Panduan Lengkap Cara Cek Tagihan Listrik dan Melakukan Pembayaran Online

Berasa banget gak sih sekarang ini banyak yang bisa dilakukan dengan adanya teknologi digital. Setuju banget sama yang bilang teknologi itu memudahkan dan rasanya apa-apa jadi serba cepat. Gaya hidup pun berubah dengan adanya teknologi. Transfer uang bahkan belanja semua bisa dilakukan di depan laptop atau dengan smartphone saja. Begitu pula urusan pembayaran tagihan. Berkat teknologi digital, pembayaran tagihan seperti listrik di kantor dan di rumah bisa dilakukan dengan gadget yang dimiliki.

Bagaimana caranya?

 

Cek tagihan listrik – drapers.com

 

Modal utama mengecek tagihan adalah kesiapan mental. Jangan kabur begitu lihat angka tagihan membengkak. Modal lain yang diperlukan tentu akses internet yang baik. Ya kalau akses internet jelek, gimana mau mengecek tagihan listrik secara online di situs yang terpercaya seperti Traveloka.  Tanpa akses internet yang baik, mengakses situs-situs penyedia informasi tagihan akan sulit untuk dilakukan. Karena itu, pastikan koneksi internet cukup baik dengan mengisi cukup pulsa atau paket internet dan memastikan signal internet kuat.

Setelah memastikan koneksi internet bagus, siapkan komputer, laptop, atau gadget, kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Kunjungi situs online yang menyediakan informasi tagihan listrik menggunakan browser yang biasa digunakan. Pastikan nama situs tertulis dengan benar. Untuk yang lebih praktis, bisa langsung cek tagihan Anda di sini.
  • Beberapa situs memiliki aplikasi yang bisa diunduh dan dipasang di gadget. Jika demikian, akan lebih mudah mengakses situs tersebut melalui aplikasinya saja. Malah kadang ada promo juga loh kalau pakai aplikasi.
  • Jika belum menjadi anggota dari situs yang digunakan, daftarlah terlebih dahulu dengan memasukkan nama dan alamat e­–mail. Karena harus menyediakan informasi pribadi inilah, pastikan memilih situs yang aman dan terpercaya untuk digunakan.
  • Setelah mendaftar, e-mail konfirmasi terkirim ke alamat e-mail yang tadi didaftarkan. Klik tautan di dalam isi e-mail tersebut, kemudian masuklah ke akun yang baru dibuat.
  • Setelah masuk, pilih menu yang sesuai, yaitu “Bayar Tagihan” atau “PLN”. Menu di tiap situs akan berbeda,  tergantung pada situs mana yang Anda gunakan. Biasanya menu tersebut telah ditulis dengan jelas dan terdapat pada bagian atas halaman.
  • Pada kolom yang tersedia di situs atau aplikasi, masukkan nomor meter atau ID pelanggan PLN yang ingin di-cek. Tidak perlu menunggu waktu lama, akan muncul rincian tagihan listriknya.

Setelah cek rincian tagihan tersebut untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan nomor keanggotaan yang dimiliki. Kalau sudah sesuai, tentunya akan lebih baik kalau langsung melakukan pembayaran. Pembayaran secara online juga bisa dilakukan, bahkan melalui situs yang sama. Untuk situs cek tagihan listrik yang dikelola secara profesional, terdapat berbagai macam pilihan cara pembayaran, mulai dari transfer melalui bank atau ATM, kartu kredit, atau direct debit. Banyaknya pilihan metode pembayaran memungkinkan Anda untuk memilih metode mana yang menurut Anda paling nyaman.

Cek tagihan listrik – lifewire.com

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu untuk membayar tagihan secara online saja, tidak perlu repot-repot berkunjung ke kantor PLN atau mitranya. Selain pembayaran bisa dilakukan secara cepat kapan saja dan dari mana saja, melakukan cek tagihan listrik dan melakukan pembayaran secara online memiliki banyak kelebihan, yaitu sebagai berikut.

  • Bisa membayar banyak tagihan

Tidak berbeda dengan kantor-kantor offline, Anda bisa mengecek dan membayar tagihan listrik untuk beberapa meteran sekaligus. Jadi, tidak hanya mengecek penggunaan listrik di rumah sendiri, kita juga bisa mengecek tagihan untuk kantor ataupun rumah keluarga. Begitu juga dalam melakukan pembayaran, satu akun yang dimiliki bisa dipakai melunasi tagihan untuk beberapa meteran, dengan catatan kita harus tahu ID pelanggan pemilik meteran yang tagihannya ingin dibayar.

  • Prosesnnya sangat mudah

Proses pengecekan dan pembayaran tagihan listrik secara online sangat mudah. Asalkan bisa menggunakan internet, kita bisa mengecek dan membayar tagihan listrik secara online, apalagi setelah membaca panduan lengkap ini.

  • Cek tagihan dengan gratis

Untuk mengecek tagihan pemakaian listrik Anda secara sebulan secara online, tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Jasa pengecekan jumlah tagihan dapat dilakukan secara gratis di beberapa situs. Jasa tersebut tentunya terasa lebih hemat, apalagi kalau Anda mempertimbangkan biaya transportasi atau bahan bakar yang dikeluarkan apabila Anda membayar di kantor offline.

  • Tidak membutuhkan kuota besar

Bagaimana dengan biaya untuk kuota internet? Tak perlu khawatir soal ini karena ternyata akses ke situs-situs online untuk sekadar mengecek atau melunasi tagihan tidak menyedot kuota besar. Situs-situs ternama seperti Traveloka telah didesain untuk mudah dan cepat diakses sehingga kuotanya cukup kecil.

  • Dapat mengecek dan melunasi tagihan dari luar negeri

Bepergian jauh seperti ke luar negeri tentunya sering dilakukan oleh orang-orang. Kalau sedang bepergian, baik dalam rangka liburan ataupun pekerjaan, tagihan listrik tetap harus perhatikan. Tentu tak ingin kalau terlewat lalu terkena denda. Inilah keunggulan melakukan pengecekan secara online, kita bisa melakukannya ketika sedang berada di luar negeri.

  • Mudah menghindari keterlambatan

Dengan fasilitas cek dan lunasi tagihan listrik PLN secara online, kita bisa dengan mudah menghindari keterlambatan pembayaran dan denda yang ditimbulkannya. Penyebabnya tentu karena kita tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk cek tagihan listrik dan melunasi pembayarannya. Kita bisa melakukannya di sela-sela kesibukan saja.

Setelah mengetahui keunggulan cek dan bayar tagihan listrik secara online, Anda jadi tertarik untuk mencobanya, bukan? Jangan lupa terapkan panduan cara cek dan bayar tagihan listrik di atas, ya.

14 Replies to “Panduan Lengkap Cara Cek Tagihan Listrik dan Melakukan Pembayaran Online

Silahkan meninggalkan komen :) Aku bakal bw balik....