Mempersiapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan di Prenagen Pregnancy Educational Journey 2017

Walaupun tidak sedang hamil dan memang belum berencana hamil lagi, tapi saya merasa tetap perlu belajar tentang kehamilan dan perawatan buah hati. Sebagai orang tua, kita harus terus mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya, demi menjadi orang tua yang lebih baik dan bisa memberikan yang terbaik juga untuk buah hati kita. Kali ini saya belajar di event dari PRENAGEN yaitu “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ) ” yang diselenggarakan pada Sabtu, 16 September 2017 lalu di Hotel Novotel Palembang. Pengetahuan yang saya dapat di PPEJ kali ini, menjadi bekal untuk saya yang sedang menyusui dan merawat anak usia 1 tahun serta mempersiapkan kehamilan kedua saya nantinya.

PPEJ adalah event tahunan yang digagas dan diselenggarakan oleh Prenagen. Biasanya, event ini berlangsung di kota-kota besar. Sabtu lalu giliran Palembang, menjadi kota kelima yang disambangi oleh Tim Prenagen dalam roadshow PPEJ tahun ini. PPEJ merupakan salah satu apresiasi Prenagen kepada para ibu hamil dan menyusui yang telah setia memilih Prenagen, sekaligus bukti nyata bahwa Prenagen tidak hanya memberikan nutrisi tapi juga edukasi kepada calon orang tua tentang kehamilan, menyusui, dan merawat buah hati.

 

Sejak pukul 07.30, area ballroom sudah dipenuhi oleh para ibu dan calon ibu bahkan ada juga ayah dan calon ayah yang ikut serta hadir registrasi. Sambil menunggu acara dimulai, para peserta PPEJ 2017 Palembang ini dapat berkeliling dan mengunjungi booth yang ada di area ballroom, yaitu :

 

    • BUMP TO BIRTH CORNER , booth untuk mempelajari tentang perawatan payudara saat hamil dan menyusui serta perawatan bayi
Untitled
Serius belajar tentang perawatan bayi

    • BUMP TO BIRTH CONSULTATION, booth untuk berkonsultasi tentang kesehatan ibu dan janin

Untitled

    • BUMP TO BIRTH NUTRITION, booth untuk mempelajari resep makanan dan minuman sehat bersama Chef Eddrian Tjhia

Untitled

    • BUMP TO BIRTH EXPERT, booth untuk mengetahui produk PRENAGEN

Untitled

Untitled
Memahami kondisi adanya ibu yang menyusui dan membawa anak, pada event ini PRENAGEN juga menyediakan Ruang Menyusui dan area untuk bermain anak. Mahira pun mencoba mewarnai dan bermain kuda-kudaan. Tak lupa, ada juga booth photo untuk mengabadikan kehadiran kita di acara ini. Oh ya, Mona Ratuliu sempat hadir di area booth berdiri ini untuk menyapa peserta.

Untitled

Nah, saatnya Education Journey dimulai, ikuti perjalanan saya yuk……

Untitled

Sekitar pukul 9.30, pintu Ballroom dibuka dan para peserta dapat menempati area. Desain panggung cukup unik, terlihat adanya tampilan jendela dengan tirainya, serta area dapur dengan blendernya. Ah, saya baru sadar, saat Mba Mona Ratuliu hadir di area luar ballroom, ada MC yang sempat menyebut-nyebut “Rumah Mba Mona”. Rupanya konsep panggung dibuat layaknya sebuah rumah. Mba Mona Ratuliu pun hadir dan memperkenalkan diri sebagai pemilik rumah. Mba Mona nantinya akan menjadi moderator pada sesi talkshow PPEJ kali ini.

Untitled
Sebelum dimulai acara Mba Mona menyampaikan bahwa tema PPEJ 2017 kali ini adalah “Terbaik untuk Yang Teristimewa”. Lalu, para peserta disuguhkan video tentang 30 tahun perjalanan Prenagen mendampingi para ibu dan calon ibu di Indonesia. Prenagen sudah ada di Indonesia sejak tahun 1986 (wah, saya belum lahir tuh), lalu secara bertahap melakukan inovasi seperti menambahkan DHA pada kandungan susu Prenagen di tahun 1993, menambahkan Asam Folat dan Kolin di tahun 2004, membuat Prenagen Emesis untuk membantu mengurangi mual dan Prenagen Lactamom untuk ibu menyusui yang hadir sejak tahun 2005, susu Prenagen dengan kemasan siap minum di tahun 2008, Prenagen BIOFE di tahun 2013, serta di tahun 2014 mulai meluncurkan Prenagen Juice. Tidak hanya itu, sejak tahun 2012 juga menyelenggarakan event edukasi untuk para (calon) ibu & ayah melalui PRENAGEN Pregnancy Education Journey (PPEJ). Prenagen selalu hadir dengan tajuk campaign dan dukungan terhadap para calon ibu, seperti “The Joy of Motherhood” di tahun 2006 dan “Happy Joyful and Active Moms”  di tahun 2011.

