Ngikutin Anak Seru-Seruan Membuat Pizza di Pizza Maker Junior Pizza Hut

Setelah vakum sekian lama dari seru-seruan playdate bareng Komunitas Playdate Palembang, akhirnya pada tanggal 28 Oktober 2018 lalu, aktifitas playdate diadakan lagi. Kali ini aktifitas playdate yang bekerja sama dengan Pizza Hut melalui program Pizza Maker Junior. Pizza Maker Junior adalah paket kegiatan belajar membuat pizza yang diikuti oleh aktivitas seru lainnya. Usia maksimal untuk mengikuti Pizza Maker Junior adalah 12 tahun.

Pizza Maker Junior memang aktivitas yang saya incar untuk diikuti oleh Mahira. Kebayang dong, serunya masak pizza langsung di dapur restoran pizza langganan. Ya, kalau di rumah aja kan biasa Cuma modal happycall. Ada oven juga, entah kenapa males dipakai….huuuuuuuuuuu…..

Balik lagi ke cerita Pizza Maker Junior ya. Jadi untuk mengikuti kegiatan ini biasanya gak bisa sendirian, jadi harus berkelompok. Nah, untung aja ada komunitas, kalau engga, mungkin aku bingung gimana Mahira mau ikutan di usia sekarang.

Ada dua paket program Pizza Maker Junior, yaitu PMJ Basic dan PMJ+. Bedanya apa? Untuk PMJ Basic dikenai biaya Rp 40.000,- per anak dan akan mendapatkan Personal Pan Pizza Meat Lovers, Lipton Ice Tea, serta Merchandise. Sementara PMJ+ dikenakan biaya Rp 52.000,- per anak dengan tambahan adanya Mix4Fun takeaway cup (itu loh, es krim di Pizza Hut yang bisa milih topping sesuka hati anak). Kemarin, Mahira ikutan yang PMJ Basic aja.

Untuk melakukan kegiatan PMJ, biasanya kita perlu berkordinasi langsung dengan lokasi Pizza Hut yang diinginkan. Tujuannya adalah untuk mengonfirmasi jumlah peserta dan waktu kegiatan. Tim Pizza Hut akan memberikan gambaran teknis untuk pelaksanaan acara.

Pizza Maker Junior di Palembang Icon

Untuk kegiatan Playdate Palembang – Pizza Maker Junior, dilakukan di dua titik yaitu Pizza Hut Palembang Indah Mall (PIM) dan Palembang Icon (PI). Kegiatan PMJ dilakukan sejak pukul 09.00 pagi hingga 10.00 atau 11.00. Tentunya pengaturan waktu seperti ini diperlukan agar kegiatan tidak menganggu pengunjung Pizza Hut lainnya. Karena kegiatan dilakuan sebelum pintu mall dibuka tentu ada teknis khusus untuk memasuki mall yang belum buka atau sedang siap-siap.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Jika mengikuti PMJ di Palembang Indah Mall, kita harus masuk melalui lantai paling dasar terlebih dahulu (dekat Hypermart) lalu naik satu lantai ke area Pizza Hut. Sementara itu, jika mengikuti PMJ di Palembang Icon, kita bisa langsung memberi tahu petugas dan masuk dari pintu dekat Starbucks. Namanya mall belum beroperasi penuh, harus disiapkan juga kipas angin mini, karena AC mall belum menyala. Anak gerah dan berakhir rewel, males kan?

Saat ikut PMJ lalu, rombongan kami berjumlah 50 anak. Kebayang ga ribetnya? Sebagai panitia lumayan sih. Jadi, tim Playdate Palembang sudah lebih dulu membagi anak ke sejumlah kelompok dengan mempertimbangkan usia anak dan jumlah pendamping. Oh iya, jadi pendamping dewasa yang boleh masuk hanya 2 orang, sementara itu anak yang usianya < 3 tahun juga wajib didampingi.

Setelah peserta berkumpul, tim Playdate Palembang mulai membagikan goodie bag dari Pizza Hut yang berisi topi, celemek, dan buku mewarnai. Opening dilakukan oleh tim dari Playdate Palembang dan tim Pizza Hut Palembang Icon. Anak-anak pun diminta untuk mewarnai terlebih dahulu sembari menunggu giliran. Nantinya, memang ada pemenang untuk kegiatan mewarnai per usia kelompok.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Setelah beberapa kelompok masuk untuk memasak, tibalah giliran kelompok Mahira untuk ke dapur.

Sebelum memasak anak-anak akan diminta mencuci tangan terlebih dahulu. Ada yang unik dari wastafel di dapur Pizza Hut. Kerannya tidak berada di atas melainkan di bawah wastafel. Jadi, bagi anak yang sudah cukup besar atau aku yang menemani anak, kita bisa menempelkan dengkul/lutut di dekat wastafel agar airnya keluar. Ya mungkin ini ada terkait dengan kehigienisan juga ya.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos
New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Kelar mencuci tangan, anak-anak akan dipakaikan penutup kepala dan sarung tangan plastik. Kebersihan tentu menjadi penting ketika di dapur. Gak mau kan kalau kejadian ada rambut yang masuk di makanan atau malah sakit perut karena tangan kotor.

Anak-anak pun dikenalkan pada tim dapur. Adonan pizza sebenarnya sudah tersedia di loyang plus olesan saus tomat. Jadi, sebenarnya anak-anak tinggal menambahkan topping yang terdiri dari sosis dan keju saja. Sebelum pizza dipanggang, tentu berfoto terlebih dahulu. Tak lama memang waktu di dapur, tapi untuk anak-anak pasti lumayan seru dan berkesan karena jadi tahu tentang dapur pizza yang bisa jadi makanan favoritnya. Sebagai orang tua, kita bisa menambahkan cerita atau menjelaskan ke anak tentang proses memasak.

New photo by Faridilla Ainun (fainun) / Google Photos

Setelah 15-20 menit, kelompok Mahira akhirnya mendapatkan pizza yang tadi dimasak. Jelas susah dikenali yang mana yang dimasak Mahira, toh bahannya sama jadi main ambil saja pizza yang datang. Selain ada pizza, kita juga diberikan ice lemon tea sebagai minumnya.

Semua kelompok pun akhirnya selesai bergantian masuk dapur. Tim Pizza Hut akhirnya mulai mengajarkan cara mengkreasikan balon, seperti membikin topi dan anjing. Setelah sesi tersebut berakhir, saatnya tim Playdate Palembang mengumumkan pemenang kegiatan mewarnai. Dari Pizza Hut Palembang Icon, kita akan mendapatkan sertifikat tanda keikutsertaan dalam acara Pizza Maker Junior Ini.

Penasaran sama kegiatan Pizza Maker Junior? Bisa cek ke link berikut atau datang saja ke Pizza Hut di kotamu.

Kalau mau lihat acaranya bagaimana, boleh cek sedikit di video berikut 🙂

You may also like

Haiiiii, terima kasih ya telah berkunjung....Aku senang sekali kalau teman-teman mau meninggalkan jejak berupa komentar :)