Belajar Kebaikan dari Buku Aku dan Kamu

Udah lama rasanya ga nulis tentang buku, apalagi tentang buku anak. Kali ini buku yang mau saya ceritain adalah buku Aku dan Kamu (Me and You).

Detail Buku 

  • Judul Buku : Aku dan Kamu
  • Design & Ilustrasi : Clefiena
  • Editor : Fandra
  • Translator : Kandi Sekarwulan
  • Penerbit : Cleferik Doodle Books
  • Cetakan : 1

Buku ini bilingual, jadi walaupun judulnya dan bahasa utama yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, ada teks lain berupa Bahasa Inggris di setiap halaman. Kalau melihat keseharian penulis melalui instagram @clefy_theartganta dan pengantar

Untuk dua bolang yang tidak pernah kenal kata lelah

rasanya, buku ini adalah persembahan teh clefy (ih sok akrab banget nun) untuk kedua anak lelakinya.

Aku dan kamu selalu berjalan bersama

Nah, dari sini saya makin yakin kalau ini cerita tentang dua anak lelaki dari penulis.

“Aku dan Kamu” memiliki tokoh seorang anak lelaki berambut hijau dan berkaus garis-garis merah dan putih yang bertualang melewati halangan dan rintangan bersama dengan hati-hati.

“Aku dan Kamu” mengajarkan untuk saling menjaga dan menghormati karena itulah tujuan Tuhan menciptakan kita semua.

“Aku dan Kamu” berani bertualang bersama hewan-hewan, melihat pemandangan alam, karena Tuhan menciptakan keindahan, keunikan, dan manfaat untuk setiap hewan-hewan.

“Aku dan Kamu” mengingatkan bahwa Tuhan menciptakan alam untuk semua makhluk hidup. Kita bisa menikmati dan merasakan apa yang ada di alam dengan baik. Jadi, jangan sampai merusak alam ya.

“Aku dan Kamu” mengingatkan, dalam bertualang, mungkin saja kita jatuh, tersandung dan terhempas. Menangis itu lemah? Tidak. Kita boleh saja menangis, karena setelah itu kita akan menjadi lebih kuat.

Buku ini sangat bagus untuk mengajarkan tentang kehidupan.

Memangnya anak sudah mengerti tentang Tuhan?

Kalau mengutip pelajaran di kelas Home Education Pendidikan Berbasis Fitrah, di usia 0-2 tahun, anak bisa diajarkan fitrah keimanan dengan imaji dan kecintaan. Ga ada salahnya untuk mengajarkan konsep tentang Tuhan di usia tersebut.

Selain itu, buku ini gambar-gambarnya juga bagus sekali dengan ilustrasi menggunakan cat air, sehingga tone warnanya juga tidak terlalu terang dan menyejukkan. Ada konsep tentang kepedulian, saling menghormati, keberanian, dan tentu saja rasa bersyukur kepada Tuhan. Gambar tentang hewan dan alam juga bisa menjadi bahan mengenalkan anak tentang hewan, tumbuhan, dan fenomena alam seperti pelangi.

Menurut saya, buku ini cocok dibacakan sebagai dongeng pengantar tidur anak agar konsep kebaikan yang diajarkan dapat tertanam di benak anak. Mau buku ini? boleh kok kontak saya (loh kok promo? tapi ini beneran hehe)

 

 

 

 

Book Review : Give A Little Clap

Give A Little Clap Illustrated by Kay Widdowson

 

img_9719-676x507
All babies love singing and clapping. Clap the special book covers together to make lots noise, as you sing these much loved songs. Helps develop coordination and motor skills.

img_9718-676x507

 

There’re 5 songs in this book but i only know ‘Listen to the music’ and ‘If you’re happy’. Hand shapped and has ‘clackers’ that can make noisy clapping sound.

 

img_9717-676x507
Well, sometimes i think it not-so-helpful-book because, yes, baby can focus to listen the clapping sound from the book, but i think baby more understand to study how to clap when i clap my hands in front of her. Hehe.
Now my baby can clap her hands and open this book. Hehehe.

