Mendengarkan Musiknya Hidup dengan Aplikasi Langit Musik

Behind every favorite song, there is an untold story  – Kushandwizdom

Pernah ga seharian tanpa musik? Rasanya  sangat jarang terjadi ya di kehidupan kita.Di setiap fase-fase kehidupan, seperti saat jatuh cinta, memenangkan kompetisi, liburan, perpisahan, atau  patah hati, selalu ada background musik yang mengiringi. Banyak musik yang terinspirasi dari perasaan senang, bangga, sedih, kecewa, dan perasaan lainnya.

Saya mengawali hari dengan mendengar musik dan terkadang kalau mengalami gangguan tidur saya butuh musik pengantar tidur. Saat mandi, masak, menyuapi anak, berangkat kerja, kerja di kantor, dan pulang kerja, hampir selalu saya mendengarkan musik, baik dengan gadget ataupun via radio-cd di mobil.

Beruntungnya, sekarang telah banyak aplikasi streaming musik yang ada di pasar aplikasi. Dengan aplikasi streaming musik, kita dapat mendengarkan musik yang kita suka secara legal dan lebih mudah. Salah satu aplikasi streaming musik yang saya sering gunakan adalah Langit Musik.

Yuk kita kenalan sama LangitMusik

LangitMusik adalah layanan musik Telkomsel yang bekerjasama dengan PT.MelOn Indonesia yang menawarkan streaming lagu secara legal dan tanpa batas. Lagu-lagu di LangitMusik juga dapat didengarkan secara offline dengan men-downloadnya. Kita bisa mendengarkan lagu langsung di handphone dengan aplikasi LangitMusik atau melalui PC dengan mengakses web LangitMusik. LangitMusik sudah memiliki koleksi lebih dari 6.000.000 lagu lokal dan internasional.

Gimana sih cara mendengarkan lagu via LangitMusik

Download dulu aplikasinya.

Untuk pengguna Android, dapat langsung mengakses Google Play, cari LangitMusik, Download kemudian Install. 


Untuk pengguna Android versi terakhir LangitMusik adalah 4.0.2. Memang ada pembaharuan dari LangitMusik mulai dari icon, tampilan web dan aplikasi, serta isi pada aplikasinya sendiri. Aplikasi LangitMusik teranyar baru ada untuk pengguna Android (minimal versi 4.4.0).

Apa aja sih yang baru?

Tentunya, fitur utama untuk streaming lagi tetap ada ya. Dengan LangitMusik yang baru pelanggan dapat menikmati streaming semua lagu, membuat playlist favorit dan share lagu ke sahabat dan bebas kuota data (sesuai syarat dan ketentuan).

Yah ada syaratnya…

Tenang, syarat dan ketentuannya gampang kok, yaitu :

  • Khusus untuk pengguna Android Version 4.4 ke atas
  • Bebas kuota data hanya untuk streaming & dengar lagu offline  bagi Pelanggan Telkomsel & dalam jaringan Telkomsel
  • Download Aplikasi Langit Musik menggunakan paket data regular atau tarif data yang berlaku

Jadi fitur barunya apa aja?

Fitur baru dari Aplikasi LangitMusik teranyar antara lain :

  • Mencari Lagu yang lagi ngetrend dengan Fitur Trending


Fitur ini paling pertama saya temukan ketika mengakses list menu, karena di aplikasi sebelumnya belum ada. Dengan adanya fitur ini, kita bisa tahu lagi yang sedang nge-trend di seluruh provinsi se-Indonesia (kelihatan kan peta Indonesia warna-warni). Salah satu lagu yang menjadi trending di Indonesia akan muncul beserta deskripsi singkat, seperti lagu Don’t Wanna Know – Maroon 5 feat Kendrick Lamar lagi trending di Indonesia. Bahkan kita bisa tahu lagu yang lagi nge-trend di provinsi tertentu. Saya mau tau nih, yang lagi nge-trend di Sumatera Selatan lagu apa sih? Tinggal kita tap aja lingkaran warna-warni di peta, dan muncullah hasilnya seperti berikut :


Ternyata lagu Closer – The Chainsmokers feat Hasley lagi paling nge-trend di Sumatera Selatan dengan 132 plays. Untuk melihat trending lainnya kita bisa tap See tranding in Sumatera Selatan dan akan muncul 10 Top Hits, 3 Trending Artist, dan 3 Trending Playlist.

  • Mendengarkan Playlist di Fitur MyMusic

Nah ini yang saya suka, bisa bikin playlist sesuai mood  atau kondisi yang kita mau, misal Playlist Konsen Kerja, Kangen Rumah, Mager Santai, Liburan di Pantai, dan sebagainya. Salah satu playlist yang saya buat dan sering saya dengerin kalau mood lagi jelek adalah (a)sem-mangats. Isinya lagu-lagu yang bisa bikin saya semangat setelah merasa menemukan hal yang asem dalam hidup ?.

Mendengarkan Playlist

Cara akses playlist pun gampang. Cukup masuk ke menu My Music pilih Playlist (di bagian kanan atas) lalu akan muncul playlist yang pernah kita tambahkan ke akun kita, dan pilih playlist yang ingin kita dengarkan.

