Nge-Blog Modal Smartphone pakai Samsung J5

Sebelum punya smartphone, dulu rasanya kalau mau nge-blog itu super ribet. Modalnya dan persiapannya panjang. Kalau cuma nulis aja ya perlu pc atau laptop yang pastinya perlu koneksi internet. Kalau postingan di blog perlu ada gambar atau foto pasti harus mindahin data-data foto yang ada di kamera atau handphone ke laptop dulu. Belum lagi jaman dulu internet belum secepat sekarang.

Adanya smartphone jelas sangat membantu dalam kegiatan tulis menulis di blog. Platform blog seperti WordPress pun telah membuat aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk tetap aktif sebagai blogger yang ditawarkan di pasar aplikasi, baik Playstore untuk Android maupun Appstore untuk iOS.

Smartphone yang asyik untuk dipakai nge-blog juga ada syaratnya menurut saya. Kalau versi saya, syarat-syaratnya sebagai berikut:

  • Canggih dan Cepat

Rasanya semua smartphone itu sudah canggih ya? Eits, tunggu dulu! Canggih dan cepat itu ditentukan oleh prosessor yang ditanamkan di smartphone tersebut. Untuk saat ini, minimal smartphone harus punya prosessor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, Quad-Core 1.2GHz biar beraktifitas di smartphone tidak disertai lagging.


Selain itu, supaya nge-blog juga lancar, koneksi juga harus lancar kan, itulah perlunya ada dukungan konektivitas 4G LTE di smartphone kita. Di Indonesia ini, hampir semua provider ternama (Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren) sudah mendukung konektivitas 4G LTE. Masa, 4G LTE-nya sudah siap, tapi smartphone masih milih yang belum 4G, ya jadi ga lancar dong nge-blognya.

  • Ciamik Kameranya

Iya dong, foto-foto sebagai pendukung di blog itu lumayan penting buat menarik pengunjung blog. Foodblogger tentu butuh foto makanan di blog-nya. Travelblogger pastinya untuk meyakinkan visitor di blog perlu menampilkan foto-foto dokumentasi perjalannya. Blog untuk nge-review produk pun perlu foto-foto sebagai bukti sudah mencoba produk tersebut.


Resolusi kamera smartphone semakin tinggi pixelnya tentu semakin bagus. Smartphone dengan resolusi kamera 13 pixel sudah tentu akan menghasilkan gambar yang bagus, apalagi jika dilengkapi fitur auto-focus dan flash. Oh ya, dukungan sensor CMOS pada kamera smartphone juga penting loh, karena artinya kamera tersebut bisa diajak bekerja cepat, mengambil foto banyak dalam waktu satu detik, bahkan bisa saja mengambil foto dengan high-speed burst. Bagi blogger yang suka bikin video (atau vlogger), fungsi kamera yang bisa merekam dengan baik, gambar yang jelas dan tajam. Smartphone yang mampu merekam video full HD (High Definition) 1920 x 1080 @30fps supaya hasil video yang direkam bisa detail terlihat obyekny maupun gerakan-gerakannya.

  • Big Capacity

Terkait sama perlunya foto atau video di blog, tentu saja perlu ruang yang cukup untuk menampung bidikan foto atau rekaman video kita. Kapasitas ruang yang besar baik RAM maupun ROM serta bisa di-expand pakai memori eksternal tentu sudah pasti jadi prasyarat mutlak dalam memilih smartphone. RAM 1.5 GB dan ROM 8 GB sudah cukup untuk operasional smartphone kita dan supaya tidak mengganggu aktifitas lain di smartphone lebih baik foto dan video disimpan di memori eksternal yang biasanya berupa microSD. Semakin banyak kita mengambil foto dan video tentu semakin perlu ruang yang banyak. Alangkah baiknya kalau storage memori eksternal bisa di-expand sampai 128 GB.

