#AksiSehatCeria – Pola Hidup Sehat Membentuk Keluarga Ceria

Kehidupan seorang akan berubah setelah menikah, apalagi setelah memiliki anak. Hal itu mau tidak mau harus saya amini kebenarannya. Berbagai aspek kehidupan memang menjadi berubah, termasuk mimpi dan harapan pun berubah. Salah satu harapan saya setelah memiliki anak adalah terus bisa sehat bersama keluarga dan bisa mendampingi dan melihat anak pada setiap momen-momen penting hidupnya.

Berumur panjang dan sehat selalu bersama keluarga tentu tak bisa dilakukan dengan sekejap. Kesehatan adalah sesuatu yang penting dan mahal harganya. Ya, sekalinya sakit, ada harga yang harus dibayar entah itu berupa uang untuk berobat atau waktu yang hilang dan sulit tergantikan.

Membentuk keluarga sehat tentu tak bisa seorang diri. Walaupun, memang biasanya sebagai istri dan ibu, saya lah yang bertugas mengatur dan memastikan agar kesehatan anggota keluarga tetap terjaga. Perlu ada kerja sama antara setiap anggota keluarga, khususnya saya dan suami agar bisa hidup lebih sehat lagi.

Lalu, bagaimana cara pola hidup sehat dalam keluarga? Berikut hal-hal yang coba kami lakukan sehari-hari.

Makan Teratur dengan Sajian Sehat dan Seimbang

Manusia butuh makan? Ya jelaslah. Makan bukan sekedar menghilangkan rasa lapar saja. Manusia butuh energi untuk beraktifitas dan energi tersebut bisa didapatkan dari makanan.

Membentuk pola makan yang teratur adalah sesuatu yang penting. Melewatkan sarapan buat kami adalah hal yang dihindari. Untuk memulai aktifitas, sangat penting untuk mendapatkan energi dari sarapan di pagi hari. Begitu pula dengan makan siang dan makan malam. Dengan pola makan teratur, metabolisme tubuh pun ikut bekerja dengan baik.

Namun, makan teratur saja tak cukup. Perlu makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi yang seimbang agar kita mendapatkan gizi yang cukup. Makanan yang sehat dan bergizi seimbang harus adalah makanan yang terdiri dari zat penting untuk tubuh seperti karbohidrat, protein, serat (dari sayuran), dan vitamin (dari buah-buahan). Telah disusun pedoman gizi seimbang Indonesia yang tampak seperti pada tumpeng berikut.

Makan teratur dengan makanan sehat dan gizi seimbang, tentu akan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh serta tepat sesuai dengan waktunya.

Minum Air Putih Sesuai Anjuran

Selain rasa lapar ketika kekurangan makanan dan asupan energi, tubuh manusia juga memiki alarm ketika kadar cairan dalam tubuh mulai berkurang. Alarm itu adalah rasa haus.

Lalu, apa yang dilakukan ketika rasa haus melanda? Minum adalah jawabannya. Sebenarnya, minum tak harus saat haus saja. Kita bisa merutinkan minum dalam kehidupan sehari-hari. Namun, alangkah baiknya kalau yang diminum adalah air putih karena air putih bebas kalori dan gula sehingga sudah pasti lebih sehat.

Kita sering mendengar anjuran bahwa minum air minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Namun, itu tak sepenuhnya berlaku bagi semua anggota keluarga. Bagi anak usia 1-3 tahun, rekomendasi konsumsi air putih adalah 900ml per hari. Konsumsi air putih sebenarnya tak mutlak harus 8 gelas untuk orang dewasa, saya dan suami pun konsumsinya bisa berbeda mempertimbangkan aktivitas, lingkungan (khususnya tempat kerja), serta kondisi tubuh (sedang sakit, hamil, atau menyusui).

Mengonsumsi air putih secara rutin bukan hanya membantu menjaga kadar cairan tubuh dan mencegah dehidrasi, tapi juga memberikan energi, menjaga kesegaran kulit, serta membantu proses metabolisme dan proses pembuangan sisa-sisa makanan.

Istirahat yang cukup

Istirahat penting bagi tubuh. Dengan istirahat kita bisa mengembalikan kondisi badan menjadi fit kembali. Tubuhpun menjadi lebih segar dan bugar setelah beristirahat.

Salah satu bentuk istirahat yang paling efektif adalah tidur. Sama seperti minum air putih, kita sering mendengar anjuran untuk tidur 7 – 8 jam per hari. Namun, rekomendasi tersebut diperuntukkan untuk orang dewasa. Untuk anak bayi atau balita, lama tidur direkomendasikan sebanyak 16 – 18 jam.

Tidur memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kita bisa terhindar dari masalah kesehatan ketika kebutuhan tidur tercukupi. Sistem imunitas pun lebih handal ketika waktu tidur tercukupi. Semakin cukupnya kuantitas dan kualitas tidur kita, tentunya bisa memberikan efek positif bagi tubuh.


Selain kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari seperti 3 hal diatas, pola hidup sehat juga bisa didukung dengan rutinitas lain yang menunjang seperti olah raga dan donor darah. Saya dan suami tidak memaksakan diri untuk setiap hari berolahraga, toh kami bukan atlet. Namun, kami sadar pola hidup sehat harus ditunjang dengan perilaku sehat juga seperti olahraga. Jadi, paling tidak 2 kali seminggu kami gunakan waktu untuk berolahraga, yaitu jogging dan berenang. Sementara itu, anak sedang senang-senangnya bermain sepeda.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Berolahraga itu penting untuk membuat tubuh lebih bugar sekaligus membakar lemak berlebih pada tubuh. Melakukan olahraga rutin sebenarnya juga usaha kami sebagai orang tua untuk menularkan kebiasaan baik kepada anak. Ya, olahraga bagi anak juga punya banyak manfaat, seperti meningkatkan kecerdasan, ajang bersosialisasi, dan melatih ketekunan.

Kebiasaan baik lainnya yang juga bisa menjadi bagian pola hidup sehat adalah donor darah. Tak hanya menyehatkan, donor darah tentunya menjadi kesempatan kita untuk berbagi kepada orang lain. Tentu saja hal ini bisa menjadi contoh dan ajaran yang baik untuk anak agar berlatih berbagi. Manfaat donor darah lainnya adalah meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, memelihara kesehatan jantung, merawat organ hati, dll.

Donor darah, membentuk kebiasaan sehat sekaligus berbagi

Membentuk pola hidup sehat dalam keluarga sebenarnya tak terlalu sulit. Perlu niat dan komitmen untuk hidup sehat. Harapan dan keinginan untuk hidup lebih lama bersama keluarga bisa menjadi reminder untuk selalu disiplin pada perilaku hidup sehat.

Beruntungnya, era sekarang pola hidup sehat sudah ditunjang dengan banyak pula informasi dan tips kesehatan yang bisa didapat dari situs terpecaya seperti DokterSehat. Ada banyak kegiatan menarik yang dilaksanakan oleh DokterSehat, salah satunya #AksiSehatCeria. Informasi kesehatan dari DokterSehat bisa juga didapat dari

Menerapkan pola hidup sehat dalam keluarga tak hanya untuk kebahagiaan sesaat, namun juga untuk memenuhi harapan di masa depan. Saya percaya bahwa keceriaan keluarga bisa muncul karena tubuh yang sehat.

Kalau kamu, apa yang dilakukan dalam membentuk pola hidup sehat?

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)