 

Ting Tong…..

Untitled

Rumah Mba Mona kedatangan tamu. Rupanya dr. Irawan Sastradinata, SpOG(K) dari POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) Palembang dan Bapak Doni dari Kalbe Farma. Sesi kali ini menjelaskan tentang kegiatan PPEJ yang merupakan rangkaian kampanya  “PRENAGEN Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat” di tahun 2017 serta merupakan apresiasi PRENAGEN kepada para Ibu Hamil dan Menyusui yang telah memilih PRENAGEN sebagai Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui.

PRENAGEN berusaha menjadi  “sahabat terbaik“, menemani para calon orang tua dalam menjalankan perannya, dan memberikan edukasi secara berkelanjutan. PPEJ juga merupakan bentuk kepedulian PRENAGEN dalam menyadarkan para calon orang tua bahwa nutrisi sangat penting dan berdampak kepada kesehatan Ibu dan kehidupan buah hati kita, serta pada akhirnya dapat membantu menurunkan angka kematian Ibu melahirkan di Indonesia. Saat ini sedang sering digaungkan kampanye untuk mengoptimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan yang dimulai sejak janin masih dalam kandungan karena itu merupakan periode kritis, jika nutrisi dan stimulasi tidak terpenuhi, terdapat kemungkinan kerusakan permanen di masa yang akan datang.

Untitled

 

Ting Tong…..

Kali ini Andien Aisyah dan Mas Ippe yang datang berkunjung ke rumah Mba Mona. Tau kan, Mba Andien, yang juga Brand Ambassador PRENAGEN, sekarang sudah punya anak yaitu Kawa, yang nama aslinya Anaku Askara Biru. Andien akan mencurahkan pengalamannya sejak mempersiapkan kehamilan dan menjadi orang tua baru. Mba Andien cerita sudah minum Prenagen Esensis sebelum hamil karena ingin fokus dalam memperhatikan asupan nutrisi saat hamil. Bahkan, Mas Ippe, suami dari Mba Andien juga ikutan minum susu Prenagen saat Mba Andien sudah mulai hamil karena emang enak sih rasa susu Prenagen.

Untitled

Rangkaian susu Prenagen serta konsumsi makanan yang sehat berperan dalam kehamilan Mba Andien karena seperti yang kita tahu dari feed Instagramnya, aktivitas menyanyi bahkan berolahraga pun tetap dijalani oleh Mba Andien. Jadi, ga ada tuh yang namanya lemes. Yang saya suka sih, Mba Andien dan Mas Ippe menyebutkan kalau kehamilan itu berdua ga cuma Mba Andien yang ngerasain, tapi Mas Ippe juga. Nah ini bisa jadi catatan penting. Oh ya, pesan Mba Andien, “You are What Your Mother Eat”, jadi kalau para ibu pengen anaknya sehat, ya makannya juga yang sehat ya.

 

Ting Tong…..

Untitled

Wah, ada tamu lagi. Rumah Mba Mona kedatangan Dr. dr. Martina Hutabarat, SpOG (k), seorang ahli kebidanan dan ginekologi. Dr Martina pun bercerita tentang Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil. Ini ilmu baru banget buat saya. Selama ini, yang saya tahu hanya plasenta (ari-ari bayi) yang nantinya setelah melahirkan akan ditanam. Ternyata, plasenta merupaka organ yang mengubungkan janin dengan ibu. Plasenta dibentuk dari jaringan pembuluh darah dan menghubungkan janin yang sedang berkembang dengan dinding rahim sehingga janin dapat menerima nutrisi, pertukaran gas melalui asupan darah ibu, pertahanan melawan infeksi, dan memproduksi hormon yang dapat menyokong kehamilan. Oleh karena itu, kesehatan plasenta juga harus diperhatikan karena memberikan dampak kepada si Kecil yang berada di kandungan.

