Mitos Tersembunyi Di Dua Tempat Wisata Alam Bogor

sebandung

Jika berbicara tentang wisata di Bogor, Kota Hujan ini memiliki berbagai potensi wisata alam yang sangat menakjubkan. Selain deretan pegunungan yang indah, Bogor juga memiliki tempat wisata alam berupa telaga dan air terjun yang penuh misteri. Keindahan juga mitos-mitos yang berkembang di masyarakat, menjadikan tempat-tempat ini mempunyai daya tarik bagi para wisatawan. Tempat-tempat tersebut antara lain :

  1. Telaga Warna Puncak – Mitos 2 Ikan Purba

Apabila Anda berwisata ke puncak Bogor, sempatkan diri untuk mampir ke kawasan Telaga Warna. Tempat ini berada di desa Tugu, kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Di sini anda akan disuguhi oleh pemandangan berupa panorama alam yang sangat khas dan juga unik, di tempat ini anda bisa melihat sebuah fenomena alam yang terkesan aneh dan bernuansa mistis.

Air pada danau ini bisa berubah-ubah warna, terkadang berubah warna menjadi hijau seperti warna pepohonan yang mengelilingi danau, terkadang berubah warna jadi cokelat, kuning gelap sampai dengan kuning terang. Secara ilmiah, perubahan warna-warna tersebut disebabkan oleh ganggang yang berada di dalam telaga. Ganggang berjenis algae yang dapat berubah warna dan menyebabkan air pada danau ini seakan-akan berubah warna juga.

Keistimewaan lainnya,di tempat ini terdapat beraneka ragam flora yang berasal dari hutan tropika pegunungan, diantaranya paku tiang, rame, dan juga rotan. Anda juga dapat menjumpai beraneka macam satwa  yang hidup di area kawasan cagar alam dengan luas sekitar 268,25 hektare. Satwa yang bisa dijumpai di sini kebanyakan hewan liar, contohnya kera abu-abu, surili, lutung, juga beraneka jenis burung, seperti burung tekukur, kadanca dan yang lainnya.

Anda pun bisa berkeliling menikmati keindahan pesona danau telaga warna ini dengan menggunakan perahu kecil ataupun sepeda air yang sudah disediakan pengelola. Selain itu, tempat ini juga memiliki fasilitas seru lainnya, seperti jogging track, outbond, flying fox, dan juga menara setinggi 13,5 meter untuk melihat dan juga mengamati beraneka satwa yang hidup dengan bebas.

  • Mitos 2 Ikan Purba di Telaga Warna Puncak

Keindahan alam, ditambah udara yang sangat sejuk, menjadikan nuansa mistik yang menyelimuti danau ini bisa membuat bulu kuduk anda merinding. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, di dalam telaga ini terdapat dua ekor ikan purba, ikan ini berwarna kehitaman dan juga kuning. Konon katanya, jika ada yang bisa melihat ikan tersebut meloncat pada bagian atas permukaan telaga maka cita-citanya bisa terkabul. Mitos lainnya yang dipercayai oleh para masyarakat sekitar ialah, siapa saja yang datang dan membasuh wajahnya dengan air telaga ini, akan membuatnya terlihat lebih awet muda.

  1. Air Terjun Cilember

Air Terjun Cilember mempunyai daya tarik yang mampu memikat para wisatawan yang bisa dikunjungi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Wisata alam ini mampu menyuguhkan panorama alam yang indah, sejuk, dimana terdapat hutan hujan tropis yang dilengkapi dengan tujuh buah curug. Setiap curug di curug Cilember ini memiliki keunikan tersendiri, semakin kecil urutan curug, maka letak air terjunnya akan sangat tinggi, dan jalur lintasan akan semakin rumit. Letak Curug Cilember sendiri berada di desa Jogjogan, di Kecamatan Cisarua.

Setiap para pengunjung yang datang ke tempat ini, bukan hanya bisa menyaksikan keindahan alamnya saja,  disini terdapat juga taman konservasi kupu-kupu, serta ada bangunan yang berbentuk kubah jaring berukuran raksasa. Buat Anda yang suka berkemah, tempat ini memiliki camping ground yang sudah lengkap dengan penyewaan tendanya. Curug Cilember ini merupakan sebuah kawasan tempat wisata alam yang memiliki konsep ekowisata, selain mempunyai keindahan alam yang eksotis, letaknya yang sangat strategis, sangat mudah untuk di jangkau, maka tidaklah mengherankan jika wisata ini selalu dipadati oleh para wisatawan, terutama saat weekend dan hari libur pajang.

  • Mitos Curug Cilember

Selain mempunyai keindahan alam yang memukau, curug Cilember juga memiliki mitos yang membuat tempat wisata ini terkesan angker. Menurut masyarakat sekitar, konon tempat ini merupakan tempat pemandian putri-putri dari Kerajaan Siliwangi, sehingga banyak yang percaya bahwa mandi di curug ini akan menjadikannya awet muda, juga dapat mengobati beraneka macam penyakit. Bahkan ada juga cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, siapapun yang mandi di curug ini maka akan enteng jodoh. Bukan cuma itu saja, ada pengunjung yang sengaja datang pada malam hari di malam jumat kliwon,  dan mandi di curug pada tengah malam untuk memperoleh ilmu hitam.

Selain itu, tempat ini ramai dikunjungi pada saat bulan Muharram dan juga pada saat Maulid (Jumadil Awal) terutama ketika tanggal 10 sampai dengan tanggal 14. Keyakinan para pengunjung akan tempat ini disebabkan oleh wilayah Curug ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu curug bagian kanan dan curug bagian kiri, dimana di bagian kanan curug  dipercaya sebagai tempat untuk mendapatkan kekuatan, sedangkan pada bagian kiri ini  untuk tempat  mendapatkan awet muda dan juga keberkahan.

 

 

Terlepas dari berbagai mitos dan kepercayaan masyarakat setempat akan keistimewaan yang bisa didapatkan dari curug Cilember, sudah sepatutnya keindahan juga kelestarian alam  di tempat ini patut untuk terus kita jaga. Dan sebelum memulai berwisata ke dua tempat diatas, pastikan anda sudah menemukan hotel di Bogor termurah Kemudahan untuk cari hotel murah melalui Reservasi.com  saja. Praktis, mudah, dan terpecaya.

 

Written by

Silahkan meninggalkan komentar :)