*duuuh saking lamanya ga ngebiasain nulis baca bahasa inggris jadi bulepotan banget* #Halesan *gimana ngajarin bocah*

 

image566560

Buku Dongeng, Kanchil Kisah Sebenarnya – AIO Dongeng

Si Kancil anak nakal, suka mencuri timun, ayo lekas di buru, jangan diberi ampun

Pernah dengar lagu itu waktu kecil dulu? Sampai sekarang masih sering dengar sih kalo tukang odong-odong lewat. Hehehe. 

Padahal, berkata nakal itu tidak boleh ya ke anak, seperti penjelasan pada artikel berikut.

Tapi kan kita bilang nakal ke kancil? Menurut saya juga sama saja sih, kalau kita bilang kancil nakal di depan anak, mungkin seumur hidupnya dia akan mengenal kancil sebagai makhluk nakal. 
Nah pertanyaannya, kancil nakal gak sih? Kenapa sih dia dibilang nakal?


Yuk kita baca buku “Kanchil, Kisah Sebenarnya”

(btw, baru tau kalo penulisannya Kanchil bukan Kancil)
Buku dongeng anak ini menjelaskan sebab orang mengenal kanchil sebagai makhluk yang nakal. 

Inilah cerita sebenarnya…

Kanchil adalah makhluk yang baik. Kanchil menyenangi mentimun bahkan menaman mentimun untuk teman-teman di hutan. Ketika panen, kanchil akan bersenandung untuk memanggil teman-temannya dan makan bersama. Ketika kanchil berkelana dan melihat ada penduduk desa kelaparan kanchil bahkan membantu mereka untuk menanam mentimun. Kanchil berpesan sesuatu yang baik harus dibagi. Sayang, beberapa waktu berlalu, kanchil melihat ada mentimun yang tidak tumbuh dengan baik di desa. Kanchil berniat membantu untuk memperbaiki, sayangnya, penduduk desa tidak berpikir demikian dan menuduh kanchil berniat mencuri. 


Review menurut saya….

Ya namanya juga dongeng ya, bisa jadi benar bisa juga tidak. Tapi bagusnya, ini adalah dongeng yang baik. Dongeng yang menceritakan kebaikan kanchil. Dongeng yang memberikan pesan bahwa kebaikan itu harus dibagi. Walaupun begitu, ada pelajaran moral yang bisa dipetik saat kanchil bertindak tanpa komunikasi dengan penduduk desa. Tujuan kanchil memang baik, namun pada pelaksanaannya kurang hati-hati dan malah berakibat penilaian orang ke kancil menjadi jelek. Pelajaran bagi orang tua juga untuk bertindak hati-hati serta mengedepankan komunikasi. Hal baik yang bisa dipetik dari dongeng ini adalah kanchil memiliki teman yang banyak di hutan yang bersedia membantu saan kanchil kesusahan. Jadi jangan ragu berteman dengan siapapun ya.
Oh ya, di buku ini, juga terdapat bonus boneka kertas hewan-hewan yang menjadi penduduk hutan bersama kanchil. Kalau anak sudah agak besar bisa diajak bermain dengan paper puppet ini. Kalau sekarang, dia masih gemas pingin nyobek bukunya.

Terima kasih untuk @AioDongeng telah menceritakan kisah sebenarnya dari kanchil. Kanchil bukanlah anak yang nakal, justru kanchil adalah anak yang baik, suka menolong, dan memiliki teman yang banyak.

Snugi and Snarl


It’s a lovely story of unconditional love of Snugi, the gentle cuddly monster and Snarl, a lively wild girl raised by Snugi. It illustrated with gorgeous watercolors by @chiketania
Maybe, there’s another classic story about a creature on a quest to find its family after realize something. Snarl meets a lot of creatures at the forest when she realized she has different body from Snugi and she tries searching her family. But, no one will ever the same as her big Snugi. In the end, they reunited again.
You can order it @pustakalanalibrary


I love this book, sometimes i read it for my baby. it helps me to learn english again (yeah, i think my english capabilities decrease a lot hahaha). Well, the texts are very simple so i must add some explanation from the picture. Hehehe. 

[Buku] Suara Apa Itu? 