 

Untitled

Kesehatan plasenta dapat diketahui melalui USG. Jadi, ketika USG, jangan sungkan bertanya kepada dokter terkait kondisi plasenta. Ya, selama ini, saya pun saat hamil hanya memperhatikan kondisi janin, janin sehat, oh, oke, pulang (Itu kurang ternyata). Ternyata, kehamilan tanpa kesehatan plasenta adalah semu loh. Plasenta merupakan organ nutrisi, sehingga nutrisi yang dikonsumsi ibu, akan melewati plasenta dan dialirkan ke tubuh janin. Jadi, nutrisi yang baik harus diperhatikan untuk kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan, tidak hanya vitamin dan mineral tertentu, tapi nutrisi lain yang sangat banyak dan beragam. Nah, adanya Susu Ibu Hamil membantu membawa zat nutrisi tersebut ke dalam tubuh janin.

Plasenta pun memiliki peran penting dalam kehamilan, yaitu :

  • Membawa zat nutrisi dan oksigen kepada janin
  • Membuang zat beracun
  • Mekanisme imunologi ( kekebalan tubuh )
  • Produksi hormon untuk perkembangan janin
  • Pembentukan Sistim Saraf, mekanisme Transpor DHA

Nah, ternyata banyak faktor juga yang bisa mempengaruhi kesehatan plasenta selama kehamilan, seperti  preeclampsia, diabetes mellitus gestasional, dan lainnya. Faktor tersebut dapat menyebabkan komplikasi yang berakibat prematuritas bahkan kematian janin. Jadi, sangat penting ya untuk menjaga kesehatan plasenta dan salah satu cara menjaganya adalah dengan memberikan nutrisi yang baik untuk plasenta dan janin.

 

Ting Tong…..

 

Rumah Mba Mona kedatangan tamu lagi nih. Kali ini tamunya adalah seorang dokter anak, yaitu dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA ( K ) yang akan menceritakan tentang Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sistem Saraf & Redflag Si Kecil. dr. Herbowo mengawali dengan mengenalkan definisi tumbuh & kembang pada anak. Tumbuh terkait dengan penambahan ukuran fisik (kuantitatif) seperti berat badan, lingkar kepala, dan tinggi badan. Sementara kembang terkait dengan penambahan struktur & fungsi tubuh (kualitatif) seperti kemampuan motorik kasar, motorik halus, kemampuan bahasa, serta persona-sosial.

 

Untitled

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, baik secara internal (genetik, ras, usia, jenis kelamin) dan eksternal (nutrisi, lingkungan, penyakit, stimulasi). Nah, balik lagi nih soal nutrisi. Seperti yang telah disampaikan oleh dr. Martina bahwa nutrisi ibu selama kehamilan akan berdampak terhadap kondisi kesehatan janin, dr. Herbowo juga menambahkan bahwa nutrisi terbaik anak yang baru lahir adalah ASI, di mana nutrisi pada ASI sangat mempengaruhi pembentukan sistem saraf pusat. ASI mengandung laktosa yang berperan dalam pembentukan memori jangka panjang. ASI juga mengandung kolostrum yang tinggi kolesterol untuk menunjang pembentukan mielin (selubung penghantar impuls). Tak lupa, ada juga zat besi yang penting untuk perkembangan otak. Zat besi sangat penting untuk perkembangan otak. Pada anak yang kekurangan besi pada umur 6 bulan akan menunjukkan perkembangan yang terlambat, karena myelin yang kurang sempurna. Saya jadi inget cerita seorang teman di grup BC June 2016 yang cerita tentang defisiensi zat besi yang berefek pada perkembangan anak. Nah, jadi penting untuk memberi asupan zat besi untuk anak baik. Kalau merasa perlu ga ada salahnya juga melakukan pengecekan darah untuk melihat kadar zat besi pada anak. Jadi, membentuk anak yang sehat dan cerdas dimulai dari masa kehamilan sampai menyusui dan memberi makan ya.

 

Pada kesempatan ini dr. Herbowo juga menginformasikan tentang Redflag si kecil. Sebelum masuk ke materi red flag, dr. Herbowo menjelaskan penampakan fisik si kecil saat lahir yang kadang membuat orang tua cemas, padahal hal itu normal terjadi pada bayi dan kadang disebut kelainan normal, seperti:

