Tetap Asyik Konsumsi Susu Kental Manis

Sekitar awal Juli lalu, whatsapp grup yang aku ikuti banyak membahas tentang Susu Kental Manis (SKM) yang katanya gak mengandung susu. Apalagi di sosial media seperti Twitter, hal itu dibuat becandaan kayak susu kental manis ga ada susunya seperti janjimu kepadaku : PALSU!

Waktu awal-awal jadi ibu, aku pernah ikut kelas untuk belajar tentang menyusui dan pentingnya ASI, pembicaranya saat itu sempat menceritakan sekilas tentang bahaya susu kental manis untuk anak.  Susu kental manis banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia mengingat harganya yang relatif lebih murah dibanding susu bubuk. Padahal, kandungan gula di susu kental manis cukup tinggi. Mengonsumsi gula secara berlebihan tentu tak baik untuk tubuh. Diabetes, obesitas, atau gigi yang rusak bisa menjadi dampak buruk susu kental manis bagi tubuh, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Penggunaan susu kental manis yang dianjurkan adalah mencampurnya dengan bahan makanan lain, bukan dikonsumsi dengan melarutkan ke air lalu diminum layaknya mencampurkan susu bubuk ke dalam air. Jadi memang selama ini ada iklan-iklan yang menunjukkan hal tersebut sehingga ditegur dan keluarlah edaran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang ditanggapi cukup heboh oleh netizen.

Jadi, susu kental manis itu masih boleh kok dikonsumsi. Berikut ini beberapa cara mengolah susu kental manis agar tetap asyik dikonsumsi:

  1. Dijadikan campuran untuk kue

Susu kental manis disarankan untuk dicampur dengan bahan makanan lain. Salah satu proses yang sering terjadi dalam pencampuran ini adalah dalam masakan kue atau cake.

Beberapa jenis kue dan cake yang bisa dibuat dengan campuran susu kental manis antara lain adalah cotton cake, egg tart, cookies, sarikaya dan banyak lagi.

Cheese cake – sumber : pixabay

Manfaat susu kental manis lainnya dalam baking atau memasak kue atau cake adalah bisa terjaganya emulsi margarin agar tetap utuh meski dilelehkan.

  1. Dicampur sebagai topping

Campuran buah yang tak terlalu manis seperti alpukat dengan susu kental manis rasanya enak sekali. Namun terkadang kita terlalu banyak menggunakan susu kental manis bahkan ditambah gula juga. Ini yang jelas kurang baik.

Lalu, campuran buah dengan susu kental manis yang asyik bagaimana? Jadikan saja susu kental manis sebagai topping es buah, es campur, atau salad buah. Untuk salad buah, susu kental manis dapat dicampur dengan keju jadi rasa manis sedikit berkurang.

Minuman yang agak pahit seperti olahan kopi juga pas bila diberikan topping susu kental manis.

  1. Topping untuk martabak

Ini sebenarnya sudah umum. Bagi penyuka martabak manis konvensional alias isinya keju, coklat, kacang, atau jagung, tentu mengetahui kalau ada campuran susu kental  manis dalam isian martabaknya.

Susu kental manis di martabak akan mengurangi rasa asin martabak yang diperoleh dari lelehan butter dalam adonan.

Selain martabak, kue-kue basah yang cenderung asin juga cocok menggunakan susu kental manis.

Yang disarankan untuk dihindari adalah mengonsumsi susu kental manis secara langsung atau menyeduhnya dengan air lalu meminumnya. Tapi, susu kental manis tetap boleh dikonsumsi selama dicampurkan dengan bahan makanan lain dan jumlahnya tidak berlebihan.

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)