangi Dealer untuk Test Drive

Survey motor berlanjut dengan mencari dealer motor bekas yang terpercaya. Mintalah rekomendasi dari teman-teman di kantor. Selanjutnya, datangi dealer tersebut untuk melihat motor yang diinginkan. Jika memungkinkan, lakukan test drive terlebih dahulu untuk melihat kondisi motor. Tanyakan juga kepada pihak dealer tentang riwayat motor tersebut. Sebelum membeli, pastikan surat-surat kendaraan tersebut lengkap, mulai dari STNK maupun BPKB. Oh iya, karena motor bekas bisa saja berasal dari motor hasil pencurian, maka pastikan surat-surat kelengkapannya juga asli ya.

Proses Pengajuan Kredit

Kredit kendaraan bermotor bisa dilakukan melalui bank atau perusahaan pemberi kredit. Umumnya, bank atau perusahaan pemberi kredit bisa memberikan jangka waktu pembiayaan dengan tenor waktu antara satu sampai lima tahun.

Saat mendatangi dealer motor, kita juga bisa membandingkan bank atau perusahaan pemberi kredit yang bekerja sama dengan dealer tersebut. Dalam membandingkan bank / perusahaan pemberi kredit kita bisa melihat mulai dari bunga angsuran, besar angsuran per bulan, serta kemudahan dalam proses pembayaran atau pelunasan angsuran untuk kegiatan transaksinya. Kita juga bisa memilih bank yang sedang memiliki promo untuk kredit.

Syarat umum dalam proses pengajuan kredit biasanya adalah warga negara Indonesia (WNI), usia minimum 21 tahun, serta memiliki penghasilan tetap per bulan. Buat kamu yang karyawan baru, biasanya akan diminta menyertakan slip gaji atau surat keterangan karyawan.

Dalam mengajukan kredit kendaraan bermotor, biasanya kita diminta untuk menyertakan dokumen sebagai syarat-syarat khusus. Dokumen yang harus disiapkan antara lain kartu identitas (KTP/SIM/Paspor), slip gaji / fotokopi keterangan penghasilan, tagihan kartu kredit, bukti pembayaran rekening listrik/PDAM, fotokopi NPWP, dan surat-surat kendaraan.

Selain dokumen, nantinya kita akan diminta untuk mengisi berkas-berkas. Pastikan data yang diisi benar karena tentunya akan memudahkan bank / perusahaan pemberi kredit dalam melakukan survey dan menghubungi kita untuk informasi lebih lanjut. Jangan heran jika kemudian rumah atau kantor akan didatangi untuk survey atau pihak lain yang kita cantumkan nomor kontaknya di berkas pengajuan akan dihubungi.


Jika kamu memiliki dana yang cukup, kamu juga bisa memperbesar Down Payment (DP) saat mengajukan kredit motor, hal ini berguna agar cicilan tak terasa berat. Dengan begitu, kita masih memiliki dana untuk digunakan kepentingan lain. Memiliki motor kan juga harus siap untuk mengisi bahan bakar, jadi perhitungkan baik-baik kemampuan untuk pembayaran kredit motor yang diajukan.

Demikianlah tips untuk membeli motor bekas bagi kamu. Bagi kamu yang telah yakin untuk kredit motor bekas di Palembang, bisa langsung cek aja di https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor untuk melihat ketentuan lebih detail serta melakukan simulasi pembayaran bulanan.

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)