  • Vernix caseosa (lemak yang menempel pada tubuh bayi saat dilahirkan)
  • Mongolian spot (bercak kebiruan – umumnya di pantat, sejak bayi dilahirkan)
  • Baby acne (jerawat pada bayi)
  • Kaput (benjolan di kepala karena adanya timbunan getah bening)
  • Sefalhematoma (pembengkakan pada pada daerah kepala yang disebabkan kerena adanya penumpukan darah)
  • Hemangioma (tumor jaringan lunak yang sering terjadi pada bayi baru lahir dan pada anak berusia kurang dari 1 satu tahun)
  • Cafe au lait (tanda menyerupai bercak kopi / cafe au lait pada bagian tubuhnya)

 

Tapi adanya kelainan pada kelahiran seperti di atas tetap perlu diwaspadai jika secara kuantitas sudah cukup banyak dan berkonsultasilah dengan dokter. Selain itu, dr. Herbowo juga memberikan informasi tentang redflag atau tanda-tanda yang harus diwaspadai pada perkembangan anak seperti pada table berikut.

tabel red flag

 

Terakhir, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah ukuran lingkar kepala, karena pada umumnya yang sering difokuskan adalah tinggi badan dan berat badan. Dari lingkar kepala, kita dapat melihat apakah ukuran kepala (yang biasanya dipengaruhi oleh ukuran otak), termasuk normal, makrosefali, atau mikrosefali. Maka dari itu, tetap perlu dan sangat penting untuk memantau tumbuh kembang anak dengan cara timbang berat badan tan tinggi badan, ukur lingkar kepala, serta pantau perkembangan anak.

Ting Tong…..

Untitled
Kali ini, tamu dari Prenagen, yaitu  Sianne Permadi yang memaparkan tentang pentingnya susu bagi ibu hamil karena susu merupakan sumber kalsium serta menambah kebutuhan nutrisi. Prenagen diformulasikan secara khusus sesuai dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui.

Beda susu ibu hamil dengan susu biasa apa?

Untitled

Susu ibu hamil, memilihi formula DHA, Omega 3 & 6, Folat. Kolin, Zat Besi. Selain itu, kandungan Vitamin B6, Kalisum, Fosfor, Magnesium, Zinc, pada susu ibu hamil juga lebih tinggi dibandingkan susu biasa atau fresh milk. Oh ya, ternyata Prenagen sudah diformulasikan khusus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk Minuman Khusus Ibu Hamil dan Menyusui dengan formula PRENAPRO dan varian yang terlengkap sebagai minuman khusus ibu hamil & menyusui dan menjadi solusi nutrisi Ibu & Janin diawal 1000 Hari Pertama Kehidupan .

 

Mba Sianne juga memberikan informasi tentang aplikasi pendamping kehamilan pertama di Indonesia “Hallo Bumil “ yang interaktif memberikan informasi kepada para calon Ibu yang sedang hamil dengan tepat waktu. Aplikasi ini sudah dapat diunduh di Google Play.

 

Ting tong….

Untitled

Chef Eddrian Tjhia yang tadi sibuk membuat superfood di Bump to Birth Nutrition, ternyata mampir juga ke rumah Mba Mona. Sebelum acara dimulai, Chef Eddrian sempat demo masak dan menjelaskan nutrisi bagi prakehamilan, hamil, dan menyusui. Nah, masakan dan minuman yang dibuat oleh Chef Eddrian ini simpel-simpel dan para peserta udah dapat bookletnya juga di dalam goodie bagnya. Untuk minumannya, Chef Eddrian juga mencampurkan dengan Prenagen Juice dan susu Prenagen. Begitu minuman Chef Eddrian ditawarin, langsung deh diserbu sama peserta.

 

Ting tong…..

 

Nah, ada tamu lagi. Ternyata ada mba Adianti Reksoprodjo, teman dari mba Andien. Wah, kalau teman mba Andien biasanya bakalan tentang olah raga nih. Benar saja, mba Adianti memaparkan tentang Senam PRENAFit, senam khusus untuk ibu hamil dan ibu pasca melahirkan yang memberikan manfaat yang baik untuk pernafasan, menguatkan otot panggul, otot perut dan paha yang dibutuhkan oleh Ibu saat & pasca melahirkan. Senam ini praktis dan bias dilakukan di rumah sesuai dengan petunjuk dokter

Olah raga itu ternyata penting untuk ibu hamil karena dapat menjadi salah satu kunci utama dalam menjaga kesehatan janin & memperoleh persalinan yang lancar. Ternyata tidak hanya persalinan yang membutuhkan kemampuan fisik yang sangat hebat, tetapi juga kehamilan dan masa pemulihan paska kelahiran karena pada masa itu ada juga tuntutan untuk mengurus bayi.