  • Baterai yang Awet

Selain kapasitas ruang penyimpanan, kapasitas baterai juga jadi salah satu pertimbangan dalam memilih smartphone untuk nge-blog. Gak mau dong, lagi asik-asik nulis taunya smartphone ngedip-ngedip memberi info kalo baterainya udah mau habis alias low-bat.


Baterai 2.600 mAh yang ditanamkan di smartphone cukup untuk 9 jam main smartphone via konesi internet 3G atau 4G LTE. 9 jam?? Bisa nulis berapa banyak postingan tuh! Tapi jangan pilih smartphone yang bilangnya 2.600 mAh abal-abal ya, kalo ada tambahan fitur


Smart Manager untuk mengecek status baterai dan Ultra Power Saving Mode yang bisa mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan sehingga smartphone juga bisa tetap aktif.


Jadi gak khawatir tuh bakalan mati mendadak smartphonenya.

  • Up-to-date

Iya dong, up-to-date itu harus. Operasi Sistemnya ya harus yang udah berlaku kayak Android OS v5.1 (Lollipop) tentu menunjang karena banyak aplikasi yang sudah semakin tinggi juga versinya dan semakin kaya fitur yang ditawarkan.

Selain syarat-syarat di atas, tentu smartphone tidak cuma dipakai buat nge-blog aja. Jadi fungsi-fungsi lain juga harus oke dong.


Kalau layarnya besar (5.0 “ cukuplah) dan sudah pakai teknologi AMOLED tentu saja lebih nyaman untuk dipakai dan dilihat oleh mata saat menulis (mengetik), melihat foto atau video, membaca, atau sekedar bermain game.


Fungsi Quick Launch juga kalau ada sangat membantu, soalnya sering kali kita mau memotret obyek yang bagus tapi telat karena susah banget mengakses menu kamera. Kalau pakai Quick Launch, tinggal tekan tombol home 2 kali, langsung deh bisa mengakses kamera. Selain back camera, front camera yang bagus juga penting dong. Kan ga selalu kita memotret obyek lain, kadang kan kita memotret diri kita sendiri sebagai obyek atau sekarang sering disebut selfie alias swa-foto. Front camera 5 mega pixel sudah bisa membuat hasil selfie jadi w.o.w kok. Buat yang punya beberapa nomer hp untuk kepentingan berbeda (misal 1 nomer untuk keluarga dan kantor dan nomer lainnya untuk kontak dunia maya atau online shop), smartphone yang mendukung gerakan Dual-SIM tentu akan sangat amat berharga dan menjadi pilihan. Dukungan konektivitas lain seperti Wi-Fi (iya dong kalau fakir kuota Wi-Fi gratis akan sangat membantu), Bluetooth (sambung ke earphone, headset, speaker, atau perangkat lainnya), GPS (kadang kita perlu geo-tagging foto biar ga lupa lokasi mengambilnya atau sekedar pencarian lokasi dan arah untuk perjalanan kan butuh tuh GPS).


Ukuran yang pas saat digenggam (142.1 x 71.8 x 7.9, mm) dan tidak berat (146 gr) juga jadi salah satu faktor yang menunjang kenyamanan dalam beraktifitas menggunakan smartphone.
Semua fitur-fitur yang saya butuhkan untuk nge-blog bermodal smartphone sudah ada dalam Samsung J5 atau Samsung J7 yang menawarkan fitur yang sama dengan kemampuan yang lebih tinggi lagi. Buat seorang aktif blogger yang kadang selalu ingin ringkas dan malas membawa barang banyak dan berat seperti laptop, punya smartphone canggih seperti Samsung J5 adalah pilihan terbaik, apalagi dengan harga yang terjangkau. Samsung J5 dan J7 , smartphone ringkas dengan isi yang kaya, cocok untuk para blogger untuk beraktifitas sehari-hari.

Written by

Silahkan meninggalkan komen :) Aku bakal bw balik....