Punya Website Sendiri Berkat Domainesia

Belakangan ini saya coba menulis lagi. Ya, menulis mungkin menjadi salah satu hobi saya sebagai salah satu perwujudan bentuk hobi lainnya, yaitu membaca dan bercerita. Sudah lama rasanya saya punya blog di WordPress dan banyak sekali rasanya pikiran yang ingin dituliskan lagi. Ingin rasanya, menulis itu jadi hobi yang menghasilkan. Akhirnya, saya coba menyeriuskan diri saja dengan blog saya.

Saya mencoba mulai bergabung dengan komunitas blogger, yaitu Blogger Perempuan. Para blogger di komunitas tersebut umumnya memiliki blog atau website dengan domain sendiri. Wah, minder-minder iri penasaran nih saya jadinya.

Akhirnya,  saya melakukan pencarian, kira-kira webhosting mana yang pas di kantong dan mendapat review yang cukup baik. Pada hari ini, resminya, 19 November 2016 saya memilih DomaiNesia untuk menjadi membantu saya memiliki website pribadi. Website pribadi saya ini rencananya akan fokus ke hal-hal terkait perjalanan & perjajanan, keluarga, dan buku-buku yang telah saya baca. Tapi tidak menutup kemungkinan saya akan menulis hal-hal lain seperti review film, tips-tips, review produk, atau sekedar curahan hati.

Ternyata, proses membuat website sendiri itu mudah sekali! Menyesal rasanya, tau gitu dari dulu serius nulis di blog. Berikut coba saya ceritakan bagaimana cara membuat website dengan DomaiNesia.

  1. Buka web DomaiNesia di alamat berikut (https://www.domainesia.com/)
Domainesia.com
Domainesia.com

Nah, ketikan saja nama web yang direncanakan. Saya mencoba mengetik ‘fainun’ dan ternyata fainun.com sudah tidak tersedia (iya, soalnya saya sudah beli di DomaiNesia).

2. Pilih Paket yang dimau

Jika sudah memilih nama domain yang diinginkan, ada dua pilihan yaitu hanya Mendaftarkan Domain atau sekalian Pesan Paket Hemat. Buat saya yang ternyata gagap teknologi (gaptek) dan gampang bingung serta modal pas-pasan, saya lebih memilih Pesan Paket Hemat.

hosting-1

Terdapat beberapa pilihan Paket hosting, baik SSD maupun bisnis. Saya memilih paket SSD saja (tentu karena lebih murah dan website saya belum ditujukan untuk bisnis). Kita juga bisa memilih lokasi server yang kita inginkan.

total-1

Selanjutnya, di bagian Domain, bisa terlihat harga domain kita beserta Add-ons yang diinginkan.

aplikasi-webs

Untuk Aplikasi web juga dapat dipilih mau diinstal otomatis atau tidak. Aplikasi web yang disediakan ada WordPress, Drupal, Joomla, dan Ghost. Saya memilih WordPress karena blog yang saya miliki sebelumnya ada di WordPress sehingga saya sudah lebih familiar.

3. Selesaikan belanjaan kita dengan memasukkan ke dalam troli.

total

Total belanja yang kita lakukan akan dikalkulasi ulang. Jika belum punya akun di DomaiNesia, mendaftarlah terlebih dahulu ya. Pendaftarannya mudah kok.

total

Selanjutnya selesaikan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank (BCA, Mandiri, dan BNI) atau Kartu Kredit & Paypal. Invoice juga dikirimkan via e-mail dan sms.

Setelah pembayaran selesai, kita akan dikirimkan e-mail terkait penerimaan pembayaran, Instalasi WordPress dengan Instant Deploy yang telah berhasil, dan detail informasi support seperti Informasi Akun Hosting, Detail Login cPanel, Informasi Server, FTP, setting e-mail, dan PHP. Kesemuanya bisa dipelajari secara perlahan-lahan. Karena DomaiNesia juga memberikan petunjuk cara membuat website yang bisa kita baca dan aplikasikan kapanpun. Panduan dan Dokumentasi pun jelas dan lengkap.

instantdeploySelanjutnya, kita bisa mulai mempercantik website pribadi kita. Saya langsung melakukan Eksport WordPress lama saya dan Import ke Website baru saya.

ekspor-blog

Caranya pun ternyata mudah. Cukup membuka dashboard wordpress, lalu pilih Tools ->Eksport. Akan terunduh file .xml yang bisa kita Import di Applikasi Webs WordPress. Caranya hampir sama membuka dashboard website kita, pilih Tools ->Import. Dengan demikian, history postingan kita di blog lama tetap bisa tampil di website baru kita.Sangat mudah bukan?

DomaiNesia mempermudah kita untuk membuat website sendiri karena menyediakan fitur Instant Deploy sehingga untuk orang-orang awam bahasa pemrograman seperti saya yang maunya gampang, cepat, dan tidak ribet hal ini menjadi sangat menguntungkan. Akhirnya kini saya punya website sendiri. Terima kasih DomaiNesia.

 

 

 

Written by

1 comment / Add your comment below

Silahkan meninggalkan komentar :)