Menambah lagu ke Playlist

Playlist ada yang sudah disediakan oleh LangitMusik sesuai tema atau mood tertentu di menu Explore. Tapi kita juga bisa buat playlist kita sendiri. Caranya gampang. Kita bisa menambahkan lagu dalam playlist dari menu Search untuk mencari artist/album/lagu lalu menambahkan lagu yang dipilih atau dari menu Explore yang terdiri dari lagu-lagu yang ditawarkan oleh LangitMusik. Di contoh ini saya coba dari menu Explore. Pada menu Explore akan ada pilihan Top Hits – Trending Artist – New Release – Genres. Saya sih sukanya  lagu  langsung ya buat dimasukin ke playlist, jadi saya pilih Top Hits, lalu pilih lagunya, dan pilih Add to Playlist dan pilih mau disimpan di playlist mana (bisa playlist yang baru atau playlist yang pernah kita buat sebelumnya).

Selain itu, LangitMusik juga menawarkan playlist yang telah disusun oleh tim LangitMusik untuk dapat kita ikuti atau kita tambahkan di menu MyMusic.

 Saran untuk  LangitMusik, kalau nanti aplikasi ini dikembangkan lagi, saya inginnya dari menu MyMusic sudah bisa langsung bikin playlist dan kita cukup search lagu/artist/album yang kita ingin tambahkan.

  • Sensasi Terkejut Saat Mendengarkan Playlist di  Fitur #TagStation

Fitur #TagStation juga baru di aplikasi LangitMusik. Di menu ini, akan ada beberapa tag lagu seperti #bahagia, #surprise, #cintaindonesia, dll. Di dalamnya terdapat list lagu-lagu sesuai tag yang diberikan, namun sebagai pendengar kita tidak diberi tahu lagu apa saja yang ada dalam list tersebut. Jadi, jangan kaget kalau kita pilih suatu tag dan ada lagu yang lama yang ternyata sesuai dengan tag yang kita pilih dimainkan. Menurut saya fitur ini seru sih, ada sensasi kejutan gitu. Walaupun demikian, kadang ada lagu yang masih belum sesuai dengan tag nya.

 

  • Menemukan Rekomendasi di Fitur Explore

Dalam menu Explore, terdapat dua pilihan yaitu For You dan Browse. For You berisi rekomendasi lagu-lagu berdasar judul playlist yang ajaib seperti Quality Time, Kasmaran, Libur Telah Tiba, dan banyak lagi. For You juga memberikan rekomendasi berdasarkan artist yang kita suka atau lagu yang pernah kita dengarkan. Sedangkan Browse memberikan rekomendasi berdasarkan New Release, Top Hits, Trending Artist, Moods, dan Genre.  Kalau lagi malas bikin playlist sendiri, kita bisa aja mendengarkan playlist rekomendasi sesuai dengan apa yang lagi kita rasakan dalam hidup.

 

  • Dapat info terbaru di Fitur Notifications

Fitur notifications tentu bertujuan untuk memberitahukan informasi baru seperti Updates yang berisi info terbaru dari teman atau artist yang kita ikuti, Shared With Me yang berisi share playlist dari teman kita, dan Promos yang berisi promo dari LangitMusik atau info terbaru dari penyanyi favorit kita. Oh ya, di Profile kita, aplikasi LangitMusik ini dapat kita sambungkan dengan Facebook dan Twitter kita, sehingga jika ada teman-teman kita yang menggunakan LangitMusik dapat kita add sebagai teman di aplikasi LangitMusik dan kita ikuti update lagu dari teman kita atau playlist yang dibuatnya.

 

  • Bisa bernyanyi tanpa ragu dengan Adanya Lirik Lagu

Mendengarkan lagu kayaknya kurang puas kalau tidak sambil nyanyi, nah LangitMusik sepertinya paham akan kebutuhan itu, sehingga ketika kita memainkan sebuah lagu, lirik lagunya akan otomatis keluar. Ini lebih nyaman dibanding harus geser kanan atau kiri agar lirik lagunya keluar.

 

Selain fitur-fitur di atas, aplikasi ini sekarang lebih user friendly, sangat gampang untuk mengakses menu-menu yang ada di dalamnya. Kita juga bisa mendapat info artist favorit dengan mem-follow mereka.

 

Mau mendengarkan berjuta-juta lagu? Untuk pengguna Telkomsel, bisa berlangganan dengan 2 tipe yaitu Freemium dan Premium. Karena saya adalah pengguna Telkomsel Halo Fit, saya otomatis dapat sms pemberitahuan GRATIS biaya berlangganan Aplikasi LangitMusik.

 

Untuk yang belum berlangganan bisa mengirimkan SMS “ REG NEWLM ” ke 96161  untuk berlangganan dengan biaya Rp.22.000/30 hari atau Rp.6600/7 hari. Cukup murah untuk bisa mengakses jutaan lagu yang ada di Aplikasi LangitMusik kan?

Nah, tunggu apalagi yuk buruan pasang aplikasiLangitMusik di smartphone kamu dan dengarkan lagu yang cocok sesuai dengan apa yang lagi kamu rasain dalam hidup

 

”Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger”

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)