Instagram-walking (menjumput istilah dari blog-walking, daripada instagram-stalking kan?) adalah salah satu aktivitas saya kalo nyambi pumping atau si Ndukni sudah anteng (tidur). Selain mantengin akun-akun tentang parenting, asi-menyusui,online shop, saya juga nyari-nyari akun yang menyediakan informasi tentang buku atau perpustakaan anak. Ketemulah dengan @rabbitholeid.
Rabbithole adalah salah satu perpustakaan & pembuat buku anak-anak. Foundernya adalah Devi Raissa


Saya sangat tertarik pada koleksi buku-buku dari Rabbithole, dan waktu buka IG-nya pas ada tawaran paket semua buku Rabbithole. Mumpung baru dapet uang tambahan, maka saya orderlah sepaket lengkap buku Rabbithole. Jika memesan paket lengkap kita akan mendapat potongan harga dan webinar. Untuk webinar saya mencoba beberapa kali mengakses tapi gagal. Mungkin nanti dicoba lagi. Webinarnya bekerja sama dengan Klinik Rainbow Castle (yang saya duga sih foundernya sama juga). Di kemudian hari saya baru tau Rabbithole juga membuka sistem arisan dan ada beberapa buku yang berbahasa inggris.

Dalam paket Rabbithole, terdapat beberapa buku dan petunjuk peruntukan sesuai umur anak juga diinformasikan. Namun, saya agak bandel sih, jadi sesuai preferensi saya. Buku yang pertama saya bacakan adalah 

Suara Apa Itu?

Awalnya dalam paket saya dapat buku softcover dan wayang, di kemudian hari saya mendapat buku hardcover nya. Menurut Rabbithole, pada saat pengiriman kemarin stok yang hardcover lagi kosong. Alhamdulillah jadi punya 2 sih.


Saya memilih buku Suara Apa Itu?, karena bukunya tipis, menurut saya sih enak buat dibacakan sambil tiduran, karena Ndukni belum bisa duduk tegak untuk membaca, sementara kalo sambil tengkurap dia masih suka ‘nyungsep’ kepalanya.


Buku Suara Apa Itu bercerita tentang keluarga di Jakarta yang berolahraga pagi menuju Senayan. Pada saat berolahraga, terdengarlah bunyi-bunyi alat transportasi, mulai dari pesawat, kapal selam, kereta api, sepeda, mobil, motor, dan bis. Selain itu, ada juga gambar becak dan bajaj kalau mau menambahkan cerita. Selain buku, ada juga wayang ayah,ibu, anak perempuan (yang kadang saya identikkan dengan Maheera), dan anak laki-laki (yang kadang sambil berdoa supaya nanti bisa dipakai cerita kalau rezekiny dia adalah adiknya Maheera).


Isi buku ini bagus dan menimbulkan keingin tahuan. Misalnya ada suara Wuzzzz, itu tidak langsung digambarkan dengan pesawat, tapi ada semacam halaman pembatas yang kalau dibalik baru menunjukkan adanya pesawat. 


Yang saya kurang sreg cuma suara kapal selam, habis kalo nyari di youtube nemunya bunyi ngiiiing bukan brubupbup (kayak bunyi suara orang napas di air) dan lagi kalo di jalan raya belum pernah denger ada kapal selam lewat. Hehehe, tapi gapapa itung-itung ngelatih anak imajinasi dan rasa ingin tahu. Saya juga jadinya penasaran sebenernya, mungkin ga ya ada kapal selam di bawah jalan.hahaha.

Kalo ngebacain buku ini, selain pakai wayangnya sih bagusnya ada backsound suara asli dari alat teansportasi ya. Saya ngumpulin di youtube terus saya rekam buat disimpan di iPhone. Hahaha. Selain itu, kebetulan saya sering iseng beli die-cast pesawat, mobil, motor, jadi lumayan lah ada bantuan buat nunjukkin alat-alat transportasi benerannya. Pernah liat di instagram ada yang storytelling buku ini sambil main ukulele. Duh, jadi pengen main dan belajar ukulele deh saya. Hahaha. Belakangan ini saya lihat di katalog Rabbithole, ada versi bahasa inggrisnya. Duh, jadi pengen juga.

Kalau mau minjem atau saya ceritain anaknya boleh loh hubungin saya. Hahaha.