Pers Indonesia di Mata Saya

Belakangan, banyak sekali pemberitaan di media massa, khususnya televisi yang bagi saya justru malah menimbulkan pencitraan yang buruk dan sangat tidak memberikan informasi yang bermanfaat bagi para penonton dan pendengarnya.

Media massa atau Pers adalah suatu istilah yang mulai dipergunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.

Masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah memiliki ketergantungan dan kebutuhan terhadap media massa yang lebih tinggi daripada masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi karena pilihan mereka yang terbatas. Masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih tinggi memiliki lebih banyak pilihan dan akses banyak media massa, termasuk bertanya langsung pada sumber atau ahli dibandingkan mengandalkan informasi yang mereka dapat dari media massa tertentu.

~ Wikipedia ~

Beberapa minggu yang lalu bahkan sampai hari ini, media massa khususnya televisi (tanpa perlu disebutkan channel dan nama acaranya) terus-terusan memberitakan tentang seorang polisi dengan pangkat Briptu yang merekam aksinya menyanyi secara lipsync lagu India yang berjudul Chaiyya, Chaiyya dan tersebar di Youtube. Lalu kemarin, acara-acara berita meliput kondisi UAN yang justru dipenuhi oleh adegan contek-mencontek. Belum lagi hebohnya berita seorang diva yang telah hamil 4 bulan padahal baru menikah beberapa minggu.

Menurut saya secara pribadi, media massa khususnya pers yang ada di Indonesia (sebagian besar – tidak semuanya) sudah tidak memperhatikan fungsi-fungsi media massa pada budaya seperti yang dijelaskan oleh Laswell, khususnya sebagai fungsi pentransferan budaya (transmission).

Fungsi-fungsi media massa pada budaya
  1. Fungsi pengawasan (surveillance), penyediaan informasi tentang lingkungan.
  2. Fungsi penghubungan (correlation), dimana terjadi penyajian pilihan solusi untuk suatu masalah.
  3. Fungsi pentransferan budaya (transmission), adanya sosialisasi dan pendidikan.
  4. Fungsi hiburan (entertainment) yang diperkenalkan oleh Charles Wright yang mengembangkan model Laswell dengan memperkenalkan model dua belas kategori dan daftar fungsi. Pada model ini Charles Wright menambahkan fungsi hiburan. Wright juga membedakan antara fungsi positif (fungsi) dan fungsi negatif (disfungsi).

~ Wikipedia ~

Yang saya rasakan adalah media massa memang menjalankan fungsinya yang lain seperti entertainment, tapi tidak didukung oleh keseimbangan dari 3 fungsi lainnya.

Saya menyadari bahwa adanya sebuah jenis tayangan di televisi yaitu Infotainment memang menjadi media yang menjembatani kebutuhan dan keinginan dari masyarakat khususnya terkait dengan dunia selebritis Indonesia. Tapi menurut saya alangkah baiknya jika terdapat komposisi yang baik diantara penyajian berita atau adanya sebuah penyaringan mengenai berita mana yang patut untuk ditampilkan. Sebagai contoh, ya berita yang belakangan ini muncul yaitu salah seorang selebriti muda yang dikabarkan melahirkan padahal baru menikah kurang dari 9 bulan. Ya, infotainment memang bermaksud baik untuk memberikan informasi sebagai kabar bahagia bagi masyarakat dari pasangan yang memang mencoba menghndar, namun, pantaskah jika host acaranya membuat hal ini menjadi ajang lucu-lucuan dan hinaan terhadap mereka?

Saya merasa bahwa sebuah infotainment memang bertugas menyampaikan informasi dan menghibur, tapi patut diingat bahwa mereka juga tergolong sebagai media massa yang harus memiliki fungsi yang tidak hanya menghibur saja. Sebagai tambahan, walaupun jam tayang infotainment yang lebih dikhususkan dengan pangsa pasar ibu-ibu rumah tangga (berdasarkan jam tayangnya), tetap saja yang menonton pun akan beragam mulai dari anak kecil. Hal inilah yang membuat saya merasa akan pentingnya filterisasi berita yang patut disampaikan kepada masyarakat, agar berita itu dapat berefek positif serta menjaga budaya bangsa.

Searah dengan hal ini, saya juga merasa program berita yang ada di televisi justru sekarang juga mengarah kepada infotainment karena adanya pemberitaan berlebih terkait Briptu Youtube tersebut. Saya memang belakangan bersyukur bahwa acara berita kini menjadi lebih lunak karena informasi yang ditampilkan menjadi lebih beragam, tidak hanya politik, bisnis, olahraga, tapi juga pariwisata dan sebagainya.

Mengingat berita yang berkembang sekarang tekait adanya siswa yang contek menconek pada UAN SMU dan justru oleh guru pengawas hal itu dicoba disembunyikan, saya rasa hal itu tidak perlu ditampilkan dalam sebuah rangkaian berita liputan UAN. Karena, mungkin saja hal seperti itu dapat berakibat buruk pada pelajar yang lain, seperti keinginan untuk mencontoh dan tidak belajar karena ada kemungkinan bisa melakukan contek mencontek. Alangkah baiknya video seperti ini justru diberikan  kepada pihak berwenang seperti departemen terkait untuk menindak tegas tingkah laku buruk yang mencoreng dunia pendidikan ini.

Ini hanya opini saya secara pribadi mengenai terlalu tidak adanya unsur edukasi yang seharusnya dimuat dalam seuah pemberitaan di televisi.

Semoga media yang ada di Indonesia tidak lupa akan pentingnya 3 unsur lainnya dalam memberikan informasi.

Written by

1 comment / Add your comment below

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> https://lowonganterbaik.wordpress.com/

Silahkan meninggalkan komentar :)