Senam PRENAFit membantu ibu beristirahat dengan tenang, mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, meningkatkan stamina & kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalankan proses persalinan , mengurangi kemungkinan risiko terjadinya diabetes gestasional & tekanan darah tinggi pada saat hamil, dan dapat mengurangi resiko risiko bayi lahir dengan berat badan lebih dari rata – rata / fetal macrosamia. Ternyata ada juga manfaat untuk bayi dari senam PRENAFit yaitu menurunkan resiko obesitas pada bayi dikemudian hari ,dikarenakan ketika lahir, kadar lemak tubuh bayi tidak berlebihan, bayi lebih tenang , memiliki skor kecerdasan umum yang kebih tinggi & kemampuan bahasa lisan yang lebih baik sampai ke usia 5.

Pada kesempatan ini, semua peserta diajak senam PRENAFit bersama mba Adianti. Wah, langsung semangat semua berdiri dan mengikuti gerakan. Setelah senam PRENAFit bersama, acara pun ditutup dengan Mannequin Challenge mulai dari pembicara serta peserta ikut ambil bagian.
Untitled

Acara PPEJ ini seru dan edukatif banget. Semoga tiap tahun selalu mampir di Palembang dan semakin banyak kota yang didatangi. Terima kasih PRENAGEN yang telah memberi edukasi tentang mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil di awal 1000 Hari Pertama Kehidupan. Senang sekali mendapat kesempatan hadir di acara #PPEJ2017PLM dari #PRENAGEN #SahabatTerbaik saat hamil dan menyusui. Jangan lupa ya untuk minum PRENAGEN, #HamilYaPRENAGEN.

 

Terakhir, aku mau mengenalkan sekilas tentang produk PRENAGEN , yaitu :

  • PRENAGEN PRENAPRO, Formula terbaru PRENAGEN yang dirancang khusus untuk memberikan solusi Nutrisi dalam membantu memenuhi kebutuhan & kekhawatiran Ibu diawal 1000 HPK ( Hari Pertama Kehidupan )
  • PRENAGEN esensis, Nutrisi Persiapan Kehamilan. Susu rendah lemak, mengandung Asam Folat ; Zinc ; Kalsium ,Fosfor,Magnesium , & Vit D; Protein & Mikroenkapsulasi Zat Besi; Sumber Serat ; Omega 3 & 6
  • PRENAGEN mommy emesis, Nutrisi Kehamilan untuk Mengurangi Mual Muntah yang mengandung Vitamin B 6 & Protein yang telah teruji klinis dapat mengurangi mual muntah diawal kehamilan yang dilengkapi dengan Asam Folat ; Kalsium ,Fosfor,Magnesium ,& Vit D; Mikroenkapsulasi Zat Besi; Sumber Serat ; Omega 3 &6 .
  • PRENAGEN mommy, Nutrisi Masa Kehamilan yang Mengandung Asam Folat,Mikroenkapsulasi Zat Besi,& Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, Sumber serat untuk meningkatkan asupan serat pangan harian, Kalsium,Magnesium, Fosfor, & Vit D untuk pertumbuhan tulang & gigi janin serta mempertahankan kepadatan tulang Ibu , Asam Folat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak , Omega 3 & 6 untuk perkembangan otak ,fungsi otak, & tumbuh kembang janin. Ada yang kemasan siap minumnya juga (UHT).
  • PRENAGEN lactamom, Nutrisi Masa Menyusuiuntuk meningkatkan kualitas & kuantitas ASI dengan Asam Folat; Kasium,Fosfor,Magnesium & Vit. D; Protein & Mikroenkapsuasi Zat Besi, Sumber Serat, Omega 3 & 6 untuk perkembangan otak si kecil.
  • PRENAGEN juice, Sari Buah Asli Pomegranate & Anggur. Sumber Asam Folat dan Tinggi Vitamin C. Tak hanya dikhususkan bagi ibu hamil, semua wanita yang membutuhkan asupan Asam Folat dan Vitamin C juga dapat mengonsumsi PRENAGEN Juice yang menyehatkan dan menyegarkan.

 

Untuk info tentang kegiatan dan produk PRENAGEN serta informasi tentang kehamilan dan menyusui, dapat mengakses  website dan social media PRENAGEN di

Website : http://prenagen.com/

Facebook : https://www.facebook.com/PrenagenWorld/

Twitter : https://twitter.com/prenagenworld

Instagram : https://www.instagram.com/prenagenworld/

Youtube : https://www.youtube.com/user/PrenagenWorld

 

 

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)